Thursday, May 31, 2012


02.40 malam (menjelang pagi).

"Belum tidur?"

*nggeleng*

"Mau tidur kapan?"

"Ntar, abis ini selesai.."

"Tidur. Nanti sakit.."

(....................)

ah...ya. 

er.. kalo makan banyak, kemungkinan sakitnya ngurang mungkin. *nyengir*

hah. silly me. kebutuhan perut dan kebutuhan waktu istirahat itu beda, kali.

ya.. tapi memang bener. walaupun udah sering. tapi pada dasarnya memang nggak baik waktu produktif dibolak-balik. atau....diperpanjang sedemikian rupa hingga mempersempit waktu yang lain --membuatnya nyaris nggak ada.

....tetep ada sih. pasti ada. masa nggak ada. tapi mungkin bentuknya bukan rebahan di kasur dan berkelana ke alam mimpi.

berdoa semoga badan nggak menuntut waktu yang itu di saat yang tidak tepat. nggak lucu kalo nanti semua yang 'terambil' malah tertuang di meja ujian. ya....setidaknya. nggak untuk minggu depan. 

buat semua yang juga sedang mengurangi waktu istirahatnya untuk minggu depan. semangat ya. jangan lupa makan. mengurangi istirahat boleh, tapi jangan meniadakan. lebih baik mengefektifkan, bukan?

*menasehati diri sendiri*

Tuesday, May 29, 2012

mungkin postingan yang ini cuma mimpi


H-5 UAS.
*kejang kejang*
hari ini akhirnya menyentuh buku. pertama kalinya akhir-akhir ini. mengasingkan diri di paviliun, sebisa mungkin menjejalkan ke otak segala hapalan-hapalan ekonomi beserta rumus-rumusnya.

butuh main? iya, jelas. 
main dengan segala macam bentuk hapalan dan rumus yang harus diingat dan masuk ke otak hanya dalam jangka waktu 5 hari ke depan.

tadi pas ngapal ekonomi. nggak ngerti. ngawang-ngawang. iya, baca bukunya. iya, kayak biasanya, melafalkan keras-keras poin-poin tentang bank, kredit dan teman-temannya itu. berulang-ulang. tapi.......aneh. serasa mimpi. serasa nggak bangun. apa ya. menghapal iya, tapi serasa nggak ada di sana..

agak lebay aja lah ini. tapi serius. bingung. baru kali ini belajarnya kayak gini. takutnya ini menandakan kalau memang ya...lagi nggak ada di sana. dalam artian segala macam hapalan yang harusnya masuk pas itu bener-bener mental keluar sepenuhnya. nggak ada yang bisa masuk. nggak ada yang bisa dicerna. sia-sia dong belajarnya...

bahkan saat ini pun masih bertanya tanya. sampai sekarang perasaan aneh itu masih ada. seolah-olah emang lagi mimpi. ketiduran. belum bangun.

apalah ini. lagi kenapa sih -______- dasar aneh.

teruntuk;

teruntuk; Benteng Batu.

melihat mereka satu persatu dipanggil ke depan, dikasih map, dibacain prestasi selama di smansa, beberapa diberitakan telah diterima di satu tempat lain, jauh dari sekolah, nggak cuma dibatasi satu lantai kayak setahun yang lalu........
........kenapa lagu Hymne Smansa itu selalu ngena di saat seperti ini, sih.

Benteng Batu itu kece. dengan kesan pertamanya sebagai POSKO, prestasi-prestasi penghuninya, karakter orang-orang di sana.. mungkin memang tradisi untuk kelas X melihat kelas XII sebagai yang 'kece'. tapi kalo yang ini...entahlah. menurut saya bukan sekedar tradisi. memang beneran kece. seriously. kayaknya orang-orang kayak sebagian besar dari mereka memang bener-bener cuma ada satu.

tapi gerbang smansa akan tetap terbuka lebar kok a, teh. selamat atas kelulusan 100% Benteng Batu. makasih untuk semua bimbingan selama setahun ini. makasih telah menjadi kakak yang baik. selamat melangkahkan kaki ke jenjang yang lebih tinggi. selamat mengharumkan nama sekolah ini. selamat mengejar cita-cita..
sering-sering pulang ya :') do'a kami semua menyertai..

sincerely,

adik.
 yang bakal kangen banget sama kalian.

Friday, May 25, 2012

curhatan (mantan) author


00.35

dan masih heran kenapa tugas bikin cerpen itu ada batas maksimalnya. gah. paling nggak enak kalo harus memendekkan sebuah cerita --jadi kerasa banyak banget yang hilang. kepotong-potong. nggak lengkap. janggal pokoknya. dan ini yang dirasakan sekarang. nggak suka. bahkan me reduce 3 halaman doang pun tetep kerasa udah ngilangin banyak deskripsi. banyak detail. 

lebih sulit untuk menulis ketika ada batas maksimal, bukan minimal. batas maksimal berarti kita harus menarget cerita ini, plot yang ini, konsep yang ini, gimana caranya harus selesai dalam batas itu. jadi nggak bebas. mau nulis deskripsi harus ditimbang-timbang dulu. jadi susah untuk mengekspresikan apa yang harusnya tertuang di sana untuk mendukung cerita itu. ujungnya, malah jadi nggak puas sendiri. 

yah, karena selama ini challenge-challenge di Infantrum hanya menarget batas minimal, jarang yang maksimal --oh, atau mungkin ada maksimalnya, tapi 4000 - 5000 words. jangka segitu cukup untuk buat satu oneshot. entahlah, saya kayanya terakhir kali nulis selalu pendek-pendek (sampe diprotes sama readersnya RF gara gara kependekan per chapter -__-). giliran ada tugas b. Indonesia kayak gini, tiba-tiba jadi panjang aja.

apa ya. udah jaraaannnggg banget nulis. kangen, pasti. mungkin itu sebabnya di cerpen yang ini... seneng banget nulisnya. mengalir, tanpa beban. memang sempet bingung sama scene endingnya mau dibuat kayak gimana, tapi akhirnya ketemu juga. dan.. puas. saya nggak tahu apakah cerpen yang ini jelek atau nggak di mata orang lain. terserah. saya hanya nulis apa yang mau saya tulis, kok.

tapi pada akhirnya nulis juga :) tinggal tunggu tugas buat ngegambar nih... #eh

ketika sebuah tugas menjadi ajang untuk meluapkan kekangenan akan kebiasaan yang udah lama banget nggak dilakuin. jadi inget tugas KI, lol.

nanti mungkin di post di sini ceritanya.. 

akhir-akhir ini... H-10 OSP. H-8 UAS. H-3 perpisahan Benteng Batu. dan dengan kondisi yang udah mepet mepet gini, masih aja harus begadang untuk ngerjain tugas, bukan untuk belajar. gak ngerti. malam-malam ini lagi sering banget bangun malem. nggak, nggak pernah nggak tidur kok. sebanyak-banyaknya begadang, setidaknya quota tidur 4 jam itu terpenuhi. oh, atau mungkin 2 jam. 

kalo yang bener-bener nggak tidur itu, H-2 BLDK, pas ngerjain karikatur + kesan pesan........ kok bisa ya waktu itu. yang baru sampe rumah abis maghrib, dan langsung duduk di depan laptop 8 jam nonstop. jam 3 pagi naik motor keluar buat ngeprint. balik ke rumah jam 5. langsung siap-siap dan berangkat buat kumpul pagi. 

yaa. mungkin nggak seberapa. banyak kok orang yang lebih extra waktu itu. tapi untuk kali pertama.. sangat berkesan. kapan lagi ya punya kekuatan super kayak gitu.

oke. yang tadi intermezzo.

gemes sendiri liat to do list yang nggak bisa dicentang. banyak banget. tugas-tugas laporan dkk. rasanya pengen selesein semua satu malem --sayangnya nggak bisa. yah. butuh waktu. target; minggu ini semua selesai. minggu depan jadi tinggal belajar. melahap semua hapalan-hapalan mutlak. jejelin rumus ke otak. 

semoga badan tahan ya.. nggak lucu banget kalo sakit. hah. begadang cuma beberapa malem aja masa udah tumbang. di saat-saat kayak gini malah sakit itu.........apa banget. masalahnya badan udah mulai perih-perih kayak yang biasanya orang mau demam gitu asdhfasjkdhfaskld. tenang. sadar diri, kok. udah lagi kayak gini, terus sok sok gak perlu makan, hahahaha. yang itu namanya cari mati. nggak lah. makan itu otomatis. biar lah dibilang banyak makan, makan mulu, bla bla. memang butuh tenaga ekstra, kan? daripada sok sok biasa, itu sih namanya nggak sayang badan. 

jadi sebenernya ucapan 'Jangan lupa makan, ya!' itu hanya formalitas. lol.

....ngomongin apasih.... buku matematika udah nunggu. entah bakal bisa posting lagi kapan. mungkin nanti. secepatnya lah. 

Bismillah untuk minggu minggu ke depan.

Sunday, May 20, 2012

CLOSING SMANSA DAY 2012


ini sakali banget. tapi saya nggak bosan-bosan bertanya ; kenapa waktu berlalu begitu cepat.

ini post tentang opening SMANSA DAY. 22 Maret. 

dan sekarang? duduk di depan PC, tertanggal 20 April 2012.

(Warning. mungkin lagi-lagi long post. nggak akan membiarkan memori yang ini berlalu begitu saja. setidaknya ada bukti autentiknya..)

18 Mei 2012. Dari mulai bel pulang dibunyikan. udah banyak orang yang merapat ke balkon lantai dua dan tiga, ngintip ke bawah. panggung udah dipasang. semua latihan buat opening. ada orchestra, color guard, percussion, vocsa.. saya sendiri waktu itu di atas panggung. sibuk (nggak sibuk sih) liatin yang lagi bagiin kaos. edit spanduk. bantuin dekor..


17 Mei 2012. yang lain libur; kita berantakin altar depan.


latihan opening


what's on today!

jam satu semua dipanggil untuk rabes. rabes terakhir... diomongin tentang danu. ah. merasa sangat nggak maksimal untuk yang ini. ada aja halangan tiap hari minggu buat dateng ke sekolah dan ngedanu. akibatnya; nggak dapet MB satupun. udah ditag semua. RE juga nggak maksimal........

akhirnya setelah itu bantuin dekor lagi; dan pergi ngedanu bareng aussie dan ceasy. jam setengah 6 sore dari sekolah, dan baru sampe sekolah lagi jam setengah 9. oke. yang ini bener-bener pengalaman pertama. kenapa ya orang suka memaksimalkan kerja hanya di kesempatan terakhir (...) *bertanya ke diri sendiri*

sampe sekolah....ramai! banyak yang mau checksound. kakak kakak PIONIR juga pada dateng. seneng liatnya. ada yang dekor di sana, di sini. sekali lagi; kayak opening waktu itu. suka banget euphoria saat ini. sekalian kangen kangenan sama Benteng Batu yang udah lama nggak ke sekolah. lihat muka-muka orang itu lagi --walau cuma melihat mereka lalu lalang.

pulang jam sepuluh. langit dipenuhi bintang.

pergi jam lima kurang keesokan paginya. bintang-bintangnya masih ada! ditambah bulan sabit yang dilihat pas turun dari angkot. sayang nggak bisa difoto, karena bukan dalam posisi supermoon dan bulan sabitnya kecil banget.. tapi lewat lensa paling canggih yang dicipta oleh Yang di Atas Sana, satelit itu terlihat jelas..

di sekolah udah rame. belum pake baju panitia karena kemarinnya lupa bawa #facepalm. banyak yang nginep, jadi porsi yang telat-telat juga berkurang. berhubung acara mulai jam delapan, udah lumayan banyak orang yang datang juga. pake baju biru. ada juga yang masih pake batik.

ah ya. intermezo bentar. harusnya hari sabtu kemarin itu ada pelajaran b.Indonesia. gurunya bilang, walaupun smansa day pelajaran pertama bakal tetep ada. jadi pas anak kelas dibilang kalo sabtu nggak akan ada pelajaran, ada beberapa yang kayanya nggak percaya. alhasil, pas hari H ada aja yang masih pake batik. dan begitu bilang ke guru mata pelajaran yang bersangkutan, beliau...........tertawa.

well, pelajarannya, jangan mudah percaya sama orang ya... #salah


gerbang Idola Cilik 2012

dibuka dengan penampilan orchestra + percussion + color guard + vocsa. keren! merinding dengernya. sesaat jadi pengen bisa main biola juga.. terus disambung dengan sambutan-sambutan dan drama musikal. tapi pas drama musikal belum selesai, udah dipanggil. ah. TBD dan smandol udah dateng.


orchestra + vocsa

di closing ini pertama kali saya jadi LO. kepanjangannya.... saya lupa. LO itu tugasnya jagain pengisi acara, ikutin, ngasih konsumsi, pokoknya kalo pengisi acara butuh apa-apa yang dihubungi itu L.O. begitu TBD dan SMANDOL udah dateng, saya langsung ke atas. er... agak khawatir juga soalnya ternyata yang ini nggak dapet ID dan sepertinya yang bersangkutan kurang senang. 

satu keuntungan jadi LO adalah; bisa naik ke lantai dua dan nonton dari sana. jadi lebih jelas juga liat orang-orang pemain band nya :p


SIGNATURE! juara 1 audisi band :))

pas penampilan SMSD, TBD dan SMANDOL diminta turun. siap-siap. kebetulan kemarinnya mereka nggak sempet checksound. teh Yugin tangannya udah dingin banget, sepertinya nervous.. pas naik panggung dan checksound, ternyata di keyboardnya..ada yang salah. saya nggak tahu pula. nggak ngerti. jadinya cuma standby di pinggir dan bantu doa.. maaf ya a teh...... *sungkem

tapi pada akhirnya, sukses! penampilannya kereeeeen. selamat untuk TBD dan tiga besar SMANDOL :D


TBD + tiga besar SMANDOL 2012

dan kemudian disambung dengan band-band alumni yang lain. suasana udah mulai ramai. yang ngisi buku tamu udah lumayan banyak. dan ada satu insiden yang..... saya nangisin orang (......) nggak sengaja, asli, tapi serem... kamu cepet sembuh ya kamu....

setelah shalat ashar, euphorianya makin naik. kenapa? ada JELANGUAN!

katanya, memang guest star yang satu inilah yang selalu ditunggu-tunggu setiap smansa day. disamping mereka juga alumni smansa (yang drummernya alumni OSIS...#terus) lagu yang dibawain nggak pernah ngebosenin. member jelanguan itu...sepertinya pemusik beneran. yang bisa ngaransemen lagu. pelatih pagelaran dan DB spensa waktu itu #ea. bukan kayak band-band lain yang bawain satu lagu, ganti yang lain, yang lain lagi.. kalo yang ini ngemedley beberapa lagu. di aransemen pula. diganti-ganti liriknya. coba; band mana lagi yang bawain lagu kera sakti? lagu yang...entahlah. pas manggung spensaday juga jelanguan bawain ini. khas kali ya? tapi keren. metal gitu lol.


"Seekor kera, terpuruk terperangkap dalam gua
di gunung tinggi sunyi tempat hukuman para dewa.."

pas jelanguan tampil, lapangan mendadak penuh. alumni yang tadinya ngerumpul di luar pada masuk. rame pisan. ditambah sama ka Jui yang notabene pernah masuk standup comedy di Metro TV #ea. 


berkerumun. banyak orang!

ditutup dengan nyanyi bareng-bareng Hymne SMANSA. asli merinding. di situ ada alumni; entah dari angkatan berapa aja, kumpul semua di lapangan. mereka yang pada akhirnya balik ke 'rumah kecil' yang satu ini. bareng-bareng nyanyiin Hymne yang di setiap baris kedua dari terakhir, nada tingginya gak karu-karuan (lol). 


:')

Jelanguan turun, dan guest star kedua naik! SOULVIBE. menyanyikan beberapa lagu. 


SOULVIBE

puncaknya itu pas lagu terakhir, banyak banget yang balik lagi ke lapangan dalem. lagunya... antartika? dan kemudian balon-balon turun dari lantai tiga (dilemparin sama panitia maksudnya).


hujan balon

setelah itu mereka pamitan dengan gitaris yang melemparkan pik (atau pic) ke arah penonton namun ditangkis dan akhirnya didapatkan oleh ninis yang langsung memasukkannya ke kantong. lol.

kemudian ke ruang panitia. makan. sholat. copotin dekor.

ah....berarti besok pas masuk umbul-umbul ungunya udah nggak ada. backdrop smansa day nya juga. tulisan 'Berawal dari Mimpi, Wujudkan dengan Pasti' di gedung sayap kanan juga. What's on Today nggak akan terupdate lagi. kosong....

diakhiri dengan evaluasi. evaluasi terakhir. kesan pesan. koreksi. tangis. tawa. tidur? lelah yang nggak terasa.


beberapa jam sebelum semua dilepas

mungkin.. saya nggak berpartisipasi cukup banyak. sungguh menyesal dengan yang satu ini. hanya aktif membuat beberapa desain untuk backdrop spanduk dll. mungkin masih kurang berpartisipasi. mungkin masih kurang peka sama keadaan sekitar. mungkin........belum sepenuhnya pakai hati.

 tapi --jujur, seneng banget merasakan kekeluargaannya. hangat. bisa berkomunikasi dan bercanda dengan siapa aja yang ada di sana. dibimbing. dikoreksi. diberi saran. dirangkul. merangkul. 

dua bulan. dan sekarang; semuanya akan berlanjut seperti biasa. seperti sekolah yang lain --

--nggak. smansa, hari apapun, akan selalu beda dengan sekolah lain. ya kan? :)

seperti smansa yang biasa.

saya tanya sekali lagi; kenapa waktu berlalu begitu cepat.

...ralat. cakrawala akan selalu lebih dari biasa. teruslah membentang luas! makasih banyak untuk satu lagi momen indah ini :))



Friday, May 18, 2012


...
H-4 jam.
dan masih duduk di belakang monitor, dengan program desain terbuka di tab nya.

sore ini hujan. kirain bakal mendung semalaman. lihat langit jam 7, nggak ada apa-apa. udah males duluan. agak kecewa. tapi sekitar jam 10 tadi, di perjalanan pulang, iseng-iseng liat. memang nggak ada apa apa sih di langit depan. tapi begitu melihat terus ke atas, ke belakang..

....entah perasaan lega darimana. banyak. berkilauan. cantik..

bismillah.
SEMANGAT, CAKRAWALA!

Tuesday, May 15, 2012

mikir.


terkadang mikir.

nggak ngasih judul di entry blog, nggak ngasih label juga, nulisnya curcol semua dan bukan kejadian sehari-hari, kira-kira bakal nyesel nggak ya nanti?

*he* *agak penting* *abaikan*

HAAAAA.
kemaren kemaren baru baca blog yang gaya penulisannya agak lawak. seru sih bacanya. menyelipkan banyak unsur-unsur yang bikin apa-sih-ini-maksudnya-gak-jelas-banget tapi pada akhirnya tetep bikin nyengir nyengir sendiri. pada akhirnya nggak bisa berenti untuk melihat semua entry (sayangnya entrynya cuma sedikit dan sangat lawas...) 

dan kemudian sempat kepikiran untuk mengganti gaya penulisan jadi kayak gitu juga. lol.

*le random

malam ini sangat ringan. setelah malam kemarin dihantui ulangan-ulangan hari ini. X-5 berduka bung. 4 ulangan di satu hari! 4 dari 4 pelajaran. which means, hari itu full ulangan. harusnya nggak usah bawa buku aja kali ya. nggak ada lagi berita-berita pelajaran terakhir ditiadakan karena acara eskul kayak minggu kemarin. atau guru-guru rapat mungkin. atau dispen. 

sempet ada yang bilang kalau biasanya kayak gitu mah pasti ada aja yang nggak jadi ulangan.........

tapi pada akhirnya tetep tes semua.

*nangis*

fisika, sosiologi, remed biologi, matematika (tes satu satu maju ke depan)

what a life........ (insertyaomingfacehere)

yah. dan menyesal karena nggak teliti satuan di fisika. nggak, bukan satuan di hasil akhir. tapi satuan buat ngitung. satuan diketahui nya. jadi ujungnya ya, ke bawah salah semua. ahaha. wassalam ini. pak remed kapan ya....

pokoknya tadi pas udah bel, rasanya legaaaaaaaaa. terlihat binar bahagia dari setiap raut wajah murid-murid X-5 yang telah berjuang melewati sebuah hari yang amat sangat berat *halah. asli sangat lega pokoknya. terus besok (katanya) (harusnya) nggak ada apa apa.. 

hmmmmmmmmmmm.

H-4 closing. ini sakali banget. tapi waktu memang cepet banget. aa. bentar lagi acara puncak. bismillah untuk yang terbaik..

oke..

*that awkward moment ketika kamu harusnya punya banyak yang bisa ditulis tapi begitu sampai di depan PC, semua menguap*

lagi rada nggak ngerti sama orang. yah. ngerti nggak ngerti tetep nggak bisa ngapa ngapain sih. mau apa.

pengen ngegambar............

duh. H- berapa UAS ini teh. H- berapa yang itu..  masa katanya UAS dari semester satu. hwad. nggak ngerti. makin sedih aja. why oh why.... tapi memang nggak perlu dipertanyakan lagi sih. keputusan kurikulum. berharap gurunya baik dan memberikan porsi soal semester satunya dikittttt dan bilang bilang untuk lebih fokus ke semester duanya aja. amin.

nggak berani ngebayangin nilai bakal jadi gimana nanti.

dan nggak mau menyesal lagi --untuk yang kesekian kalinya.

masih boleh ngegambar nggak sih........atau ngerjain astro aja ya. ah. 

Thursday, May 10, 2012

upcoming exams;

PKN, matematika, kimia, fisika, sosiologi.

(..........................................)

selamat bekerja, dear, otak. jangan capek-capek ya. kalau kamu ngambek dan tiba-tiba nggak mau kerja kan gawat juga.

Tuesday, May 8, 2012

MEKAH 2012


(warning : long post. beware!)
ingin menuliskan apa yang ingin ditulis. semua. sebelum tertumpuk dengan yang lain. sebelum teralihkan dengan yang lain.. karena suara hati dan lisan pun kadang belum cukup untuk sebuah rekaman. apalagi untuk yang satu ini :)

tebak apa.

satu, sekarang baru jam sebelas. setelah luntang lantung dengan fotokopian biologi semalaman, (udah pasti) ketiduran, dan ketika bangun jam bahkan masih belum menunjukkan lewat tengah malam. .........sesuatu sekali. perkiraannya sih, kemungkinan besar kalau tidur tadi bangunnya ya sekitar jam lima. tadinya. nyatanya enggak.

dua, harusnya malam ini saya masih berkutat dengan segala macam invertebrata. yang semua materi ada di fotokopian buku cetaknya si ibu tercinta, tapi tetep banyaknya minta ampun. memang ada desas desus besok pulang siang lagi, akan ada Klinik Diaf, tapi....yah. yang lain belajar. masa saya nggak. minimal fisika lah --kayanya yang ini sih besok beneran ulangan.

tapi bener-bener mau nulis. tentang hal-hal mulai lima hari kemarin.

ah, nggak ding. untuk beberapa hal, harusnya dari enam bulan yang lalu. sejak diberi kertas A4 dibagi 4 itu.

seriusan, nggak tahu harus mulai dari mana.


yang terbawa pulang hari ini. well. sebenernya nggak begitu penting. yang satu yang agak gede itu bekas dekor tabligh akbar. yang kanan Q-Card nya MC. #terus

tapi.. lambang bernuansa biru dan hijau itu yang bener-bener menghiasi dari hari kemarin.

Jum'at, 4 Mei 2012. setelah closing SSP, nyopotin dekor di panggung lapangan dalam, masih harus stay di sekolah buat dekor mid event. ya, hari itu siangnya saya ngedekor, sore lepasin dekor, malemnya ngedekor lagi. sesuatu. bikin awan awan dengan kapas-kasar-yang-saya-baru-tahu-ada-kapas-kayak-gitu. unyu. kayak Shaun the Sheep (walau nggak pernah nonton). bantu nempel tulisan, liat orang-orang yang mau check sound berdatangan satu-satu.

satu malam lagi yang ramai.

yang lain sibuk naik-naik tangga, gantungin awan dan lambang SMANSA DAY. ada yang bolak balik tosis. saya? .......makan nasi goreng.

#eh

iya, emang makan, tapi ya bareng bareng lah :p sebentar doang. dan kemudian diberitahu ada bulan purnama. langsung bangkit dan lari-lari kecil di koridor sambil lihat ke atas, berhubung lapangan itu ada atapnya.

ah ya, sekedar info. bulan purnama bulan ini, bulan lagi ada di posisi perigee --posisi paling dekat dengan bumi. itu berarti malam itu supermoon. yah, mungkin emang nggak begitu jelas perbedaannya kali ya di Bogor. kata saya sih bulannya segitu-segitu aja. tapi agak kuning.....memang dasar ya polusi cahaya.

tapi bulannya memang ada. jadi inget, H-1 opening. hari itu ada Venus sama Jupiter, kan? bintangnya banyak banget. kali ini, bukan bintang. bulan purnama yang menemani, muncul sepenuhnya.

setelah itu pulang, dan... besoknya MID EVENT SMANSA DAY 2012.

oke, itu mid event pertama saya. agak deg degan juga. dibuka dengan Stand Up Comedy yang alhamdulillah bisa mengundang tawa walaupun ketika udah deket di bagian akhir-akhir. ah, ya. melihat kakak-kakak yang kemarin-kemarin hilang, mereka dateng lagi, banyak yang pake batik! :)) sibuk jualan, banyak yang kangen-kangenan.. seneng ngeliatnya. wajah-wajah yang udah jarang banget ditemuin. yang sekarang kelas-kelasnya kosong. senang ngeliat mereka semua kembali untuk smansa.

kemudian ada penampilan audisi band dan BBGB. setelah audisi selesai, baru dapet jarkom untuk dekor PUTIK di atas. jadi nggak ikut evaluasi. tapi.. udah seneng banget denger cerita tentang evaluasi dari temen. yang namanya lagi gunting-gunting di aula, kemudian tiba-tiba teriakan yel-yel dari orang-orang itu bergema terdengar sampai atas. bikin merinding. ah, pokoknya terimakasih untuk mid event yang sangat berkesan, cakrawala :)

dekor PUTIK dimulai dengan agak panik, berhubung ada miskom dengan pihak yang bertugas mengambil barang dari percetakan. ada yang kurang. alhasil ngedekor sambil nunggu. duduk ngehampar di depan aula, barang-barang berserakan di mana-mana, sibuk bolak-balik dari lantai satu ke aula buat nempelin jejak-jejak kaki penuntun peserta ke aula.

di aula juga lagi ada pemanfaatan sumber daya orang tinggi. masang kertas krep di langit-langit. well, yang ini saya angkat tangan. mau bantu juga nggak bisa, kan. semangatin aja. saya juga pengen jadi tinggi cuma.. yah.....

barang yang ditunggu datang sekitar jam setengah 8. tadinya mau mengerjakan yang satu itu di sekolah, tapi ternyata ketua bilang udah terlalu malem. ah ya. oke. jadinya dibagi-bagi buat PR. saya pribadi nggak dapet PR yang itu, tapi bertugas ngasih rundown ke semua ID panitia. jadi pulang dengan seratus ID di tas --dan langsung kerjakan begitu sampai rumah. nggak ada ya ambil resiko istirahat dulu dan ketiduran sampai besok.

malam itu.. jujur agak khawatir. nggak tenang. saya kebagian PJ PUTIK di sie acara, bareng sama teh profesor (re: teh inasya). walaupun hampir semua sudah disiapkan, publikasi juga dimaksimalkan, tapi tetep khawatir. hari minggu itu hari pertama ekstern datang, hari pertama ekstern lihat kesiapan panitia MEKAH. lewat PUTIK. dan saya jadi salah satu orang yang bertanggung jawab di sana.

ditambah dengan menemukan satu bahan pikiran baru malam itu yang bikin saya bener-bener nggak bisa tidur sampai jam tiga pagi......

tapi alhamdulillah, esoknya berjalan dengan lancar :) yang namanya khawatir ketika acara lima belas menit lagi dimulai dan yang dateng baru belasan. dan lega setengah mati ketika tiba-tiba satu rombongan entah-dari-mana muncul tiba-tiba. materinya seru! saya sempet ke mention sama mbak Helvy di twitter :p acara selesai jam 12 siang, dan ketika evaluasi + briefing, ketupat bilang PUTIK sukses. ah.... bersyukur banget. satu selesai. tapi masih ada dua hari penting lagi.

sore itu pulang sekitar jam.. empat. ngomongin untuk PJ acara MEKAH hari kedua, bantuin koor humas yang udah capek tapi masih pusing ngurusin surat dispen sampe-sampe lupa nama semua orang. liatin (dan berusaha mengerti) yang lagi bagi-bagi tugas untuk besoknya. tanya ini itu. bagi tugas lagi. barang-barang kembali berserakan di aula. makan bakpau...

merasa bersalah karena --bahkan baru hafal detail lomba, nama, waktu dan tempat, serta PJ itu udah deket-deket MEKAH. ah. haloo. kamu yang ngurusin, masa kamu nggak tahu? baru ngerti semua teknisi lomba bener-bener ya hari itu. mohon maaf... *sungkem

malemnya.. saya nggak bisa begadang. haha. aneh sekali. padahal ada niat buat nulis blog --tapi akhirnya ketiduran juga. that moment, ketika lagi-lagi merasa sangat tidak produktif karena nggak bisa mengontrol rasa ngantuk dengan baik. yah, yaudah. itung-itung istirahat buat besoknya.

dateng pagi. briefing di aula. (sayangnya) masuk kelas dua jam pertama #eh. tapi pada akhirnya dispen juga. naik ke atas. hari itu.. jadi PJ Pembukaan lomba MEKAH 2012, sekaligus PJ lomba HAFIDZ SD. di lantai atas, beberapa orang nanya apa yang harus dilakuin. oke.....saya tengok kiri kanan lagi pada sibuk semua. akhirnya menjelaskan sebisanya. harusnya ngerti. harus lah! mohon maaf lagi kalo penjelasannya kurang..

dan kemudian serombongan anak-anak kecil berpakaian warna-warni muncul dari tangga aula.

.....diam.

senyum!

here we go.

melihat satu persatu orang berdatangan dari atas. dengan muka-muka lelah karena abis meniti tangga sampe lantai empat *nyengir*. mohon maaf karena penempatan aula yang agak di atas gedung ya... nggak bisa protes juga... ibu bawa anak, guru bawa bimbingan, berkelompok-kelompok ikhwan. sempat panik karena tiba-tiba di dalem udah penuh padahal katanya masih ada yang daftar ulang di bawah. kursinya kurang! menepuk jidat ketika menyadari harusnya di dalem nggak dibuat empat-empat. harusnya bisa lebih. space lumayan banyak. tapi ya.....

akhirnya minta tolong logistik. alhamdulillah terbantu tepat waktu. dengan dipandu a eki dan kodil, pembukaan MEKAH 2012 berlangsung.

kemudian tepat jam setengah sepuluh, peserta diperbolehkan turun menempati ruangan masing-masing. untuk LCT, karena listrik di bawah mati, jadi lombanya di aula.

......ah ya.

balik ke pas pagi, sebelum briefing. sempat ada ketegangan ketika tiba-tiba disuruh turun semua. buru-buru bawa barang yang bisa dijangkau buat turun. agak nggak ngerti. katanya....(hampir) kebakaran (lagi). oke. itu masih pagi, yang dateng baru sedikit. buat mereka yang belum sempet masuk gerbang udah liat temen-temennya berebutan keluar bawa tas, pasti bengong. pengumuman libur mendadak?

sesuatu di deket lab fisika konslet. emang ada bau-bau terbakar gitu. smansa.... sakali aja ya ini...... walaupun alhamdulillah nggak ada apa-apa, tapi seluruh listrik di lantai satu nggak difungsikan.

dan, ya, hampir semua lomba MEKAH ada di lantai satu.

pada akhirnya para peserta lomba ditemani lilin-lilin. terkesan kayak candle light dinner. lol. walaupun listrik akhirnya dinyalain juga. alhamdulillah banget. saya.. jagain HAFIDZ SD. berinteraksi dengan anak-anak kelas 1 - 3 SD. bener-bener ngerasa jadi guru TK. ngomong pelan-pelan, kata kata sederhana, senyum senyum terus..

tapi seneng lihat antusiasme peserta :)

ah ya, dititipin dua adik juga sama bapak. yang satu ngambek sebelum lomba (......) nggak ngerti lagi. tapi pada akhirnya baikan juga. nemenin makan mie ayam setelah HAFIDZ SD selesai. nonton LCT. nunggu sampai jam satu.

evaluasi diadakan setelah ashar. muka orang-orang udah pada ngantuk dan lelah. saya sendiri mendengarkan dengan buku sosiologi di tangan. besoknya ada tiga ulangan bro! dan belum belajar sama sekali. ahaha. pak ketupat bilang, overall hari itu sukses!

pulang jam setengah tujuh --setelah dekor untuk tabligh akbar.

besoknya... sebenernya agak nggak niat masuk kelas. tiga ulangan! walaupun pada akhirnya tiga tiganya dibatalin.. he... aneh juga. pada akhirnya dispen pas pelajaran kedua dan bantu teh fitri ngurus final LCT. sempat ketemu sama beberapa humas dan ketupat yang sedang ngobrol serius. ah... khawatir muncul pas lihat ekspresi mereka. tapi saya nggak berani tanya. pada akhirnya cuma lewat-lewat aja. apapun itu, kenapapun itu. bismillah, semoga tetap diberikan yang terbaik. semangat..

final LCT sampai jam 11 lewat. kemudian ke bawah. hubungi pak Bas dan mba Ira untuk nyari kepala sekolah (nggak ngerti lagi kenapa jadi PJ sambutan kepala sekolah......) tapi pada akhirnya beliau sedang ada urusan, jadi ditiadakan. beberapa humas datang. wajahnya lega. ah, ada pembicara. alhamdulillah dimudahkan.

acara mulai. agak khawatir sebenernya, berhubung memang agak sulit menarik perhatian peserta di acara seperti ini. tapi alhamdulillah bangeeett pembicara sangat seru! saya yang lebih memilih mengasingkan diri di ruang panitia buat bikin essay LIA akhirnya keluar juga, penasaran sama ceramahnya. seneng banget lihat antusiasme peserta. ustadnya seru!  yang ngelucu tapi mukanya datar-datar gitu. materi yang disampaikan berbobot tapi disampaikan dengan ringan.

...ditutup dengan kelegaan dan wajah sumringah para panitia.

dan setelah shalat ashar, evaluasi terakhir diadakan.

....apa ya. seneng. lega. sekaligus sedih. kenapa cepet banget? kenapa tiba-tiba udah selesai? bener-bener, waktu dan lelah itu nggak kerasa. dengerin semua orang-orang menyampaikan keluh kesah, evaluasi, kesan dan pesan selama MEKAH 2012. wajah lega yang duduk di depan yang bener-bener udah ngurusin banyak hal. pasti lelah. makasih banyak banget buat orang yang satu ini. maaf kalau sering nggak konek dan ngerepotin. semangat OSP nya!

melihat satu persatu orang-orang yang sudah mengorbankan waktu untuk membantu suksesnya acara ini.  walaupun yang kelas X masih dengan fotokopian biologi yang nggak lepas dari tangan. kalian semua hebat! makasih banyak udah mengajarkan banyak hal. makasih banyak udah jadi kakak dan partner yang baik sampai detik ini :)

"Iya, gw juga baru kali ini harus stand by ngurusin ini itu. kayaknya dari kemarin jarang banget ikut rabes rabes. jadi nggak tahu apa-apa. tapi..... beneran deh. gw jadi kenal banyak banget orang. berinteraksi dengan semua, punya 'lapangan pekerjaan' di sebuah acara.. seru banget."

mendengar kesan seseorang, dan sepenuhnya setuju. seneng banget --ternyata mereka juga merasakan hal yang sama. nggak sepenuhnya berkutat dengan hal-hal seperti ini itu pusing dan melelahkan. pintar-pintar ambil sisi serunya. yang kayak gini nggak akan datang dua kali, kan? :)

overall. sangat berkesan. sama sekali nggak menyesal mengorbankan waktu dan berkontribusi di kepanitiaan yang satu ini. walaupun hanya sedikit, tapi senang bisa membantu satu sama lain. belajar amat sangat banyak hal. merasakan kekeluargaan yang bener-bener makin terjalin. melihat semua orang berinteraksi.

....makasih banyak, sekali lagi. untuk semuanya. sampai jumpa di (Insya Allah) MEKAH 2013!

P.S. : foto ditambahkan nanti. ada masalah dengan koneksi.
P.P.S (atau P.S.S?) : nggak dapet foto semua panitia. ah. sayang sekali................


here comes the photos!

dekor akbar PUTIK 

PUTIK! 

*le  candle light dinner lol 

tes HAFIDZ SD 

final LUMINOUS
oh ya, btw. luminous itu kan luminositas. energi yang dipancarkan oleh sebuah benda dari seluruh permukaannya. ahahaha. *mendadak aneh ngeliat soal astro pake bahasa inggris nyinggung-nyinggung LUMINOUS. itu kan lomba MEKAH..... 

tabligh akbar yang SUPER! 

....kumpul terakhir. evaluasi panitia.  

:')


Saturday, May 5, 2012


"Bukan mereka, mae. Kita.."

Iya. sempet takut denger kata-kata itu. sempet takut ketika menyadari kalau......ya, hal itu emang benar. nggak. nggak sepenuhnya sih. mungkin kita sama-sama berubah. nggak ada satu orang pun yang stay di tempat yang sama. dan berubah itu...........pasti ada satu sisi dimana kita takut akan perubahan.

saya nggak tahu kamu baca tulisan ini apa nggak. iya, maaf. saya nggak bisa ngomong langsung. saya kaget lihat tulisan kamu, ya. panik. langsung lupa sama apa yang lagi dikerjain. perhatian teralihkan penuh. sekarang jam setengah dua pagi. dan saya bener-bener langsung melek sepenuhnya.

tapi di satu sisi saya tahu, bukan cuma saya yang merasa. khawatir. bertanya-tanya. 

dan mengetahui kalau kita sama sama tahu ada hal ini, namun melihat dengan sudut pandang yang jelas jelas berbeda............

entah. harusnya berbeda pendapat itu nggak salah. wajar, kok. nggak bisa mendoktrin orang untuk bisa sama dalam berpendapat. semua orang itu beda. tapi untuk hal yang ini............takut.

bukan kamu doang kok yang lagi mempertanyakan hal ini. di sini juga. mungkin dengan alasan yang sama, tapi objek yang berbeda. 

(.............................................................)

mungkin... kita bener-bener harus ngomong langsung. sebelum benar-benar terjebak dengan asumsi dan dugaan diri sendiri. meluruskan. nggak ada yang harus berakhir hanya karena misunderstanding, kan..?

well.. ya. looking glass self. menempatkan diri di posisi orang lain. dengan keadaan kayak gini, saya mungkin tahu apa yang ada di pikiran kamu ketika baca ini. dan mungkin juga............kita bisa coba saling bertukar tempat? ganti POV. nggak, nggak maksa. ribet sih. daripada tuker-tukeran tempat, saya lebih suka ngomong langsung. dan saya tahu, kamu pun lebih suka gitu.

Tuesday, May 1, 2012

...senang :)
Berada di antara orang orang visioner itu. Mendengarkan mereka ngobrol dengan semangat.

"Nanti begini..." "Nanti begitu..." "Gimana kalo gini..." "Coba kita..."

Mengetahui kalau nggak sendirian. Bukan satu satunya yang udah kepikiran mengenai hal yang ini. Banyak yang berpikiran sama. Dan mereka jauh lebih semangat. Melihat raut wajah satu-satu yang saling menyahut dan menanggapi.

:)

posted from Bloggeroid