by - 2:23 PM


tadi tiba-tiba pengen gambar. tapi ya, gimana. kalau keinginan dan mood sedang nggak sejalan. gambarnya nggak rampung. bahkan nggak berani buat masukin WIP nya ke sini ; pasti aneh banget. aaaahh. mungkin lain kali. gambar lagi.

jadi inget percakapan minggu kemarin..
bukan percakapan sih. mereka yang bertanya. ada yang jawab. saya mendengarkan.

dipelihara, ya....?

iya, bunga emang bagus. menghias ladang. ngasih warna. tapi kalau bisa tanam yang lain yang lebih berguna --buah kek, sayur, atau apalah--kenapa nggak? yang bisa dijual, bisa dimakan, bisa disimpen di kulkas dan dimasak suatu saat.

jadi inget harvest moon. Won memang selalu jual biji bunga-bungaan. tapi saya nggak pernah niat untuk beli. lebih baik 10 petak tanah itu ditanem sayur --apalagi yang bisa dipanen nggak cuman satu kali. pemasukan jalan terus, bisa disimpen di kulkas, atau dimakan buat energi. 

waktu itu pernah coba nanem red-magic-red-flower atau apalah itu yang kalo beruntung bunganya bisa jadi merah. kalau dijual mahal. nggak beruntung --bunganya warna biru. nggak bisa dijual.

tapi yang saya tanem biru terus.

apa faktor keberuntungan ya.

lagipula, bunga itu bisa tumbuh di gunung. setiap musim ganti-ganti lagi.

nggak musti di ladang punya kita, kok.

bapak bilang, bunga itu emang bagus. tapi perawatannya juga nggak mudah. nggak kayak kaktus yang bisa dibiarin, atau pohon rambutan di depan rumah yang nggak usah disiram juga tiap tahun berbuah. atau puring yang tersebar di teras sana. atau belimbing wuluh. atau belimbing. atau.. *absen taneman di teras satu-satu*

waktu itu emang sempet dapet anggrek. ungu. cantik. lumayan memberi warna lahan kecil depan teras yang notabene 'hijau' semua.

tapi, ya, kalau lalai --cantiknya hilang. layu. mati.

.....pernah dengar bunga liar?

memang cantik kok. tapi kalau sudah 'liar', dalam arti bisa tumbuh sendiri dan memperbanyak diri di tempat-tempat yang tidak diinginkan, ya mau nggak mau harus dipangkas.

nggak, saya nggak mau hanya melihat sisi negatif dari plantae yang itu kok. bunga tetap cantik. indah. berwarna. menarik dilihat. salah satu makhluk hidup yang saya belum pernah denger ada yang nggak suka sama dia.

tapi ya..........................................................

........apasih. saya ngomong apa sih.

hanya ingin bercerita. cuman nggak bisa membahasakan dengan benar. atau sebenarnya nggak perlu untuk diceritakan? 

tapi mungkin merasa mereka yang mengerti perlu tahu.

berbeda itu nggak salah, kan?


You May Also Like

0 comments