Saturday, November 5, 2011

hari ini sangat tidak produktif.


hari ini sangat tidak produktif.
#sakali
padahal tadi dapet satu waktu yang bisa dibilang langka. pulang cepet, nggak ada kumpul, nggak ada les, syl sudah tersedia...
...tapi malah bingung mau ngapain. akhirnya kita ke TGA, ngegaje seperti biasa, terus......pulang.
nggak ding. jemput adek-adek. bertualang ke aliya. geez. bener-bener nggak ngerti sistem angkot di sana.
ah, ngomong-ngomong tentang syl..

"Gw nggak bisa hidup tanpa gambar. gw nggak bisa gambar tanpa isi pensil 0.3. kesimpulannya, gw nggak bisa hidup tanpa isi pensil. ayo ke TGA maeeeeeeee!"
 hai, kemampuan menggambarku, bagaimana kabarmu?

tadi kita kumpul sketsa. baru kali ini ngeliat syl gambar langsung di depan mata, setelah berbulan-bulan kita nggak gambar bareng. melihat pensil rotring dia nggak berhenti menggores kertas sketchbook A5 yang dibagikan itu....
....dan beralih ke kertas yang ada di hadapan diri sendiri.
kosong.

uh, udah lupa cara gambar kah?

entah ini salah di mana. salah di otak yang nggak mau menyumbang ide, atau skill yang bener-bener menumpul setelah berbulan-bulan nggak gambar serius, atau kemauan untuk menggambar yang susah banget munculnya.

tadi sempet nyoba gambar serius. bisa sih, tapi feelnya nggak ada. cuma cewek senyum berdiri gitu doang. sangat tidak kreatif.

tapi satu yang saya tahu, kalau bener-bener lagi ada niat buat ngegambar, biasanya ide langsung jalan. dan kalau waktunya sedang mengizinkan untuk sekedar mengambil kertas kosong dan menggores imajinasi di sana, harusnya bisa kok jadi satu gambar. yang ada feelnya. yang nggak membosankan.

nah, masalahnya, moment itu sangat sangat langka.

syl, kayaknya mae harus belajar gambar pake sketsa tubuh lagi...........

akhir-akhir ini sering banget pegang tablet. bahkan jauh lebih sering daripada yang dulu-dulu. tapi tujuannya beda. dulu, megang tablet karena memang ada gambar yang mau digambar dan diwarnai, yang mau disubmit di dA, atau ingin gambar untuk suatu event tertentu, atau sekedar ingin mencoba teknik coloring yang baru...

tapi sekarang, saya pegang tablet untuk sesuatu yang memang jelas ada tujuannya. masih sama kok. masih merasakan sensasi menyenangkan ketika menyentuhkan warna-warna itu ke canvas, mengkombinasikan ini dan itu, clipping mask bertebaran, meng zoom in dan zoom out untuk melihat hasilnya, perasaan puas ketika gambar itu sudah di save as JPEG dan tinggal diberi signature..

tapi............ah. mungkin memang imajinasi saya yang makin ke sini makin menyempit.

coba buka aib bentar boleh kali ya....

15 Maret 2010, pertama kali saya tertarik mencoba digital coloring.
Photoshop CS3. dengan line art yang masih dibuat manual; menebalkan sketsa awal di layer baru dengan brush dan mouse. shading yang masih sangat minim dan nggak jelas arah cahayanya kemana, dan entah kenapa ada efek blur-blur kayak gini.





22 Maret 2010 ; 
masih dengan Photoshop CS3. sudah mulai mencoba pen tool ; line art bisa lebih rapi. cell shading yang minim dan (lagi-lagi) masih nggak jelas arah cahayanya dari mana. 
dan.......ini gambarnya agak-agak penyimpangan sosial ya -__-v





02 Mei 2010 ;
Photoshop CS3. gambarnya udah mulai agak waras. sudah tahu fungsi dari 'simulate pressure' di pen tool, dan berhasil memakai fasilitas 'action' yang sangat-sangat-sangat menghemat waktu tapi sekarang saya lupa gimana makenya #fail soft shading campur cell shading. gesture dan ekspresinya kaku banget sih.. tapi entah kenapa sampai sekarang saya masih suka gambar ini :)

dan, oh, saya juga suka yang ini ;




27 Juni 2010 ;
Photoshop CS3. metode masih sama. tapi sudah mulai belajar untuk lebih detail ; seperti kerut rok itu, pake smudge tool. selesai dalam 2 hari --dan berdasarkan tulisan saya waktu itu, 2 hari terbilang sebentar....





11 Juli 2010 ;
see the difference? masih memakai Photoshop CS3, mouse, dan pen tool... waktu pekerjaan ; 2 hari. tapi di sini sudah mulai bisa memainkan warna dan memaksimalkan shading, jadi memang terlihat sangat beda dengan gambar-gambar sebelumnya. warnanya lebih soft..





16 Agustus 2010 ; ya, pertama kali saya menyentuh pulpen canggih itu :)
masih dengan Photoshop. tapi kali ini menggunakan tablet pen. perbedaannya memang sedikit banget. line art masih sangat bulukan ; sketch gitu, nggak lurus. mungkin malah....penurunan? masih belum bisa memaksimalkan teknologi canggih yang itu.




11 September 2010 ; hello, SAI!
pindah aplikasi ke paint tool SAI. tempat dimana para dewa di dA itu menuangkan imajinasinya.........
line art masih bulukan seperti biasa. tapi pewarnaan sudah mulai lebih soft. memakai metode soft shading. 

ya......dan gambar-gambar setelah itu. saya belajar buat membuat line art yang rapi ; nggak sketchy(?), mencoba berbagai macam teknik shading, coloring, dan genre. mulai mencoba-coba mengkombinasikan texture di PS juga.

beberapa yang terbaru bisa dilihat di blog saya, post yang ini, ini, dan ini

dan ini ;


beserta 8 gambar sejenis lainnya.

sebenernya ada satu lagi, design kaos, cuma nanti aja deh kalo udah beneran jadi :p

kalau dilihat..... berkembang.
dia nggak stuck. dia terus belajar hal-hal baru.
ya, mungkin sekarang -dengan kegiatan yang sangat banyak, tuntutan belajar, tekanan karena remed--, memang bukan saatnya untuk memprioritaskan hal ini.
tapi nanti.
ya, nanti.
akan.
doakan :)