Wednesday, January 30, 2013

scrambled words

finally, connectiongs! *tiup lilin*

iya, jadi beberapa hari ini laptopnya nggak bisa ngenet. nggak bisa detect wifi. sebenernya gapapa sih, cuma ya... dunia terasa hampa. #apa

baru ngopi Touhou dari komputer kelas! yay. bukan, bukan Touhou yang kayak Raiden X itu. nggak tertarik. tapi yang ini tarung-tarungan. semacam nostalgia dengan game mugenjo dan naruto shippuden yang ada di PSP si debby dulu. dan akhirnya, bisa, setelah beberapa app lain yang dicopy ke sini tapi ada aja masalahnya jadi gabisa dimainin.

Uchuu Kyoudai belum selesai. banyak  banget abisnya..... belum nyampe 10. padahal ada 40 episode (dan belum tamat). oh ya, belum nulis tentang Uchuu Kyoudai ya.



sebenernya dari segi gambar, memang nggak begitu tertarik. tapi karena ceritanya tentang astronot......jadi langsung ngopi. haha. dan pas iseng-iseng preview asal, buka episode 6.. jeng jeng. dari detik pertama udah lambang NASA aja. no doubt. cuman mungkin belum nemu waktu yang pas aja buat liatnya.

ulangan kimia kemaren.. agak fail sih. yah, pokoknya nggak teliti. udah negative thinking aja. hasilnya alhamdulillah, nggak seburuk yang dibayangkan. yah, walaupun nggak setinggi yang lain nilainya. salah siapa coba ga teliti. pelajaran buat ulangan bab depan.

tanggal 25-26 Januari kemarin, Rantai Emas ikut acara OASE :) acaranya keren! terimakasih untuk aa teteh Meriam Baja atas segala persiapan dan pengorbanannya. pengalaman pertama jadi ketua kelompok. kamarnya baguuuus. mungkin entar kalo ngekos kaya gitu kali ya suasananya. keluar kamar langsung ketemu temen. haha. 

dan barakallah untuk mereka-mereka yang sudah mendapatkan Hidayah-Nya setelah OASE ini :) echa, adul, icha, sisin, dan Syllie ku tersayaang ~ semoga tetap istiqomah, dan kelak menjadi bidadari-bidadari di surga-Nya kelak. amiiiiiin.

tadi di NF iseng ngambil buku to do list. akhir-akhir ini emang jarang banget update to do list. entah kenapa, maleees mulu bawaannya. padahal udah tahu nggak ada to do list jadi gak terkontrol. jadi tadi coba update.

dan....langsung sehalaman penuh buku front. ha ha. gak papa. entah kenapa kayanya banyak banget yang harus dilakuin tapi asa santaai banget. kenapa ya. tapi to do list yang berjejer itu beneran menyadarkan kalau memang banyak banget yang harus dilakukan. yah, udah cukuplah dua hari ini tidur jam 9 bangun jam 5. mungkin memang harus kembali ke runtinitas yang dulu. cukup santainya. nggak mau kan kelabakan di akhir?

oh ya, tanggal 26 Januari kemarin resmi jadi tante :3 ada anak jepaaang. selamat dan berbahagia, mbak calon-ibu-yang-udah-jadi-ibu-beneran :3 kenapa unyunyu banget sih bayi tuh. namanya Yumi. seru ya.. nama jepang. lahir di jepang. unyu pula. berikut fotonya :



haaauuuu pasti bau bayi. wangi. pengen cubit. jadi anak yang solehah yah, Yumi chan :) terus pinter pinter bahasa jepang, siapatau nanti bisa ngajarin tante huehehehe #eh

yak. sepertinya ramblingnya udah cukup. apelah ini berbagai macam topik ditumpuk jadi satu post. baru bisa ngenet lagi sih abisnya. akan mulai mengerjakan to do list di buku. wassalam.

Sunday, January 20, 2013

tentang bintang (lagi)

iya, presentasinya bapak belum selesai. iya sadar kok, belum nyentuh proposal CRAYON sama sekali juga. sama sekali nggak lupa kalau besok (hari ini) ada ulangan kimia. dan bahkan belum ngecek pelajaran besok apakah ada PR yang tertukar tertinggal.

cuma ingin bercerita tentang apa yang 10 menit lalu baru aja disaksikan. yang masih ada di sana. bertabur gemerlapan.

jadi, hari ini bisa dibilang agak nggak produktif. karena kemarin maunya babad kimia tapi nggak jadi karena emang nggak ngerti materinya. akhirnya bertekad untuk nggak berpaling dari buku kimia hari ini sampai ngerti.

tapi yah, gitu jadinya. megang laptop sih enggak. HP....main logo quiz sih dikit. nggak duduk di depan TV juga.

tapi bolak balik ruang makan. buka kulkas. ngunyah. tidur di atas buku kimia. ngobrol ngalor ngidul.

yah......begitulah.

alhamdulillahnya dengan bantuan sang kakak kedua yang dicegat pas lagi bolak balik naroh cucian, seperberapa ilmunya masuk ke otak :""""") akhirnya bisa (dengan sotau) ngerjain latihan terakhir dan uji kompetensi. sama itung-itungan di buku mandiri. sempet sedih pas aussie bilang latihan 5.3 itu susah, dan ternyata...panjang aja dan terlewat :"") entahlah soal teori. ngapalin larutan-larutan indikator pH aja belum. malem ini sih, rencananya. bismillah aja.

dua hari ini serasa menyingkir dari dunia. gini ya rasanya. seharian mendekam di rumah, tanpa ada jarkom (entah ya hari ini lagi nggak ada jarkom apapun) ataupun ajakan kumpul. haha. asing emang. agak aneh. tapi kalo nggak gini ya gak akan belajar kimia. jadi ya...bersyukur aja. karena besok, definitely, akan balik lagi ke dunia sana.

jadi tadi, di tengah jenuhnya abis ngerjain kimia, nyobain drop box, bikin PPT, dapet info kalau langit lagi bagus-bagusnya. iya sih, kimey juga sempet bikin status. terus kata iik ada quasar .____. entahlah. nggak begitu kenal sama objek yang itu. di gugle sky map juga gaada. 

jadi tadi memutuskan untuk keluar. jam 11.40 --20 menit yang lalu. haha mumpung belum jam 12. nggak, gaada apa apa. akhirnya berbekal gugel sky map di tangan, buka kunci pintu. sebenernya agak takut bakal dikira maling. tapi alhamdulillah enggak. keluar pake sendal selopnya yangti (beneran gak nemu yang lain). menghampiri pager. yah, digembok.

fyi, untuk melihat langit dari halaman rumah, harus turun ke jalan. bukan, bukan jalan raya. jalan depan rumah. soalnya di halaman amat sangat rimbun. ngeliat ke atas daun semua (harusnya malem ini ada rambutannya sih dikit dikit). kalo ga salah di gugel earth juga rumah ini 2/3nya daun. oke gak penting.

memang, langitnya bersih. nggak kelihatan ada awan. alhamdulillah malam (hari) ini nggak hujan. semangat jakarta! bintang-bintangnya kelihatan jelas. tapi lampu jalannya nyala.

akhirnya ke dalem lagi, matiin lampu.

katanya waktu untuk melihat bintang paling bagus itu ketika gak ada cahaya sama sekali. di bidang datar. well, lapangan bola aja ada lampunya. mungkin harus tunggu mati lampu dulu.

gelap.

jalan ke luar. agak mengerinyit ketika melihat satu lagi cahaya terang memancar dari sela-sela pohon di seberang rumah. yah, masa ada lampu jalan lagi. matiinnya gimana pula.

dan ternyata....emang gak bisa dimatiin. hahaha. lampunya aja 384.000 km jauhnya dari sini. saklarnya entah dimana.

ya, itu bulan.

belum sempet mikir lagi, udah keburu melihat ke atas.

mungkin konyol ya, orang yang seneng cuma karena bisa melihat bintang? well, me is one of them. 

subhanallah. melihat butiran itu benar-benar tertabur di langit. benar-benar kelap kelip. ada jupiter, sirius. paling mencolok di antara yang lain. berputar 360 derajat, tetap sama. dari ujung ke ujung, hamparan biru tua itu benar-benar terisi kerlipnya bintang. 


isotropik. mau kita  berputar berapa derajat pun, semua akan sama. kita seakan nggak pindah. karena memang nggak akan pernah. salah satu dari dua teori kosmologi.


karena alam semesta itu luas. karena kita amat sangat kecil. karena bahkan otak manusia paling pintar pun nggak akan sampai menyentuh bahkan hanya salah satu ujungnya. 

karena Dia Al-Mutakabbiir. Maha Memiliki Segala Keagungan.

sepuluh menit memandang langit malam itu sudah cukup memberitahu sebesar apa kuasa-Nya. 

oh ya, ada orion juga. mungkin agak berlebihan atau apa ya, atau cuma hasil pengolahan imajinasi yang disampaikan ke mata? tapi.. serasa melihat garis-garis penghubungnya. jadi itu yang dilihat para ilmuwan masa lalu. beribu-ribu tahun yang lalu, ketika mereka menamainya pertama kali. konstellasi Orion, dan tetap sama. itu orion yang sama. yang dibicarakan orang-orang seluruh dunia. disebut-sebut oleh para astronom. 

mungkin memang benar ya. sesungguhnya, sejauh apapun kita. langit yang kita lihat akan tetap sama.

berdoa semoga langit esok dan seterusnya akan tetap seindah itu. jangan nangis lagi. 

akhir-akhir ini... entahlah. haha. gatau. gatau. kemarin dipenuhi pikiran absurd. mungkin nggak gitu. mungkin. entah. gak bisa merepresentasikan. aneh memang. haha. lagi beda. entah saya, mereka, kalian, atau kita. ya, kita semua emang beda kok. semua punya cara sendiri, semua punya standar sendiri. tapi wajar kan kalau memang harus ada pembanding? tolak ukur. informal, tentunya. yah, dan, hahaha. entah memang beda jauh, atau benar-benar jauh.

cuma ini, akhirnya. yang bisa dibuat.



last but not least, bismillah untuk ulangan kimia (atau apapun) yang akan dihadapi hari ini :) wassalam.




Wednesday, January 16, 2013

absurd

akhir-akhir ini...random.
apa ya. nggak ada yang bisa diceritain sih akhir-akhir ini. sedikit yang bisa ditulis. ah, mungkin ada. cuma...haha. lebih baik nggak kali ya. 
gaenak sih. ngeliat page sendiri terlantar, sementara di home banyak update dari orang-orang. serasa debuan.

hmmmmmmmmmmmmmmmmm.

tadi pas pulang NF, langsung ke kamar mandi. ambil wudhu, mau sholat.
ternyata belum adzan isya.

kemudian berakhir dengan ngemilin kacang goreng di depan TV dengan tidak produktifnya.

terus inget kalo sempet minta Harvest Moon Back to Nature. lol. udah semangat aja. walaupun gamenya bahasa Indonesia hahaha gapapa. cuma karena agak sok pinter dikit ngutak-atik, terus setting keypadnya berubah. terus nggak ngerti. yah... mungkin bener-bener harus minta diajarin dulu pas mintanya.

atau mungkin memang nggak ditakdirkan main game malam ini karena.....udah ada utang design sama nuy deadline malem ini :""""")

tapi alhamdulillah udah selesai designnya.

...tuh kan. hahaha. apa. gak jelas. aneh. memang banyak yang berubah akhir-akhir ini. banyak hal yang terjadi, intinya. kerasa memang, pulang sekolah nggak se senggang kemarin-kemarin. sekret lebih ramai. to do list lebih penuh. haha. jadi terarah pikirannya. daya khayalnya. imajinasinya.

emotionless. emotionlost? well, maybe better this way.

memang harusnya gini, kan?

yah. untuk mengakhiri ke absurd an post ini; ada foto lucu :3 


serasa punya ade kembar sesaat. hahaha. mereka cuma beda setahun. terus kayanya barang-barang yang dibeliin buat mereka berdua emang sama cuma beda warna. tas merek sama warna beda. payung juga. terus tingginya udah hampir sama. unyu pisan. seru kali ya punya 'kembaran' kayak gitu.

Thursday, January 10, 2013


tadi menemukan website bagus. design-seeds.com. cocok banget bagi orang yang punya kewajiban desain sesuatu tapi mandek sama sekali dengan pilihan warna yang itu-itu aja. *nyengir*






oh ya, btw, sudah terasa.

mulai terasa.

jadi gini, ya? padahal tahun lalu pernah ada di waktu-waktu yang sama. momen-momen yang sama. tapi kali ini dengan posisi yang berbeda. haha. tapi beberapa sama aja sih kerjaannya. main-main sama brush, textures, aplikasi yang itu lagi :p paling pasti ya penggandaan sejati lol

seiring dengan bertambahnya kotak danu di masing-masing kelas.

here it goes, the real smansa.

Friday, January 4, 2013

ROOT ; checked

yak. post pertama di tahun 2013!

to do list pertama yang dicentang di tahun 2013 adalah ; akhirnya berhasil me root HP. sekarang udah lega. sekarang udah nggak niat ngapa ngapain lagi. mungkin posting yang ini akan sedikit bercerita tentang itu.

jadi, berjam-jam pertama dihabiskan dengan baca-baca tutorial di internet. dari mulai posting aslinya, nyasar ke forum, bacain komen orang-orang, lihat FAQ, kalo gagal gimana, dst dst. terus sekalian download file yang dibutuhkan. sebenernya yang agak lama itu mem backup data-data di dalem hpnya sih. copy paste isi sd card ke laptop, sync contact sama messages pake MyPhoneExplorer..

ceritanya, kalau mau ngemodif HTC itu harus ada security yang di off kan dulu. pokoknya ngubah S-ON jadi S-OFF. kendala awal di situ. entah kenapa devicenya nggak mau kedetect di laptop. sampe ngerepotin orang segala nanya-nanya ini itu. tapi pada akhirnya, setelah bolak-balik nyoba. download dan install driver, alhamdulillah dia mau. tapi itu belum selesai --masih harus di root.

singkat cerita, akhirnya bisa ke root hpnya :"") sebenernya tujuan nge root nya nggak muluk-muluk. tadinya cuma mau hapus aplikasi nggak penting, ngepartisi SDCard, terus pake app biar internal memorynya jadi 'besar'. tapi pada akhirnya tergoda juga buat flash ROM. waktu itu iseng download 2, MIUI sama CM7. pas nyoba yang MIUI, asli unyu pisan. cuma banyak bug nya ; headset gabisa, kamera aneh, nggak bisa move app to SD Card, dll. memang custom ROM nggak ada yang sempurna.

pada akhirnya ganti ke CM7. katanya sejauh ini ROM itu yang paling kompatibel sama Wildfire S. tapi setelah dicoba.. agak-agak lemot gitu. terus ga ada notification bar nya -_- agak fatal. jadi nggak sempet dioprek-oprek, udah diganti lagi. balik ke stock ROM. emang, stock ROM selalu yang paling bagus ya.

tapi sebenernya, nge root doang pun masih belum menyelesaikan masalah internal memori.

udah coba ngapus aplikasi bawaan nggak penting, (facebook, maps, plurk, stock, news, dst) tapi masih juga berkurangnya sedikit. akhirnya coba pake aplikasi link2sd. buat pake app itu, sebelumnya SDCard harus dipartisi (dibagi) dulu. jadi ada satu bagian yang jadi system dan jadi tempat nyimpen data-data aplikasi yang di link ke situ. jadi pake MiniTool Partition Wizard, coba dipartisi. diambil 512MB dari 4GB buat nyimpen app. udah selesai, terus coba dimasukin lagi ke hp.

......dan ga kebaca dong SDCardnya.

kurang panik apa. iya internal memory kecil, tapi kalo sampe SDCard gabisa kebaca udah paling parah. mau jadi apa. udah sempet di format berulang kali, ditinggal tidur (mungkin butuh waktu sampe SDCardnya kedetect), tapi gak bisa juga. cari lagi tutorial, melakukan sesuatu di CWM segala. tetep gabisa.

itu jam setengah 4 pagi.

udah gitu paginya berangkat JR. sejujurnya amat sangat tidak mood. iya di root, tapi kalo nggak bisa pake SDCard atuhlah sama aja. udah mah contact kosong melompong. oh iya. ada masalah juga ternyata dengan nge restore backupnya contact. jadi pas dibackup, ternyata itu nyampur sama contact dari syncnya twitter, plurk, facebook gajelas. jadi aja contact sampe seribuan. dan begitu di restore, nggak muat. jadi yang ga penting ga penting ada yang masuk, tapi ga semua contact yang di phone masuk.

die die die. 

tapi materi pas JR lumayan menghibur. tentang mimpi gitu. kan, bahkan semua orang bilang kalau kita harus bermimpi tinggi. jangan takut untuk menarget. karena kalau semangat dan sungguh-sungguh, suatu saat pasti tercapai.

udah gitu, kepikiran buat mampir ke BTM ngurusin SDCard. khawatir banget takutnya ternyata slot SDCard di HP yang rusak. udahlah itu mah. 

jadi dengan harap-harap cemas, menjelajah sendirian di BTM. rame pisan pula. untungnya nemu tempat reparasi HP. 

dan begitu nanya, alhamdulillah banget ternyata yang bermasalah itu SDCardnya bukan slotnya di hp. ternyata SDCard itu ada kelas-kelasnya gitu *iya, ini saya baru tahu*. buat dipartisi, minimal harus yang kelas 10 kata masnya. dan SDCard yang kemarin dipartisi di rumah...........kelas 4 :p ye wajar dia jebol. lol. akhirnya dilepas partisinya. beresiko soalnya.

singkat cerita, akhirnya beli SDCard yang kelas 10 itu dan dipartisi. terus diatur setting link2sdnya. jadi, aplikasi ini bukan untuk menambah memori internal (sakti amat kalo bisa). tapi semacam 'menipu' hp gitu. huehe. aplikasi yang di link pake link2sd, dia bakal kelihatannya kesimpen di memori internal. padahal sebenernya kesimpen di partisi SDCard itu. jadi mau simpen sebanyak apa juga, memori internalnya ga akan ngurang sebanyak itu.

intinya mah gitu.

dan setelah dicoba menginstall beberapa aplikasi dan di link, dia bekerja :"""""")


dan beberapa aplikasi 10MBan lagi di bawah sana, tapi memori internal yang kepake cuma segitu.

akhirnya, mission accomplished. udahan main-main sama hp nya. alhamdulillah. ROMnya cukup yang asli aja. selama internal memorinya bisa tertolong, gapapa.

terus iseng-iseng nyari launcher. tadinya mau pake ADWLauncher atau GO, terus ternyata nemu MIHome! itu launcher yang nanti tampilannya kayak ROM yang MIUI, yang unyu pisan. lengkap sudah lah. gausah ganti ROM segala kan buat dapet tampilan unyu kayak gitu? :p


setelah setahun melihat tampilan asli dari HTC (nggak pake launcher lain), asli, ini unyu parah

dan soal contact, ternyata nemu backup di PC yang belum kecampur-campur sama contact aneh-aneh. langsung coba di hapus semua contact social media, terus di sync di hp. terus....bisa :p alhamdulillah lagi.. walaupun backup lama, sekitar bulan Agustus kemaren. tapi gapapa. setidaknya ada.

yah, mungkin bagi beberapa orang, hal modif modifan kayak gini urusan gampang. bukan hal besar. tapi buat saya, yang notabene nggak kenal sama sekali hal kayak ginian dan baru pertama kali (dengan segala macem istilah CWM, fastboot, bootloader, recovery, flash, bla bla bla) berhasil melakukan ini tuh.... :"") apa ya. soalnya kalau gagal, resikonya lumayan. blackout bro. bisa mati hpnya. udah mah garansi udah lewat. service center jauh. jadi resikonya cukup besar, lah.

tapi kalau berhasil, manfaatnya juga besar banget..

to do list ; nge root HP, checked!

liburan tinggal 2 hari lagi...............

kemarin ke sekolah. ketemu sama lumayan banyak orang. senang :) akhirnya melihat lagi muka-muka yang ngangenin, yang udah asa lama banget nggak lihat. akhirnya, kangennya terobati.

paling pasti ya. gak bisa jauh-jauh. haha.

dan kemudian dihadapkan sama kenyataan kalau ; kehidupan semester 2 sudah hampir dimulai. hecticnya udah mulai, malah. dengan serentetan acara yang bentrok sana-sini. rombak staffing, maju mundurin tanggal, dll. 

tapi, justru ini kan lahan 'main'nya?

pengen banget nyemangatin orang-orang tersayang yang satu itu. kita bareng-bareng kok. aliran dan setruman manfaat yang kalian bawa pasti akan sampai ke tujuannya nanti. percaya :)

oh ya, dan hari ini bakal ada yang 'bertempur' di medannya. semangat juga untuk para pasukan LKBB PANDAWA 16! percaya kalau hasil akan selalu sesuai dengan proses, dengan cara yang nggak kita sangka sebelumnya sekalipun. bahkan hanya melihat latihannya sudah cukup untuk menangkap kobaran semangat juang, pengorbanan, dan keikhlasan kalian. Fight and Win untuk pertempuran hari ini, yah!

yak. akan balik mengerjakan buletin astro. tinggal sehalaman lagi hap hap hap! 

Wassalamualaikum Wr Wb