Tuesday, June 26, 2012

Nancy Drew (THE BEST GAME EVER)


Bukan, bukan mau ngomongin yang itu.

tapi yang ini ;



ada yang pernah dengar? pernah main?

SURELY THE BEST GAME EVER.

nggak ngerti kenapa sedikit yang tahu. kenapa pada lebih suka main angry birds atau temple run, sementara ada game se kece ini yang bisa dimainin buat ngisi waktu luang.

oke.......saking kerennya game ini saya nggak tahu harus mulai dari mana.

jadi, kemarin baru minjem CD Nancy Drew yang ke 19 ; The Haunting of Castle Malloy. sebenernya ND yang paling baru sekarang itu udah sampai case 26 (well, mengingat pertama kali kenal game ini, yang paling baru itu case 13. udah lama banget ya..)

saya nggak mau insert gambar covernya. yah.. bisa dicari sendiri di gugel kenapa. nggak mau ya ada yang semacam begituan di blog ini. jadi ini beberapa screenshotnya


gerbang Castle Malloy



witch hut. lol. semacam itulah.

di case yang ini, kita diundang ke sebuah pernikahan gitu. ambil tempat di kastil. tapi ternyata, pengantin laki-lakinya hilang. kita disuruh buat nyari pengantinnya itu.

oh ya, kastil ini udah ada dari jaman dulu banget. pemiliknya turun temurun ; pengantin wanitanya itu pewaris kastil ini. sempat meledak pas perang dunia kedua, karena percobaan aneh punya pemiliknya. pemilik pas saat itu ilmuwan.


main hall. 
bisa dilihat itu belakangnya ada lubang besar sekali, itu bekas ledakan yang perang dunia II itu.

jadi ya....gitu.

kita bener-bener jadi detektif. kita nanya-nanya ke orang untuk dapet informasi. keliling-keliling ke setiap ruangan buat dapet petunjuk. nyari kunci. masukin kode. nemu secret passage. ini beberapa screenshot buat puzzle yang harus dipecahkan selama menelusuri kasus di nomor 19 itu;


itu buletan-buletannya berlabelkan unsur kimia.. harus masukin mereka ke tiga kategori.
oh ya. sekali kesenggol dia meledak.
selesaikan puzzle ini, dapet kunci buat luncurin roket.


semacam puzzle geser.
selesaikan puzzle ini, dapet bagian petunjuk penerbangan Gizmo.


mindahin buletan-buletan itu dari batang paling kiri ke yang paling kanan. 
buletan yang lebih kecil harus selalu ada di atasnya yang lebih besar.
selesaikan ini, dapet lampu penerangan buat jalan-jalan di luar kastil.


clue buat nemuin satu huruf. satu huruf..............

di Nancy Drew ini semua lengkap. buat nyari petunjuk, kita harus baca buku yang ada di situ. dianalisis. dan semua yang ada di situ itu based on the real knowledge. misal, di case 19 ini ada satu keadaan dimana kita harus liat langit, liat rasi bintangnya, cari itu tanggal berapa, lagi musim apa, dan ada tulisan Celtic (apa ya itu) yang harus dicocokin. WHOAAA. nggak ngerti lagi. walaupun sebenernya itu mustahil (masa ada beberapa rasi bintang yang harusnya beda waktu munculnya di satu langit yang sama sih...), tapi...whoa. sekali lagi. whoa. 


yang paling atas itu gambar rasi bintang.....leo?
pohon itu menandakan musim.
paling bawah itu....nama musimnya tapi pake tulisan Celtic kuno.
selesaikan ini, dapet lagi bagian petunjuk buat nerbangin Gizmo.


atau misal di case Nancy Drew yang lain, ada yang diminta buat nyusun peta benua Amerika, mempelajari simbol-simbol kuno, sejarah, neliti hewan, dsb dsb. 

nggak ngerti lagi kenapa ada game sekeren ini.

dan graphicnya...well...saya nggak tahu sih se dewa apa animasi game-game yang biasa dimainin orang-orang. tapi menurut saya bagus. untuk ukuran game yang serumit ini. walaupun mungkin orangnya masih kaku, tapi udah....keren lah.

jadi setiap clue yang kita ambil dari tanya ke orang-orang, setiap benda yang kita temuin, setiap secret passage yang ada di situ, semua itu ujungnya bakal merujuk ke pemecahan kasus. yang bener-bener harus jalan ke setiap sudut ruangan, neliti benda-benda yang bisa di klik.

dan satu lagi yang keren, setiap kali main game ini, kita bener-bener harus punya catatan sendiri. ini foto note saya selama main ND 19;


well, agak berantakan sih. oh ya, di ND yang ini ada yang kita disuruh baca bilangan biner LOOL itu kan pelajaran elektro. sebenernya aneh kalo main ND tapi nggak punya catetan sendiri. oke, Nancy emang punya note di situ. tapi dia juga nggak nyatet semuanya. ujungnya pemain harus inisiatif nyatet. ngotret clue, dll. serasa detektif beneran lah pokoknya #ea

....nggak tahu harus cerita apa lagi. mungkin harus dicoba sendiri biar kerasa serunya :p di saya ada beberapa kalau ada yang mau coba mungkin.. hubungi saja~

kalau ada yang nyari, sebenernya saya belum pernah berhasil nemu tempat buat download ND yang gratis. sekalinya nemu, udah ditungguin lama-lama, free trial. 10 jam. bisa nyelesein case apa 10 jam. jadi mungkin bisa dicari ke tempat jual CD game. selama ini saya beli di Jambu Dua..

oh, atau kalau ada yang punya (atau mau beli?) talking talking ya, mungkin mau pinjem :p

atau kalau yang mau lihat-lihat semua casenya, screenshot, info, atau trailernya, bisa klik >>


selamat menjadi detektif 8D
(open image in new tab for full size)

Friday, June 22, 2012


ini foto yang diambil ketika perpisahan Benteng Batu, 29 Mei 2012
Sekbid 6 OSIS PIONIR dan CAKRAWALA


well.. agak mengingatkan sedikit sama yang ini ;


gambar yang dibuat, tertanggal 8 Oktober 2011
lucu ya..

Wednesday, June 20, 2012

Tentang Tidur Menidur

Telah berhibernasi layaknya beruang kutub.

Jangan tanya berapa jam saya tergeletak di kasur. Yang jelas jauh lebih lama dari kuota tidur minimal.

Well.. anggaplah mati lampu kemarin itu rezeki dari Yang Di Atas Sana kepada waktu tidur yang udah jungkir balik dari kemaren kemaren. Tapi.. mati lampu itu bener bener bikin segala yang mau dilakukan menguap seketika. Btw, kenapa mati lampu ya. Aturan mati listrik. Oke, lupakan. Tapi yang namanya PC nggak bisa nyala, baca novel nanti sakit mata, berperilaku produktif dengan HP nanti ngabisin baterai, gak bisa ngecas..

Jadi ya pada akhirnya berakhir di benda nyaman nan empuk di kamar.

Tapi sebegadang-begadangnya saya, pada akhirnya pasti selalu tidur kok. Kalau mau bangun malem, pastiin entah sorenya, atau siangnya, udah tidur dulu. Jadi sebenernya waktu tidurnya nggak ilang. Paling mungkin kegeser. Kalau orang bilang tidur itu 4 jam cukup, berarti ya selama ini saya tidur cukup banget bukan aja.

Kenapa ya. Waktu produktif emang enaknya malem malem sih. Justru siang pulang dari sekolahnya dipake buat tidur dulu. Oke, emang nggak baik waktu tidur dibolak balik kayak gitu. Tapi sejujurnya, emang lebih suka produktif di malam hari. Apa ya. Tenang. Udah pada tidur semua. Nggak ada yang ganggu. Lebih terarah juga.

Dan pada akhirnya ya bakal tidur juga. Walaupun jam 3 atau 4, jam 5 bangun lagi, tapi at least bisa istirahat lagi. Udah mah ditambah 'tabungan' tidur pas siangnya kan.

Berarti harusnya mencukupi kok :/ jadi kemaren hibernasi buat apa ya.......

Masih suka heran sama orang orang dengan istilah 'nggak bisa tidur'. Yang ini maksudnya apa ya. Mereka udah rebahan di kasur tapi tetep melek sampe ber jam jam kemudian, do nothing, atau memang punya banyak hal lain yang dilakukan, jadinya nggak tidur. Kalo pribadi, denger kata kata 'nggak bisa tidur', pikirannya langsung condong ke option pertama. Well. Nggak ngerti sih kenapa bisa gitu. Soalnya sejauh yang saya alami, rebahan di kasur ya jatohnya pasti tidur. Makanya kasur merupakan salah satu hal yang musti dihindari kalo mau begadang. Udah jatoh ke sana, pasti ujungnya tidur.

Atau......lagi lagi saya doang yang kayak gini. Lol.

Orang orang yang nggak bisa tidur karena sibuk mikirin sesuatu, rasanya kayak gimana ya. Belum pernah. Waktu tidur tersita hanya karena hal hal abstrak yang mondar mandir di pikiran.

Yah, sepanjang apapun saya rambling tentang tidur menidur. Yang jelas nggak ada ya tidur sambil nunggu waktu berangkat sekolah -_- dikira kemaren kurang banyak apa istirahatnya.

Oh ya. Besok bagi rapor. Ya ya, lagi lagi melarang diri sendiri untuk berekspektasi apapun. semester ini belajarnya kayak apa. Berjuangnya sejauh mana. Nggak mau berharap banyak banyak --oh, atau mungkin nggak mau berharap. Yang terbaik aja untuk besok. Allah yang bisa menentukan sejauh mana kita udah berusaha. Semangat, yang besok mau bagi rapor juga!

.....Ekspektasi sama spekulasi bedanya apa ya.
posted from Bloggeroid

Tuesday, June 19, 2012

[Art] Venus and Jupiter


finally made an art!!

ini collab sama fifin. dibuat pas waktu itu Venus sama Jupiter lagi keliatan berdua di langit malam. setelah ditagih-tagih mulu sama empunya gijinka Venus, jadi ya....akhirnya berjanji ngewarnain. he..



Venus and Jupiter
collab w/ fifin!
3,5 hours
Princeton Tablet, SAI, Photoshop CS4
fail background OTL


open image in new tab for full size and better resolution (?)

NEW TEMPLATE!!

yay.

baru kali ini pake template bikinan sendiri. biasanya ambil dari yang udah ada. tadinya background yang ini mau dipake buat BG twitter. tapi......entahlah. selalu nggak bisa ngeganti. jadi ya alihkan kesini aja. langsung beda 180 derajat ya, dari putih ke dark kayak gini. mungkin suatu saat kalo BG twitter udah bisa diganti, templatenya bakal balik lagi ke semula. entahlah. ini juga baru coba-coba. pertama kalinya pake yang suasananya gelap-gelap kayak gini. tapi tenang, template yang lama udah disave kok. ngegantinya lagi gampang. ahaha. *menenangkan diri sendiri*

btw, yang jadi background, itu nebula (setidaknya itu nama filenya). known as M16.

how?

Thursday, June 14, 2012

Green Hill, Juni 2012


tiga. dua. satu.

hah.

akhirnya duduk di depan PC dan mulai bikin new post di blog. udah lewat seminggu sih... seminggu lebih. tapi masih pengen cerita tentang yang ini. semoga masih ada atmosfernya. oh ya, hari ini disuruh ngambil piagam di dinas jam satu siang nanti. masih ada lah ya... jaketnya juga masih tergantung di deket kasur.

Selasa, 5 Juni 2012. yang lain udah duduk di meja ujian masing-masing, saya masih di angkot. sempet panik karena ternyata hampir mau ditinggal ke dinas --walau akhirnya nggak jadi. toh pas sampai dinas, dianggurin juga sampe jam 9. yang komputer belajar, kebumian belajar. nggak niat ngeluarin buku. a fahadnya juga ngobrol di ujung lain. akhirnya cuma bisa nontonin aja yang lagi serius baca-baca soal.

cuma tetua astro sebelumnya yang dateng ke dinas. nyusulin. ngakunya sih, udah dateng ke sekolah tapi telat. semacam terharu... dateng naik motor dengan muka sumringah seperti biasa dan nyapa orang satu per satu. heboh sendiri (ya ya, kayak biasa). tapi nggak lama sih. akhirnya kami dipanggil untuk mulai naik mobil. si-yang-tadi-dateng-naik-motor mengiringi. ikutan keluar dinas pas mobil-mobil akhirnya berangkat.

"Ayo berjuang, Mae!"

singkat cerita, sampai di Green Hill. singkat cerita kami makan siang dan jalan-jalan. singkat cerita..



(asdfjkl pengen cepet-cepet sampe ke bagian serunya!)

setelah masing-masing cewe dan cowo disediain rumah. pindah. norak-norak sendiri karena rumahnya punya loteng kayak rumah-rumah di luar negeri. merinding sendiri karena lantainya dingin minta ampun. waktu itu matahari nggak muncul. ketutup awan. tambah dingin lah ya.

kenalan sama anak astro yang lain. Grace, Wilson, sama Yogi (harusnya udah mulai kenalan dari pas ngukur jaket waktu itu sih lol salah banget ini). sorean, semua bidang pada belajar bareng. jadi astro juga. mengambil alih satu ruangan kosong di ruang tengah rumah cowok. melingkar, di tengah-tengahnya soal dan buku bertebaran. udah serasa penguasa ruangan aja. yang namanya bertumpuk dan berantakan. tapi pada akhirnya kita ngobrol sih. beruntunglah mempunyai bidang yang punya banyak banget hal menarik untuk didiskusikan. ngomongin alam semesta, galaksi, fakta-fakta yang sebelumnya nggak pernah tahu...

pokoknya pada akhirnya soal-soal di tengah itu nggak semuanya disentuh aja. lol.

berenti pas asar. sholat. minta O2mania! menjadi pelopor yang mandi pertama di rumah cewek #ea. tiba-tiba udah maghrib. sholat. ke aula buat briefing.

.....pesertanya banyak aja. begitu dateng, dua ruangan udah penuh. akhirnya nyempil-nyempil di deket pintu biar bisa denger penjelasannya. iya, emang nggak elit. daripada diem di belakang dan nggak denger penjelasan apa-apa, kan?

bubar. balik ke rumah masing-masing --oh ya, tadi bilang kalo awannya tebel pas siang. which means, kemungkinan besar nggak akan ada bintang malem itu. ah! sayang banget. padahal letaknya lagi di atas. di daerah puncak. harusnya langit bisa keliatan lebih jelas. sempet protes ke anfa yang notabene kebumian dan belajar tentang awan #salah. wkwk. abisnya.....

tapi pas malem, ternyata ada! yah, walaupun katanya ada rasi bintang ini dan itu, dan saya nggak bisa ngenalin walaupun udah ditunjuk beberapa kali. agak kopong. gapapa. yang penting liat bintang.

udah gitu memutuskan untuk belajar lagi. waktu itu sekitar jam setengah 8 malem. tadinya mau di tempat cowok lagi, tapi pada akhirnya pindah juga jadi ke lotengnya cewek. di dalem kamar lantai 2 ada komputer, di bawah ada kebumian sama ekonomi.

kami duduk melingkar lagi. bagian tengah kembali terisi sama soal dan buku-buku. tapi pada akhirnya nggak ngebahas soal (lagi). berbekal sama kisi-kisi dari negeri antah berantah (entah itu kisi-kisi olimpiade astronomi tahun berapa) akhirnya kita ngebahas kisi-kisi itu aja.

(here comes the most fun part!)

ini... apa ya. bisa dibilang belajar astro terseru sepanjang sejarah belajar astro. suka banget atmosfer kayak gini. walaupun judulnya belajar, tapi yang ini mungkin lebih ke diskusi. kadang diteriakin sama yang di lantai bawah soalnya ada yang (selalu) ngomong kekencengan. lol. ....gimana ya ngejelasinnya. seru aja. sampe jam 10, dua jam beneran nggak kerasa. (buat saya sih, nggak tahu yang lain yang mungkin pada ngantuk.). pokoknya malem itu produktif banget. sebanding sama ngerjain soal astro sampe jam 1 pagi lah :))


tumpukan soal dan buku. tinggal bakar jadi api unggun.

yang cowok pada balik jam 10. sayang banget tiba-tiba langitnya merah.  nggak ngerti juga sih merah apanya. katanya merah aja. #apasih. jadi bintangnya nggak keliatan. padahal malem itu aturan juga purnama. yah.

terus tidur. kan nggak boleh begadang......... bangun jam setengah 4 pagi buat sholat tahajjud. pas turun ke bawah, anak ekonomi semua udah pada pegang buku di kasur. ha. pada bangun dari jam 3 pagi bro. rajin pisan. lihat ke luar bentar, ada purnamanya.... bulannya bagus. tapi awannya juga banyak banget. jadi nggak ada bintang. tapi purnamanya jelas keliatan. terang banget. subhanallah.

failnya adalah; setelah tahajjud bukannya belajar malah tidur lagi. -____-

singkat cerita, tiba-tiba udah pagi. tesnya dimulai sekitar jam 8, tapi kami udah pada keluar dari jam 7an. panik sendiri. belum ngabisin rangkuman-rangkuman yang dikasih a reka! akhirnya makan sambil baca. entahlah masuk atau nggak. pas keluar menuju ke ruangan --orangnya banyak banget.......nggak ngerti. batiknya beda-beda. jaketnya beda-beda. baru kali ini bener-bener ketemu orang dari sekolah yang bener-bener lain.

dan kemudian yang cowok datang sambil dengan bangganya membawa kacamata matahari.

oh ya, tanggal 6 Juni itu bertepatan sama transit venus. jadi yang biasanya venus keliatan pagi dan sore hari di deket-deket matahari, kali ini bakalan keliatan melintas di depan matahari. well, actually. nyoba ngeliat juga sih. emang beneran ada, titik kecil di sekitar kiri bawah. susah banget tapi ngeliatnya. yang emang bener-bener kecil pake banget. pas udah liat juga angguk-angguk aja. oh...

...mana tahu kalau fenomena ini yang diomongin berkali-kali di news updates NASA, yang nggak akan terjadi lagi sampai 100 tahun yang akan datang.

yang penting udah liat, lah. walaupun cuma titik yang nggak ngerti juga serunya ada dimana :p

terus.............tes. 

ah, yang ini nggak usah dibahas.

pada intinya ; saya nggak membiarkan diri sendiri berekspektasi apapun. apalagi orang lain. well, merasa paling kopong sendiri itu nggak enak. pada akhirnya cuma bisa saling nyengir pasrah pas ketemu sama anak Depok yang kelas X juga. entahlah. kok firasat saya 4 yang lain bisa ngerjain ya. ah (................)

oke. nggak usah dibahas.

singkat cerita, selesai jam 1. beres-beres, terus foto-foto. terus pulang. 

udah pulang aja......

serasa cepet banget. tapi dua hari ini bener-bener pengalaman. sama sekali nggak nyesel walau tetep jadi yang paling kopong sekalipun. walau harus susulan 6 pelajaran sekalipun (......). pengalaman yang ini bener-bener nyata. bener-bener harus bersyukur karena dikasih kesempatan untuk ikut ke sini. ikut ngerjain soal dengan sampul merah itu. 

entah, mungkin saya aja. tapi setelah dua hari itu, yang namanya langsung fokus UKK (pas hari rabu sampe rumah jam 5 sore, dengan kondisi besoknya ada UKK fisika, PKN dan TIK) dan... kangen ngerjain soal astro. 

astro itu bener-bener yang bisa membuat tahan bergadang, semaleman duduk ngerjain soal. seminggu pas libur sebelum UKK, bela-belain babat habis pelajaran UKK baru nyentuh astro. padahal anak-anak bidang lain ada yang nggak nyentuh UKK sama sekali (well, kalo saya gitu sih bisa dijamin UKK jeblok sama sekali lol kurang nekat apa). save the best for the last. walaupun baru mulai nyentuh astro jam 11, jam 12, tapi pada akhirnya tetep tahan sampai jam 3 atau 4.

dan......nggak peduli bakal lolos atau nggak. tapi sekarang rutin lihat ke atas kalau lagi pulang malem. cari bintang. download aplikasi NASA di hp. baca-baca catetan astro di buku sakti. 

..mungkin mulai suka beneran sama bidang yang ini?

tapi astro emang seru banget! sesusah-susahnya. sengantuk-ngantuknya kalo udah ngomongin tentang galaksi dan kosmologi. semua benda langit di atas sana itu tetep keren sekeren-kerennya.

yah, walaupun habis ini kayaknya udah nggak akan belajar astro lagi sampai tahun depan. walaupun nggak tahu bidang ini bakal bantu nilai pelajaran apa (karena emang di sekolah nggak ada pelajaran resminya). berharapnya sih fisika. walaupun masih belum tahu ilmu yang ini akan berkontribusi apa untuk saya di masa depan. tapi nggak nyesel sama sekali. menghabiskan puluhan halaman buku sakti. dua hari di Green Hill. 

....i'll be waiting for the next chance. mungkin emang nggak deket-deket ini untuk kembali memenuhi otak dengan ilmu yang itu lagi. yah, semua ada masanya. sekarang ganti dulu. yang-bakal-dilaksanakan-di-bulan-Agustus udah menunggu. tapi gapapa. bakal selalu dinanti, kok. bersua dengan langit lagi. 

buat mereka yang mungkin nanti memang pantas. yang memang beruntung. semangat untuk OSN!



fail aja. liat kemana mba.



 apalah ini. sakali. semacam pose kebangsaan kali ya.



Monday, June 11, 2012

....free?

Well....

Hampir lupa kalo punya aplikasi ini. Lol.

Sekarang dengan posisi duduk tanpa kerjaan di perpus LIA, nungguin masuk sejam lagi. Nungguin fotokopian juga. Tersambung ke internet dengan fasilitas wi fi LIA juga.

Yah. Senin, 11 juni 2012. Semua selesai dengan anehnya. Susulan selesai, OSP selesai (mungkin abis ini akan ada postingan khusus lagi tentang 2 hari itu). Tapi.....aneh. memang udah nargetin untuk selesaikan semua susulan hari ini. Berkutat dengan buku geo, PAI dan matematika seharian hari minggu kemarin. Baru terlelap sekitar jam 2 pagi. Menyiapkan buat hari ini. Hari kebebasan --supposed to be.

Yah, dan selesai. Terlewati. Tapi...nggak merasa sebebas itu. Apa ya. Mungkin memang belum maksimal. Ketika menyadari hal hal yang terlewat selama mengerjakan soal tadi. Haaaah. Yang harusnya bisa melakukan apapun yang dari kemarin ditahan-tahan karena ada UKK, kayaknya semua menguap. Hilang. Penyesalan memang selalu datang belakangan sih..

Pada akhirnya cuma bisa inget kata dewi, "Berdoa aja yang salah emang yang disadarin salah doang. Lainnya bener."

Hanya bisa berdoa sekarang...

Oh ya. Besok study tour! Tapi kayanya emang salah penempatan. Harusnya anak anak menganggap study tour ini sebagai hari 'pelampiasan' mereka buat seneng seneng setelah 2 minggu kemarin tidur sama buku. Tapi sejauh yang dilihat, nggak ada euforianya sama sekali. Entahlah. Tapi mereka lebih khawatir sama tugas dan remed. saya juga. Kayak nggak sadar aja besok mau jalan jalan. Haha. Emang dasar anak smansa :p
posted from Bloggeroid

Sunday, June 3, 2012

G3


H-2.

3.55 pagi. akan menyelesaikan post ini dengan cepat.
ya, sekali lagi. saya cuma orang yang beruntung. amat sangat beruntung. 

dan sebagai orang yang beruntung, sudah sangat tidak sepantasnya kalau tidak memberikan yang terbaik. udah ditolong, dikasih kesempatan, masih mau sombong?



kawan pengembara langit.
well.. you cant see the differences. lol. 

hm. motivasi ya..
...teleskop.
mungkin itu. media untuk bisa melihat semua hal yang sekarang baru bisa dipelajari di kelas. hanya melihat gambar. membayangkan. yah, mungkin di saat itu, akan benar-benar bisa melihat mereka yang ada di atas sana dengan mata kepala sendiri.

..amin.

bismillah, untuk yang terbaik seminggu ke depan. tiga hari ke depan. 
(untuk yang pertama kalinya, mengucapkan kata-kata yang ini)
GO GET GOLD!