Wednesday, August 29, 2012

target.


Baru buka blog lagi setelah sekian lama dan melihat kalau ternyata masih ngutang buat cerita tentang sesuatu.

saya bakal nulis kalau berhasil. dan, ya, alhamdulillah :)



itu grafik progress. entah gimana ceritanya kalau nggak mengubah mindset di 5 hari terakhir. entah mau jadi apa kalau pada hari ke 25 itu nggak nentuin target.

ya, progress nggak berarti yang ada di hari pertama sampai ke 25. saya memang nggak menarget. apa ya. enggan untuk menarget. enggan buat punya goal. membiarkan semua berjalan apa adanya. membiarkan apa yang udah ada di perhitungan awal berlalu begitu saja.

lihat, hasilnya?

datar. konstan. malah cenderung menurun.

sekali lagi, entah apa jadinya kalau di hari ke 25 itu nggak buka mata.

kalau usaha, ya semua butuh usaha. gimana bisa capai target kalau nggak usaha? dan untuk hal yang sedang dibicarakan di sini, memang terasa kok. dan memang keinginan untuk mencapai target itu yang bener bener memotivasi. yang menahan semua indera tetap terjaga sampai jam 3 pagi, terus membaca tanpa henti.

hahaha. ini sih, namanya menampar diri sendiri.

memang butuh target, kan? butuh mimpi? butuh motivasi?
hidup bakalan gitu gitu aja kalau dibiarkan berjalan apa adanya. YOLO, kata orang orang luar. masa mau disia siain gitu aja?

hal ini, pasti akan berbuntut penyesalan panjang kalau gagal. yang gagalin siapa? diri sendiri. lihat sekeliling. mereka bisa. kenapa kamu nggak bisa?

rasa puas dan senang di akhir itu seperti dobel ketika akhirnya sadar, kamu berhasil mengalahkan diri sendiri. bisa, kan? 


"When you've grown up, there will be no regret for things you've done, but for things you haven't."


Sunday, August 19, 2012

1433 H


Jadi sekarang jam 00.48. Entah apa maksudnya, baru sehari lepas dari ramadhan kebiasaan begadangnya langsung muncul. Tapi kayanya enggak. Tadi ada kerjaan ; beresin laci. Dan....menemukan banyak hal yang asdfghjkl uncategorized banget gak ngerti. Yah, pokoknya sesuatu. Ketika mengoprek lagi barang barang yang udah sekian lama nggak disentuh dan ternyata menyadari banyak hal tersimpan di sana.

Sekarang 00.50. Lewat 50 menit sih.. gapapa *bilang ke diri sendiri*

Tahun lalu itu bikin gambar. Tapi baru inget kalo tabletnya lagi di dewi. Jadi ya..

Taqabalallahu minna wa minkum. Mohon maaf lahir batin. Semoga semua amalan baik kita diterima oleh Allah SWT, aaamin..

posted from Bloggeroid

Wednesday, August 15, 2012

Color Touch

Iya, jadi...

Kemarin iseng iseng ngoprek playstore di bagian photo editor. Aplikasi buat edit foto di hp ini cuma dua, PicSay (buat edit brightness, contrast, exposure dst dst) sama instagram (kayanya yang ini aplikasi wajib di semua hp ya. Entahlah. Tapi suka sama efek efek di aplikasi ini). Dan berhubung emang jarang foto foto.. jadi dua aplikasi itu rarely used. Tapi sayang kalo di uninstall. #apa

Yak. Jadi ceritanya, waktu itu iseng ubek ubek aplikasi buat didownload. Terus nemu satu, namanya Color Touch. Langsung berbinar binar melihat sizenya yang nggak sampe 1MB, dan tanpa ragu coba download. Dan ini hasil iseng isengnya ;










Nah, objek iseng isengnya juga foto lama semua hahaha. Sebenernya cuma gambarnya dibikin grayscale, tapi objeknya enggak. gitu doang sih. Tapi.. entah kenapa suka. Dan untuk aplikasi yang cuma 486kb, itu tuh......

Pokoknya nggak akan uninstall yang ini.

Terus.. nemu aplikasi lain lagi. Namanya Jusgramm. Semacam Instagram, tapi lebih ke bikin tulisan gitu. Terus bikin ini ;





....ya gitulah. #krik

Yah, pokoknya baru sekedar tahap nyoba nyoba. Tapi kereeeeeeen. Lebih bagus dari Instagram! Baru mau bikin quotes yang ketiga, kemudian muncul warning di notification.

......dan free space internal memorynya tinggal 600kb *mati*

Gak pernah sampe seekstrim ini sebelumnya. Tinggal 3MB aja udah kalang kabut. Nah ini... 1 MB juga gak nyampe. Ternyata size aplikasi Jusgramm ini 14MB sendiri. Dan nggak bisa di move to SD card bung. *senyum miris*

Yaudahlah, itu mah. Buka gallery juga gabisa. Buka playlist gabisa. Kayak gabisa ngapa ngapain dengan free internal memorynya nggak nyampe 1MB gitu. Jangan jangan mau buka contact yang disimpen di phone juga gabisa.

Kenapa harus aplikasi keren kayak gini kenapa.....

Dan akhirnya harus dengan berat hati menguninstall Jusgramm itu. *sobs*

Yah, mungkin satu yang emang kurang dari gadget yang ini itu memory internalnya. Punya htc cenderung lebih kecil daripada samsung dkk. Bikin harus mikir dua kali kalo mau install sesuatu. Dan...kadang kadang memang terasa banget efeknya T_T

Sempet terpikir buat nge root hp. Udah sampe cari cari tutorial segala macemnya. Kata orang orang sih gampang. Tapi.. entah kenapa masih belum punya nyali. Serem. Kalo gagal gimana..

Tapi sekalinya bisa.. mungkin masalah memory internal itu bisa terselesaikan. Harusnya ada ROM yang bisa buat membebaskan beberapa memori. Dan masih berharap bisa masukin ICS.. berhubung software update asli hp ini nggak akan nyampe ICS T_T jadi satu satunya cara ya dengan nge root dan masukin ROM nya. Udah ada sih orang di luar sana yang berhasil masukin ICS ke WFS nya. Pengen.......

Walaupun pasti ada resiko resikonya. Tapi masih akan tetep nunggu sampe masa garansinya habis sebelum ngutak atik hp ini. Sayang kalo kenapa kenapa. 4 months to go.

Rambling kan.

Oh ya, im on a mission. Gak akan nyeritain sekarang. Tapi nanti, pasti. Kalo udah berhasil. Bismillah. Wish me luck!
"...gua takut kalo ternyata emang kita yang salah."

Ya, wajar.

entah udah berapa ribu orang bilang, "Kegagalan itu awal dari sebuah keberhasilan."

Petuah lama. Percaya kok. Tanpa kesalahan, kita nggak bisa belajar. Memang perlu jatuh dulu di lubang itu. Perlu tahu. Perlu belajar. supaya tahu dimana lokasi untuk meletakkan 'jembatan kayu' dan melewati lubang itu dengan aman, tanpa jatuh lagi.

...tapi entah perlu berapa ribu kali kata kata itu digumamkan, didengungkan, dibisikkan.

Terkadang memang tidak mudah menanamkan suatu keyakinan dalam hati. Bahkan hal yang sesederhana ini sekalipun.
posted from Bloggeroid

Monday, August 13, 2012


hari sabtu yang lalu, bubar cakrawala.

nggak tau. gak ngerti. setelah ada banyak banget yang ternyata udah dilalui sama-sama. setelah nggak terhitung lagi hari-hari di sekolah kehidupan ini yang diwarnai dengan wajah wajah mereka. tahu kok. memang terkadang sulit untuk menyadarkan diri sendiri; hey, kamu nggak sendiri. tapi ketika bersama mereka.... memang beda. 

..mungkin ini yang dinamakan sayang?

"Gue nggak tahu lagi bakal punya apa kalo gue nggak punya OSIS."

kata seseorang yang akhir akhir ini sering berada di sekeliling. dan, ya, nggak cuma kalian yang berpikiran seperti itu..

amat sangat bersyukur telah dipertemukan di lingkaran ini..


masih ada 42 lagi, kok.


:)


Sunday, August 12, 2012

Kenapa akhir akhir ini jadi agak suram ya. Hahaha.

Bukan salah siapa siapa. Akhir akhir ini memang selalu terjebak dengan spekulasi yang dibuat diri sendiri. Apa ya. Ya, sebenernya gak ada yang bilang gitu. Bisa jadi diri sendiri adalah satu satunya yang beranggapan kayak gitu.

Tapi, ya.. selama memang nggak ada yang menyanggah (btw siapa juga yang mau menyanggah, kalau mereka di luar sana bahkan gatau ini tentang apa), dan nggak menemukan bukti bukti sanggahan yang nyata..

Mungkin memang bener bener harus bergelut dengan kesibukan lagi. Biar teralih. Biar lupa. Biar gak tambah parah.

Hm.. menyelesaikan PR sekolah mungkin satu alternatif yang bagus.

...apalah. random pisan.

Satu efek samping karena jarang sharing ke orang juga, mungkin. Jadi selalu terjebak sama pikiran, dugaan, pola pikir diri sendiri tanpa tahu sebenernya apa yang dipikirkan orang orang di luar sana.

Oh, nggak. Tentu bukan termasuk tipe orang yang bener bener diem dan punya dunia sendiri. Suka kok cerita cerita. Ngobrol dan diskusi itu asik, kali. Salah satu kegiatan yang bisa membunuh waktu dengan cepat. Apalagi kalo bahasannya seru.

Ini cuma hal kecil. Sepele. Mungkin bahkan terlalu konyol untuk didiskusikan.

Berarti harusnya, dampaknya gak akan begitu besar, kan? Masih banyak yang harus dipikirkan bung. Bumi itu luas. Sayang banget kalo kamu cuma terjebak di alam pikiran sendiri. Pusing sendiri. Uring uringan sendiri.


Ini kenapa tulisannya pointless gini. Yah, apapun lah. Yang harus diyakini, kamu gak sendiri.

Senyum dulu ah :))))))))))))))))))))))))))))))
posted from Bloggeroid

Saturday, August 11, 2012

Paradox Olbers

Harusnya banyak banget yang mau diceritain. Tentang seminggu ini. Dua minggu ke belakang. Tiga minggu ke belakang. Yang bener bener mengambil alih segala bentuk konsentrasi. Bahkan dalam mimpi. Inget, pernah nge post sebuah pernyataan,

"Orang orang yang nggak bisa tidur karena sibuk mikirin sesuatu rasanya kayak gimana ya. Belum pernah. Waktu tidur tersita hanya karena hal hal abstrak yang mondar mandir di pikiran."

Di post kira kira sebulan yang lalu. Dan, ya, dalam jangka waktu 3 minggu ini pun, pada akhirnya mengalami juga. Yah, mungkin bukan murni nggak bisa tidur. Tidur, jam 12 bangun, kepikiran, tidur lagi, jam 2 bangun, (bahkan tidur 2 jam itu mimpiin hal ini), mikirin lagi, terus ketiduran lagi..

Tapi ya, emang jujur. Khawatir.

Dan sekarang, akhirnya apa yang bener bener menyita waktu bulan juli itu telah usai.

...apa ya. Sekali lagi mempertanyakan ; kenapa penyesalan selalu datang di paling belakang? Kenapa komentar selalu diberikan di saat saat terakhir?

Bener bener ingin bisa memutarbalikkan waktu.

Tapi semua orang juga tahu, kesempatan memang nggak datang dua kali. Ketika sudah sampai di akhir, ya selesai. Nggak ada pengulangan.

....sebenernya nggak lucu. Pernah ngomong 'sok tahu' ke orang lain tentang keikhlasan, tentang 'kalau kita ikhlas, apapun kata orang, yang penting kita udah melakukan yang terbaik'. Tapi sebenernya.. diri sendiri pun, bohong namanya kalau bilang nggak mikirin. Tetap terpaku ketika membaca kata per kata yang ditulis di folio bergaris itu. Bertanya tanya. Segininya, ya..?

Entah. Gak ngerti. Dan kemudian langsung otomatis menghakimi diri sendiri,

...Jangan jangan memang belum memberikan yang terbaik. Belum maksimal. Belum ikhlas. Belum pakai hati.

Tapi bagaimanapun, harus menekankan sekali lagi. Kesempatan memang cuma datang sekali. Gak ada yang namanya tiba tiba time travel ke sebulan yang lalu dan kemudian dengan handal bisa mengubah semua. Yang udah berlalu, ya berlalu. Memang bisa (harus) dijadikan bahan evaluasi, tapi nggak akan bisa diubah.

Semua hal pasti ada hikmahnya, kok.

Kamu nggak sendiri. kamu nggak sendiri. kamu nggak sendiri. kamu nggak sendiri.....

Pada akhirnya, memang harus bilang makasih :)

..............

Sebenernya bingung juga inti tulisan ini. Antara saling menentang dan meyakinkan diri sendiri. Plotless. Cuma mau menyampaikan apa yang ada di pikiran, kok.

Tahu paradox olber?

Paradox yang dibuat oleh seorang astronom bernama Heinrich Olbers. Dia bertanya,

"Bintang itu amat sangat banyak. Jutaan, triliyunan, tersebar di alam semesta. Masing masing memancarkan cahaya sendiri. Tapi kenapa langit malam masih gelap? Alam semesta masih hitam?"

Penjelasan ilmiahnya, jujur kurang tahu. Kurang ngerti. Sempet dibahas memang sama ka Anggi, tapi ini mungkin penjelasan paling sederhana.

Karena alam semesta, langit, jauh jauh lebih luas dibandingkan dengan jumlah bintang yang triliyunan itu. Jarak antar bintang jauh. Banyak partikel antar bintang. Debu debu luar angkasa yang menyerap cahaya cahaya yang lewat. Kecepatan cahaya yang 300.000 km/s itu nggak mampu membuat cahaya semua bintang sampai ke langit malam.

Yah.. mungkin itu. Tapi coba dilihat dari sisi yang lebih sederhana.

Kalau semua cahaya sampai, kalo langit dan alam semesta nggak gelap. Kalau siang, mau sepanas apa? Ketika ga cuma cahaya matahari yang sampai ke bumi. Malam juga jadi terang. Nggak ada bulan. Semua ketutup cahaya triliyunan bintang.

Bintang itu memang cuma berupa titik titik kecil di angkasa malam. Kelap kelip. Nggak sebanding sama bulan yang jauh lebih besar. Tapi justru, disitulah indahnya. Disitu istimewanya. Mungkin terdengar aneh. Mungkin ini cuma pemikiran orang yang selalu mencari, melihat ke atas ketika malam tiba. Tapi bagi saya, se lelah apapun, se jenuh apapun, ketika melihat ke langit malam dan menemukan banyak titik titik kecil bertebaran, serasa semua hilang. Berhenti sesaat. Entah ada magnet apa di atas sana yang bisa membuat sudut bibir perlahan melengkung ke kanan dan kiri.

..bahkan hal sesederhana itu, sesederhana titik titik kecil di langit malam itu, bisa seenggaknya menghilangkan sebentar semua penat dan lelah yang ada.

....oke. yang ini sekedar sharing. Intinya, kangen belajar astro T_T #salah

Katanya bulan dan bintang malem ini bagus. Harusnya bulannya udah mulai sabit. Jam 4 pagi sekarang. Mungkin akan menyempatkan diri keluar rumah sebentar.

...mungkin bisa melupakan semua yang kusut ini sejenak.
posted from Bloggeroid

Tuesday, August 7, 2012

ketika merasa benar-benar ingin lepas tangan dan gamau tau. mau pergi. mau tutup mata.

.....iya. ini salah. sama sekali bukan tempatnya. sama sekali bukan yang seharusnya. tahu kok.

tapi ya gak boleh lama lama. semenit. dua menit. udah gitu mau gamau harus terjun. harus turun tangan. harus tau. harus bergerak. harus buka mata.

katanya tanggung jawab?

semoga hari esok......jauh, jauh lebih baik dari hari ini.
amin.

Sunday, August 5, 2012


benar benar berharap untuk bisa mendapat arti sebenarnya dari kata 'ikhlas' di sini.

baik untuk saya, kamu, dia, mereka, semuanya.

karena ketika ikhlas, hitung hitungan untuk apapun nggak akan ada gunanya lagi.

ketika hanya bisa berusaha untuk memberi yang terbaik, dengan keyakinan akan balasan yang selalu dijanjikan oleh Yang di Atas Sana akan datang, entah kapan. entah dalam bentuk apa. 

cuma ingin melihat senyum dari semua belah pihak, kok.

bismillah.




Saturday, August 4, 2012

20.58. Sabtu, 4 Agustus 2012.
Duduk. Termenung. Terdiam sendiri.
sangat amat banyak yang terjadi minggu ini. Dua minggu ini. Sebulan ini. Sampai bingung mau cerita apa. Sampai bingung perasaan apa yang lagi dirasakan sekarang. Semua campur aduk dari kemarin kemarin. Jadi linglung sendiri. aneh. Nggak pernah kayak gini sebelumnya.

Ternyata, kutukan yang itu beneran ada. Tadinya nggak percaya sama sekali. Entah. Pada akhirnya kena juga. Ketika benar benar gatau apa yang lagi dipikirkan, dirasakan. Abstrak. Bingung -kenapa? Sedih kenapa? kesel ke siapa? Khawatir kenapa? Takut kenapa? Bukan bohong kalo jawab gatau pas ditanya kenapa. Diri sendiri pun gak ngerti. Gatau gimana mau ngungkapin -mau ngungkapin apa juga gak tau. Semuanya 'mengalir' gitu aja. Duh, maaf ya. Janji, cuma sekali.

Ketika rasa sayang itu bener bener melimpah ruah kepada mereka -si dua puluh satu. Yang ini juga nggak ngerti. Tapi bisa ngerasa, kok. Beda. Ada yang hangat di dalam sini, melihat wajah wajah kalian hampir tiap hari. Ngedanu dengan tebal muka sampai malem. Ngobrol ngalor ngidul sana sini. Cerita banyak hal.

Duh, kenapa sih yang ini baru datang sekarang?

Bisa merasakan hal yang 'lain' dengan kalian. Dan benar benar ingin kita semua merasakan hal yang sama. Ketika pengen banget orang di lingkaran ini juga ikut merasakan kebahagiaan yang kita miliki. Rasa sayang. Rasa kebersamaan.

Kalau bisa meluk kalian satu persatu..

......

Untuk semua yang akan dihadapi seminggu ke depan. Kadang ketika terdiam, lagi nggak mengerjakan apapun, suka khawatir sendiri. Takut ada hal kecil fatal yang terlewat. Memutar semuanya berkali kali lagi. Bener bener berharap semua sudah tersentuh.

Dan bener bener berharap banyak sama yang lain. Berkali kali mengingatkan diri sendiri, "kamu nggak sendiri.". Kita semua gak sendiri, kok. Super team, kan?

Untuk 5 hari ke depan yang Insya Allah menjadi ladang amal bagi siapapun yang berkecimpung di dalamnya. Yang sampai mengusik alam mimpi, nggak cuman sekali. Hadiah pertama dari kami, untuk SMANSA.

percaya, garis garis warna itu sebentar lagi pasti akan muncul. Setelah hujan reda nanti.

Bismillah. Semangat, semuanya!
posted from Bloggeroid