Monday, March 31, 2014

assalamualaikum.

pertama selamat mengulang tahun untuk adik kecil yang sekarang (ternyata) bener-bener udah kelas 7.... semoga makin rajin, ngomongnya jangan cepet cepet, makin disayang Allah :)

oh ya, selingan bentar. tadi pagi iseng keluar, akhirnya. setelah beberapa kali ini berangkat pagi dan menemukan kalau langitnya cerah banget (apalagi kemarin, asli gaada awan) dan menyesal kenapa ga keluar subuh-subuhnya soalnya langitnya pasti bagus banget. tadi akhirnya kesempetan. awalnya sempet bingung. marsnya udah di barat. nyari-nyari crux kok gak ada.

terus ternyata, hampir di zenith ada scorpio. wut kenapa udah di situ. bawahnya sagittarius jelas banget. pangling. terakhir kali lihat scorpio, waktu itu di rooftop Lotus sekitar jam tiga, dan Scorpio memang udah full tapi masih di timur. sagittarius belum ada.

terus jadi ya....kaget aja pas nemu scorpio di situ. scorpio itu rasi pertama yang pernah dikenali seumur-umur (bahkan orion pun ga kenal). pas Star Party HAAJ di IPB tahun lalu. ditunjukin sama anak-anak castro lunar, temen-temennya munif. 

udah setahun yang lalu ya...waktu berlalu sangat cepat. literally cepat kalau udah ngomongin langit. mereka udah hampir berputar 360 derajat dari posisi awal pertama kali kenal tahun lalu. udah hampir balik lagi. dari yang waktu itu pelatda, pagi-pagi orion baru terbit. OSN, jam 7 malam scorpionya udah di zenith. deket-deket pelatnas 2, centaurus dan crux terbit pagi-pagi. sering banget liat leo dan corvus di meridian.

ya...jadi intinya tadi pagi pangling. udah beda lagi langitnya. baru bisa lihat altair vega lagi (kayanya dulu juga ga sempet lihat soalnya belum kenal).

terus.. seminggu kemarin sudah melewati badai UAS. bener-bener nggak bisa ngapa-ngapain. karena memasukkan materi 13 pelajaran murni hanya dalam 5 hari itu.......gak kuat *lambai lambai tissue ala kusuma* bener-bener hapalan sekali baca, pelajaran-pelajaran semacam PKN Sejarah dan Agama yang diakumulasikan 3 tahun. awalnya ngabisin pelajaran apalan-apalan, nyisain MIPA. soalnya lupa sama sekali pelajaran UNnya. parah. padahal kemarin sebelum berangkat udah mabok detik-detik, tapi begitu nggak dibahas sebulan langsung berasa asing sama sekali... tadinya mau MIPAnya minggu ini aja, biar ada waktu tambahan buat latihan soal. tapi ternyata gabisa. ternyata harus selesai minggu itu karena nilainya udah harus dikirim tanggal 1 April. langsung sedih.... gimana sih rasanya. kamu tahu kamu belum siap sama sekali, dan langsung diminta untuk kerjain UAS. jadi ketika ada yang gabisa, ya salah sendiri sih gak belajar, tapi mau gimana, hahaha. salah diri sendiri juga tapi tetep nggak bisa ngapa ngapain.

terus jadi UASnya udahan. cuma bisa tawakkal........dan move on ke bagian selanjutnya. TO NF wuuhuuu. minggu ini udah harus langsung selesai semua. ketika minggu kemarin semua orang udah pada TO MIPA dan sekarang tinggal bahasa. sementara yang ini baru mulai TO. yak, sepertinya runtinitas ke NF sudah mulai berjalan lagi. akhirnya kembali ke lingkaran itu. yang suka absurd dan cemeleng tapi sejauh ini lingkungan paling kondusif untuk belajar, haha. tapi bedanya, sekarang harus mengejar lebih jauh ya. kerasa banget kopongnya pas lihat soal. sementara semua orang kayak udah khatam banyak hal aja, ya PS, detik detik, SPM...

ya, sekali lagi, selamat berlari lebih kencang :)

H-1 OSK astronomi. tahun lalu, H-1 itu belajar bersama di rumah fifin tapi akhirnya lelah dan malah jadi gajelas sendiri, haha. seneng lihat formasi tahun ini. orangnya lebih banyak, dan semuanya antusias banget :D semangat buat besok! bismillah dan berikan yang terbaik. selamat mengharumkan kembali nama SMAN 1 Bogor. selamat memulai untuk menjadi sebenar-benarnya pecinta langit :)

oh ya, karena OSK, sekolah tiga hari libur. ditambah nyepi jadi empat. dan nyambung sama weekend pula. berasa apa tau udah mau UN tiba-tiba liburnya banyak banget gini.

H-13 Ujian Nasional, dear myself. 

mau kopong sampai kapan?

Saturday, March 22, 2014

farewell

assalamualaikum;

sekarang tanggal 23 maret 2014. pas sebulan dari sejak pergi pelatnas. berarti sekarang ; pulang.

setelah semaleman farewell, makanan banyak banget sampe sekarang entah menghilang kemana sisa sisa makanannya asa ga abis semalem. terus dari jam 12an mulai main werewolf. banyakan. 11-12 orang, sisanya ngerusuh main CS. main berkali kali sampe pagi. tadi pagi faisal dan OPL udah pulang. jam 4 pagi. terus viana dan fatih menyusul siangnya.

padahal baru pulang 4 orang tapi di sini berasa sepi banget....

udah selesai ya.

sebulan yang 'katanya' bakal jadi sebulan penuh mimpi seperti sebulan yang sebelumnya. ya.. sebenernya emang beda sih, haha. gatau, bingung. pelatnas 2 berasa cepet banget. dan.. ya masih ga percaya udah lewatin ini semua. pernah latihan ngehubungin titik-titik rasi di koordinat polar, apalagi yang selatan titiknya banyak kayak apaan tau. menghapalkan messier 80-110 pake lagu. sampe mabok sama bentuknya. pernah nyoba pake CCD, pernah pointing objek dan grab pake alat berjuta-juta yang itu....... dan pernah berhasil menyatukan citra saturnus BVRI jadi berwarna :3

ya..mungkin bagi sebagian orang udah biasa kali ya. tapi bagi saya mungkin ini kesempatan sekali seumur hidup, haha. dan apapun hasilnya nanti, siapapun yang lolos, saya nggak akan pernah menyesal pernah bareng-bareng berada di sini. walaupun mendung, tapi pernah juga beberapa kali cerah yang nggak wajar. sampe cancer keliatan. liat langit bareng kalian. mabok kosmologi bareng-bareng, pelatnas 1 baru dikasih kulitnya aja sekarang tiba-tiba 3 kali pertemuan. rumus baru, persamaan baru, teori baru....

sekarang 11.49 siang. tadi odi baru pulang. udah mau dijemput juga sama travelnya tapi yang cowonya malah main CS -_- entah kenapa ya CS menjamur banget sejak minggu pertama. akhir minggu pasti CSan. apa-apa mainnya CS. farewell party = CS party.

yak, dan selamat datang kembali, kehidupan sekolah, susulan UAS, pelajaran sekolah, dan NF tersayang :)

(edit)

karena gatau mau nulis apa, jadi mau upload foto aja


ini hari pertama ke bosscha lagi. entah siapa yang inisiatif foto-foto. di depan zeiss yang baru di cat ulang jadinya berasa gede dan kinclong banget. malem-malem ke BVA langsung tes awal syududu ditanya bayern flamsteed lupa semua nama bintangnya apa. 


17 tahun :)


outbond terseru! bener-bener nyebrang sungai, lewatin goa. kotor-kotoran sudah tidak peduli (pos pertama aja langsung lumpuran semua). kelompok 1 kelompok ale ale. the most creative solution ; nyebrang sungai pake raincoat :") pas nyebrang berasa jenius banget tapi pas dipikir-pikir lagi ternyata ngide banget hahah jadi malu ga kenal siapa siapa lah. mata airnya bagus banget. 


malam riset. satu dari tiga malam cerah selama ke bosscha (dua lagi pas tes awal dan tes akhir). waktu itu diminta ambil citra planet, bintang ganda dan cluster. pertama kali nyoba pake CCD, dapetnya yang SBIG ST-9. pertama kali pointing ke jupiter, pas citranya kerekam di focus mode nya CCDOps berasa seneng banget. tapi belum sempet di grab, lagi focusing, ada awan :") mendung satu jam. yah gapapa. tapi setelahnya lumayan terhibur dengan citra mars dan saturnus. M41 yang rusuh banget clusternya. dan NGC 4755 (Jewel Box) yang jadi incaran semua orang tapi entah kenapa susah banget dapetinnya. 


lagi mendung. kesempatan foto-foto.


malam farewell. malah pada main CS....ciwi ciwi + joanna




makan xD


Sunday, March 9, 2014

pukul 6.28 pagi, hari pertama minggu ketiga.

sepertinya janji akan menulis beberapa kali di sini nggak akan terealisasikan dengan baik, haha. entah seberapa cepat waktu berjalan sehingga tiba-tiba 14 hari sudah berlalu begitu saja. minggu pertama memang lama sih, (apalagi hari pertama) penuh dengan tes ini, tes itu, ke bosscha tes lagi. huah. tapi entah kenapa minggu dua berasa cepet banget. 

sekarang seminggu ke bosscha dua kali, walaupun cuma sampai jam 12 malam. tapi langitnya mendung terus, asli. belum pernah ngamat apapun pake teleskop di bosscha. pada akhirnya cuma di rooftop, dadakan pake skywatcher kalo tiba tiba langitnya cerah. entahlah, saya kangen ngamat. walaupun itu jadi salah satu yang faktor X nya sangat amat besar (gaada rumus untuk dihapal untuk bisa pointing), mungkin karena memang terbiasa gabisa pas pelatnas 1 kali ya, jadi selalu merasa perlu buat seenggaknya pointing sekali aja. sekarang jadi jarang. langsung berasa kopong, haha. serem asli. gimana coba. 

dan masih, masih, sekali lagi, berkali kali, mengulang kesalahan yang sama. harus diapain lagi biar sadar kalau kalian memang beda? jangan pernah, sekalipun, samakan diri, karena memang pada dasarnya sudah beda. usaha yang perlu mereka lakukan untuk mendapatkan satu hal tentu beda dengan seberapa banyak yang harus kamu keluarkan untuk mencapai hal yang sama. ketika kamu nggak bisa, orang orang bisa. tapi ketika kamu bisa, ya orang orang pasti lebih bisa lah. hahaha.

makanya, kan? makanya.

dan tiba-tiba berasa makin jauh dari tujuan. ya terus mau apa? kalau berhenti, kalau ngeluh, memangnya bakal bisa jadi makin deket? hahaha. yang realistis oi. sekarang harus ngapain dong kalo gitu? ya memang harus lari lebih kencang, kan :)

dan jangan pernah lupa sama yang Di Atas Sana, itu yang paling penting.

last, mengutip dari blog sebelah,

"Bodoh yang bersanding dengan sabar akan menghasilkan pekerja keras. Penakluk dunia."