Saturday, March 23, 2013

H-1 OPENING SMANSA DAY 2013!


assalamualaikum!
7.19 pagi hari ini, masih anteng di depan PC padahal jam 8 nanti ada pelatihan :') liburan bener bener tinggal hari ini. besok senin. besok masuk. besok OPENING SMANSA DAY 2013!!! :D ga sabar asli. posting ini dibuat setelah opening setahun yang lalu. gak kerasa ya.. haha. menunggu nunggu saat itu ketika malem smansa masih bener bener rame, bareng-bareng. nanti habis pelatihan nggak akan pulang dulu asli, haha.

 oh ya, udah ada yang denger jingle SMANSA DAY 2013? bagus parah asli keren banget wajib download!!


suka banget aransemen bagian rap nya. sukses terus lah DIAFRAGMA!

oke, nggak bisa ngetik banyak banyak haha. semangat buat agni dan segala macam backdrop-id-balihonya! jadi flashback tahun lalu kan, haha. 

oh ya. H-2 UTS. jangan lupa juga #eh

Monday, March 18, 2013

paling pasti, dan sakali. udah mau nulis dari kemaren kemaren tapi nggak jadi mulu akhirnya. haha. nguap lah semuanya.

minggu ini libur yang sangat amat panjang --seenggaknya, bagi siswa siswi SMANSA. liburan 9 hari pertama yang didapatkan semenjak masuk kelas XI tahun lalu. 

masalahnya, ini udah hari ketiga - menjelang keempat, dan merasa belum produktif dalam hal apapun ;___; y oh yyyy. H-6 OPENING SMANSA DAY 2013. euforianya kerasa kalo berpapasan sama mereka. kemarin ada dekor akbar. terus danu. haha. dua hal yang entah kenapa 'khas' banget dari SMANSA DAY, tahun lalu maupun tahun ini. yak ; tetap jaga 'setruman' semangatnya yah, ELECTRA :)

H-7 UTS. agak nggak rela kalau ternyata minggu kemarin bener-bener nggak diisi sama persiapan untuk hal ini. akhirnya bikin jadwal belajar ; kayanya ini pertama kalinya seumur hidup bikin jadwal ginian. dan menempatkan satu pelajaran 'itu' di setiap harinya sebagai yang wajib untuk dipelajari. haha.

akhir-akhir ini lagi 'perang batin' sama yang namanya fisika. lebay sih, haha. kenapa ya. entahlah. satu hal yang menuntut diri untuk bisa dalam bidang ini. "Gimana mau masuk jurusan 'ini' kalau fisikanya kopong mulu?" jadi inget, kata-kata itu entah kenapa selalu membayangi kalau udah soal milih milih jurusan di universitas. haha. tapi ya, kopong juga. udah tau gak bisa, bukannya belajar.

mungkin memang ada saatnya dimana bisa menemukan titik balik. kayak matematika ; peluang dan trigonometri kemarin. mungkin suatu saat nanti, semua yang sekarang dilakuin bakal terasa efeknya. ghaib ya, haha. ada, cuma kita nggak tahu pastinya kapan. cuma ya harus percaya kalau bakal. Insya Allah. 

kalau di mindsetnya nggak bisa terus, kapan bisanya. kalau bahkan hati kecil pun nggak yakin bakalan bisa, gimana caranya otak bisa 'ikhlas' menyerap semuanya. haha. klise emang. cuma ya terkadang, suatu perubahan cuma butuh satu pemantik kecil. entah, entah kapan. tapi bagaimanapun harus bergerak. keberuntungan total tahun kemarin nggak akan bisa terulang kembali. 

oh ya, tadi kumpul divisi astro. entah mereka bercanda atau gimana, tapi pada setuju setuju aja diajakin buat coba jadi anggota HAAJ. bagus lah, seenggaknya nggak sendirian hahaha. nggak tahu sih pada serius apa nggak. soalnya harus 'mengorbankan' 5 hari sabtu lagi buat dapet. kenapa syaratnya susah, kan planetarium jauh T_T bismillah aja lah ya. asik juga kalo beneran bisa :p

Thursday, March 14, 2013

jam 4.30 pagi.
dan merasa senang malam ini (lumayan) produktif dalam desain mendesain. walaupun baru mulai jam 2 pagi. yaa yaa, ketiduran, seperti biasa. padahal udah di depan laptop jam 10nya. lagi nunggu photoshopnya loading, padahal. memang ya hal semacam ketiduran itu nggak bisa diprediksi. ada aja.

kemarin (akhirnya) kembali merasakan bentrok bentrok itu. pergi sana sini. haha. entahlah. mungkin merasa sedikit 'menyentuh' yang tadinya cuma bisa dilihat dari luar. ya, menyentuh. hanya menapakkan tangan. entah. getaran ke sananya terasa. akhir-akhir ini memang, yah, seperti yang udah dibilang, seperti melangkah 'agak jauh'. sama sama jalan, cuma mungkin arahnya beda. melenceng dikit. akhirnya cuma bisa lihat mereka dari belakang, dari jauh.

hahaaa ngomong apa. apa ya. tadi dilema itu sempet ada. ada yang bilang kalau, yah, ngapain, hahaha. ntar juga ujungnya kayak dulu dulu. ada atau gak ada pun sama aja. tapi akhirnya tertampar dengan diri sendiri, yang berbisik, 'sebegitu susahnya kah berkorban?' haha. iya juga. ada di sini berarti kamu bareng bareng. ada di sini berarti kamu nggak cuma peduliin diri sendiri. mungkin, mungkin, cuma masalah kuantitas. apa yang dari kemarin ditulis pake capslock & emosi. karena sebelum menuntut yang lain, lebih baik menuntut diri sendiri lebih dulu, kan?

oh ya, dan maaf, untuk terkesan 'tidak terlalu peduli'. yah, semua baru bisa kelihatan kalau udah ada dampaknya. serius, bukan nggak peduli, tapi memang kurang meluangkan waktu. kurang mensamaratakan prioritas? tapi ujungnya sih sama aja salah ya. haha. udah mulai merancang 'timetable' kok. mungkin telat, tapi setidaknya masih bisa dikejar. masih bisa lari lebih cepat. kan? Deadline 5 April masih bisa diraih kok. 
semangat!

hng, kemarin pulang malam. menengadah. kosong. haha. entah kenapa sedih. apa ya. dengan semua yang dilewati sampai sekarang, akhirnya menyadari. mungkin 'kotak sabun' dan 'manik berkerlip' itu memang nggak bisa disatukan. mungkin mereka bener-bener beda, walaupun sama-sama sayang dengan keduanya. kadang bingung. sendirian tapi seneng. haha. aneh. kayak punya dua sisi. semacam hudson. 

Monday, March 11, 2013

tuh, kan. kayaknya kekopongan cuma terasa pas lagi memang benar benar kopong. pas udah menginjakkan kaki di sekolah abu abu itu lagi --semacam semuanya bertubi tubi datang kembali. haha. atau cuma sekedar 'mengingat' apa yang seharusnya udah tahu? 

tiba tiba 3 ulangan aja minggu ini. jeder. PR nggak kerasa numpuk --paling pasti B.Inggris, satu belum selesai udah dikasih lagi yang lain. 

dan, akhirnya, seruangan lagi bersama orang-orang itu...

...haha. entahlah. seminggu kemarin, mungkin merasa kosong karena --ya memang yang biasanya mengisi hari hari lagi pada nggak ada. bertualang ke daerah Jawa Tengah sana. tiba tiba terasa berhenti. aneh. ke sekret nggak ada orang. aneh. nggak ada hectic orang ngobrolin segala macem di koridor. 

haha. ya aneh pokoknya.

dan nggak bisa merasakan pengalaman di NUSA juga :( denger cerita orang-orang asa seru pisan.. hau. paling khawatir emang sama konsumsinya. tapi alhamdulillah katanya sukses sukses aja. yah, kalian lagi main ujan ujanan, sementara yang di sini lagi ngebul sama soal-soal hitungan :") 

terus tadi kumpul. tulisan H-14 itu bener bener gede di papan tulis. (bener bener tinggal 2 minggu lagi ya?) 

Fight and Win, untuk sayang sayangku yang sedang 'bertarung' di jalannya masing masing. semoga nanti kita bisa bertemu lagi yah, semuanya, di satu titik yang sama. dengan senyuman manis di masing-masing wajahnya :)

Sunday, March 10, 2013

haaaaah akhirnya memutuskan untuk nulis di sini aja daripada berlanjut gak jelasnya.

ya, jadi ceritanya ini adalah hari minggu asli. kenapa asli? maksudnya beneran di rumah dari pagi sampai sekarang. tapi mungkin hari minggu yang (sampai detik ini) masih agak..yah...belum berhasil.

dari tadi merasa tidak melakukan apapun asdf kenapa ya. engga sih sebenernya, udah bikin komik strip. tinggal sehalaman lagi, sama ditebelin. asli hari ini untuk komik strip adalah suatu progress yang berarti. tapi ya.. yang lainnya mandet.

biologi. harusnya benerin ppt tentang kulit + hati yang masih ancur banget. tadi udah di translate in yang masih b.indonesia. tapi belum ada siklus OSA. nyari di gugel kayanya keywordnya bukan 'siklus OSA'. entahlah. pokoknya yang satu ini belum selesai.

PR PKN. buku cetaknya kemana ya :) malem ini harus ketemu sih.

sama besok ulangan PLH lalala. kadang bingung sama ulangan yang kayak gini. ada materinya, dari 4 PPT orang-orang yang berbeda. tapi ya materinya..gitu. kerusakan lingkungan. apa ya, bukan apa apa. tapi bingung aja mau ngapalin yang mana. sebenernya semua itu bisa dipake logika. tapi giliran udah mikir gitu aja, besok ternyata harus pure hapalan. kalo ngapalin, yaah, sebenernya semua bisa nyambung pake logika. hahaha.

alesan sih itu namanya.

ya kan? alesan buat gak ngapalin. udah tahu ada bahannya. kenapa nggak dipelajarin? salah siapa kalo besok gak bisa? salah siapa kalo besok soal soalnya harus akurat dari PPT? seburuk apapun, namanya kemungkinan, pasti bisa terjadi kan. haha. mau apa kalo besok 'K.O' di tempat cuma gara gara gak mau ngapalin. 

yah, intinya, belajar PLH itu suatu keharusan hari ini, tapi belum tercapai.

jam 7 malam sekarang. 11 jam malam ini masih bisa dipakai. kebiasaan buruk sih. emang dari tadi nggak produktif sama sekali kerjaannya. yah, resikonya, semua yang harus dikerjain hari ini numpuk di malem. hari ini ngapain dong kalo malem ini cuma dipake buat 'istirahat'?

ayolah. 11 jam ke depan agar hari ini nggak terbuang sia sia.

hm..

kalau dipikir-pikir, baru sedikit nulis untuk awal tahun ini. entah. pengen sih cuma tertunda mulu. dan penundaan berakhir pada ke-tidak-jadian. agak tidak baik. 

H-15 OPENING SMANSA DAY 2013!! :)

terus H-16 UTS ahaha.....haha.......ha......

ulangan lagi aja. masih tetap nggak bisa tenang kalau besoknya ulangan. yaya, emang harusnya gitu sih. cuma.. jatohnya jadi gak mau melakukan hal lain yang gak berhubungan dengan ulangan itu. nah, sebenernya itu salahnya. makin salah lagi ketika saat itu adalah saat lagi hecticnya SMANSA DAY, banyak yang harus dikerjain.

katanya, itulah yang membedakan orang yang masuk organisasi sama yang nggak. mau nggak mau ya dia punya resiko. dan, yah, itu resikonya. punya tanggung jawab di hal lain selain nilai. entahlah.. sepertinya pas kelas X berhasil melewati masa masa ini dengan mulus. semoga bisa terulang sekarang. amiin.

perubahan ada ketika kamu memulai. 

perjalanan 1000 langkah nggak akan bisa dimulai kalau nggak ada langkah pertama, kata Aussie. kalo kata orang di pembukaan TO FPA kemarin, kita itu kaya hukum Newton pertama. kelembaman. kalo udah sekalinya gerak, ya gerak aja terus. yang susah itu bagaimana memberikan gaya dorong yang besar di awal pergerakan supaya dia bisa gerak.

yah....jadi...apa ya. hahaha. mungkin itu.

sesusah menjadwalkan waktu belajar untuk 16 hari ke depan. padahal tadi siang bener bener udah bikin semacam tabel, tinggal diisi. tapi entah gimana pada akhirnya terbiarkan kosong. ha... 

harus dicoba lagi. nggak ada ya kalang kabut main tempelin materi ke kepala di H-berapa UTS.

oh ya. mungkin juga harus mulai belajar tentang segala magnitudo-luminositas-fluks-lalala lagi. gak kerasa H-sebulan. bahkan TO kemarin pun belajarnya cuma di kereta -_- paling pasti. tapi somehow kangen sih. dulu pernah kok, bener-bener bergadang cuma buat nyelesein tumpukan hitungan itu. dulu pernah, menikmati, dapet ritmenya. bismillah semoga tahun ini pun begitu.

apalagi ditambah dengan segala kegiatan astronomi yang sangat mendukung akhir-akhir ini :p aah. dimulai dengan ikutan Star Party yang kemaren, main ke planetarium, kenalan sama para astronomer lain.. belum seberapa sih, tapi seenggaknya lebih baik dari tahun lalu. yang cuma kenal untaian kata dan angka di atas kertas. sekali lagi, gimanapun, memang butuh praktek kan? yah, bismillah semoga perkembangan kegiatan ini berbanding lurus sama ilmu yang bisa didapatkan :)

tapi tadi habis hujan. kayaknya malem ini mendung.

sempet lihat tweets orang-orang yang berhasil lihat Panstarrs hari ini. hem. gimana rasanya ya : | memandang langit cerah dan menemukan komet melesat di satu titiknya, dengan mata telanjang. bukan di film. pasti keren.... entahlah. kayaknya. jadi pengen coba. tapi ; 1. mendung. 2. di luar banyak pohon. haa mungkin lain kali..

oke random. ini posting apa sih -_-

10 jam menuju keproduktifan yay! wassalam

Saturday, March 9, 2013

Hau.. kemarin ke planetarium lagi. Yah, dan, suasananya emang beda. Hawanya beda. Orang orang di sana bukan datang untuk bersenang senang memandang langit. Somehow agak...yah, gitu. Haha. gimana sih. Aneh. Lebih seneng sama hawa Star Party kemarin : l

Sunday, March 3, 2013

SP1 2013

assalamualaikum! sudah lama banget nggak nulis, ya. baru aktif lagi dari hibernasi yang cukup panjang. lumayan, matanya nggak se perih tadi pagi. 

sebelumnya, untuk teman teman yang bakalan berangkat BANBUSA malam ini, semangaat! hati-hati di jalan yah, bawa oleh oleh yang banyak. dan buat partner bendahara yang stubanya jadi sendirian (galih punten pisaan) selamat mencari pengalaman baru di Jogja sana! jangan kopong kopong yah, salam buat yang di sana:p selamat berjalan-jalan, kawan kawan! jangan lupa baca doa yang udah ada di buku panduan BANBUSA nya yaah, semoga dilindungi oleh yang Di Atas Sana. amiiin.. semangat partner-partner MPK!:D/

weekend minggu ini beneran nggak kerasa. kenapa? soalnya ada ini ;


asli ini pamfletnya keren badai wkwk

yak, dan posting malam ini mungkin bakalan membahas tentang itu. 

kumpul di KFC jam 7. sambil nunggu, ngerjain exercise mate. merasa sangat produktif, karena udah selesai mengerjakan Uji Latih Kemampuan dan Exercise 11 --tinggal satu exercise lagi! yah, salah satu alasannya karena hari selasa ulangan. paling pasti. padahal kopongnya nggak karuan. 

satu-satu dateng. Rafif, Aziz, Dea, Kimey, Siwi, Endah, dan yang ikutan rusuh rusuhan di BTM dulu sampe jadi telat --Anza. lalu lintas padat. akhirnya carter angkot. sudah mulai melihat orang-orang berkeliaran bawa sleeping bag --mungkin dengan tujuan yang sama. di angkot mau ngerjain mate tapi gak jadi.

sampai sana, ketemu Rambu sama T'Ndu. pendaftaran ulang. dapet kelompok. sholat.

kalo boleh, itu semalem penuh pengen cengar-cengir mulu gak berhenti.

apa ya. excitednya kerasa banget. merinding melihat sebegitu banyak orang yang ternyata punya kesenangan yang sama. sering memandangi langit yang sama. beda dengan OSP kemarin. iya, banyak orang astro juga, tapi di situ suasana bersaing. belajar, ngapalin rumus, sampe pusing sendiri. jiper, jatohnya. kalau ini bener-bener murni untuk mengamat langit secara langsung. bukan lewat rumus, bukan lewat teori. 

jujur, pertama kalinya. melihat teleskop sebanyak ini berjejer --bahkan pertama kalinya melihat langit dari teleskop secara langsung! sebelum acara dimulai, udah banyak kakak kakak HAAJ yang sekilas menjelaskan tentang teleskop. 

tapi langit saat itu mendung. sampai jam 10, benar-benar nggak kelihatan apapun di langit. cuma gumpalan awan abu-abu.

entah berapa banyak doa yang meluncur ke langit saat itu --semua berharap lapisan tebal di angkasa itu bergerak menjauh.

300 lebih orang-orang bergerak masuk ke dalam ruangan setelah diperintahkan. pembukaan. pembagian kelompok. pengenalan teleskop.

teleskop yang diperkenalkan di kelompok 3 namanya SkyWatcher. teleskop ekuatorial. besar, gagah, putih. meringis sendiri begitu mendengar harganya. bisa dibilang teleskop yang paling bagus yang mereka bawa dari Jakarta. keren.

jam 12, bulan mulai menampakkan diri. semua orang berbondong-bondong ke luar. mengerubungi kurang lebih 6 teleskop yang sudah disejajarkan di halaman depan. saya sendiri sih pindah-pindah. nyobain satu satu teleskop yang ada di sana. kapan lagi :p

malam merangkak. langit seakan mendengar doa kami. dimulai dari munculnya dua bintang centauri, kemudian disusul dengan titik-titik kelip yang perlahan muncul di segala penjuru langit. kakak-kakak HAAJ sibuk menjawab pertanyaan para peserta yang ingin tahu.

tadinya saya sama yang lain mau tiduran aja di rumput. tapi entah kenapa yang cowok pada gelar sleeping bag. gak ngerti. rempong pisan. emang dasar cowok cowok hygienis . terus akhirnya mereka pindah lagi ke dalem gymnasium. anget katanya. gatau deh. terserah mereka -_-" jauh jauh ke sini cuma buat tiduran di dalem sleeping bag. dalam ruangan pula. gak ngerti.

saya pribadi, mencoba untuk tidak tidur, sebenernya. walaupun sempat berbaring juga --tapi pada akhirnya bangun lagi. sayang sih, kalau bisa dibilang. kapan lagi punya langit sebesar itu? dengan bintang yang benar benar bertebaran. kalau di rumah kan ketutupan pohon. akhirnya beranjak untuk jalan-jalan lagi.

sekitar pukul 2 pagi, saturnus mulai menampakkan diri. sebenernya agenda hari ini itu untuk mengamati jupiter, tapi sudah tenggelam duluan --langitnya masih berawan tadi. akhirnya menghampiri kerumunan. mencoba mengintip juga saturnus dari lensa tabung pembesar itu.

dan, subhanallah, seriusan ada cincinnya! keren nggak bohong. excited berlebih mungkin, tapi ini bener bener pertama kalinya. lucu bangeeet. saturnusnya beneran gepeng gitu, lonjong. kalau fokusnya diatur, beneran bisa kelihatan satu bulatan dengan sebuah oval yang mengelilingi. nggak, jangan bayangkan gambar saturnus di buku buku. sebenernya kecil, kok. cuma di pojok. tapi beneran kelihatan cincin.....

......lucu ya. ternyata beneran ada. ternyata 1.500.000.000 kilometer di atas sana beneran ada benda besar bercincin itu. visualisasi di buku itu beneran nyata. dan melihat benda itu dengan mata kepala sendiri itu.....

nggak bisa ngegambarin. seneng. takjub. 

ketemu dan sempet duduk dan sharing bareng CASTRO LUNAR dari smanti. duduk di samping mereka bener-bener bikin merasa kopong, asli. hahaha. dengan santainya mereka tiduran sambil nunjuk-nunjuk titik kerlip di langit itu pake laser, berdebat ringan tentang rasi bintang apa itu. sementara saya cuma bisa melongo natap langit. haha. kebayang aja nggak, scorpio, centaurus, dkk bentuknya kayak gimana. yah, mungkin memang kurang pengaplikasian. gimanapun, astronomi itu tentang pengamatan. bukan selalu duduk di belakang meja dan ngerjain soal. ya nggak? hahaha.

dan, yah, jujur pengen. bisa melihat langit --dan otomatis garis-garis khayal yang menghubungkan antar bintang itu terbentuk sendiri. otomatis bisa mengenali rasi bintang apa itu, dan langsung bisa tahu ada bintang apa di sana. di sekelilingnya. atau mungkin punya binokular. atau teleskop sederhana. atau sekedar laser hijau superkeren yang sinarnya bisa nunjuk bintang kayak yang kemarin orang-orang bawa. haha. 

mungkin nanti suatu saat, doakan saja :)

bener-bener harus lebih sering melototin stellarium. jangan cuma gambarnya di enable terus diputer puter doang wkwk. anyway, terimakasih banyak untuk sambutan hangatnya, teman teman dari LUNAR :) salam kenal dari divisi astronomi KIR SMANSA. semoga ke depannya bisa melihat langit bareng lagi, yah :D/

hm.. apalagi ya. malem itu memang lumayan melihat banyak. emang dasar gak bisa diem, gak tahan tiduran di rumput doang. akhirnya bangun (lagi) dan jalan-jalan. menghampiri kerumunan yang memang mulai menipis. dateng, nanya lagi lihat apa, terus ikutan neropong. terus pergi lagi. haha. ada yang lagi sibuk ngambil foto saturnus --pake teleskop SkyWatcher yang superkeren itu loh. dan lagi lagi cincinnya kelihatan jelas! waaah. lucu banget.

dateng ke teleskop sepi dan minta izin buat nyoba nyari bintang buat diteropong. lumayan... untuk seorang yang bener bener baru pertama kali pegang teleskop. haha. dasar amatiran ya. melihat acturus (bootes), spica (virgo), rigel (centaurus). walaupun pas di teropongnya kelihatannya bener bener cuma titik biru kecil. cuma ya agak gede dikit. kayak bakteri lol. cuma memang ada banyak titik kecil tambahan yang kalo dilihat pake mata telanjang nggak ada. yah, itu mereka yang magnitudonya di atas 6.

akhirnya menjelang subuh, jam setengah 4 an, balik ke 'tempat tidur'. si kimey udah bangun. dan kita berhasil menemukan rasi scorpio! dari tadi sih ketemunya, cuma gak kebayang. akhirnya bareng kimey, coba ngehubungin bintang-bintang itu pelan-pelan. akhirnya kelihatan :) kebayang bentuknya. garis khayal itu perlahan muncul. di sebelahnya, ada sagitarius. sebelumnya juga udah berhasil menangkap crux sama centaurus. 

ini scorpio


yang ini sagitarius, sebelahnya scorpio


centaurus sama crux satu paket

tapi gagal buat ngebayangin virgo, ophiuchus (asli yang ini bentuknya aneh banget), libra, sama bootes. padahal bintangnya ada di atas sana. kelihatan daerahnya cuma nggak kebayang gambarnya. yah... mungkin nanti kapan kapan.

pada akhirnya, bulan (ada halo bulannya loh, keren pisan), sirius, saturnus, rigel, acturus, spica, antares, vega, scorpio, sagitarius, centaurus, crux, bootes, virgo, ophiucus, libra, butterfly cluster (M6), M8, dan sunspot berhasil dilihat malam itu. mungkin orang orang melihat lebih banyak. mungkin itu cuma sebagian kecil yang ada di langit saat itu. tapi yah, untuk saya pribadi, sangat amat bersyukur. 


kemarin bulannya setengah-cenderung-cembung, tapi ada halonya. semacam buletan di sekitarnya. kayak gini--


menjelang pagi. subuh. sholat. nunggu sunrise. mau lihat sunspot tapi fail soalnya banyak awan. silau pisan. ngerjain matematika exercise 12 hahaha lumayan dapet 4 nomor. 

terus foto. ngucapin selamat pagi dengan semangat ke para cowok hygienis hahaha. terserah mereka lah. foto bareng seluruh peserta. terus...pulang.

:"""")

pertama kali dalam hidup pengalaman kayak gini. langsung buru buru pengen ditulis --biar gak lupa. sayang banget kalo lupa. haha. lebay sih. tapi seriusan. keren banget abisnya. akhirnya gak cuma kenal orion, sama jupiter. hahaha dasar kopong. mungkin nanti perlahan bisa kenal semuanya. amiin :)

oh ya, terimakasih banyak kakak-kakak HAAJ untuk DVD supernya! isinya lengkap banget. nggak rugi bayar duluan :p 



:)

*NB : Foto menyusul. kayaknya nunggu dokumentasi resmi aja. berhubung nggak foto-foto sama sekali -- jam 9 malem baterai hp nya abis-_-"