Wednesday, June 25, 2014

assalamualaikum

sekarang jam 11.03. tadi akhirnya menyelesaikan packing barang-barang buat dibawa besok. sebenernya harusnya nggak begitu banyak, mengingat nanti libur lebaran juga pulang lagi, tapi tetep ya ciwi. ada aja yang bikin tas penuh.

akan menjadi penghuni asrama A2 lorong 9 beberapa jam lagi. mungkin akan posting lagi (?) setelah benar-benar menginjakkan kaki di sana. bismillah semoga banyak hal baik setahun ke depan:)

dan tetap, doa terpanjatkan untuk mereka-mereka yang masih berjuang menggapai impian. karena di saat seperti ini, bahkan kemungkinan paling mungkin dan rasional pun belum tentu terjadi. karena benar-benar nggak ada yang tahu skenario apa yang sedang Dia mainkan. namun ketika usaha maksimal telah dikerahkan, usaha lain yang nggak kalah pentingnya adalah tawakkal dan berdoa, bukan?

satu yang didapatkan dari berkutat dengan benda-benda langit setahun yang lalu --ah ya, momennya benar-benar setahun yang lalu ya? tanggal-tanggal segini. di sini. positive thinking memang perlu. tetapi sebenarnya justru perasaan khawatir dan 'belum-merasa-pantas'nya lah yang benar-benar membuat hati ini tergerak untuk terus berdoa, terus meminta. ketika keinginan yang teramat sangat hampir bertolak belakang dengan semua pikiran dan kemungkinan paling rasional yang ada di kepala. kepada siapa lagi harus bergantung?

semangat! untuk yang masih berlari mengejar mimpi. untuk dua orang lainnya yang akan menjadi teman sekamar beberapa waktu lagi:)

Sunday, June 22, 2014

reuni

assalamualaikum

beberapa hari yang lalu dipinjemin Nancy Drew lagi sama syl. baru namatin yang 27. Nancy Drew - The Deadly Device. mungkin udah pernah waktu itu juga bahas game yang satu ini di sini ; habis main yang Haunting of Castle Malloy. mungkin nggak akan menceritakan tentang detail gamenya karena udah dibahas di post yang itu. tentang yang case ini aja.

ceritanya kita diminta untuk nyelesein kasus pembunuhan di tempat penelitian fisika. detailnya lagi, fisikanya tentang listrik. orang-orang yang kerja di situ meneruskan penemuannya Nikola Tesla. korban meninggal karena kena aliran listrik dari tesla coil yang buat percobaannya. 

sebenernya ND yang ini nggak begitu banyak tempatnya. intinya cuma di bangunan itu aja ; gak usah sampe keluar-keluar kayak biasanya ND yang lain. tapi di dalem situ isinya sains. fisika. listrik. hahah. itu sih yang beda. belum-belum ketemu angka biner. laboratoriumnya bener-bener lab (?) 


itu belakangnya semacam alat-alat fisika. ada alat pembuat gempanya Nikola Tesla. ada lab kimianya juga ; sempet diminta buat nyampurin beberapa larutan kimia (kalo salah campur atau salah takar abis dimasukin ke botol langsung meledak dan game over (second chance) cia cia). tesla coilnya beneran ada dan tinggi banget. langsung inget electra.


itu papannya salah satu pekerja di situ. berasa kenal rumus sesuatu kah. hahaha. banyak yang nggak asing. ternyata beneran kepake ya yang kaya gini (iyalah). masih ga kebayang aja. beneran ada alatnya, beneran percobaan...


salah satu sudut di ruang kerja rahasianya si korban. ruangannya sampe dinding-dindingnya segala pun masih ada sketsa alat-alat. keren pisan ruangannya pokoknya....


yang ini diminta buat bikin 3D model. printernya bisa 3D......kayanya waktu itu pernah lihat yang kaya gini juga pas kunjungan ke Teknik Mesin UGM. 


cia cia cia berasa kenal sesuatu. resistor, kapasitor, dioda......waktu itu sempet bikin yang kaya gini di pelajaran elektro. gambar dulu rangkaiannya pake spidol, pake bor buat bikin lubang buat masukin komponen-komponennya, terus dipasang-pasang. semacam nggak boleh kebalik juga kalo gasalah....udah gitu disolder buat nempelinnya. jadinya apa ya. bel apa kalo gak salah. terus nemu kaya ginian lagi....

jadi di sini Nancy udah ketemu sama orang jahatnya. dia berniat ngurung Nancy dan nyetrumin pake aliran listrik dari tesla coil (itu di backgroundnya udah ada kilatan kilatan listrik). intinya kita diminta bikin rangkaian itu buat bisa keluar tanpa kesetrum (?).

pokoknya seru. haha. beneran ada ya ternyata yang kaya gitu.

hari ini ketemu sama anak-anak TOASTI. ngerusuh di McD. main mainan happy meal. aneh lah orang-orang. hahah. masih aneh aja ya. gak sadar aja bentar lagi semua orang itu udah mau kuliah (kalo Joandy sama Dino masih setahun lagi sih). fotonya dikit, kebanyakan ngobrolnya. haha. ah pokoknya hari ini seneng. bisa ketemu dan ngumpul lagi sama orang-orang itu. kangen banget. sebelum nanti semua orang kuliah, pada jauh. dan semangat untuk tim IOAA tahun ini! Viana, Kusuma, Ifan, OPL, Faisal, Joandy, Dino. sukses di Rumania, bawa pulang medali yang banyaakk:)




Sunday, June 8, 2014

hari astro

assalamualaikum!

masih hari agak pengangguran. di rumah sampe siang, ngenet dan main sama faza yang baru bisa ditengkurepin tapi berapa lama udah langsung ngomel ngomel lucu :3 jadi tadi ke mcd juanda, ga, bukan ngegaul. hari ini panas pisan.. tapi dateng-dateng menemukan dua meja di pojokan dengan laptop dan orang yang main game. hayah, kalakuan. ceritanya hari ini mau gabung sama mereka yang dua hari lagi mau bertempur di Bandung. yap, bentar lagi OSP. smansa memberikan tiga orang perwakilan astronomi untuk maju. ya terus gimana ya tapi begitu dateng nemuinnya malah orang main game. entah kalo tadi ga dateng jam segitu itu game mau dimainin sampe kapan.

hem. di paragraf atas ada kalimat yang sumbang. tebak yang mana. buletin hurufnya ya *mabok tkd*

setelah itu digusah gusah buat ngerjain soal. baru agak berguna dikit, hahah. ceritanya memang niat cuma dateng dan membantu sebisanya.. setahun yang lalu, tanggal-tanggal segini, lagi ngapain ya. belom kenal langit sih yang pasti. oh kayanya persiapan UAS. emang ya tanggalan olim...OSK mepet UTS, OSP mepet UAS.... pulang-pulang langsung dibantai sama susulan. 

haha, emang cemeleng banget sih si tiga orang ini. lelah juga liatnya. tapi gatau. gitu-gitu kemaren lolos, mau dikata apa :p semua orang memang punya cara belajarnya sendiri, punya jenis kenyamanannya sendiri. mungkin kecemelengan dari diri sendiri itu yang membuat betah (?) semua dibawa lawak, sampe ga ngerti. tapi gapapa. yang ada di otak ini --dibawa ke Rumania pun enggak, lalu mau diapain selain diteruskan? haha. walaupun dengan banyak tersendat-sendatnya, lupanya. 


Rafif Abdussalam, Ryanza Rizadira, Bhakti Muhtadin R., dan seluruh tim OSP Astronomi dari Kota Bogor, selamat bertempur tanggal 11 Juni nanti. tunjukkan kalo tim astro dari bogor memang kece. semoga bisa menyumbang banyak perwakilan untuk tingkat nasional nanti, lebih banyak dari tahun kemarin :) 

dan untuk seluruh kontingen OSP SMAN 1 Bogor, selamat berjuang! semoga bisa membawa nama baik sekolah ini lebih tinggi lagi. selalu ikhtiar, jangan lupa berdoa. Allah memang selalu memberikan yang terbaik, tapi Ia juga lebih sayang pada mereka yang meminta, kan? 

Go Get Gold!

masih keingetan, tahun lalu tanggal-tanggal segini, mikir apa ya? haha.

tadi akhirnya pulang sekitar jam lima an. naik angkot. tapi pas turun, lagi jalan mau ke gang rumah, tiba-tiba melihat sesuatu yang janggal di langit bagian utara. tepat pukul 17.41, ada garis terang di langit. nggak panjang, agak pendek, tapi ketara terangnya. padahal itu masih sore. padahal jalanan masih jelas kelihatan. bukan, bukan cahaya matahari yang memancar dari celah-celah awan. dan garisnya bergerak....

diem bentar. itu apa........buru-buru ambil kacamata dan buka hp. tadinya mau langsung meluncur ke atap tetangga biar bisa melihat lebih jelas tapi kayanya ga sempet. akhirnya di pinggir jalan. moto, sekali, dua kali. apaan ya. garisnya makin lama makin vertikal, dan ekornya pun tambah pendek. 

hp segala pake acara memory internal full lagi jadi gambar yang abis difoto gabisa diliat. buru-buru pulang. buka gugel. apaan ya. nemuin artikel tentang asteroid 2014 HQ124, yang ternyata mencapai perihelion hari ini, tanggal 8 Juni 2014. kirain itu, tapi ternyata bukan, karena magnitudonya redup, cuma 13,7....malem juga belum tentu keliatan. 

ternyata fireball. meteor yang ukurannya lebih besar daripada hujan meteor biasanya. 

wih....subhanallah

inget banget waktu pelatnas 2 nggak kebagian liat fireball. lagi shalat ketika tiba-tiba orang-orang heboh di luar. ceritanya lagi pada nunggu yang shalat maghrib buat sama-sama ke Balai Van Albada, Observatorium Bosscha. pas keluar muka semua orang meuni seneng pisan. katanya ada fireball. waktu itu udah malem, dan langit lumayan cerah jadi kayanya lagi pada tebak bintang. nggak kebagian lihat..

jadi tadi pertama kalinya. dan bisa difoto....segitu terangnya sampe kamera hp aja masih bisa nangkep. haha. tiba-tiba senang. seenggaknya udah pernah lihat satu fenomena astronomis yang sebelumnya belum :p 


oh ya, sekilas info, jadi ceritanya meteor itu adalah meteoroid yang sedang berada di atmosfer bumi. karena terbakar, biasanya punya ekor. ketika meteornya udah sampai bumi, batunya disebut meteorit. yang masih melayang-layang di udara itu meteoroid. apa bedanya sama asteroid? sebenernya sama, cuma ukurannya belum cukup besar sehingga belum bisa disebut asteroid. bedanya asteroid sama komet? kalo komet itu terbuat dari es dan debu. rumahnya pun beda sama asteroid.

kesimpulannya hari ini sangat astro, haha. setelah sekian lama berkutat dengan semua saintek, tpa dan tkd. 

Angkatan IPB 51 sudah punya grup LINE. tapi sangat ramai, hp tidak kuat :( error terus.......jadi harus leave. hiks maafkan. mungkin akan minta update ke afu atau maul langsung aja. ah ya akhirnya menemukan teman TMB! yay :3

Thursday, June 5, 2014

assalamualaikum

ha akhirnya mengetik di field kosong yang ini, yang sebenernya dari kemaren (dua hari yang lalu) udah dibuka tapi terabaikan entah di tab keberapa karena bingung apa yang mau ditulis.

sekarang 6 juni.

ah ya, alhamdulillah diberi kesempatan untuk bisa bergabung dengan keluarga besar IPB - Teknik Mesin dan Biosistem:) waktu itu pas pengumuman paginya masih di NF, belajar matematika sama mas asep, bahas TO. keluar kelasnya jam setengah 11 an. orang-orang ada yang langsung caw balik, muka-muka tegang khawatir atau ketawa-ketawa sok nggak tegang tapi dipaksakan.. jadi ikutan deg-degan. sebenernya mau pulang juga, tapi jam 1 diminta buat gladi resik perpisahan, nanti bolak-balik kalo pulang dulu. akhirnya kopong nunggu. mau ngerjain soal sama sekali nggak mood padahal ps sudah terbuka di depan mata.

terus tiba-tiba dari kelas dharma wanita orang-orang teteriakan. afu keterima! grup LINE RE juga chatnya langsung jadi beratus-ratus --padahal belum jam 12. ternyata udah bisa dicek dari website snmptnnya ITS. semua orang keluar --ya harap maklum, di NF sinyalnya agak-agak....mungkin lain kali beneran harus bikin menara penangkap sinyal atau luncurin satelit geostasioner sendiri buat bangunan yang satu ini lol. 

satu, dua orang diterima. websitenya masih loading. buka pake hp sendiri nggak bisa. panik. akhirnya numpang pake hp afu. dan alhamdulillah kotak hijau itu menyambut di layar:"") 

sejujurnya beragam ekspresi tumpah ruah saat itu, di ruangan itu. 

bersyukurlah, bagi orang-orang yang diberi kesempatan untuk melihat kotak hijau itu setelah memasukkan nomor pendaftaran snmptn dan tanggal lahir. sesungguhnya Allah telah melihat bukti usaha kalian dan memberikan hasilnya saat itu. apapun yang tertera di layar, pilihan satu atau dua, itulah yang terbaik kan? karena kita lah yang sebelumnya pernah meminta, bukan? selamat menjadi calon-calon mahasiswa pembangun masa depan, teman teman:)

dan bagi yang belum, hey, jangan bersedih, karena sesungguhnya kalianlah yang telah dinobatkan untuk menjadi orang-orang yang seribu kali lebih kuat dari yang lain. seribu kali lebih mampu. diberi kesempatan untuk menebar kebaikan lebih luas lagi, menanam bibit-bibit usaha lebih banyak lagi. bayangkan --cuma dengan melihat kalian aja, itu merupakan motivasi bagi yang lain untuk belajar lebih giat. bayangkan berapa banyak pahala kebaikan yang mengalir:) ingatlah kalau semua usaha nggak akan pernah ada yang sia-sia. 

tetap berdoa dan semangat! untuk mereka yang tanggal 8 nanti berjuang di UM UNAIR, maupun di SBMPTN, SIMAK, ataupun ujian-ujian lainnya. selama terus berdoa, niat, dan ikhlas, pasti mendapatkan yang terbaik.

beberapa hari yang lalu sempat diingatkan. ada tiga jalan bagi setan untuk mengganggu manusia ketika melakukan kebaikan. yang pertama niatnya. ikhlaskah? baikkah? yang kedua bagaimana cara manusia itu menjalankan hal tersebut. apakah lewat jalan yang diridhai oleh-Nya? 

dan yang ketiga, ketika sudah diberikan hasil, mampukah manusia itu bersyukur? 

mungkin ini yang dinamakan hati nurani, bisikan hati kecil. halus tapi terasa. padahal logikanya beda, padahal otak sudah berkali-kali meyakinkan. ketika pikiran dan hati benar-benar bertolak belakang. ternyata masih belum bisa menata rapi hal yang satu ini. masih harus tumpah lagi. tapi urusan hati, hanya Allah yang tahu. bersyukurlah karena masih diberi kesempatan untuk mendengar. untuk mengerti. bismillah, Inshaa Allah ini yang terbaik:)

dari beberapa hari yang lalu sudah mulai mengurusi berkas-berkas. kirim via pos. tanggal 17 nanti daftar ulang. dan memang satu hal yang bener-bener bikin beda, ketika yang lain habis daftar ulang balik lagi ke Bogor, masuk kuliah abis lebaran, yang ini diwajibkan untuk masuk asrama tanggal 26 Juni :") 20 hari lagi. semacam tidak percaya. di asrama gimana ya. bawaannya apa aja ya. paling berpedoman sama barang-barang pelatnas tapi kan itu satu bulan, yang ini setahun... 

terus tanggal 30 udah mulai masuk kelas, katanya. matrikulasi. sebenernya masih agak ngawang tentang yang ini. khawatir. beneran belajar euy pas kuliah :" *iyalah*. belajar apa ya. gimana ya. kalo belajar kebayangnya udah langsung runtinitas di NF, dengan PS nya yang mahadewa sampe sekarang belom beres-beres juga.....udah gitu ditambah sama PS SIMAK....bakal gitu ga ya. dari kemarin bertanya-tanya. susah nggak sih kuliah :" huhu. matenya belajar apa ya. fisikanya juga. kimia apalagi.......

ya mungkin berarti memang jangan dilepas dulu runtinitas belajarnya, haha. inget banget waktu itu, liburan tahun baru aja bener-bener bikin mode belajarnya sangat amat off, susah pisan dihidupin lagi. yang ini mungkin agak harus dijaga, agak gawat kalo terlanjur lupa dan kopong semua sama sekali ^^;; 

udah follow twitternya TPB51. fudul-fudul silent reader hahah. sepanjang yang mengenalkan diri belum nemu yang TMB juga...pada kemana ya orang-orang.....