Saturday, December 31, 2011

31 Desember 2011


....hari terakhir di 2011.
need to write something. need to write something!

.
.
.

iya, saya nggak tahu mau nulis apa.
jadi biarkan jari-jari saya bergerak sendiri.

2011 ya...
pagelaran kapan? oh, itu 2010.

time goes so fast.

hm, jadi, summary 2011 itu bisa dilihat di archive blog saya. #eh
banyak banget yang terjadi di 2011. walaupun waktu serasa cepet banget, tapi satu tahun itu lama ya. satu tahun itu....peralihan gedung sekolah. walau cuma pindah ke sebelah, tapi asli dunianya jadi beda banget. nggak cuman prioritas yang kegeser. bahkan pola pikir juga berubah dikit dikit. 

2011 itu......apalagi dalam jangka waktu 6 bulan ke belakang. apa ya. sesuatu. semua buku-buku yang berisi tugas harian dan essay itu sesuatu. ID yang menggantung di baju itu sesuatu. kumpul pagi itu sesuatu. jas yang itu juga sesuatu. X-5 itu sesuatu. 

hah. bukan mau ikut trend syahrini atau apa, tapi...............itu semuanya sesuatu. nggak bisa diungkapkan dengan kata-kata --atau mungkin bisa, tapi postingan ini palingan 2 hari lagi jadinya.

haaa... dont know what to say. tahun ini bener-bener yang namanya peralihan. 

hng. (seriusan ini. posting apa ya)

bismillah. semoga tahun 2012 menjadi tahun yang lebih baik lagi :)
diri yang lebih baik, hati yang lebih baik, pikiran yang lebih baik, kepintaran yang lebih baik, lingkungan yang lebih baik, semuanya lebih baik.
iya, kata-kata itu standar, tapi memang itu yang terbaik. yang mencakup semuanya.

:))

Monday, December 26, 2011

[Art] HAPPY BIRTHDAY!!



HAPPY BIRTHDAY!
dedicated for Stella Nike Wardhany neechan's birthday
+ 3 hours
Paint Tool SAI, princeton tablet

happy birthday, neechan yang emotenya aneh-aneh (lol)

neechan teman seperjuangan (tapi yang jadi eksis sendiri) pas tragedi bulan Juli lalu bersama banyak pejuang-pejuang lainnya #apaan. kalo ardhan nee nggak nge spam review duluan, saya bakal masih menimbang-nimbang........dan nggak tahu akhirnya bakal terlaksana apa nggak. 

tempat update boyfriend. temen fangirling boyfriend. tapi dia genit. masa suka lirik-lirik jeongmin. apaan. OTPnya minho/stella lagi. stella siapa. 

*dan kemudian mati dengan mengenaskan*

piss, nee 8D/

maaf ya cuma bisa kasih ini. beda teknik coloring lagi, jadi jangan salahin ya kalo aneh. kan dari awal juga bilang, nggak boleh protes :p it supposed to be minwoo boyfriend and minho SHINee. tapi......kayaknya nggak mirip. yasudahlah. nggak boleh protes ya #sakali

dan, maaf, saya bener-bener nggak bisa bikin fanfic minho/stella. tangan saya langsung beku nggak mau nulis gitu pas liat pairingnya. padahal awalnya nggak. aneh ya. kenapa ya.

*dan kemudian mati lagi*

osh. semoga harimu menyenangkan, birthday girl!

open image in new tab for full size

Sunday, December 25, 2011

kucing


ada yang ingat dengan makhluk hitam putih yang selalu kepergok di garasi, tapi begitu dikejar dia lari ke atas dan menghilang?

kalo nggak, well, mungkin emang belum cerita :p

dulu emang sering gitu. lagi jalan ke garasi, ngeliat ada makhluk kecil ngintip dari bawah meja. begitu saling tatap mata, dia kabur ke atas. dikejar, nyalain lampu...

....hilang.

dan tadi, diminta beresin atas. begitu naik, nyalain lampu, dan melihat ke ruangan yang hampir kosong itu-



....

eh.

*diam* *terpaku*

wah.

dia menoleh. bangun dan meregangkan badan -lalu berjalan pelan. satu setengah meter. satu meter. dia berhenti. diam. baru beberapa detik kemudian berani untuk kembali berjalan dan menyentuhkan ujung kepalanya di kaki yang masih berdiri tak bergerak.

uh.

Y SO KAWAIIIIIIIII.

saya akhirnya terusin jalan untuk beresin cemilan di atas karpet. dia ikutin. berkali-kali menubrukkan kepalanya (lagi) ke kaki. menggosok kepalanya di sana. kemudian pergi beberapa langkah. berbalik. datang lagi. elus-elus lagi. berkali-kali.

saya bolak-balik beberapa kali. banyak yang harus dipindahkan dari dan ke bawah. makhluk itu ngikutin. naik. turun. naik. turun. dan bahkan naroh dua kakinya ke kaki saya pas saya masih berdiri! nangkel. berdiri dia. cakarnya nancep ke kaki saya. uh. baru kenal padahal. tapi tetep unyu.


gambar gagal. kamera masih lagi otomatis ngatur auto fokus, dia maju mendekat. jadi ya..........

berkali-kali jalan-jalan ngelewatin kaki saya yang lagi duduk. geli. ngerasain kaki-kaki super imut itu menapak satu-satu (kalo dia lagi ngeluarin cakar, ya sakit). dikira kaki saya jalan raya. bolak balik. bolak balik. matanya gede banget. bulet. mukanya sangat unyu. 

<3


bolak balik. bolak balik.

sempat ketauan sama ibu pas dia ngikutin ke lantai bawah. disuruh keluar dari garasi. tapi dia masuk lagi. ngikutin lagi. jadi ya....

*berharap semoga ibu nggak baca post ini dan kemudian naik ke lantai atas buat ngusir kucingnya*

entah kapan lagi bisa ketemu si mpus. yang biasanya cuma bisa saya liat bayangannya berkelebat naik ke lantai atas pas kepergok dan dikejar (tapi tetep nggak ketemu akhirnya). baru kali ini juga ke atas dan nemu dia -padahal saya yakin si mpus udah agak lama bersemayam di sana dan saya juga udah berapa kali bolak balik dan kita nggak ketemu.

yah, sampai ketemu nanti lagi ya, pus.

*curhatan yang pingin banget punya kucing atau apalah hewan peliharaan di rumah tapi nggak boleh* 

:' |


Saturday, December 24, 2011

....saatnya bersyukur.

:))

di luar ekspektasi memang. sangat. dilihat dari keseharian ulangan, rapor bayangan, UAS..
bener-bener pesimis kemarin.

tapi ya........

nggak tau mau ngomong apa. alhamdulillah sebanyak-banyaknya. makasih ke Yang di Atas Sana. makasih ke semuanya :)

Friday, December 23, 2011


tadi tiba-tiba pengen gambar. tapi ya, gimana. kalau keinginan dan mood sedang nggak sejalan. gambarnya nggak rampung. bahkan nggak berani buat masukin WIP nya ke sini ; pasti aneh banget. aaaahh. mungkin lain kali. gambar lagi.

jadi inget percakapan minggu kemarin..
bukan percakapan sih. mereka yang bertanya. ada yang jawab. saya mendengarkan.

dipelihara, ya....?

iya, bunga emang bagus. menghias ladang. ngasih warna. tapi kalau bisa tanam yang lain yang lebih berguna --buah kek, sayur, atau apalah--kenapa nggak? yang bisa dijual, bisa dimakan, bisa disimpen di kulkas dan dimasak suatu saat.

jadi inget harvest moon. Won memang selalu jual biji bunga-bungaan. tapi saya nggak pernah niat untuk beli. lebih baik 10 petak tanah itu ditanem sayur --apalagi yang bisa dipanen nggak cuman satu kali. pemasukan jalan terus, bisa disimpen di kulkas, atau dimakan buat energi. 

waktu itu pernah coba nanem red-magic-red-flower atau apalah itu yang kalo beruntung bunganya bisa jadi merah. kalau dijual mahal. nggak beruntung --bunganya warna biru. nggak bisa dijual.

tapi yang saya tanem biru terus.

apa faktor keberuntungan ya.

lagipula, bunga itu bisa tumbuh di gunung. setiap musim ganti-ganti lagi.

nggak musti di ladang punya kita, kok.

bapak bilang, bunga itu emang bagus. tapi perawatannya juga nggak mudah. nggak kayak kaktus yang bisa dibiarin, atau pohon rambutan di depan rumah yang nggak usah disiram juga tiap tahun berbuah. atau puring yang tersebar di teras sana. atau belimbing wuluh. atau belimbing. atau.. *absen taneman di teras satu-satu*

waktu itu emang sempet dapet anggrek. ungu. cantik. lumayan memberi warna lahan kecil depan teras yang notabene 'hijau' semua.

tapi, ya, kalau lalai --cantiknya hilang. layu. mati.

.....pernah dengar bunga liar?

memang cantik kok. tapi kalau sudah 'liar', dalam arti bisa tumbuh sendiri dan memperbanyak diri di tempat-tempat yang tidak diinginkan, ya mau nggak mau harus dipangkas.

nggak, saya nggak mau hanya melihat sisi negatif dari plantae yang itu kok. bunga tetap cantik. indah. berwarna. menarik dilihat. salah satu makhluk hidup yang saya belum pernah denger ada yang nggak suka sama dia.

tapi ya..........................................................

........apasih. saya ngomong apa sih.

hanya ingin bercerita. cuman nggak bisa membahasakan dengan benar. atau sebenarnya nggak perlu untuk diceritakan? 

tapi mungkin merasa mereka yang mengerti perlu tahu.

berbeda itu nggak salah, kan?


Tuesday, December 20, 2011

[Art] Let This Feeling Go Away




"Let this feeling go away."
+ 2 hours
Paint Tool SAI, Princeton Tablet

setelah liat home facebook.
ya, akhirnya tergerak juga untuk duduk dengan tablet di tangan dan SAI di layar laptop. satu lagi list hal-hal-yang-ingin-dilakukan-setelah-UAS berkurang.

open image in new tab for full size

Monday, December 19, 2011


oh.. hai.

#np ARiA - Hatsune Miku

yak. akhirnya begadang untuk mereka lagi. setelah terakhir kali... pas regen ya? bikin 40 karikatur dalam semalem. terus jam 3 pagi langsung naik motor ke warnet buat ngeprint. dan begitu sampe rumah jam 5 pagi, udah harus siap-siap buat kumpul pagi. nggak tidur sama sekali.

saya yakin mereka yang lain juga sama berjuangnya kayak saya. bahkan lebih berjuang daripada saya. lebih capek, lebih ngantuk, lebih laper. tapi, ya, untuk pribadi, malam H-2 BLDK itu yang paling berkesan. .......setidaknya sampai saat ini.

kalo mengingat masa-masa dimana roda berlaminating, peta, ataupun jam pasir itu masih tercantel di baju... rasanya keren. bisa mengerjakan sebegitu banyak tugas. bisa begadang sampe malem. kalo liat buku regen pun -entah regen OSIS, DKM, atau KIR --terkadang suka terpana sendiri. dulu bisa ya nulis sepanjang ini. waktu itu bisa ngabisin satu  buku tulis nggak sampe 1 bulan. bisa nulis 4 halaman tugas harian + 2 halaman essay dalam sehari...

kok bisa ya.

kok mereka bisa ya. kok saya bisa ya.

dengan keadaan sekarang yang jam 11 aja udah ngantuk. 2 bulan lalu itu kayak mimpi. mimpi menegangkan tapi indah (?)

apasih. tapi ya..........kira-kira begitu.

waktu itu begadang buat bikin tugas fisika aja, yang notabene cuman bikin presentasi dan copy paste soal, ngantuknya minta ampun. padahal dulu, yang menuntut untuk berpikir tiap begadang, menuntut tangan untuk terus menulis selama mata masih terbuka. bisa kok.

aneh. tapi saya pengen dapet kekuatan super itu lagi. 

ya, mungkin nanti. pasti kok. tunggu tanggal main.

rambling tengah malam sebelum tidur. well, saya cuma pengen ngisi blog ini lagi. entah gimana. ujungnya jadi curhat sendiri. maaf ya :p

Saturday, December 17, 2011

hanya menulis


katanya, 9 dari 10 khayalan kita nggak bakal kejadian.

kalo gitu mengkhayalnya nggak usah yang bagus-bagus ya. 
tapi kalo mengkhayal yang jelek, buat apa mengkhayal?
mendingan nggak usah ngayal....

*curahan hati seorang daydreamer sejati*

lagi nunggu konfirmasi garage sale. hari ini mau ke bonenkai, tapi nggak tahu mau ngapain. yang jelas mau makan okonomiyaki. yaa... datang sajalah.

sekarang kesempatan untuk pegang laptop lebih besar, tapi entah kenapa males banget nulis... ulangan udah selesai, fyi. dan saya optimis untuk pesimis. ............... entah belum maksimal. atau apa. tapi mengecewakan. nggak tahu lagi nanti tanggal 23 mau gimana. optimis untuk pesimis nggak akan masuk jejeran 10 nama yang ada di situ.

.........mau diapain ini. hah. nggak mau ada kata-kata tidak terlampaui di sana. atau bahkan tercapai. tapi.......................

yah. udah. nggak usah bahas yang itu deh. topik sensitif.

hanya ingin sekedar menulis sekarang. blog udah nggak di update berapa lama... sudah mendapat konfirmasi kalo bakal ada garage sale. dan ternyata nggak bisa sarapan di rumah. akan langsung siap siap dan berangkatn. ciao!

Sunday, December 11, 2011



21th July 2011
third day of MOPDB
@ smansa bogor

entah kenapa pengen post gambar ini.
iya, itu, potongan yang paling tengah yang ada bunganya, saya ikutan ngecat :))

smansa itu... benar-benar sebuah sekolah kehidupan.

Saturday, December 3, 2011


bismillah.

buat dua minggu ke depan yang sangat menentukan.

Wednesday, November 30, 2011


kalau kamu menutup jendela dari mereka.

iya, kamu nggak  bisa ngeliat mereka.
tapi mereka juga nggak bisa liat kamu.

hukum newton ketiga,  kan..?

Saturday, November 26, 2011

Yes, we are semangkok bakso, SMANSA! -part 2

ya, kali ini nggak akan menulis banyak. cuma mau share foto yang akhirnya telah diupload oleh fotografer kelas yang baik hati....

number one everyone should know check this out!












ini wujud aslinya owner blog agninosekai lho...
#dibuang


PJ X-5, teh shynna dan a samuel cangak..




NUANSA ALAM SMANSA
@ gunung mas
november, 26th 2011
with semangkuk bakso

photos taken by : faisal sandy noviansyah

yes, we are semangkok bakso, SMANSA!

oh, well, hai.

kesempatan langka yang hanya ada saat besok hari minggu untuk online jam segini. harusnya tadi malem, tapi asli tepar banget. pertamanya sepik sepik rebahan doang, nggak akan tidur soalnya mau ngerjain tugas KI, ujungnya mah......

oke. jadi. dapet apa hari ini?

dapet kulit gosong kemerahan. capek. pegel. panas. dan award tersemangat hahaha nggak ngerti lagi yang itu.

tapi hari ini asli menyenangkan sekali :)) mungkin akan lebih banyak bercerita tentang X-5 di sini. kelas yang udah dihuni......(baru) (hampir) 5 bulan, dihitung sejak MOPDB. heran, nggak pernah ya posting tentang kelas. mungkin ini saatnya......

hari jum'at itu hari pertama lagi kita kumpul sekelas bareng-bareng buat ngerjain segala macem persiapan buat NUSA. yah, mungkin ini salah satu esensi NUSA --sejak MOPDB, kapan lagi kita kumpul kayak gitu? dan memang ngangenin banget. yang di rumah lintang banyak makanan, bercanda bareng, kerja bareng, liatin kelakuan ada-ada aja dari para makhluk di sana...

yah, kelas saya memang kebiasaan. baru nyiapin semuanya pas udah mepet mepet banget. atribut baru kepikiran H-1! udahlah itu mah seadanya. jadi sangat 'unik' gitu kan. hahaha. itu ceritanya semangkuk bakso dengan mie yang menggantung. dan kalung bakso. halah. bendera juga baru dibuat H-1, yel-yel juga...

jadi saya sih memaklumi kalau kami nggak bisa menampilkan yang terbaik. udah mah yel-yel yang boyband dihapus pula. ah. padahal itu salah satu yang eye catching. kalo garing, kita ini yang seneng bukan penontonnya. udah mah kemaren lesu pisan. dapet trek yang sangat amat menanjak... terus tiba-tiba dapet award tersemangat. nggak ngerti lagi dah itu....

tapi walaupun begitu kami tetap senang :D

"Kalo acara beginian, yang seru mah di angkotnya."

Nisa bilang kayak gitu pas pagi. dan langsung saya suruh dia buat ikut angkot itu pulang lagi pas kita udah nyampe, hahaha. tapi itu bener. pas di angkot pulang, dengan melewati jalan kecil yang kayak roller coaster untuk menghindari macet, kami ngobrol banyak. jujur-jujuran. 

dari sana saya dapet pelajaran ; jangan deket-deket fia kalo lagi moody. dan ayas itu sangat amat perasa.

lol.

nggak cuman dua sih. sebenernya banyak. itu yang namanya ngomongin orang-orang yang ada di situ satu persatu. menurut mereka saya itu orangnya keukeuh. dan lola (ya, yang ini fia sangat semangat sekali menyebutkannya. mungkin dia yang paling merasa terzhalimi dengan kelolaan saya). waktu itu juga sebelumnya pernah ada sesi kayak gini, dan saya dibilang orang yang menurut mereka nggak punya masalah sama sekali. bahagia-bahagia aja hidupnya.

well.................amiiiiiin.

"Bener deh, gue baru kenal kalian 5 bulan, tapi gue udah tau sifat kalian masing-masing."

-seseorang, di tengah rusuhnya angkot yang melaju di jalan terjal.

X-5 yang lagi kena demam multihero sampai yang mengenalkannya (re : saya) nggak pernah lagi dapet kesempatan main. yang main purble place di komputer sekolah tapi hebohnya minta ampun, padahal cuma sekedar nyari pasangan dan bolak balik gambar tea. yang pas istirahat jarang banget sepi, soalnya banyak yang bawa bekel. yang saya bisa ikut nimbrung dan ngobrol di mana aja. yang siapa bisa bareng siapa aja. 

mungkin terlihat agak dingin dari luar. tapi di dalam, hangat.

sayang kalian :)




harusnya ada dokumentasi NUSA, cuma sepertinya belum sempet diupload sama empunya kamera, jadi yang ini dulu aja ya..

ditunggu acara setelah selesai UAS nya ya! 

Thursday, November 24, 2011

scrambled egg


kecewa. lagi.
sama diri sendiri, mungkin.



kamu.
.........................
terserah. saya cuma jadi pihak pendengar dengan senyum dan tanpa telinga.
karena sebaiknya memang tidak didengarkan.




ya, jadi saya, seperti biasa.
yang selalu berkomentar nggak penting.
..................................
iya, ini saya. memang gini kok. 



terlalu sibuk sama pikiran yang sebenernya sangat nggak penting buat dipikirkan, tetapi menjadi jauh lebih menyenangkan apabila dibandingkan dengan melakukan hal lain.
che. terbalik.



ketika tujuh buah warna terlukis elok di langit, beberapa saat setelah ribuan tetes air tumpah dari gumpalan kapas yang kini telah menghilang. membentang. melengkung indah.
ternaungi oleh sebuah bentangan garis biru keperakan tanpa ujung. tanpa batas. menyelimuti seluruh permukaan bumi dengan kandungan gas hidup yang mengapung rendah di dalamnya.



kangen yang itu. mereka. apa kabar, orang-orang yang jarang banget saya temui sejak 2 bulan lalu?
....atau mungkin saya yang 'menghilang' dari hadapan mereka. 
kemana?
entah. kemana ya. antah berantah.
tapi jauh.



nggak ngerti lagi sama yang ini.
nggak ngerti dan nggak mau ngerti. merasa nggak perlu tahu lebih jauh. biar, mereka ya mereka. bukan urusan saya untuk tahu. akan berusaha melepas dan angkat kaki dari hal-hal yang ini. mau dipikirin dan diselidiki sampe botak juga -ada hasilnya sih. tapi cuma sekedar tahu. bahkan mungkin malah jadi mengetahui yang nggak perlu diketahui. bahaya. misi senjata makan tuan. harus dihapus secepatnya.



tugas menulis, menggambar, dan menempel ini memang sebuah refreshing sebelum ujian. setidaknya saya menikmati proses pembuatannya. mengalihkan pikiran.



ingin kembali ke kebiasaan lama. beberapa kebiasaan lama. tapi nggak ada tombol back.



karena nggak akan ada yang tahu apa tepatnya yang ada di pikiran seseorang, kecuali orang itu memberitahu langsung. mereka cuma bisa menduga. siapa sih yang punya kemampuan membaca pikiran kayak orang-orang super di TV itu?
dan, ya, saya bukan orang 'banyak omong'.
......duh, iya, saya cerewet emang, tapi itu ada tanda kutipnya.



well.
saya bingung. banyak hal yang dipikirkan tapi nggak bisa dituangkan. tapi kalo mampet di otak, bisa-bisa hafalan sejarah sama rumus fisika susah masuknya. hm. 
ada tombol format buat otak? oh, atau tombol format-hal-hal-yang-tidak-penting-dan-mengganggu-pikiran mungkin?





Monday, November 14, 2011

....boleh nggak pakai kata seharusnya?
seharusnya merugikan.
seharusnya percuma.

can you please just use your brain before doing something? thanks,

Saturday, November 12, 2011

[art] Spirited Away

No Face, Chihiro, Haku <3
Spirited Away
Paint Tool SAI, Princeton Tablet, + 1 hour

ketularan agni nih. dan no face itu sangat luccuuuu unyumunyu :3

open image in new tab for full size

Thursday, November 10, 2011

[art] Karena Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin

akhirnya gambar juga......
YAY
baru membaca 'Daun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin'.
bagus..... suka cara penyampaiannya. cuman temanya memang romance sih. suka banget gaya nulisnya Tere-Liye. serasa baca fanfic.. mungkin akan mencoba membaca bukunya yang lain lagi pinjem ke siapa ya. dan akhirnya terinspirasi buat bikin fan art nya. ahaha.

ada dua versi. yang kecil ini.. memakai cara coloring yang lama. dan membutuhkan waktu yang lebih lama. yang shadingnya bener-bener keliatan...


tapi.... aneh. saya lebih suka yang pake marker : | yang simple, agak berantakan, tapi soft..


Danar Danar, Tania, Dede
'Karena Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin' 
(c) Tere-Liye
2 hours for 2 version
princeton tablet, paint tool SAI, photoshop CS3
art (c) me


open image in new tab for full picture

Tuesday, November 8, 2011

mimpi


jam 6 pagi.
harusnya sekarang siap-siap ke sekolah. 
tapi nggak mau lupa sama yang ini. akan terlebih dulu memindahkan ingatan ke sini -sebelum tertumpuk sama yang lain.
tentang peristiwa yang hanya bisa disaksikan ketika manusia menutup mata.
tentang 67 orang itu. dan 42 kakaknya.

saya ada di tengah-tengahnya. dimana barisan 68 orang itu ada. di depan XI IPS.
42 orang itu juga ada di sana. beberapa berdiri di depan kami -seperti biasa. yang lain menyebar ke seluruh lingkungan smansa. bersembunyi, mungkin.
papan-papan tanda tangan itu ada di tangan kami.
--ah, tangan mereka.
saya nggak bawa. nggak tahu kenapa. 

tanpa penghormatan, balik kanan bubar, jalan!

dan barisan itu pun pecah. 67 langkah kaki terburu-buru menyebar. mencari si pemberi tanda tangan yang bersembunyi.
saya panik.
mengambil tas dan hanya menemukan kotak pensil dan buku yang sudah penuh. akhirnya membuka tas orang lain tanpa izin dan meminjam buku, setelah itu berpacu untuk mengejar yang lain.

entah berapa waktu yang diberikan. saya baru meminta tanda tangan ke satu orang -yang saya ingat betul tapi......sepertinya nggak usah diceritakan--dan ternyata semua orang telah kembali ke barisan.

lalu................

ke sempur. berlari. tulisan di dinding. jalanan macet. ...kolam renang?
uh, nggak ingat.
tapi ada kejadian lain setelah itu. nggak tahu apa.

dan setelah itu saya bangun.
ya, ini kali kedua kalian ada di 'dunia lain' milik saya :)
hai.
terbangun jam 3 pagi dengan buku soal masih terbuka di depan mata. tapi tetep aja beralihnya ke benda elektronik yang sudah stand by di atas meja. lol.

baca postnya agni jadi.....jadi kangen semuanya. mereka pada bilang saya yang jarang bales sms. padahal nggak, kangen juga.. kapan mau main ke rumah syl lagi, minna? oh, atau kita ketemu di bonenkai deh ya desember nanti. semangat semuanya buat ulangan akhir semesternya :)

Saturday, November 5, 2011


berdoalah untuk sang sapi........


Selamat Hari Raya Idul Adha 
semoga kita semua bisa meniru ketaatan dari Nabi Ismail dan ayahnya...

hari ini sangat tidak produktif.


hari ini sangat tidak produktif.
#sakali
padahal tadi dapet satu waktu yang bisa dibilang langka. pulang cepet, nggak ada kumpul, nggak ada les, syl sudah tersedia...
...tapi malah bingung mau ngapain. akhirnya kita ke TGA, ngegaje seperti biasa, terus......pulang.
nggak ding. jemput adek-adek. bertualang ke aliya. geez. bener-bener nggak ngerti sistem angkot di sana.
ah, ngomong-ngomong tentang syl..

"Gw nggak bisa hidup tanpa gambar. gw nggak bisa gambar tanpa isi pensil 0.3. kesimpulannya, gw nggak bisa hidup tanpa isi pensil. ayo ke TGA maeeeeeeee!"
 hai, kemampuan menggambarku, bagaimana kabarmu?

tadi kita kumpul sketsa. baru kali ini ngeliat syl gambar langsung di depan mata, setelah berbulan-bulan kita nggak gambar bareng. melihat pensil rotring dia nggak berhenti menggores kertas sketchbook A5 yang dibagikan itu....
....dan beralih ke kertas yang ada di hadapan diri sendiri.
kosong.

uh, udah lupa cara gambar kah?

entah ini salah di mana. salah di otak yang nggak mau menyumbang ide, atau skill yang bener-bener menumpul setelah berbulan-bulan nggak gambar serius, atau kemauan untuk menggambar yang susah banget munculnya.

tadi sempet nyoba gambar serius. bisa sih, tapi feelnya nggak ada. cuma cewek senyum berdiri gitu doang. sangat tidak kreatif.

tapi satu yang saya tahu, kalau bener-bener lagi ada niat buat ngegambar, biasanya ide langsung jalan. dan kalau waktunya sedang mengizinkan untuk sekedar mengambil kertas kosong dan menggores imajinasi di sana, harusnya bisa kok jadi satu gambar. yang ada feelnya. yang nggak membosankan.

nah, masalahnya, moment itu sangat sangat langka.

syl, kayaknya mae harus belajar gambar pake sketsa tubuh lagi...........

akhir-akhir ini sering banget pegang tablet. bahkan jauh lebih sering daripada yang dulu-dulu. tapi tujuannya beda. dulu, megang tablet karena memang ada gambar yang mau digambar dan diwarnai, yang mau disubmit di dA, atau ingin gambar untuk suatu event tertentu, atau sekedar ingin mencoba teknik coloring yang baru...

tapi sekarang, saya pegang tablet untuk sesuatu yang memang jelas ada tujuannya. masih sama kok. masih merasakan sensasi menyenangkan ketika menyentuhkan warna-warna itu ke canvas, mengkombinasikan ini dan itu, clipping mask bertebaran, meng zoom in dan zoom out untuk melihat hasilnya, perasaan puas ketika gambar itu sudah di save as JPEG dan tinggal diberi signature..

tapi............ah. mungkin memang imajinasi saya yang makin ke sini makin menyempit.

coba buka aib bentar boleh kali ya....

15 Maret 2010, pertama kali saya tertarik mencoba digital coloring.
Photoshop CS3. dengan line art yang masih dibuat manual; menebalkan sketsa awal di layer baru dengan brush dan mouse. shading yang masih sangat minim dan nggak jelas arah cahayanya kemana, dan entah kenapa ada efek blur-blur kayak gini.





22 Maret 2010 ; 
masih dengan Photoshop CS3. sudah mulai mencoba pen tool ; line art bisa lebih rapi. cell shading yang minim dan (lagi-lagi) masih nggak jelas arah cahayanya dari mana. 
dan.......ini gambarnya agak-agak penyimpangan sosial ya -__-v





02 Mei 2010 ;
Photoshop CS3. gambarnya udah mulai agak waras. sudah tahu fungsi dari 'simulate pressure' di pen tool, dan berhasil memakai fasilitas 'action' yang sangat-sangat-sangat menghemat waktu tapi sekarang saya lupa gimana makenya #fail soft shading campur cell shading. gesture dan ekspresinya kaku banget sih.. tapi entah kenapa sampai sekarang saya masih suka gambar ini :)

dan, oh, saya juga suka yang ini ;




27 Juni 2010 ;
Photoshop CS3. metode masih sama. tapi sudah mulai belajar untuk lebih detail ; seperti kerut rok itu, pake smudge tool. selesai dalam 2 hari --dan berdasarkan tulisan saya waktu itu, 2 hari terbilang sebentar....





11 Juli 2010 ;
see the difference? masih memakai Photoshop CS3, mouse, dan pen tool... waktu pekerjaan ; 2 hari. tapi di sini sudah mulai bisa memainkan warna dan memaksimalkan shading, jadi memang terlihat sangat beda dengan gambar-gambar sebelumnya. warnanya lebih soft..





16 Agustus 2010 ; ya, pertama kali saya menyentuh pulpen canggih itu :)
masih dengan Photoshop. tapi kali ini menggunakan tablet pen. perbedaannya memang sedikit banget. line art masih sangat bulukan ; sketch gitu, nggak lurus. mungkin malah....penurunan? masih belum bisa memaksimalkan teknologi canggih yang itu.




11 September 2010 ; hello, SAI!
pindah aplikasi ke paint tool SAI. tempat dimana para dewa di dA itu menuangkan imajinasinya.........
line art masih bulukan seperti biasa. tapi pewarnaan sudah mulai lebih soft. memakai metode soft shading. 

ya......dan gambar-gambar setelah itu. saya belajar buat membuat line art yang rapi ; nggak sketchy(?), mencoba berbagai macam teknik shading, coloring, dan genre. mulai mencoba-coba mengkombinasikan texture di PS juga.

beberapa yang terbaru bisa dilihat di blog saya, post yang ini, ini, dan ini

dan ini ;


beserta 8 gambar sejenis lainnya.

sebenernya ada satu lagi, design kaos, cuma nanti aja deh kalo udah beneran jadi :p

kalau dilihat..... berkembang.
dia nggak stuck. dia terus belajar hal-hal baru.
ya, mungkin sekarang -dengan kegiatan yang sangat banyak, tuntutan belajar, tekanan karena remed--, memang bukan saatnya untuk memprioritaskan hal ini.
tapi nanti.
ya, nanti.
akan.
doakan :)


Friday, November 4, 2011

down.

test.

just changed the template.
is it better? tried to play with the HTML too but I really cant understand.......
just let it be like this.
at least the comment feature had been activated. yay!

[edit]

bisa ngedit dikit-dikit. ubah font sama fontsize. walaupun itu juga hasil coba-coba lol setidaknya ini mendingan. 

memburuk di bidang akademis. padahal sudah merasa belajar. ya, memang mindset yang agak salah. harusnya masih bisa belajar lebih. harusnya masih bisa ngapalin lebih banyak.

....yah.. mungkin memang ada yang salah dengan metode belajarnya. atau niat untuk belajarnya. atau kurangnya waktu yang dikorbankan untuk sekedar membuka buku dan mengingat barisan kata yang tercetak di sana. atau masih sombong dan lupa kalau yang memegang kendali penuh adalah Yang di Atas Sana.

tapi masih bingung membagi waktu... di sisi lain, butuh banget browsing, refreshing, smsan, apalagi kalau memang ada kegiatan lain yang harus dilakukan --hey, hidup nggak cuman di depan buku doang kan? tapi takut untuk -lagi-lagi--mendapatkan penyesalan; 'harusnya kemarin bisa belajar lebih banyak...' 'harusnya ngapalin ini juga...' 'harusnya nggak ditinggal...'

ya, nyesel kayak gitu emang nggak enak banget.

tapi belajar terus juga nggak enak..........

Thursday, November 3, 2011



jatuh.
di jalan aspal yang mulus. sepi. nggak ada belokan. nggak ada batu atau paku yang bertebaran di jalan.
how?
entah batunya yang transparan.
atau belum selesai sarapan dari rumah.
atau belum cium tangan ibu sama bapak.


"......."

Wednesday, November 2, 2011



"Moshi," 

"Gomen ne Obaasan,  donna hito mo uchi e wa irecha ikenai no yo..." 

"Rusuban kai? erai nee! 
saa makka ni ureta Apfel omae-san ni hitotsu ageyou hore!" 

"Gomen ne Obaasan,  iranai watashi nanimo moraccha ikenai no yo..." 

"Ara maa shinpaishou da nee! 
sono toorya idaite'ru Zweifel kono baba to futatsu ni wakeyou!"

aragaenai sasotte'ru Teufel nanatsume no tsumi wa mitsu no aji.."

"Itadakimasu!"

--Garasu no Hitsugi de Nemuru Himegimi - Marchen.

Yang masih terngiang sampai sekarang.

masih penasaran kenapa masih nggak bisa kasih comment di sini. mau utak-atik resikonya......acak-acakan kayak dulu. kapok.
....atau mungkin semua celotehan yang tertuang itu memang bukan hal yang perlu dikomentari.
hm.

Sunday, October 30, 2011


satu, dua, tiga--
keluarga saya banyak, ya...
di sana, ada 40 an kakak baru. 
:D

Saturday, October 29, 2011

AAAAAAAAAAAAH


AAAAAAAAAAAAAAAH

satu teriakan penuh makna yang mewakili semuanya. sayang, nggak bisa lebih besar lagi fontnya (atau sebenernya bisa tapi saya nggak tahu caranya)

oh ; gini.



am I smart? LOL

AAAAAAAAAH buat window firefox yang nggak berhenti muncul daritadi setiap 5 detik sekali. di klik kapan, munculnya kapan.

AAAAAAAAAH buat laptop yang sangat amat unyu minyi minyi sekali banget dari tadi ; bisa nggak buat nggak not responding mulu? udah satu jam loh ini, dan belum dapet apa-apa. cuma liatin kursor tanda progressing warna biru yang berputar tak henti :)))

AAAAAAAAAH buat koneksi internet yang hilang selama seminggu, membuat waktu tidur jadi lebih mendominasi. susah update. tapi rajin belajar.

AAAAAAAAAH buat apa yang udah terjadi 3 minggu dari kemarin. dan AAAAAAAAAH (sekali lagi) buat koneksi internet yang membuat saya nggak bisa menuangkan semua kejadian berkesan itu ke blog.

seriusan. harusnya banyak banget yang bisa diceritain. tapi karena udah keburu lama, jadi gak tau mau cerita apaan. pokoknya harusnya ada yang bisa diceritain. cuma..... apa ya?

duh. #triplefacepalm

sekali lagi. AAAAAAAAAAH buat segala macem kamera yang entah bagaimana semuanya jadi gak bisa berfungsi di rumah. AAAAAAAAAAAAH buat laptop yang (lagi-lagi) lemotnya bikin pengen nangis. tau kan kalo saking gemesnya sama sesuatu, tapi nggak bisa ngapa-ngapain, cuma bisa ngedumel dalam hati sampe memicu air mata buat mau keluar, nah kayak gitu. berlebihan? fakta kok.


ya, its all about that.

oh, dan ini.


maaf banget untuk RF yang telat update sebulan.. hari ini rencananya di update kok. ini alhamdulillah banget ya bisa diem di depan laptop dan ngetik post (walaupun masih dalam kelemotan tingkat dewa yang bisa bikin hampir meneteskan air mata saking mirisnya itu).

...ngapain aja sih 3 minggu kemaren?

mulai berangkat jam 6 kurang 10 lagi dari rumah. mataharinya udah muncul, angkot udah rame, agak macet, 02 nya muter ke stasiun.. pemandangan yang nggak diliat selama hampir 3 minggu. oh, kalo ditambah PODS... mungkin 2 bulan.

sampe kelas langsung beli danu. kalo nggak risol mayo, rotinya Nisa. ahahaha. who cares.
........oh, my pocket does. and my tummy~

ngeracunin marchen ke Dewi. muahahaha. harusnya sebelum ini ada postingan tentang Marchen. udah niat banget ; cuma nggak ada waktu. sayang.... mungkin lain kali.

a ghilandy masuk TV. depan ruang BK penuh. perpus berpenghuni sejak pagi. 
dan saya sangat dukung beliau untuk mengisi kursi presiden kira-kira 20 tahun lagi. 
......serius.

ulangan kimia. hibernasi. nggak sempet belajar. remed. jder.

merasakan segarnya air kran dari setiap wastafel dan kran mushola yang ada di smansa. lol. memang beda dengan air dari mata air murni langsung dari gunung salak itu (re : aqua)

makan jahe berapa kubus ya........

menemukan sesuatu yang........agak menarik perhatian. agak menyita pikiran. tapi akhirnya cuma selewat doang lol hal yang tak begitu penting yang bukan urusannya yang sempat mampir di otak.

begadang buat 40 karikatur dalam semalam. colored. mulai jam 7 selesai jam 3 pagi dan langsung ke gundaling naik motor sendirian (masih heran kenapa nggak boleh naik motor ke sekolah OTL) habis itu langsung kerjain tugas harian, pulang, siap-siap, dan pergi ke sekolah.

intinya ; baru pertama kali itu dalam regen yang bener-bener murni nggak tidur. biasanya kan tidur jam 11 bangun jam 1... 

but it worth :)) sesuatu banget ketika mengerjakan sesuatu dengan sepenuh hati dan mendapat tanggapan baik. dan ada kesenangan terselubung ketika mengetahui sesuatu aaaaaaaa annis makasih banyak udah kasihtau xD

ngerusuhin rumah teh Ayu hampir setiap hari, pulang dari sana jam 9 malem, sampe rumah juga masih ngerjain tugas...

"Iya mae, kenapa?"

"Siap, assalamualaikum Wr. Wb. Mu'minah Mustaqimah, calon Mediasi....."
".....maaf a, lupa."
"........................................................"
"Morning--sut eh, morning apa OSIS?--running! every morning. healthy body. ready to study! running running..... running running..? leaving our.....bla bla bla. leaving our family. to do this regeneration!"
"Ya, karena kalian berlari dengan penuh semangat, -20 seri."

...kangen nggak sih. saya sih iya. aneh aja gitu dateng siang-siang. lapangan kosong. nggak ada yang ngegantung di kanan sama kiri yang bikin baju bolong-bolong itu. tapi setidaknya, sudah berhasil menjalani regenerasi yang terakhir ini dengan lebih sepenuh hati.. 

"Regenerasi ini buat kalian jalani. Bukan hanya dilewati."

bekal buat setahun ke depan kok. nggak akan nyesel. coba liat manfaat yang paling kerasa ; jadi terbiasa nulis essay tanpa mengeluh (kesampingkan efek tulisan acak-acakan)

kalo istirahat, ngeliat dari lantai 3 banyak orang berseliweran, jadi bisa mengetahui sebagian besar dari orang-orang itu. ya, kita yang tahu mereka, mereka nggak tahu kita. tapi pasti ada perbedaan sendiri ketika melihat orang melintas dan kita tahu dia siapa. .....agak nggak penting sih, tapi ini beda ketika waktu pertama kali masuk dan nggak mengenali siapapun.

....dan ada satu lagi yang kayaknya nggak perlu ditulisin di sini tapi udah saya ceritain ke beberapa orang :)))

nulis post ini lama banget. menggabungkan semua yang udah terjadi dalam kurun waktu 3 minggu itu nggak gampang bung. dan saya yakin, habis pencet tombol publish post di bawah situ pasti ada aja yang pengen ditambahin. lupa ditulis. 

..masih berharap agar keinginan menulis blog minimal seminggu sekali itu bisa terealisasikan.

*mengakhiri posting dengan otak yang masih berusaha mengingat apa lagi yang harusnya bisa dituangkan*



Monday, October 10, 2011

about 061011 until 101011


HA!!

harusnya sekarang ngerjain biologi. nyolong waktu bentar deh tapi. kapan lagi coba bisa posting.

yang lagi berkumpul di sana, semangat!! maaf nggak bisa ikut sampe akhir. nggak berani ambil resiko. tapi hape saya akan selalu aktif dan saya bisa online kapan saja, kalau butuh bantuan :p

4 hari bersama calon keluarga baru.
....bukan calon ding. emang udah keluarga :)

banyak banget kesan pertama. ke yang ini, ke yang itu, liat kalo sebenernya yang ini itu ternyata kayak gini, si itu nggak disangka-sangka orangnya kayak gitu...

sol tumit PDH saya ilang coba. udah bolong. padahal baru juga berapa hari dipake. emang saya kalo lagi jalan kakinya se ekstrim apasih. *random*

tapi satu kata yang bisa ngegambarin ; beda. 
beda sama semua kumpul-kumpul yang udah pernah diikuti kemarin-kemarin. kenapa beda? ...ya beda aja. kata 'beda' nggak selalu merujuk ke hal yang negatif kok.. semua ada plus minus. memang harus membiasakan diri. kerasin suaranya! belajar ngomong R! RRRRRRR! << huruf yang selalu menghambat dan membuat orang berteriak, 'Instruksi kurang jelas!' 

.......

tapi gimana caranya.................sedih. lol.

canggung? ..kalo jujur sih, iya. RE 1 : 3 sama MB. oh, ditambah perwakilan-perwakilan. sepanjang mata memandang kelas XI semua kayaknya... tapi ya mau gamau emang harus adaptasi. nggak ada salahnya lagian deket sama mereka. cuma ya tahu batasan aja, sedeket-deketnya kita, harus tetep ngehormatin juga. seru semua kok orangnya lagian :p salam kenal, aa teteh! *bows*

nggak bisa ngetik banyak-banyak. padahal mau curhat... tugas bio dan tugas harian sudah menunggu. 

ah ya, I got this ;



teh tama, teh indi, dan a nabiel's masterpiece
Paint Tool SAI, princeton tablet, + 3 minutes

lol.

..just believe me, my face isnt like that. really.

Iya a, teh, semangat balik! :))

Friday, October 7, 2011



"Indonesia mana punya tokoh sekarang? coba lihat, SBY kesusahan nyari orang buat reshuffle kabinetnya. kenapa? ya itu, nggak ada yang bisa dipercaya dan bersifat jujur, tegas.. coba kalian cari, siapa?"


"...."


"Nggak ada, kan?"


"Ada pak—"


.
.
.


"—A' Ghilandy, pak."




quote of the day

07102011
PKN @ X-5

new faces? nice to meet you! *bows*

well... masa-masa itu terulang lagi. tapi kali ini dengan wajah-wajah baru.
hayo. waktu itu katanya kangen. sekarang mau jalanin lagi, nikmati dong. jangan dibawa beban. positive thinking aja :))

2 am now. baru menyelesaikan tugas untuk calon mediasi ;


kinda like this art :))
mediasi OSIS PIONIR dan calon mediasi 2011/2012
4 hours
pencil, scanner, tablet pen, my playlist

if you can tell who is who. lol. entah kenapa kalo saya gambar chibi pasti nggak mirip. -_- yasudahlah...

semangat pake sepatu cetak cetok tiap hari ke sekolah!
dan inget ; jangan melampaui batas. atau kamu akan kehilangan semua hal yang tadinya nggak dibatasi.
jaga kesehatan! pilek + batuk sekarang *batuk lagi*
padahal jarang jarang sakit (alhamdulillah) get well soon, my nose, my throat~

ini baru awal. jalanan kamu masih panjang di depan. cuman masih kegulung aja, nunggu kamu nyamperin, baru dia bakal membentangkan diri.

btw, harusnya dari kemarin itu cerita banyak.. tentang marchen, ulangan, X-5... tapi nggak ada kesempatan buat nulis mulu. atau nggak ada mood? ah, sayang.... menyesal.

open image in new tab for full picture

Saturday, October 1, 2011

2-WEEKS

HAIIIIIIII!!

*merusuh*

banyak yang terjadi dua minggu ini. banyaakkkkk banget sampe saya lupa apa aja.

pertama kalinya ngerasain pekan ulangan di smansa. padahal baru... 18 + 3... padahal belum nyampe 100 hari di sana, tapi...

merasa sangat gagal di pelajaran. sekarang jauh lebih mending (ya, mending, bukan suka) sama pelajaran IPS yang hafalan mutlak daripada mate / fisika / kimia. padahal nggak sampe 100 hari yang lalu, saya masih suka matematika. dunia cepet banget sih berubah. oh, atau mereka yang berubah, tapi otak saya telat diupgrade? lol

.
.

-----postponed------

tiba-tiba diminta bikin header buat blog KIR. sangat mendadak dan saya lagi tak ada ide sama sekali orzorz tapi karena tugas jadi... ya harus bantu. here it is!


for KIR's blog header
1-2 hours. kilat.
Paint Tool SAI, photoshop, princeton tablet

...dan karena ngegambar ini saya jadi bingung mau ngomongin apa. lupa tepatnya lol. ada banyakkk banget yang terjadi dua minggu ini #sakali

ulangan. bikin desperate. mungkin emang nggak boleh merasa puas karena udah belajar. mungkin rasa takut online setelah belajar karena takut afalannya ilang itu juga sebenernya bener. nggak ada yang namanya puas buat belajar. see the reality. my score isnt that good, although I thought that I have study enough. this is the wrong side. harus menghilangkan rasa kepuasan setelah belajar. itu nggak baik. hey, masih banyak orang pintar di luar sana.

jangan jadi orang yang diekspektasikan untuk  berhasil, tapi akhirnya nggak berhasil. jadilah orang yang tidak diekspektasikan untuk muncul, tapi nama dia bisa berada di tingkat atas pada akhirnya.

I said it before. that feeling when people says you're smart but you know you dont. 
kesel? sama siapa. diri sendiri? orang-orang itu? ....buku pelajaran?

memang harus belajar lebih banyak.

minggu kemarin ada mabit. hari rabu kemarin PODS selesai dan ketum dan ketua dua ulang tahun. sertijab. pindah tangan. terlepas. berjalan sendiri.

...time goes so fast, dude.

rasanya cepet banget ya. buku PODS udah penuh aja. ID udah ganti, dan akhirnya dilepas sepenuhnya. huruf 'c' dan 'a' di nama group FB udah nggak ada sekarang. waktu yang hampir dua bulan itu rasanya kayak berlalu begitu aja. oh, sekarang udah nggak ada kumpul pagi ya? jarkomnya mana nih? dalilnya tentang apa? essay gimana?

..dan baru nggak kumpul 3 hari aja, kayaknya udah lama banget. emang terlihat agak berlebihan pas jarkom dari ketum nyampe dan isinya,

'...udah lama kita nggak ngumpul...'

tadinya sempet mikir. udah lama? baru tiga hari doang kok. 

..tapi abis itu ngerasa sendiri. ....iya ya. udah lama ya. asa udah lama banget nggak ngeliat muka-muka itu.

and say hello to my new family,


...kemarin, jumat sore dimana hari sabtunya ada ulangan matematika bersama bu jasmi tersayang, KIR tiba-tiba bilang kalo ternyata ada tugas buat bikin mading. jder. saya dateng ke tempat kumpul sekitar jam tigaan, dimana karton masih dibeli dan yang kumpul emang sedikit. jujur, agak males pas ngerjainnya. nggak ada ide, mentok, sampe akhirnya jadi domba-domba gitu.
tapi ngobrol sama mereka itu seru :)) udah mulai nggak canggung. bisa keketawaan, dan ada uke mwahahaha. mading selesai jam 6 sore, dan kita puas. emang nggak seberapa dibanding mading ekskul lainnya, tapi waktu memang nggak memungkinkan. habis selesai langsung absen dan pulang, dengan buku matematika yang menunggu di rumah. tapi senang :))

harusnya ada fotonya, KIR seangkatan, tapi nggak tahu siapa yang simpen. hmm...

dan bayangkan, dengan kondisi pekan ulangan udah selesai, besok hari minggu, PR (Insya Allah) nggak ada, dan saya masih ragu-ragu untuk online...

bukan ragu-ragu sih. apa ya. sempet mikir gitu sebelum online. ada PR nggak.. perlu belajar apa.. otak memang butuh refreshing, tapi saya bingung kalau sudah ada keadaan dimana si otak itu seolah menolak refreshing dan memfokuskan ke hal-hal yang 'tidak lebih menyenangkan tapi berguna' daripada online.

aneh...

mungkin pola pikir saya sudah mulai berubah.

...atau otak saya aja yang berlebihan lol

half to 1 am now. its already midnight!! (actually the midnight has passed)

besok harus ke sekolah. aransemen SB. dan itu berarti sekarang udahan..

nggak tahu lagi bisa nulis kapan. saya bingung. akan selalu disempatkan kalau sempat. ciao!