Tuesday, June 26, 2012

Nancy Drew (THE BEST GAME EVER)


Bukan, bukan mau ngomongin yang itu.

tapi yang ini ;



ada yang pernah dengar? pernah main?

SURELY THE BEST GAME EVER.

nggak ngerti kenapa sedikit yang tahu. kenapa pada lebih suka main angry birds atau temple run, sementara ada game se kece ini yang bisa dimainin buat ngisi waktu luang.

oke.......saking kerennya game ini saya nggak tahu harus mulai dari mana.

jadi, kemarin baru minjem CD Nancy Drew yang ke 19 ; The Haunting of Castle Malloy. sebenernya ND yang paling baru sekarang itu udah sampai case 26 (well, mengingat pertama kali kenal game ini, yang paling baru itu case 13. udah lama banget ya..)

saya nggak mau insert gambar covernya. yah.. bisa dicari sendiri di gugel kenapa. nggak mau ya ada yang semacam begituan di blog ini. jadi ini beberapa screenshotnya


gerbang Castle Malloy



witch hut. lol. semacam itulah.

di case yang ini, kita diundang ke sebuah pernikahan gitu. ambil tempat di kastil. tapi ternyata, pengantin laki-lakinya hilang. kita disuruh buat nyari pengantinnya itu.

oh ya, kastil ini udah ada dari jaman dulu banget. pemiliknya turun temurun ; pengantin wanitanya itu pewaris kastil ini. sempat meledak pas perang dunia kedua, karena percobaan aneh punya pemiliknya. pemilik pas saat itu ilmuwan.


main hall. 
bisa dilihat itu belakangnya ada lubang besar sekali, itu bekas ledakan yang perang dunia II itu.

jadi ya....gitu.

kita bener-bener jadi detektif. kita nanya-nanya ke orang untuk dapet informasi. keliling-keliling ke setiap ruangan buat dapet petunjuk. nyari kunci. masukin kode. nemu secret passage. ini beberapa screenshot buat puzzle yang harus dipecahkan selama menelusuri kasus di nomor 19 itu;


itu buletan-buletannya berlabelkan unsur kimia.. harus masukin mereka ke tiga kategori.
oh ya. sekali kesenggol dia meledak.
selesaikan puzzle ini, dapet kunci buat luncurin roket.


semacam puzzle geser.
selesaikan puzzle ini, dapet bagian petunjuk penerbangan Gizmo.


mindahin buletan-buletan itu dari batang paling kiri ke yang paling kanan. 
buletan yang lebih kecil harus selalu ada di atasnya yang lebih besar.
selesaikan ini, dapet lampu penerangan buat jalan-jalan di luar kastil.


clue buat nemuin satu huruf. satu huruf..............

di Nancy Drew ini semua lengkap. buat nyari petunjuk, kita harus baca buku yang ada di situ. dianalisis. dan semua yang ada di situ itu based on the real knowledge. misal, di case 19 ini ada satu keadaan dimana kita harus liat langit, liat rasi bintangnya, cari itu tanggal berapa, lagi musim apa, dan ada tulisan Celtic (apa ya itu) yang harus dicocokin. WHOAAA. nggak ngerti lagi. walaupun sebenernya itu mustahil (masa ada beberapa rasi bintang yang harusnya beda waktu munculnya di satu langit yang sama sih...), tapi...whoa. sekali lagi. whoa. 


yang paling atas itu gambar rasi bintang.....leo?
pohon itu menandakan musim.
paling bawah itu....nama musimnya tapi pake tulisan Celtic kuno.
selesaikan ini, dapet lagi bagian petunjuk buat nerbangin Gizmo.


atau misal di case Nancy Drew yang lain, ada yang diminta buat nyusun peta benua Amerika, mempelajari simbol-simbol kuno, sejarah, neliti hewan, dsb dsb. 

nggak ngerti lagi kenapa ada game sekeren ini.

dan graphicnya...well...saya nggak tahu sih se dewa apa animasi game-game yang biasa dimainin orang-orang. tapi menurut saya bagus. untuk ukuran game yang serumit ini. walaupun mungkin orangnya masih kaku, tapi udah....keren lah.

jadi setiap clue yang kita ambil dari tanya ke orang-orang, setiap benda yang kita temuin, setiap secret passage yang ada di situ, semua itu ujungnya bakal merujuk ke pemecahan kasus. yang bener-bener harus jalan ke setiap sudut ruangan, neliti benda-benda yang bisa di klik.

dan satu lagi yang keren, setiap kali main game ini, kita bener-bener harus punya catatan sendiri. ini foto note saya selama main ND 19;


well, agak berantakan sih. oh ya, di ND yang ini ada yang kita disuruh baca bilangan biner LOOL itu kan pelajaran elektro. sebenernya aneh kalo main ND tapi nggak punya catetan sendiri. oke, Nancy emang punya note di situ. tapi dia juga nggak nyatet semuanya. ujungnya pemain harus inisiatif nyatet. ngotret clue, dll. serasa detektif beneran lah pokoknya #ea

....nggak tahu harus cerita apa lagi. mungkin harus dicoba sendiri biar kerasa serunya :p di saya ada beberapa kalau ada yang mau coba mungkin.. hubungi saja~

kalau ada yang nyari, sebenernya saya belum pernah berhasil nemu tempat buat download ND yang gratis. sekalinya nemu, udah ditungguin lama-lama, free trial. 10 jam. bisa nyelesein case apa 10 jam. jadi mungkin bisa dicari ke tempat jual CD game. selama ini saya beli di Jambu Dua..

oh, atau kalau ada yang punya (atau mau beli?) talking talking ya, mungkin mau pinjem :p

atau kalau yang mau lihat-lihat semua casenya, screenshot, info, atau trailernya, bisa klik >>


selamat menjadi detektif 8D
(open image in new tab for full size)