Thursday, August 29, 2013

Bosscha part 2

kemaren sempet mau nulis cuma waktunya mepet, udah pagi. jadi kita dipinjamkan oleh kakak pembimbingnya satu teleskop. kecil sih, jangan bayangkan teleskop-teleskop tinggi besar berat yang suka ada di film-film. yang ini bahkan tripodnya pun pendek. mungkin karena emang nggak terlalu 'fragile' jadi boleh dipinjemin.

waktu itu pertama kali nyoba liat lampu. sama muka orang hahaha asli lucu pisan itu satu FOV isinya muka semua. tapi kan ya mana afdhol kalo nggak lihat langit. jadi kemarin ditungguin dari jam 1 pagi. alhamdulillah jam set 3 an langitnya cerah. langsung bawa perlengkapan ke taman.

pertama kali lihat bulan. agak ribet soalnya findernya nggak sesuai sama tabung besarnya, jadi otomatis nggak bisa dipakai. harus nyari langsung dari yang ngezoom itu. kagok, pasti. pegel. tapi seneng pas udah bisa ngarahin ke bulan. beneran ada kawahnya gitu, keliatan 4 berjejer. bulannya emang lagi bulan setengah jadi nggak kelihatan penuh.

di atasnya bulan sedikit ada bintang merah. kirain planet atau apa, ternyata aldebaran. terus nyoba lihat rigel dan sirius juga. sama lihat jupiter. nggak jauh beda sih, cuma yang ini karena planet jadi agak lebih besar dan oranye. terus sempet lihat pleiades juga. gugus bintang terbuka. dan beberapa bintang terang lain yang kebetulan ada pagi itu.

apa ya. seneeenng! pertama kalinya bener-bener mengoprasikan teleskop sendiri, walaupun tanpa finder, teleskopnya kecil dan penggunaannya lama. bisa ngarahin ke satu objek yang dituju tuh.....ah pokoknya sesuatu. yang biasanya cuma lihat, nunggu kakak kakaknya mengarahkan terus antri buat ngintip. haha. emang paling kopong kalo udah soal observasi.

terus kemarin juga ke Bosscha ; untuk yang kedua kalinya. paling pasti, sekalinya dateng langsung dua kali. kali ini ikutan rombongan Fisika dan Matematika. tapi karena udah pernah masuk ke gedung Zeiss, akhirnya lihat-lihat pemasangan teleskop. agak canggung awalnya, tapi kakak-kakaknya baik :D 

pertamanya cuma ngeliatin teleskop yang otomatis, tapi terus ditawarin buat masuk dan melihat persiapan pengaturan teleskop Bamberg. WAH. itu teleskop berumah yang kemarin gatau namanya, yang buat lihat antares. akhirnya masuk ke dalem gedungnya. ngeliat kakak-kakaknya mensetting deklinasi dan HA teleskopnya ke arah antares. ternyata katanya ada mesinnya, cuma lagi rusak, jadi manual. keren, ngegeser-geser teleskop segede gitu.




sebenernya nggak terlalu belajar teleskop, kemarin lebih ke melihat-lihat aja. terus ada rombongan anak SD gitu. lucu banget. beruntung ya kalian, kelas 1 SD udah ke Bosscha. saya harus nunggu 16 tahun :") 

pas keluar, langitnya nggak secerah kemarin. mendung banget. tapi akhirnya mengungsi ke lapangan depan gedung Zeiss ; di sana sangat gelap dan gak ada orang. duduk menghampar di rumput. tidur terlentang menghadap langit. tebak-tebakan deklinasi dan HA bintang. hapalin penyusun rasi. sayang banget pas ke Bosscha hari pertama nggak kepikiran buat ke lapangan situ. padahal aturan bintangnya bakal bisa lihat lebih banyak. tebak-tebakannya bakal lebih seru.

terus pulang. haha. karena hari itu adalah hari terakhir malam umum, jadi kayaknya ke depannya nggak akan main ke Bosscha lagi. tapi kayanya udah cukup ; lebih dari cukup malah. ah pokoknya alhamdulillah banget bisa main ke sana :")

pulangnya tepar. nggak sih sebenernya. nggak boleh sih harusnya, haha. masih banyak banget 'pe er' untuk dikerjakan. alhamdulillah banget udah terbiasa dengan siklus tidur yang kayak gini, jadi nggak begitu kaget dan jadi bener-bener bisa memanfaatkan waktu yang ada. memang butuh usaha yang lebih, kan? ketika kamu tahu kalau kamu nggak sehebat yang lain. ketika kamu tahu kalau kamu masih sangat, sangat, jauh tertinggal. mau jalan aja? kapan nyampenya? yah, sadar diri lah. haha. 

oh ya, hari ini akhirnya astro rame! setelah kemarin-kemarin berasa les privat. bismillah untuk hari ini!

Wednesday, August 28, 2013

Bosscha

assalamualaikum. hari satu.

sekarang jam 1.05 pagi. tadi baru keluar nengok langit, masih mendung. gaada bintang, jadi masuk lagi. 

iya, jadi sekarang judulnya sedang menunggu langit cerah. karena tadi baru dapet pinjeman teleskop mini dari kakak pelatihnya, dan buat pakainya ya sepertinya memang harus rela nunggu dan rajin ngecek. langit itu perubahannya cepet. satu jam itu bisa jadi waktu yang cukup buat awan terbuka dan memperlihatkan bintang, terus langsung ketutup lagi. makanya nanti jam 2 mau keluar lagi.

hari ini.. pagi pagi dibuka dengan hari mencuci baju sedunia bareng patris. karena emang waktu untuk makan paginya longgar dan kita nggak ada kerjaan, akhirnya nyobain buat nyuci. gaada laundry ; sekalinya ada jauh. jadi harus nyicil. oke ini pertama kalinya. lucu juga. lumayan. belum-belum udah ada jemuran baju.

paginya ada motivation training dari kakak yang IQnya 210. penasaran orang yang IQnya segede itu sehari hari mikir apaan. tampangnya sih tapi sama aja. kalo nggak ditanya juga mana tahu kalau dia baru 23 tahun dan lagi kuliah S3. 

oh iya. di sini tiap pagi dan sore ada coffee break. wkwk gaya dulu lah. isinya snack sama teh/kopi gitu. kayak apaan aja.

habis makan siang, pre test. jadi ternyata hari ini juga belum ada belajar efektif. tew. masih kopong juga ternyata. mau belajar bingung jadi seadanya. astro juga masih sepi, 3 dari 5 orang ikut pelatihan di luar. pelatihnya juga ganti, jadi kakak perempuan unyu :3 kak angginya ada urusan mendadak. 

pre test. lalala begitu. 

"Kita mau ngapain abis ini kak?"
"Sampe jam 5 sih kita, ngerjain ini dulu aja. Oh ya, hari ini katanya malam umum Bosscha loh."
"Iya? Wah! kesana yuk kak."
"Yuk."
"Yuk."

dan beberapa menit kemudian kita caw.

: """"""""""""""""""""")

mungkin karena emang kita cuma bertiga, jadi lebih gampang mobilisasi alias nyusup-nyusupnya. hari ini harusnya jadwal...kebumian dan entah bidang apa buat ke sana. terus kita ikut aja tiba-tiba. hahaha. padahal harusnya jadwal ke sana itu hari minggu.

terus udah langsung duduk di angkot aja. perjalanan.

dan memang deket banget sih dari hotelnya ke Bosscha. belum-belum udah lewat jalan kecil. terus ada portal, kita turun. lanjutin jalan.

pas lihat gedung utama tempat teleskop Zeiss tuh......apa ya. beneran loh ini. beneran ke Bosscha loh. berasa nggak percaya bisa dateng ke sini. bisa menginjakkan kaki di depan gedung yang ini. yang selama ini cuma bisa diliatin dari foto orang. atau presentasi kak anggi. sekarang beneran liat pake mata kepala sendiri.






...subhanallah pokoknya. seneeeeeng!

buat gedung teleskop Zeiss, kita emang cuma masuk dan mendengarkan penjelasan kakaknya. ngeliat lantainya di naik turunin dan kubahnya diputer-puter. keren benda segede itu beneran bisa bergerak kayak gitu. dan...itu teleskop loh. tabung segede itu. entah gimana perasaannya kalo nyoba neropong dari sana. sayangnya nggak dibuka untuk umum.

udah gitu masuk ruang multimedia. dikasih presentasi. ditayangin gambar yang perbandingan ukuran bintang-bintang. paling pasti emang bikin merinding. antares dan betelgeuse yang segede-gede itu.

dan saat paling bikin mencelos adalah ketika keluar dari gedung multimedia. udah masuk waktu maghrib. langitnya mulai gelap.

dan bintangnya banyak. banget.

bener-bener langsung disuguhi scorpio dan sagitarius pas pertama kali keluar. astro yang satu lagi langsung mengoceh tentang segala macam rasi bintang yang ada di situ ; yang lain manggut-manggut. saya sih bengong. hahaha. kan kopong cuma tahu scropio sama sagitarius doang. sempet hilang dari rombongan tapi untung ketemu lagi. 

makin malem langitnya makin gelap. bintangnya makin banyak. melihat summer triangle ; vega, altair, deneb. melihat satu-satu rasi bintangnya masing-masing ; lyra, aquila, cygnus. ternyata beneran kayak gitu ya bentuknya. atas dikit ada ophiucus ; tapi gak kebayang bentuknya. ada bootes juga. lihat centaurus dan crux tapi nggak bisa lihat bentuknya karena udah mau tenggelam ; di deket horizon awannya makin tebel.

berkali-kali lihat satelit lewat. kenapa banyak satelit ya malem ini. terus menyadari kalau ada berkas garis putih tipis yang memanjang dan melewati sagitarius. itu bima sakti. nggak sejelas yang ada di foto, tapi samar bisa lihat 'awan'nya. dan yang lewatin sagitarius itu berarti pusat bimasakti. blackholenya ada di situ.

ikutan ngantri buat lihat langit pakai teleskop. nyobain salah satu teleskop berumah ; tapi belum tahu itu teleskop apa. lihat antares. bener-bener jadi lebih merah dan terang dibanding sekitar. terus di luar lihat saturnus dua kali. dan, ya, persis sama kayak yang dilihat pas Star Party di IPB waktu itu. beneran ada cincinnya. jelas sejelas jelasnya. pokoknya lucu.

dan...apa ya. semacam....benda itu tuh beneran ada loh. nun jauh di atas sana. planet bercincin yang selama ini cuma bisa diliat lewat ensiklopedia itu ternyata beneran ada di langit. subhanallah pokoknya. 

terus pulang. memang cuma sebentar sih di sana. tapi pengalaman lihat langitnya bener-bener nggak terlupakan. langit Bosscha beneran bersih ; jarang banget lihat bintang sebanyak itu. 

foto menyusul. sebenernya nggak banyak, karena pas jam 6 ke atas udah nggak moto apa apa sama sekali. tapi mengabadikan momen pertama itu penting.

yasudah. begitu cerita hari ini. besok sepertinya baru akan mulai belajar efektif. bismillah semoga jam 2 atau 3 atau 4 nanti langitnya cerah, amiiin.

Tuesday, August 27, 2013

Hari Nol

Assalamualaikum!
Sekarang jam 3.10 pagi. Dan lagi duduk di bawah semak semak taman sendirian hahahaha kan freak. Jadi tadi jam 10an udah tidur. Langitnya berawan abisnya. Terus jam 2.15 si alarm rempong bunyi. Iseng iseng keluar.

Tapi susah nemuin spot bagus. Di taman lampunya terlalu banyak. Keliling keliling ga nemu lantai 2 yang bagus yang langitnya keliatan. Akhirnya duduk di bawah semak semak gini di taman sebelah kanan.

Ada orion. Paling pasti emang rasi bintang yang ini sangat mencolok mata. Kalo di gunung bunder bisa ngeliat sampai rasi auriga, sekarang di sini bisa lanjut ke samping lagi. Ada pegasus. Kotak. Sambung andromeda. Atasnya aries.

.....cuma nemu itu. Haaa. Padahal bintangnya lumayan banyak. Tapi gak bisa mengenali konfigurasinya.

Tadi pagi perjalanan 6 jam. Lewat puncak. Mabok....akhirnya cuma bisa tidur. Tempat nginepnya bagus ; asli bagus banget inimah. Keren. Sederhana tapi keren.

Tapi malemnya dingin. Gak cukup pake jaket sketsa aja masih dingin...ini membeku jempolnya ngetik postingan. Jadi hari ini ga ngapa ngapain. Emang belum mulai kegiatan efektif. Ngefreak doang sendirian di bawah semak semak hahaha. wassalam!

Monday, August 26, 2013

jadi ceritanya sekarang lagi nyoba ngenet pake wifi dari hp ; menjadikan hp sebagai modem. lancar aja sih. hahaha naon sih.

beberapa jam setelah pulang Mercusuar langsung hibernasi. dapet sms dari bu Enung kalo senin diminta kumpul ke dinas. heran ; kirain udah sabtu kemarin dikumpulin.

terus ternyata tadi beneran dikumpulin. terus berangkatnya besok :):):):):):)

senyum aja. dikasihtaunya H-1. hahaha. langsung panik lah. buat saya, yang notabene gak pernah jauh-jauh dari rumah, bahkan mudik pun nggak, 2 minggu itu hitungan nginep yang cukup lama. kayaknya ini baru pertama kalinya beneran bawa koper buat pergi. pertama kalinya nge list barang sampe sebanyak itu. emang sih ya ciwi ciwi rempong. tapi kalo dipikir-pikir penting semua ah barangnya-_- gak ada yang bisa dikurangi. hahaha mungkin ini pemikiran semua cewek yang sedang packing. bingung barangnya kebanyakan tapi asa penting semua.

tapi udah beres sih. alhamdulillah. semoga nggak ada yang ketinggalan. tinggal masukin laptop ini aja ke tas. 

H-6 hari 1 jam 58 menit 05 detik 

mau main main sampai kapan? bismillah semoga bisa benar-benar memanfaatkan 6 hari ini dengan baik setelah seminggu kemarin fokusnya sangat amat terbagi --nggak belajar sama sekali. sekarang harusnya udah mulai ngejar. harusnya sadar kemampuan. harusnya tahu diri.

hmmm mungkin akan berusaha selalu update di hari-hari ke depan. mungkin tapi ujungnya bakal cuma jadi posting 'dear-diary-hari-ini-saya-lalala-lalu-lalalala' tapi gapapa. entah kenapa gak mau melewatkan satu pun kejadian buat ditulis di sini. karena kalo nunggu selesai, nanti lupa. nanti feelnya nggak dapet. apalagi kalau........hahaha nggak. ada kemungkinan bakalan gak nulis juga. kan sayang. jadi ya..bismillah semoga sempet.

udah jam 4 pagi. keberangkatan H-3 jam. bismillah semoga selamat sampai tujuan. mungkin besok malem akan nulis lagi. wassalam!

oh ya ; mau bonus




jadi ceritanya baru nyadar kalo bakal berpisah dari makhluk jabrik ini 2 minggu :""""( langsung sedih. nyumiiiiiii. makhluknya lagi tidur dengan manis ini di sebelah. ah pokoknya bakal kangen. ah yumi :((

Mercusuar

hari sabtu-minggu kemarin, ELECTRA baru mengadakan proker insidentil terakhir. yang selama ini ditunggu-tunggu karena satu tahun yang lalu nggak diadakan. apresiasi banget buat JB yang tetep mau jadi panitia dan bantu-bantu walaupun tahun mereka nggak ada acara ini :) 

oke, jadi di sini situasinya agak berbeda. saya anak konsumsi, tapi hari pertama nggak menjalankan tugas sebagai konsumsi dengan baik... *sungkem nunu*. dateng lebih pagi, pertama kalinya naik motor sejauh jauh jauh itu dengan speedometer yang nggak jalan, dan cuma bisa patokan motor fahmi ichal di depan. yang penting nggak nyasar. terus dapet oleh oleh dikit di kaki dari motor fahmi :) gapapa kok mi, hahaha. lain kali mundur hati hati loh ya.

apa ya.. pertama kalinya benar-benar melihat dari barisan di atas sana. memandangi satu-satu wajah calon penghuni sekolah kehidupan. nggak kerasa, udah dua tahun, ya? sejak postingan tentang MOPDB Rantai Emas kemarin. yang tadinya merasakan berdiri di bawah situ, sekarang melihat dari atas sini. 

memang nggak pernah terpikirkan sebelumnya bakal jadi salah satu dari tiga belas orang yang itu. melihat anak-anak dari sisi yang lain, beda dengan tahun lalu. 

tapi perasaannya tetap sama, kok.

kembali merasakan apa yang dirasakan dua tahun lalu, ketika dulu satu angkatan ricuh membuat konfigurasi angka, menyusun lambang SMANSA yang sudah kami buat sebelumnya. lelah, tapi bisa kan? melihat rasa percaya satu sama lain itu perlahan tumbuh, terpancar dari mata kalian. kembali merasakan rindingan bulu kuduk ketika mars SMANSA itu berkumandang. membelah langit Gunung Bunder. kembali merasakan kedua mata yang perlahan memanas, tangan yang gemetar ketika ikut menyanyikan lagu tersebut.

ya, dik. menjunjung tinggi sekolah kehidupan ini memang tidak mudah. tapi ketika kalian sudah berada di dalamnya, kalian pasti mengerti. usaha yang diberikan memang sebanding dengan apa yang SMANSA berikan untuk kalian. 

karena SMANSA memang bukan sekedar sekolah terbaik. SMANSA adalah sekolah kehidupan. 

karena SMANSA adalah suatu kebanggaan.

selamat datang di keluarga besar kami, Pedang Platinum. selamat belajar untuk mencintai sekolah ini sebagaimana kami mencintainya :)

hari itu ditutup dengan salam, maaf, dan terimakasih yang terus terucap. seneng banget lihat muka-muka sumringah kalian :) 

malemnya yang lain tidur, nggak bisa tidur. duduk-duduk tidak produktif di warung bareng theo dan fia. theo tidur duluan. emang paling pasti si tekodora. ngobrol sama iffah, ubi, siapapun yang lewat. mau ke kamar mandi tapi gelap banget jadi gajadi. terus kumpul lagi.

semaleman berusaha buat ngintip-ngintip ke atas langit. sedih pas ngeliat langitnya kosong, ga nemuin apa-apa :( padahal udah bawa peta bintang. ada bulan cembung sih, yang kelihatan banget pas terbit warnanya agak kekuningan, makin ke atas makin putih dan terang. bagus. lihat bintang satu-dua dari sela-sela pepohonan, tapi cuma segitu. nggak berani buat pergi ke daerah yang jarang pohon karena itu jauh dari tenda dan orang-orang udah pada tidur. 

tapi pas subuh, iseng-iseng pergi ke deket warung. lihat orion. kayaknya ada harapan. diem-diem pergi ke daerah rerumputan belakang warung --freak emang, tapi kalo lihatnya dari depan warung teh banyak pisan lampunya, gak enak. 

dan...akhirnya nemu spot yang sangat tepat. dari belakang warung, pepohonannya udah gaada lagi. dan bisa langsung lihat view ke gunung. langitnya besar banget.

dan yang paling penting, bintangnya banyak. banget.

apa ya...mungkin nggak sebanyak itu karena bintang yang kelihatan bener-bener yang lagi di sekitar timur aja. ke atas dikit. udah banyak pohon lagi. di deket bulan juga nggak banyak bintangnya, soalnya bulannya terang banget. tapi untuk satu bidang langit timur kayak gitu, segitu udah bisa dibilang sangat bagus.

subhanallah. rasanya gak pengen pergi dari situ sampe matahari bener-bener terbit. peta bintangnya jauh ada di tenda, jadi akhirnya minta bantuan google sky map.

tadinya cuma bisa kenal orion. hahaha paling pasti emang gak bisa move on. dari dulu sampe sekarang orion aja gak maju-maju. sama di bawahnya dikit ada jupiter, keciri soalnya besar dan terang dan gak berkedip. 

terus akhirnya cuma bisa menebak-nebak. ngitung ada berapa bintang yang keliatan di sekitar situ, ngebentuk apa, dan cocokin ke google sky map--harusnya di situ ada rasi bintang apa, dan bentuknya kayak apa.

lama sih emang. freak pula (....) berkali-kali ngomong ke diri sendiri yaudah-sih-gak-ada-yang-lihat-ini wkwk. kapan lagi coba ke daerah kayak gini.

dan akhirnya bisa mengenali satu persatu :)



kurang lebih kayak gitu penampakannya. saya juga bingung soalnya di langit yang saya lihat, gemininya kebalik gitu ngadep bawah. tapi susunannya sama sih. di samping orion ada lepus, kebetulan yang kelihatan cuma trapesiumnya. kanan bawahnya ada bintang terang banget. begitu tahu itu sirius, oke fix yang itu canis major. sampingnya dikit nemu canis minor, procyon dan temannya berduaan. sampingnya lagi ada gemini. jupiter lagi ada di tengah-tengahnya gemini, terus di sampingnya dikit juga ada mars cuma kecil pisan.

samping kiri orion ada taurus, nemu kotaknya (?) yang ada aldebaran. dari taurus nyambung auriga, keciri dengan capellanya yang terang.

udah sih, yang kelihatan cuma itu aja. yang lainnya cuma kelihatan satu-dua bintang jadi kurang jelas itu rasi bintang apa.

iya cuma segitu aja. tapi entah kenapa kok seneng banget...hahaha. asli tapi ini kemajuan pesat dari yang sebelumnya cuma tahu orion. seneng banget pas akhirnya nemu bintang-bintang tertentu yang bener-bener bikin konfigurasi rasi bintang kayak gitu. nemu bentuknya. bisa bayangin garis-garisnya dimana. 

yah...mungkin orang-orang mah udah biasa kali ya. tapi buat saya ini baru pertama kalinya --pertama kali banget. senang pokoknya :)) 

akhirnya kesampean lihat langit di Gunung Bunder. padahal tadinya udah sedih aja, jam setengah 4 teh belum kelihatan juga bintangnya. ternyata emang saat paling baik ya subuh-subuh. 

overall mercusuar SUKSES! alhamdulillah banget cuaca cerah, nggak hujan sama sekali. terimakasih banyak untuk seluruh panitia dan peserta yang sudah berpartisipasi di acara ini. semoga Mercusuar tahun depan akan lebih sukses dari ini, dan langitnya lebih cerah dari ini :)

Thursday, August 22, 2013

dari kemarin-kemarin cuma buka dashboard aja. fudulin posting orang. sama sekali nggak niat buat nulis. padahal kayanya banyak yang mau diceritain hmmm.

sekarang jam 4 pagi. biasanya sih jam segini langsung bela-belain tidur, seenggaknya ada waktu buat tutup mata sampai nanti subuh. tapi kalo dipikir-pikir ternyata nggak efektif juga. ujungnya malah susah bangun. udah susah bangun biasanya siap-siapnya jadi bete sendiri, hahaha. jadi yasudah bablas aja.

malem ini rapel tugas. apa ya....padahal baru selasa rabu kamis loh belajar efektifnya. senin cuma halal bihalal doang. tapi....capeknya kerasa banget. memang kayak gini mungkin ya harusnya? mungkin emang udah terlena dengan liburan berantai dari kemarin-kemarin, sampai lupa gimana keadaannya kalo masuk sekolah. ya emang nggak beda jauh kok. pr banyak, catetan setumpuk, tas berat, kumpul sana-sini. tapi emang itu kan smansa yang kita kenal?

walaupun badannya harus penyesuaian lagi, tapi.. seneng. haha. somehow lega. dengan segala macam hal yang terjadi di sekolah akhir-akhir ini. tapi smansa memang akan selalu jadi 'smansa' yang dulu, yang kita kenal :)

kenal dan ngangenin.

tinggal setahun lagi ya..

keadaan seakan berubah ketika mengingat kalau waktu belajar efektif bener-bener tinggal satu semester. padahal materinya sama aja (banyaknya). yah walaupun emang dikebut, kerasa kok perbedaan ritme pelajarannya. 

terus tiba-tiba jadi penghuni lantai paling bawah. bukan tukang pinjem kelas lagi sekarang, tapi yang selalu digusah gusah keluar kelas karena mau dipinjem kelasnya, haha. IPA 1 emang. paling pasti buat kelas peminjaman. melihat aktivitas lorong lantai bawah dengan mata kepala sendiri. semua sibuk. semua sibuk. sampe bingung. menclok sana sini. nimbrung sana sini. haha. paling asik emang jalan-jalan koridor situ. ada aja yang bisa digangguin.

yumi tadi jam 3 bangun. cenghar :3 aakhdfkahsfkashdfl kenapa sih bayi tuh lucu banget. capek liatnya. bikin gak bisa ditinggal. apalagi kalo udah ngoceh-ngoceh sendiri. lumayan, suasana baru kalo abis capek sekolah, pulangnya langsung cariin yumi. penghilang capek :3

buat yang sekarang H-9. kan, kan, udah kurang dari 10 hari. berkali-kali bertanya pada diri sendiri ; udah ngapain aja? entahlah, tiga hari sekolah bener-bener mengalihkan perhatian dari semua tentang ini. dua hari ini aja udah nggak nyentuh sama sekali. parah.....tapi mau gimana. berharap bener-bener bisa maksimal di sisa waktu ini.

apa ya. kan bingung mau cerita apa. intinya mah gitu sih. semacam 'kaget' dengan ritme belajar dan aktivitas yang naik (lagi) tiba-tiba setelah sebelumnya mencapai titik hampir bawah pas liburan kemarin. haha. tapi asik. karena ya memang gini kan harusnya? selamat datang di koridor lantai bawah yang sebenarnya!

Monday, August 12, 2013

hai langit, apa kabar?

udah lama nggak keluar malem. terakhir pas buka bareng terakhir. setelah itu mengendap di rumah. ya, memang nggak mudik. cuma denger cerita orang-orang yang mudik ke suatu tempat dan menemukan langit yang jauh lebih cerah di sana. asik ya? haha.

udah lama nggak lihat langit. kemarin akhirnya baru keluar lagi. bareng ibu. pas iseng melihat ke atas, sepi. cuma ada bulan sabit warna kuning (ya, kuning beneran, entah kenapa lebih suka yang putih) yang baru mau terbenam di barat. sekitar jam 9 an. lihat ke langit lagi, cuma ada dua buah bintang. kecil, dan nggak jelas juga itu bintang apa.

untuk-yang-sudah-melampaui-H-3-minggu. apa ya. kemajuannya.........masih dikit. hahaha. malu maluin emang. udah lewat berapa hari? tapi masih juga stuck di situ. nemu paket baru, stuck di tempat yang sama juga ternyata. haha. sebenernya semua udah jelas. tinggal niat aja mau baca apa nggak. mau ngerti apa nggak. ya semua orang juga gini kan? udah sampai sini, harusnya udah ngerti dong, hal hal yang kemarin kemarin cuma bisa dihindari dan berharap gak akan keluar. nggak ada alasan lagi. 

harusnya, harusnya.

entahlah. dari kemarin semacam berdebu. berusaha nggak teralih, tapi di sini juga diem aja. haha. kenapa sih. mana yang katanya mau memanfaatkan waktu yang ada? udah ngapain aja? ketika semua orang lain berlari tanpa henti. di sini masih sibuk loncat sana sini menghindari kerikil kecil.

aturan kan kesampingin aja kerikilnya. haha.

ya..sudah. selamat berkutat (lagi)!

Thursday, August 8, 2013

nyumi

jadi laptop ini dengan tanpa rasa bersalahnya menganggur di sebelah. pemiliknya tidur. menganggur, sekali lagi. emang paling pasti menggoda iman. padahal belum juga satu paket selesai....

oh ya, selamat hari kemenangan bagi seluruh umat muslim di dunia :) alhamdulillah seneng melihat kabar kalau idul fitri tahun ini sebagian besar umat islam Indonesia merayakannya di hari yang sama. yang di sini, ya, seperti biasa. sholat, makan, pulang. ahaha. lagi-lagi nggak mudik. kayaknya udah kebiasaan tiap tahun emang kayak gini. sebenernya pengen jalan-jalan, ceunah Jakarta lagi kosong. tapi banyak orang. ribet. jadi di rumah aja.

tapi satu yang beda, dari kemarin rasanya males banget nyentuh hp. serumah kedatangan penghuni baru! yang sama sekali lain dari yang lain. makhluk kecil yang satu ini ;


yang selama 6 bulan ke belakang cuma bisa dilihat lewat foto dan video yang dikirim lewat whatsapp. yang jadi korban zoom ; kirain gede banget sampe kemarin pas belanja dibeliinnya baju buat anak 9 bulan. jadi hari-hari kemarin juga sibuk belanja baju bayi. melipir PGB bolak balik lantai atas bawah. nuker-nuker baju yang dirasa nggak pas. main ke baby&wishnya botani. beli milna.

tapi ternyata kecil :3 kecil banget. tapi mbul. mukanya ceper kegedean pipiii. tapi masih gendong-able. ahaha. lumayan berani kalo gendong yang segini. kalo yang lebih kecil lagi --yang fragile--baru gak berani.

aktivitas orang rumah jadi bergeser tiba-tiba. bentar-bentar main ke kamar besar. oper-operan gendong Yumi (walaupun gak berat berat amat tapi pegel juga). kerjaannya nengokin Yumi. wajar sih, udah berapa lama ya nggak ada bayi di sini. terakhir...2003. pas masih 6 tahun hahaha inget apa. jadi bayi yang ini bener-bener bawa suasana baru.

terus jabriknya ternyata bukan mitos. kirain dijabrik-jabrikin atau gimana. sebenernya dari dulu penasaran pengen pegang jabriknya Yumi. terus ternyata pas udah dipegang, beneran jabrik. ke atas-atas rambutnya. sekarang baru bisa tengkurep. jadi kerjaannya kalo abis tiduran terus berguling dan tengkurep, rambutnya langsung ke atas semua :3 wihiiii. lucu banget.

kalo begadang tiba-tiba ada suara-suara dari kamar. Yumi bangun. padahal bundanya masih tidur. terus bunyi-bunyi sendiri makan selimut.

Yumi bakal lumayan lama ada di sini. itu lagi bunyi-bunyi lagi. salam sayang dari nyumiiiii.







Monday, August 5, 2013

buka bersama(s)

bulan ramadhan buat orang Indonesia, selain identik dengan puasa, juga identik dengan buka barengnya. dimana-mana ngadain bukber. angkatan SD pun (tapi sayangnya nggak bisa ikut). jadi posting ini kurang lebih membahas tentang itu. bingung : | banyak yang terlewat untuk ditulis akhir-akhir ini.

hmmm. dimulai pas tanggal 8 juli. lagi kumpul. emang dari pagi udah was was sih. yah, hari itu yang dibilang sebagai hari 'pengumuman'nya ajang akademik yang itu. entahlah, tapi saya nggak berharap banyak. walaupun tetep jiper. buka timeline, ada aja yang ngomongin. akhirnya close. akhirnya nggak berani buka twitter sepagian. siangnya pergi. kumpul. udah hampir lupa. terus ada sms. di lockscreen ada previewnya.

....

dan, alhamdulillah. Allah masih memberi jalan. walaupun ngomong jadi nggak fokus dan tangan gemetar nggak karuan. kabar baik di awal Ramadhan :) semoga jadi pertanda akan kabar-kabar baik lainnya. 


bukber di rumah Sha. ini sebenernya agak mendadak. walaupun yang dateng nggak begitu banyak, tapi seru. seneng ketemu orang orang itu lagi. kalian masih sama yah anehnya, hahaha. main touhou lawan isha, adeknya sha. dan kalah mulu. sampe ketagihan bareng agni hahaha paling pasti. ah tapi belum minta copyannya ke sha. belum bisa latihan main.



yang ini tempatnya agak jauh. gaya dulu lah, buka bareng di Jakarta. ini pas pertemuan rutin di planetarium. pasukannya lumayan banyak, nambah t ndu t dila a zego endah fatih. tapi rafif anza nggak ikut....sayang sekali. pertama kali bersebanyak ini dateng ke pertemuan. dan kayaknya orang-orang juga lagi pengen dateng, lumayan penuh. materinya tentang Alam Semesta Dalam Islam. pas berbuka, HAAJ nya nyediain makanan, tapi penuh banget mejanya -_- jadi cuma kebagian brownies sama sirup. terus makan dulu sebelum pulang. ketemu castro lunar, terus ada Sofi...dunia memang sempit. menjadi perantara perkenalan dua dewa astro, fatih dan munif hahaha. udah kenal 4 an. tinggal satu lagi..



DKM Ar-Rahmah

pas dateng, cuma satu yang narik perhatian. balkonnya salsa. asli itu mah namanya bukan balkon, tapi ruangan tanpa atap. udah mah luas, berlantai(?), dan nggak ber atap. kurang-bikin-mupeng apa....buat orang yang sangat ingin punya balkon kayak saya, 'ruangan' itu tuh perfect banget pokoknya. tapi sayang mendung. jadinya di langit nggak ada apa apa. terus hujan jadi pindah ke bawah..tew. dadah balkon idaman. 

bukbernya menyenangkan. lucu sebenernya lihat banyak orang ngelawak :p haha. tapi emang heartwarming banget. kangen, asli, lihat muka muka itu lagi. bikin nggak mau pulang.


KIR

yang ini terkesan sama panitia bukbernya. kelihatan mateng banget persiapannya, walaupun hanya sekedar buka bareng. salut pokoknya. yang dateng juga lumayan banyak. ada lah muka-muka baru lihat (dan akhirnya kenal) mah.. di sini ketemu sama teh nabil, ka koor div astro KIR galaxy. ngobrol banyaaakk, mulai dari kantin sampe suka duka pertemuan rutin HAAJ. seru bisa curhat sama yang dulu juga sepenanggungan :p dapet banyak masukan. makasih banyak banget teh pokoknya :)



astro-dari-masa-ke-masa

dan, yang terakhir, untuk kesayangan yang satu ini ;


OSIS ELECTRA

terimakasih banyak atas bukbernya yang sangat berkesan, makanannya yang enak (dan banyak), wkwk. walaupun cuma jadi penonton pertunjukan lawak beberapa pihak (re : ucup, a rio, rafi, dicky dkk), kalian kenapa sih aneh banget :") memang nggak butuh acara formal dan terstruktur buat rasain kekeluargaan bareng kalian. bersyukur bisa jadi salah satu dari keluarga besar ini. tapi lain kali jangan main petasan di dalem rumah orang yah, kasian accanya :")

dan, untuk 'badai' yang sedang melanda rumah kecil kita saat ini. angin memang sedang berubah haluan, ya? tepat ketika kita sudah berlayar hampir sampai ke tempat tujuan. nggak, ini bukan sesuatu yang harus diumpat dan disalahkan kok.

'tidak ada pelaut handal yang lahir dari ombak yang tenang'. 

naif memang, tapi saya percaya kalau suatu ujian diberikan kepada siapa yang tepat, siapa yang mampu mengatasi. luruskan niat, kerja keras, dan doa. ujian level tertinggi nggak akan diberikan buat orang yang baru aja masuk kelas beginner, kan? :) 

we'll fight, we'll win. semangat menyetrumkan semangat dengan voltase tertinggi di penghujung ini, ELECTRA. apapun yang harus kita lakukan untuk memperjuangkan apa yang memang harus diperjuangkan. manuver mana yang harus diambil untuk bisa sampai ke tujuan. satu yang pasti, 'win'nya udah menunggu kok di ujung sana :)

untuk bukber lainnya, banyak yang nggak terdokumentasi..... tapi ini memang satu berkah dari bulan ramadhan. bener-bener menyambung tali silaturahmi. kayanya kalo nggak buka bareng nggak akan ngumpul sebanyak ini dan se-lintas-generasi ini, haha.