Thursday, September 19, 2013

11 hari pertama

assalamualaikum!

4.29 pagi. ini agak agak sebenernya, menyempatkan nulis di saat kayak gini. padahal beberapa jam lagi ulangan jerman ulalala. 

sudah hampir dua minggu kembali menginjakkan kaki di sini. ya, akhirnya semua hal yang kemarin itu cuma euforia, haha. katanya jangan terlalu berlarut-larut ; yah karena emang gak baik. karena ketika kembali lagi ke sini banyak banget hal yang menunggu. langsung berputar 180 derajat.

seminggu kemarin nggak bisa nulis. entah kenapa. haha. gimana sih rasanya dateng-dateng dijejelin ulangan, PR, dan catetan pelajaran yang sebegitunya. to do list langsung membengkak jadi tiga halaman buku front dalam sehari. jujur, kaget, iya. ketika di kelas semua orang udah ngerti bab mana sementara kamu bab satu aja masih sama sekali nggak ngerti. ketika tiba tiba pulang sekolah harus kumpul sana sini, tapi ketika dateng masih belum kebayang keadaan di sana. 


dua dari empat halaman

tapi memang butuh proses. makin ke sini to do list tiga halaman itu makin banyak yang keceklis......:"") walaupun tetep nambah juga, haha. sesuatu banget ngeliat kotak berderet itu pada akhirnya keisi satu persatu. walaupun yang krusial (re : ulangan fisika-kimia-sejarah-jerman, kartul, website) belum keceklis, haha. masih deg-degan. haaa besok fisika kimia. tapi seenggaknya salin-salin catetan udah mulai bisa bernapas lega. 

semacam semua yang kemarin itu cuma mimpi... karena realitanya ya sekarang. ya ini. haha. tapi rasa kangennya langsung terobati :") begitu dateng langsung disuguhi satu hal yang 'smansa banget'. ya, siapa yang bisa memungkiri kalau masa-masa-pake-ID adalah satu yang paling spektakuler di tiap menjelang akhir tahun. langsung melihat lapangan penuh dari pagi. lari keliling lapangan. seri. kultum.

ah, pokoknya untuk kalian yang sedang menjalani masa-masa ini. tetap semangat! karena nggak ada yang sia-sia kalau kalian menjalaninya dengan hati, dengan sungguh-sungguh. karena bulan-bulan ini nggak akan terulang dua kali. satu momen yang bakal melekat terus di benak kalian. 


lari pagi bersama 4 organisasi

terus.. hari kamis kemarin ada MUSANG Rantai Emas. yang ini juga mendadak, karena segala macam ribetnya pas minggu kemarinnya jadi saya nggak lihat haha. acaranya soswit, apalagi pas akhir. kita diminta buat nulis impian, tempel di balon buat diterbangin bareng-bareng. ah RE emang paling bisa bikin cheesy cheesy an :") semacam nggak percaya kita udah dua tahun bareng. 




dan selamat untuk Umar Fadhil Ramadhan dan Ibnu Mahmuda, ketua dan wakil ketua angkatan Rantai Emas! 

kenapa aneh sih kalian.....:""

akhirnya ketemu makhluk ini lagi :""")


nyumiiiiii tahukah kamu betapa kangennya ateu sama kamu. tapi kemaren-kemaren sakit... :( panas gitu dan muntah muntah. aah kasihan pokoknya sedih. lemes banget. tapi katanya sih itu naik fase (?) buat tambah pinter. ya semoga aja bentar lagi tiba tiba merangkak atau ngomong apa gitu. tapi sekarang udah baikan. udah mulai sering gigit gigit ateu lagi :") nyumi gak boleh balik ke jepang, gak boleh....

kemarin tiba tiba menyadari kalau root explorernya nggak bisa di akses. ternyata screenshot ultimate juga gabisa. dan yang paling parah ; link2sd linknya pada lepas. ingatkah kalau saya pernah memodif internal hp dengan me link nya ke partisi di SDCard. ketika linknya lepas, otomatis memorinya langsung ke internal semua. jebol lah. haaa. langsung lemot parah. aplikasi banyak banget yang harus di uninstall. dan ternyata emang ada yang salah dengan rootnya :( harus di root ulang....ah. harus main ke xda-developers lagi. saya gak se hi-tech itu untuk langsung ngerti mekanisme yang kayak gini. tetep aja harus belajar lagi. waktu itu aja seharian.  entahlah kapan bisa sempet root ulang. tabah ya hape tabah....

jam 5. oke sekolah. oke ulangan jerman. wassalam!

Saturday, September 7, 2013

Final



alhamdulillah.. nggak tahu harus berkata apa. yang jelas harus bersyukur banyak, banyak, banget. pertolongan-Nya memang selalu terasa di saat saat seperti ini. masih sulit percaya, sebenernya. yang dari dua tahun lalu sudah diimpi-impikan, sekarang beneran terkalung. alhamdulillah..

kemarin habis penutupan ada Project Pop. kita sholat dulu, jadi agak ketinggalan. pas masuk, mereka lagi nyanyi Ingatlah Hari Ini. langsung tersentuh....sweet banget lagunya :") pada momen yang sangat amat tepat. merinding..

mau bilang makasih, makasih sebanyak-banyaknya buat semua yang udah mendukung. pertama Allah SWT, keluarga, smansa, yang langsung nelepon H+beberapa menit setelah dipanggil ke depan....seneng banget bisa denger suara kalian lagi setelah 2 minggu nggak tatap muka....langsung berasa banget kangennya :"

dan spesial buat tim astronomi Jawa Barat 2013. makasih untuk kesabarannya, selalu menjawab dan menjelaskan ketika ditanya, sampai berkali-kali, maaf kalo otak ini agak lama nyambungnya.... :"| makasih telah menjadi teman, guru, sekaligus partner yang baik dan sangat asik walaupun aneh selama 2 minggu ini. makasih untuk kerelaan begadang, keluar kamar malem-malem, dingin menusuk sampai berembun khas Lembang, cuma untuk memperlajari langit. maaf kalo suka ketinggalan, ngerecokin, dan ngomong mulu (...) asli, tanpa kalian bener-bener nggak akan bisa sampai sejauh ini..

semangat untuk kita semua ke depannya! rafif dan rizki ditunggu emasnya tahun depan. suatu saat nanti mungkin kita bisa ngumpul lagi, kapan-kapan. tetap bersinar yah, semuanya :)


"kamu sangat berarti
istimewa di hati
selamanya rasa ini
jika tua nanti kita tlah hidup masing masing
ingatlah hari ini.."
Project Pop - Ingatlah Hari Ini

Friday, September 6, 2013

Rekreasi

daritadi udah di depan laptop tapi cuma browsing gajelas. niatnya mau nulis malah molor kemana-mana. kemarin ke Trans Studio yay. seru, kalo kata saya sih, seru parah. hahaha. bebas banget. pertama kali masuk kayak anak ilang sih sebenernya, yang lain pada gatau kemana. yang lain mah pas baru masuk difoto dulu, saya masuk sendirian :" terus baru dateng langsung naik vertigo. hahaha emang paling pasti naik yang udah di depan mata aja.

terus baru ketemu sama anak-anak astro Jawa Barat. eh ya, sama sekali belum pernah update foto tentang ini ya. yang ini orang orangnya

rafif-saya-rizki-munif-fatih

tuh kan aneh-_-

mereka aneh banget asli. capek ketawa mulu seharian di Trans Studio. bareng juga sama Ulfah, anak kebumian yang kebetulan juga lagi nyari temen buat naik yang ekstrim-ekstrim :p alhamdulillah barengnya sama anak-anak yang sama pengennya naik yang seru-seru. walaupun mereka aneh *sakali*. lagian, buat apa ke Trans Studio kalo nggak naik mainan yang serem-serem, ya ga. harus produktif, haha. sayangnya Roller Coasternya lagi under maintenance. tapi yang selain itu yang seru dicobain semua kok. kapan lagi naik vertigo tiga kali sampe gak berasa. giant swing dua kali, jelajah dua kali, haaa pokoknya seru. dunia raksasa sebenernya seru juga tapi ngantrinya lama pisan, jadi cuma naik sekali. pertama kalinya nonton 4D, seumur umur. terus konsumsi disponsori oleh Rizki :p heee entah ini anak terlalu baik atau apa, makasih banyak lah pokoknya, jadi nggak kelaperan.

pas naik jelajah yang kedua kalinya, fotonya bagus. terus beli. kan, kapan lagi beli foto di tempat ginian. mahal sih :" yasudah. ah, pokoknya hari kemarin sangat amat seru sekali. paraaah. ikutan aneh bareng orang orang aneh. yang selalu mempermasalahkan 'atuh', 'tea', 'teh'.. emangnya segitunya banget ya. biasa aja padahal. tapi sampe anak Jatim juga ada yang ikutan -_- saya mah kan sundanya cuma gitu aja. mereka harus ketemu Sofia, anak bio, tah sunda asli banget orang Bandung. ya tapi emang astro kekurangan orang sunda asli sih... kalo yang jawa banyak. lucu, kiri kanan orang ngomong logatnya beda. ada yang ngomong mandarin pula (...) 

pokoknya makasih banyak banget sama kalian yang udah main bareng di Trans Studio :D/






hari itu sukses jadi ajang refreshing otak. yakin, semua anak yang kemarin ke Trans Studio pasti berpikiran sama :p setelah dua hari kemarinnya dibantai sama soal-soal. ngebul. 

soal ngebul, jadi inget pas H-1 tes observasi. malemnya kita ngumpul, liat stellarium bareng-bareng. iseng nyalain gambar-gambar artistik para rasi bintang, terus nemu ini ;


kalo belum jelas, bisa dizoom lagi ;



yak itu kaki. sebenernya itu gambar virgo, cuma karena dia lagi tenggelam jadi arahnya kebalik. terus kakinya yang belum sempet tenggelam muncul di balik semak-semak.

...................tuh kan sebenernya ga lucu -_- tapi waktu itu ketawanya sampe sakit perut kayak apaan tau. hahaha ketauan emang udah stressnya, yang ga lucu jadi lucu sendiri.

oh ya, kemarin pas setelah simulasi teleskop, astro foto bareng-bareng. JKT84 (...) iya sih kita 84 tapi kan ga JKT juga...hahaha entah itu siapa yang mulai



sekarang jam 9 pagi. hari ini penutupan. yah, kenapa saya cerita Trans Studio sekarang, soalnya, sakali sih, tapi takutnya emang ga bakal nulis tentang ini kalo setelah hari ini.......haha. gatau. cuma bisa tawakkal. miris emang mengingat hasil tes 2 hari kemarin. bismillah, apapun itu, Allah pasti udah memberikan yang terbaik. kalau memang belum, berarti nanti pasti ada kesempatan lain, entah kapan dan bagaimana. harus bersyukur apapun hasilnya nanti. bismillahirrahmaanirrahim..


Thursday, September 5, 2013

dua hari ajaib

akhirnya kembali menyentuh dunia maya. akhirnya kembali pegang HP. jadi ceritanya setelah posting kemarin itu, bener-bener lepas sama sekali dari handphone dan jam tangan, berasa salah banget nanya sesama anak astro udah jam berapa soalnya semua orang nggak pake jam tangan. ya masa harus ngukur panjang bayangan matahari dulu, hahaha. 

tapi dua hari itu udah lewat......sudah berakhir dengan ajaibnya. ya, ajaib, saya bahkan agak nggak percaya udah mengerjakan itu semua. untuk tahun ini, tes astro memang dibagi menjadi beberapa sesi. jadi dua hari kemarin itu memang yang paling menentukan. sebenernya saya gak mau bahas tesnya, karena fail.......:"""" tapi berhubung dua hari kemarin isinya tes semua jadi ya mau cerita apa lagi...

hari rabu, tes observasi dan pengolahan data. observasinya sendiri dibagi tiga sesi. untuk yang pagi, tesnya ngamat matahari. yang ini...........ah, entahlah. saya gak nemu mataharinya. fatal banget emang. nggak ngerti. jadi nggak bisa ngerjain keseluruhan observasi. udah gitu ke hotel habis dzuhur, tapi berangkat lagi jam 5 sore.

tes observasi duanya pengamatan pake mata telanjang. dingin parah di lapangan ITB Jatinangornya.. awalnya berawan, tapi seiring kita ngerjain soal, langitnya perlahan kebuka. dan bagus bangeeeett subhanallah...jadi gak mau ngerjain soal, maunya liat langit aja, haha. scorpio sama sagitariusnya jelas banget. udah kayak liat stellarium. aaah pokoknya bagus parah. dan di situ kan lapangan, langitnya kosong gaada pohon, jadi jelas banget rasi di atas kepala. ah pokoknya baguus. walaupun tetep aja ada yang fail pas dikerjain, tapi apapun hasilnya, udah seneng bisa lihat langit sebagus itu bareng bareng sama anak astro yang lain :)

udah gitu pengolahan data. nah ini yang bikin die se die die nya. parah banget soalnya. jomplang jauh dari yang tahun-tahun lalu. nggak ada lagi yang namanya milimeter blok atau kertas koordinat polar. pengolahan data yang ini tuh...lebih kayak pengolahan rumus. buktikan ini, buktikan itu, langsung bengong. itu sih namanya hitung-hitungan rumus. nah berhubung mate saya kopong sama sekali jadi ya...............:""") goodbye lah semua buktikan buktikan itu. ah gatau. yang ini parah. observasi tiganya juga bikin bingung. susah nemu rasi. ah pokoknya gitu. berasa paling gabisa seruangan.......abisnya orang-orang pada nulis semua tanpa henti. entahlah mereka ngitung apa. 

jadi, hari itu ditutup di ITB Jatinangor jam setengah 12 malam. wew, nggak nyangka beneran bakalan sampe jam segitu. hari itu bisa disimpulkan agak-agak....begitu. yah. haha. nyampe kamar langsung sholat, mandi, tidur. nggak kuat ngapa ngapain lagi. tepar.

besoknya tes teori. diminta kumpul di lobi jam setengah 9. sebenernya saya udah rapih, setengah 9 udah pakai seragam, kerudung segala macem tinggal caw. tapi GMm per R itu bikin ketiduran........:""") ini emang paling fail. bangun-bangun udah jam setengah 10. langsung panik. liat jendela, bisnya masih ada dua duanya. tapi belum sempet bernafas lega, eh bisnya jalan.................mau mati ga. akujhfajkhdfsf. langsung buru buru ke bawah. nyengir ke kakak-kakak LOnya. ternyata emang cuma kita bertiga yang belum. untungnya bis yang satu lagi belum berangkat. aaaah itu fail banget pokoknya. bisa-bisanya ketiduran gitu. untungnya belum berangkat. alhamdulillah.....

sampai ITB, latihan komputer dulu sampai jam 12 terus tes. PGnya susah dan waktunya sangat amat sedikit. udah gitu analemma beneran keluar -_- nggak ngerti lagi. essaynya nggak seekstrim yang dibayangkan, yah setelah melihat soal pengolahan data sebegitu bling blingnya, mau gamau kita memperkirakan soal teori lebih parah. yah, walaupun tetep banyak yang keliru, kurang dan kebalik balik :"""""" ah. mau menyesal juga nggak ada gunanya ya, udah gabisa diubah...

terus udah. terus bebassss! keliatan banget muka lega orang-orang pas countdown di websitenya itu habis. kontras sama muka-muka habis pengolahan data kemarin malem, haha. langsung turun dan dibagiin makanan. akhirnya selesai! sudah singkirkan semua buku-buku astro itu singkirkaannnn. nyampe kamar langsung nyalain TV ; untuk pertama kalinya di kamar kita TVnya dinyalain, hahaha. tidur-tiduran. hari ini jadwalnya rekreasi ; kemarin dikasih tiket masuk Trans Studio :D/ yay. yang paling ditunggu tunggu emang. 

untuk hasil, cuma bisa berdoa banyak banyak...entahlah. sekali lagi saya tanya, apakah masih boleh bermimpi? karena berada di antara 84 orang lain dari seluruh penjuru Indonesia yang sama sama suka langit malam itu aja udah merupakan anugerah tersendiri... satu ruangan sama para dewa yang biasanya cuma bisa lihat nama. dua hari kemarin memang sudah berlalu dengan segala keajaibannya. cuma bisa berdoa sekarang. apapun yang terbaik untuk sabtu nanti, amiin..



Tuesday, September 3, 2013

oke, ini sih namanya nyari kesempatan dalam kesempitan banget. 15 menit lagi harus ada di ruang makan. ajajajaja. tapi dari kemarin belum sempet nulis. seperti yang kemarin dibilang, memang harus dicicil, karena kalau ditumpuk pas akhir, ya...ada kemungkinan malah nggak jadi nulis. kan. haha.

check in hari senin. hotelnya bagus. baguuus. bawahnya karpet. tapi malemnya sempet kekunci di luar kamar setengah jam. untung ada mas mas hotel pembawa kunci si penyelamat. malem itu niatnya mau pada belajar bareng tapi akhirnya nggak ada yang keluar kamar sama sekali. tepar.

selasa kemarin pembukaan, di sabuga ITB. berhubung Puri Khatulistiwa paling jauh, harusnya sih paling pertama berangkat, ya, walaupun nyatanya kita baru keluar hotel jam 9. mundur 1 jam dari rundown. kebiasaan emang. di jalan pada tidur. kelamaan nunggu kali ya. jadi nyampe sabuga mukanya udah pada lecek haha. dapet cuma pas pembukaan resmi dan hiburan. sabuga keren tempatnya.

udah gitu abis pembukaan langsung pergi ke ITB Jatinangor buar pelatihan teleskop. akhirnya, pertama kalinya bener-bener pegang teleskop ekuatorial. walaupun kurang bisa memanfaatkan 3 menit kesempatan dengan baik.. nggak ketemu objeknya. tapi mungkin memang salah teknik..... semoga kesalahan itu nggak terulang hari ini. bismillah.

sekarang 6.46 pagi. sepertinya bakal jadi hari yang paling melelahkan karena di rundown bakalan ada tes sampai jam 10 malam. nggak begitu menyesal kemarin tidur banyak, haha. bismillah untuk hari ini.

Sunday, September 1, 2013

barusan alarm countdownnya udah bunyi.
2 september, jam 6 pagi.

ya, pada akhirnya sampai juga pada waktunya. haha. sekarang tapi masih di kamar. dikelilingi oleh orang orang yang masih bergelung dalam selimut karena kemarin diajak begadang wkwk. belum rapihin koper ; tapi kamarnya udah mulai kosong. 

kemarin-kemarin nggak sempet nulis. apa ya, bukan nggak sempet, tapi emang susah banget buat beringsut nyentuh laptop. jadiiii sekarang astro full team! setelah sebelumnya cuma dua orang, kemudian empat, kemarin baru datang yang terakhir. 

sabtu malam kemarin ketiduran duluan. bangun gara-gara anak bio pada baru selesai belajar. kirain jam 5 pagi ; ternyata masih jam 11. langitnya lumayan. akhirnya ngumpulin orang-orang. kalo dari hotel langitnya nggak begitu jelas, jadi akhirnya jalan ke alun alun sebelah mesjid lembang. agak fail sih. karena teleskopnya kecil, jadi biasanya kita pakai kursi buat alas. berhubung di alun alun nggak ada kursi, jadi ngamatnya harus sampe tengkurep -_- pegel pisan. akhirnya nyerah. akhirnya liatin lampu aja yang gak tinggi-tinggi amat haha kan agak sedih.

pulangnya jam 2 an. ngumpul di meja makan. makan pop mie ; asli soalnya itu malem dingin banget. pas di alun-alun, tabung teleskopnya sampai berembun. oke kita panik, tapi alhamdulillah nggak kenapa-kenapa. pokoknya dingin parah. tadinya mau bahas deklinasi juga tapi orang-orang udah pada 5 watt. yak, sekali lagi diuntungkan dengan kebiasaan bangun malam :p selesai jam 3.

siang ini bakalan check out. haaaaaaaaaaaa. nggak kerasa. masih banyak sebenernya yang masih harus dikerjain. tapi emang resiko sih. biasanya kan kalo di rumah to do listnya dikerjain pas malem. kalo sekarang, malem ada tuntutan buat keluar ; seenggaknya lihat rasi. soalnya parah banget buta nya. dan emang nggak sebentar. mau nggak mau waktu malemnya kepake ya. berimbas sama to do list yang susah banget buat selesai. 

tapi menyenangkan sih. maksudnya ; dipertemukan sama orang orang yang punya interest yang sama tentang langit. itu aja udah cukup, sebenernya. punya rasa excited yang sama kalau lihat saturnus, atau pleiades, atau sekedar langit cerah berbintang. seenggaknya bukan satu-satunya yang otomatis mendongak kalau udah jalan di bawah langit malam. bukan satu-satunya yang seneng freak sendiri kalau lihat langit cerah, wkwk.

smansa gimana kabarnya ya? kangen..

yak, 6.25. hari ini post test terakhir. belum mandi......wkwk. wassalam!