Monday, December 30, 2013

langit cerah

31 Desember.

dan masih gabut segabut gabutnya. haah. kenapa ya. semacam siang udah tidur tapi malemnya tetep ngantukan. to do list banyak yang belum selesai. liburannya berarti tinggal...6 hari? haha. waktu berjalan cepat sekali, dengan atau tanpa kegabutan. 

satu hal yang paling kerasa banget ; adalah sangat sulit untuk membawa diri memulai buka buka buku soal. kenapa ya. padahal yang ini yang paling fundamental buat sekarang. tapi ketika lihat soal soal yang zaman kelas X XI tuh.....kemaren sekalinya nyoba ngerjain fisika, malah ketiduran di atas buku soalnya. paling pasti emang. 

haha. padahal kayak gini tuh semua orang lagi pada belajar semua. hahaha. kan, semacam nggak tahu diri banget ya. gaada belajar yang gampang sih. adanya orang itu belajar biar dari gabisa jadi bisa, bukan yang bisa bisa aja yang dikerjain. kayaknya udah pernah bahas ini sebelumnya? dan yang namanya dari gabisa, ya pasti susah lah. kalo mau gampang, makan aja terus sana. 

gimana.

intinya hari hari ini belum bisa membawa diri untuk mengerjakan hal yang ini dengan baik. apa ya, sebenernya ada juga sih beberapa yang dikerjain dari kemaren. tapi hal hal krusial dan fundamental (kartul, buku soal) yang malah akhirnya terabaikan untuk dikerjakan. rencananya hari ini sih, mau coba sentuh kartul lagi.....semoga nggak wacana ya. hm. dari kemaren wacana mulu nih soalnya:)

beberapa hari yang lalu iseng iseng nyari video potongan petualangan sherina pas di bosscha. tapi pada akhirnya keterusan buat download semuanya. lucu banget nggak sih....haha. seneng nontonnya. bener-bener film anak-anak. seru pula. dan banyak lagunya. tapi yang paling seru tetep scene di Bosscha sih...:p pak Irfan dengan kecenya mengoprasikan Zeiss. walaupun Sherina sama Saddam cuma numpang tidur aja di dalem situ, tapi....tetep aja keren. apalagi ada lagunya juga. coba, siapa sih yang sekarang nggak tahu Canopus, Capella, Vega? haha. film ini sukses mengangkat nama tiga bintang itu. dan ternyata memang bukan bintang asing juga. 

yah, kesenangan tersendiri lah nonton petualangan sherina lagi, setelah bertahun-tahun lalu terakhir kali nonton di TV.

tiga hari yang lalu, iseng keluar rumah pas jam 7. sebenarnya nggak mengharapkan apapun, karena biasanya secerah-cerahnya pun, jam segitu tetep belum keliatan apa apa. pertama kali lihat, langsung disuguhi venus. wah. dan pas lihat yang lain, ternyata keliatan beberapa.

langsung naik ke dataran-yang-sejajar-dengan-atap milik rumah sebelah. ah ya, fyi, kalo lihat langit dari jalan depan rumah ada beberapa kekurangan. lampu jalan yang terang banget, dan pohon-pohon rumah yang menutupi hampir setengah pandangan. tadinya kalo mau liat agak full harus jalan dulu ke bawah, ke deket sawah. tapi ternyata ibu tetangga yang baik memperbolehkan naik ke dataran atapnya :") dan memang ternyata alhamdulillah bagus viewnya. lampu-lampu di bawah kehalangan atap. palingan yang agak kehalangan bagian barat, ada pohon (ya, dan lagi-lagi pohon rumah saya)

dan ternyata langit malam itu memang lagi cerah banget. padahal baru jam segitu, loh. tapi M42 pun udah kelihatan. langsung terpana setelah berhari-hari kemarin mendung terus. 

akhirnya hampir semalaman dihabiskan di atas situ. memang butuh pengorbanan waktu ya buat sekedar mengamati langit, haha. inget pas pelatda. to do list banyak yang langsung terbengkalai gara-gara tuntutan hampir tiap malem harus keluar. 

tapi memang worth it sih. karena bagus....haha. masih seneng banget rasanya kalo lihat langit cerah. memang bagus kan ya? melihat sebegitu banyak bintang bener-bener bertebaran di langit. ya, bahkan kalo dari sini sekedar lihat satu rasi aja udah seneng. kemarin langit utara-timur-selatan bener-bener cerah. 

bawaannya pengen tiduran di situ aja, haha. nggak mau mikir. mau lihat langit aja. sekedar nebak-nebak bintang, sekedar nebak-nebak rasi. mengagumi ukurannya yang kadang besarnya nggakwajar. 

cuma ingin menghabiskan waktu memandangi ciptaan-Nya yang paling indah di atas sana, menghabiskan waktu mengagumi sambil berucap subhanallah berkali-kali. 

kemarin akhirnya masuk rumah lagi jam 11. terus pas subuh iseng keluar lagi, udah agak mendung, tapi selatan masih lumayan cerah. dan ada centaurus, full! waaaa. pertama kalinya liat centaurus full. gede ya, dan bagus....haha. tapi sayangnya nggak bisa mandangi lama-lama karena makin lama langitnya jadi makin biru. 

norak nih emang, hahaha. yaudah sih. yang penting seneng liat langit bagus :p

Friday, December 27, 2013

ROOT ; unchecked :(

entah bagaimana lagi buat melakukan hal seperti di postingan yang ini. huhu. setahun yang lalu. ketika akhirnya terbebas dari belenggu memori internal yang membatasi segalanya. ketika pake launcher pun nggak masalah. ketika semua aplikasi >10MB itu bisa terinstall dengan tenang di sana... :"

zaman sudah canggih bung. virus android merebak dengan cepatnya belakangan ini. semacam semua orang jadi pake. update sana sini. launching sana sini. masing masing berlomba dengan menawarkan spec yang beragam --dan patinggi tinggi. harganya juga, lol. semacam merasa norak sendiri ketika iseng buka settings > app manager hp temen (ya, ini satu tempat yang wajib dikunjungi kalo udah iseng lihat android orang) dan agak tercengang melihat aplikasi yang memakan >100 MB terpampang di sana. haha. (dan gemes melihat belum di move to SDCard #eh). 

ya, sekedar cerita. jadi beberapa hari kemarin akhirnya menyerah. ubek ubek XDA Developers nggak nemu solusi yang pas kenapa hpnya nggak ke detect ke PC. entah drivernya, atau apanya. yang jelas HTCSync nya nggak mau nyambung. ya dan itu berarti semua proses root nggak bisa jalan. mungkin ada sesuatu dengan S-OFF dan S-ON...? gatau. yang jelas tapi tahun lalu sempat menemukan masalah kayak gini juga walaupun akhirnya bisa teratasi. tapi masalahnya lupa gimana caranya :") haha. yasudah. 

oh ya. jadi masalahnya itu. setelah kurang lebih setahun hp berjalan baik baik saja, tiba tiba akhir akhir ini peringatan storage low terus. ternyata memory internalnya tinggal beberapa kb.....jadi ceritanya aplikasi yang dulu sempet di link ke SDCard entah kenapa linknya 'lepas'. semuanya balik ke memori internal. awalnya cuma butuh buat uninstall launcher (halo lagi, tema HTC), tapi lama kelamaan makin harus menguninstall banyak hal. 

gejala aneh juga muncul pas mau buka app link2SD, tapi denied sama superusernya. langsung keluar. hmmm. buka root explorer juga gabisa. titanium backup, coba screenshot, gabisa juga. akhirnya menarik kesimpulan kalau rootnya yang bermasalah ; dan harus di root ulang.

cuma ya itu. ketika mau coba root ulang, device nya nggak kebaca. 

akhirnya bawa ke jambu dua. mungkin mas mas disana ada yang ngerti. udah coba di root ulang di sana, tapi ternyata permissionnya tetap denied. root lagi, tetep sama. menunggu 2 jam tiada hasil. akhirnya memutuskan buat ditinggal aja hpnya.

nah, salahnya, bener-bener cuma dikasih kartu nama aja. nggak ada kuitansi, atau atas nama siapa, main tinggal aja. hahaha. baru sadar pas udah di rumah. kata orangnya besok udah bisa diambil.

akhirnya besoknya ke sana. terus........................tutup.

langsung panik. langsung panik. langsung kepikiran aneh-aneh. kalo pas di root terus bricked dan masnya kabur gimana.. kalo kenapa kenapa gimana............... mencurigakan abisnya gaada angin gaada apa konternya tutup. padahal sebelahannya buka semua. hau. pas di rumah coba telepon, ternyata memang tutup (ya masalahnya gaada kabarnya itu loh bikin parno...) dan pas ditanya, ternyata belum dicoba root lagi. disuruh dateng besok sorenya. buka kok konternya, kata masnya.

besok sorenya, sebelum pergi telepon dulu. dan ternyata masih belum bisa bung. kata masnya udah dicoba berkali kali tetep denied. disuruh dateng besoknya aja.

yaudah. nunggu lagi.........

btw hampir seminggu tanpa hp itu sesuatu. antara terbebas dari segala macam dunia luar (jadi ansos pisan di rumah) tapi juga khawatir takutnya ada apa apa, haha. media komunikasi tinggal line, twitter dan facebook. untung line cukup berguna (walaupun sekali gak ngeread notifnya bisa sampe ratusan...dan....error.....) jadi jarang ikut percakapan, cuma bisa nunggu sampe percakapan beres baru baca dari awal pas udah sepi. 

akhirnya tadi baru aja ke sana lagi. oh ya, sebelumnya paginya nelpon orangnya lagi. masa nomornya nggak aktif. dua duanya lagi. langsung khawatir lagi. yah...yaudahlah yang penting dateng aja dulu ke konternya. harap harap cemas takutnya tutup lagi pas udah disana. ternyata alhamdulillah buka. dan hpnya dikembaliin (alhamdulillah nggak kenapa kenapa, maaf ya mas, abisnya saya khawatir .___.) 

tapi ya itu...masih gabisa juga superusernya. lega sih udah kembali lagi ke tangan hpnya tapi....semacam tidak mendapatkan apapun. dapet hp yang udah ke reset ulang. kosong. 

dan tau ga ternyata kontak gugel itu nggak otomatis ke sync....................baru tau. jadi selama ini nyimpen kontak di google harus di backup dulu baru masuk ke googlenya. dan masalahnya setahun ini gak pernah. entahlah udah nyimpen nomor siapa aja...maaf ya banyak yang hilang.....

ya...tapi satu sih. seenggaknya sekarang hp kosong. wkwk. seenggaknya nggak perlu ragu dan mikir lama lagi untuk sekedar ngapus inbox yang udah sampe 17ribuan isinya. sekarang udah kosong. aplikasi agak nggak penting (tickling cat, nyan cat, face swap dst) yang kecil kecil juga hilang semua. haha. entah harus senang atau sedih. 

tapi superusernya masih gamau jalan :(

.........baru kepikiran buat upload screenshot tapi baru inget aplikasi screenshot harus diroot dulu. lalala. gak jadi.

hem....jadi begitu. oh ya. liburan tinggal diitung jari loh sekarang. diitung jari plus jari kaki buat H-dimulaimya-masa-Try-Out. to do list sekarang pindah ke desktop laptop ; entah kenapa kalau ditulis di buku front hijau semacam jarang dilihat. lumayan menumpuk loh :)) sadar ga :))

malem ini gamau fail kaya kemaren kemaren. harus mengerjakan sesuatu sebelum tidur. wassalam

Thursday, December 19, 2013

ya kamunya juga sih yang harus berubah.
cukup untuk jadi orang yang tahu tapi pura pura nggak tahu.
yang paling sulit memang memulai, tapi mau nunggu sampai kapan?

Untuk mengetahui nilai satu tahun,

Tanyakan pada seorang siswa yang gagal dalam ujian kenaikannya

Untuk mengetahui nilai satu bulan,

Tanyakan pada seorang ibu yang melahirkan bayi prematur

Untuk mengetahui nilai satu minggu,

Tanyakan pada seorang editor majalah mingguan

Untuk mengetahui nilai satu hari,

Tanyakan pada seorang buruh harian yang punya enam anak untuk diberi makan

Untuk mengetahui nilai satu jam,

Tanyakan pada kekasih yang sedang menantikan waktu bertemu

Untuk mengetahui nilai satu menit,

Tanyakan pada seseorang yang ketinggalan kereta

Untuk mengetahui nilai satu detik,

Tanyakan pada seseorang yang selamat dari kecelakaan

Untuk mengetahui nilai satu mili detik,

Tanyakan pada seseorang yang memenangkan medali di olimpiade

Tuesday, December 17, 2013

yak. jam 1.18 siang sekarang dan sudah berada di rumah.

padahal baru berangkat jam 9.45 tadi, dan sekarang udah ada di rumah lagi. hem. berasa janggal. hahaha. aneh pisan ini. memang hari hari tidak produktif di sekolah sih. ke sekolah cuma buat nunggu pengumuman remed atau tugas, selebihnya duduk duduk di depan kelas. ngegaje. ke taman topi bareng syl, makan es duren sambil ngomongin stephen hawking, hahaha. random memang. beli payung jagung. 

jumat bagi rapor. syaaalalalalala dudududu udah nggak mau ngomongin. capek, capek. terlalu lelah untuk miris lagi dan lagi melihat nilai nilai yang keluar belakangan ini. yah sudah. nggak usah dibahas. 

akhir tahun. udah mau ganti tahun aja. tapi entah kenapa akhir tahun selalu identik dengan ngeroot HP. yak entah kenapa root HPnya semacam error. jadi fungsinya balik ke biasa. yang memory internalnya 100mb. yang bisa line sama whatsapp aja udah alhamdulillah... tapi mau ngeroot juga devicenya nggak kebaca di PC. hah. kayaknya masalahnya sama kaya tahun lalu cuma lupa diapain. dan segala ROM dst yang udah didownload tahun lalu juga udah nggak ada ; hilang bersama harddisk yang rusak. harus mulai dari nol. dari kemarin cuma browsing aja kerjanya. bingung mau mulai dari mana. kedetect aja enggak.

dari kemarin nggak produktif di rumah. padahal perjalanan pulang dari Jogja diisi dengan tidur, tidur dan tidur. tapi sampe rumah tetep capek. jadi tidur lagi. hahaha. bangun bangun pusing kebanyakan tidur. terus karena pusing tidur lagi...............nggak ding. tapi aura aura gabut lagi memenuhi seisi rumah. maunya geletakan aja nggak ada kerjaan. haha. emang dasar tidak produktif.

oh ya. Jogja!! hari kamis-jumat-sabtu-minggu kemarin Rantai Emas ada study tour ke Jogja. baru pertama kali ini banget perjalanan jauh kayak gini. apa baru pertama kali juga ya lewat Nagreg? haha. yang packingnya H-1 jam keberangkatan gara gara ketiduran. untung punya list barang pas OSN sama Pelatnas jadi bisa jadi gambaran. sampai sekolah jam setengah 5 pagi. sebangku sama Agni ; makhluk ini lagi. haha. 

main ke ITB, Unpad dan UGM. ITBnya...agak mengecewakan sebenernya. haha. mainnya ke Jatinangor. udah mah di sana gak ada apa apa. cuma semacam flashback OSN malah ; kita lewatin hotel Puri Khatulistiwa juga loh haha. terus di sana juga cuma liat slide. terus pulang. yah....yasudah.

terus ke Unpad. mainnya milih ke Kedokteran hahaha sejak kapan ini yasudahlah kan cuma liat liat. melihat kadaver secara langsung. dan semua mua organ tubuh yang diawetkan. yang waktu itu cuma bisa dilihat di presentasi biologi kelas XI. 

besoknya ke UGM. mainnya ke Teknik Mesin. whoa.. detail se detail detailnya. bisa dibilang kunjungan PTN yang paling produktif dan berisi, haha. dan ternyata salah satu mahasiswa yang mandu anak PK... dikasih liat laboratorium-laboratoriumnya. segala macam alat gede gede. keren pisan pokoknya. walaupun nggak ngerti. haha.

orang orang ngerti ya yang kayak gitu. sementara saya cuma bisa lihat lihat tanpa kebayang ini alat kerjanya gimana. haha. gimana dong. bagus....tapi nggak ngerti. tapi pengen ngerti. bisa ga ya ngerti? haha. entahlah. pengen bisa cuma.....tetep nggak kebayang. haha. apasih.

.....jadi pengen nempelin nilai UAS fisika kemaren ke jidat. 

yah, pokoknya kunjungan yang paling bikin...mikir? haha. mikir dan sadar. semakin dekat, tapi malah semakin berasa jauh. haha. nggak terjangkau. bingung. segimana sih batas seseorang dibilang 'ingin'. tapi kalau nggak pun, terus apa? haha. 

ah. gatau. hahaha gimana sih payah yakinin diri sendiri aja susah. maunya apa sih. ya maunya ini.....terus?

nah karena kunjungan ke Teknik Mesin yang sangat amat dihayati, kita jadi telat ke Prambanan. oke baru pertama kali main ke candi candi kayak gini. kalo denger legendanya, mungkin nggak percaya, tapi bangunannya beneran ada loh, haha. dan candi tuh...beneran gede ya. yaiyalah! nggak. maksudnya. beneran batu semua..dan tua.. dan besar....dan pasti ada yang buat kan. haha. suka penasaran sama yang kayak gini.

terus malemnya makrab. ah, nggak bisa ngomong banyak. kalian sweet banget. sayang Rantai Emas ({})

besoknya ke pantai Indrayanti. wuh. pantai. udah berapa lama nggak ke pantai. dan ini pantai beneran loh. haha. ada pasirnya beneran. beneran ngerasain kaki yang kena ombak, terus tenggelam di pasir. dan lihat ke laut lepas tuh..aneh ya. haha. dulu orang tahu kalau bumi itu bulat karena ketika lagi di posisi kayak gini, lihat ada kapal mendekat. dan kalau berlayar ke depan sana, jauh, jauuh dan terus lurus, ujungnya bakal ketemu Kutub Selatan. hahaha. yaah nyenggol Australia sih dikit. tapi beneran Kutub Selatan loh. nun jauh di sana. beberapa ribu km di depan sana. 

aneh ya.

dan kebayang nggak sih langitnya bakal sebagus apa kalo malam cerah... pandangannya bener bener dari ketinggian 0 derajat. haha. gimana ya rasanya. sebanyak apa ya bintangnya.

setelah itu wisata belanja. terus pulang.

overall menyenangkan. baru pertama kali ini perjalanan jauh gitu bareng temen temen. sayang nggak menyimpan banyak foto, karena banyak hal yang terlalu indah untuk dilewatkan hanya untuk foto foto, seperti lihat satu satu bagian dalam bangunan candi Prambanan, hahaha. bolang sendiri naikin candi satu satu. freak emang. tapi ya penasaran. mau gimana.

bentar lagi liburan. haha. liburan yang harusnya bukan liburan. terlalu banyak yang harus dikerjakan sampai bingung mau ngerjain apa. sentuh mana dulu? astro? UN? SBMPTN? Semester 2?

ya tapi kalo kebanyakan mikir juga nggak bagus sih ya. haha. nanti semuanya malah nggak kesentuh. ya ga.

.....................

mikir lagi. hahaha. udah sana kerjain sesuatu. wassalam!


Monday, December 16, 2013

Thursday, December 12, 2013

Peringkat 124.

Biar kamu malu. Biar kamu tahu diri.
Ketika kamu merasa jauh tertinggal dibanding yang lain, sekarang sadar kan kalau hal itu memang nyata?
Bukan mimpi kamu. Bukan khayalan kamu. Angka itu memang tertera di sebelah nama kamu.

Terus apa? Masih berani bermimpi?

Ketika kamu tahu bahkan usaha kamu masih sangat, amat, jauh dari maksimal.

Nggak. Nggak ada yang bilang semuanya bakal berhenti di sini. Masih ada waktu. Sedikit, ya, mungkin nggak akan merubah sebanyak itu, haha. Jangan kebanyakan terbang sih. Di atas sana gak ada oksigen loh.

Tapi tidak ada yang salah dengan mencoba, kan?

Yang perlu kamu lakukan cuma terus bertahan sampai akhir. Cuma terus berlari tanpa henti.

Karena nggak ada yang tahu target kamu sudah sedekat apa ketika kamu memutuskan untuk menyerah.

Bisa belajar untuk tidak melakukan kesalahan yang sama dua kali, kan?

Saturday, December 7, 2013

kata ibu, semua sudah ditentukan jalannya.

mau kita berjuang sekeras apa, berlari secepat apa, atau bahkan cuma diam nggak bergerak sama sekali, pada akhirnya akan sampai di satu yang ditentukan itu.

"terus buat apa bekerja? buat apa berusaha? kalau pada akhirnya semua bakal sama aja."

karena kita berbeda. karena kita dikaruniai akal untuk berpikir, hati untuk merasa. karena sesungguhnya semua hanya tentang pilihan. 

"Sesungguhnya Allah tidak akan merubah keadaan suatu kaum sehingga mereka merubah keadaan diri mereka sendiri."

'tertampar', ya? haha. lihat betapa sayangnya Dia sama kamu. lalai sedikit langsung diperingatkan, kan? 

karena nggak pernah ada yang salah dengan berusaha. nggak pernah ada yang salah dengan mencoba. siapa yang tahu di depan bakal ada apa? yang perlu kamu lakukan cuma melangkah, lagi, lagi, lagi, sampai akhirnya bisa tahu apa yang sebenarnya menunggu di depan sana.

ya kamu nggak akan tahu apa apa kalau sudah keburu berbalik arah duluan, kan?

apapun bisa terjadi, dan sesungguhnya semua keputusan ada di genggaman tangan kamu. mau ambil? jalan terus? balik arah? lari?

dan ingat, kamu nggak akan pernah sendirian. Dia selalu ada di sana. 

Jika kamu mendekat satu langkah, maka Dia akan menghampirimu seribu langkah, bukan?


Tuesday, December 3, 2013

H-4 selesai UAS. oke, masih lama sih sebenernya. Sudah cukup kaget dengan sebegitu banyak bab yang ketinggalan dari semua pelajaran. Belum sempet napas di sekolah, belum sempet move on dari TOASTI, udah UAS aja.

Tapi semacam bingung. Haha. Banyak ketinggalan kan ya? Tapi masih sempet sempetnya buat kebablasan untuk hal kecil tapi fatal ; ketiduran. Tahu kan, tidur itu lebih baik dari ke-tidur-an. Karena kalau tidur, berarti kamu memang niat istirahat. Semua yang diniatkan baik pasti hasilnya baik. Haha. Kenapa ya akhir akhir ini. Semacam gemes. Kenapa nggak bisa mengontrol diri sendiri sih. Waktu tidur, hey, itu sederhana kan? Dengan sebegini banyak yang kamu harus kejar, masih sempet sempetnya ya. Hahaha. Selalu tidur di saat saat yang tidak tepat. Oke, ketiduran lebih tepatnya. Udah tahu nggak bisa, bukannya merhatiin malah tidur, hahaha. Bingung. Maunya apa sih kamu. Perlu disadarin segimana lagi sih.

Lelah? Ya konsekuensi lah. Resiko menjadi orang yang tidak cerdas adalah harus berusaha lebih keras dan mengorbankan waktu tidur lebih banyak. Haha. Sekali lagi ; jangan sekali kali bandingkan diri dengan yang lain. Karena ya, percuma. Standar kalian aja udah beda. Usaha mereka yang segitu belum tentu cukup buat kamu mencapai hal yang sama. Banyak buktinya, kalau kamu sadar. Hahaha. Karena mengeluh pun nggak ada gunanya ; gak akan merubah apapun ini kan pada akhirnya.

Besok fisika. Yang paling parah ketinggalannya ; yang bahkan bab bab awal pun ingatannya udah menguap entah kemana. Tahu diri kan? Haha. Akan mencoba untuk nggak mengulangi kesalahan yang sama beberapa hari kemarin. Kesel sendiri kan pada akhirnya. Malah nggak tenang.

Ah, ini kayak jatuh di tempat yang sama dua kali. Inget dulu pernah posting tentang hal ini juga, haha. Entah kapan. Terus sekarang ; lagi. Kenapa ya. Kenapa nggak belajar dari pengalaman, sih? :)