SP1 2013

by - 3:27 PM

assalamualaikum! sudah lama banget nggak nulis, ya. baru aktif lagi dari hibernasi yang cukup panjang. lumayan, matanya nggak se perih tadi pagi. 

sebelumnya, untuk teman teman yang bakalan berangkat BANBUSA malam ini, semangaat! hati-hati di jalan yah, bawa oleh oleh yang banyak. dan buat partner bendahara yang stubanya jadi sendirian (galih punten pisaan) selamat mencari pengalaman baru di Jogja sana! jangan kopong kopong yah, salam buat yang di sana:p selamat berjalan-jalan, kawan kawan! jangan lupa baca doa yang udah ada di buku panduan BANBUSA nya yaah, semoga dilindungi oleh yang Di Atas Sana. amiiin.. semangat partner-partner MPK!:D/

weekend minggu ini beneran nggak kerasa. kenapa? soalnya ada ini ;


asli ini pamfletnya keren badai wkwk

yak, dan posting malam ini mungkin bakalan membahas tentang itu. 

kumpul di KFC jam 7. sambil nunggu, ngerjain exercise mate. merasa sangat produktif, karena udah selesai mengerjakan Uji Latih Kemampuan dan Exercise 11 --tinggal satu exercise lagi! yah, salah satu alasannya karena hari selasa ulangan. paling pasti. padahal kopongnya nggak karuan. 

satu-satu dateng. Rafif, Aziz, Dea, Kimey, Siwi, Endah, dan yang ikutan rusuh rusuhan di BTM dulu sampe jadi telat --Anza. lalu lintas padat. akhirnya carter angkot. sudah mulai melihat orang-orang berkeliaran bawa sleeping bag --mungkin dengan tujuan yang sama. di angkot mau ngerjain mate tapi gak jadi.

sampai sana, ketemu Rambu sama T'Ndu. pendaftaran ulang. dapet kelompok. sholat.

kalo boleh, itu semalem penuh pengen cengar-cengir mulu gak berhenti.

apa ya. excitednya kerasa banget. merinding melihat sebegitu banyak orang yang ternyata punya kesenangan yang sama. sering memandangi langit yang sama. beda dengan OSP kemarin. iya, banyak orang astro juga, tapi di situ suasana bersaing. belajar, ngapalin rumus, sampe pusing sendiri. jiper, jatohnya. kalau ini bener-bener murni untuk mengamat langit secara langsung. bukan lewat rumus, bukan lewat teori. 

jujur, pertama kalinya. melihat teleskop sebanyak ini berjejer --bahkan pertama kalinya melihat langit dari teleskop secara langsung! sebelum acara dimulai, udah banyak kakak kakak HAAJ yang sekilas menjelaskan tentang teleskop. 

tapi langit saat itu mendung. sampai jam 10, benar-benar nggak kelihatan apapun di langit. cuma gumpalan awan abu-abu.

entah berapa banyak doa yang meluncur ke langit saat itu --semua berharap lapisan tebal di angkasa itu bergerak menjauh.

300 lebih orang-orang bergerak masuk ke dalam ruangan setelah diperintahkan. pembukaan. pembagian kelompok. pengenalan teleskop.

teleskop yang diperkenalkan di kelompok 3 namanya SkyWatcher. teleskop ekuatorial. besar, gagah, putih. meringis sendiri begitu mendengar harganya. bisa dibilang teleskop yang paling bagus yang mereka bawa dari Jakarta. keren.

jam 12, bulan mulai menampakkan diri. semua orang berbondong-bondong ke luar. mengerubungi kurang lebih 6 teleskop yang sudah disejajarkan di halaman depan. saya sendiri sih pindah-pindah. nyobain satu satu teleskop yang ada di sana. kapan lagi :p

malam merangkak. langit seakan mendengar doa kami. dimulai dari munculnya dua bintang centauri, kemudian disusul dengan titik-titik kelip yang perlahan muncul di segala penjuru langit. kakak-kakak HAAJ sibuk menjawab pertanyaan para peserta yang ingin tahu.

tadinya saya sama yang lain mau tiduran aja di rumput. tapi entah kenapa yang cowok pada gelar sleeping bag. gak ngerti. rempong pisan. emang dasar cowok cowok hygienis . terus akhirnya mereka pindah lagi ke dalem gymnasium. anget katanya. gatau deh. terserah mereka -_-" jauh jauh ke sini cuma buat tiduran di dalem sleeping bag. dalam ruangan pula. gak ngerti.

saya pribadi, mencoba untuk tidak tidur, sebenernya. walaupun sempat berbaring juga --tapi pada akhirnya bangun lagi. sayang sih, kalau bisa dibilang. kapan lagi punya langit sebesar itu? dengan bintang yang benar benar bertebaran. kalau di rumah kan ketutupan pohon. akhirnya beranjak untuk jalan-jalan lagi.

sekitar pukul 2 pagi, saturnus mulai menampakkan diri. sebenernya agenda hari ini itu untuk mengamati jupiter, tapi sudah tenggelam duluan --langitnya masih berawan tadi. akhirnya menghampiri kerumunan. mencoba mengintip juga saturnus dari lensa tabung pembesar itu.

dan, subhanallah, seriusan ada cincinnya! keren nggak bohong. excited berlebih mungkin, tapi ini bener bener pertama kalinya. lucu bangeeet. saturnusnya beneran gepeng gitu, lonjong. kalau fokusnya diatur, beneran bisa kelihatan satu bulatan dengan sebuah oval yang mengelilingi. nggak, jangan bayangkan gambar saturnus di buku buku. sebenernya kecil, kok. cuma di pojok. tapi beneran kelihatan cincin.....

......lucu ya. ternyata beneran ada. ternyata 1.500.000.000 kilometer di atas sana beneran ada benda besar bercincin itu. visualisasi di buku itu beneran nyata. dan melihat benda itu dengan mata kepala sendiri itu.....

nggak bisa ngegambarin. seneng. takjub. 

ketemu dan sempet duduk dan sharing bareng CASTRO LUNAR dari smanti. duduk di samping mereka bener-bener bikin merasa kopong, asli. hahaha. dengan santainya mereka tiduran sambil nunjuk-nunjuk titik kerlip di langit itu pake laser, berdebat ringan tentang rasi bintang apa itu. sementara saya cuma bisa melongo natap langit. haha. kebayang aja nggak, scorpio, centaurus, dkk bentuknya kayak gimana. yah, mungkin memang kurang pengaplikasian. gimanapun, astronomi itu tentang pengamatan. bukan selalu duduk di belakang meja dan ngerjain soal. ya nggak? hahaha.

dan, yah, jujur pengen. bisa melihat langit --dan otomatis garis-garis khayal yang menghubungkan antar bintang itu terbentuk sendiri. otomatis bisa mengenali rasi bintang apa itu, dan langsung bisa tahu ada bintang apa di sana. di sekelilingnya. atau mungkin punya binokular. atau teleskop sederhana. atau sekedar laser hijau superkeren yang sinarnya bisa nunjuk bintang kayak yang kemarin orang-orang bawa. haha. 

mungkin nanti suatu saat, doakan saja :)

bener-bener harus lebih sering melototin stellarium. jangan cuma gambarnya di enable terus diputer puter doang wkwk. anyway, terimakasih banyak untuk sambutan hangatnya, teman teman dari LUNAR :) salam kenal dari divisi astronomi KIR SMANSA. semoga ke depannya bisa melihat langit bareng lagi, yah :D/

hm.. apalagi ya. malem itu memang lumayan melihat banyak. emang dasar gak bisa diem, gak tahan tiduran di rumput doang. akhirnya bangun (lagi) dan jalan-jalan. menghampiri kerumunan yang memang mulai menipis. dateng, nanya lagi lihat apa, terus ikutan neropong. terus pergi lagi. haha. ada yang lagi sibuk ngambil foto saturnus --pake teleskop SkyWatcher yang superkeren itu loh. dan lagi lagi cincinnya kelihatan jelas! waaah. lucu banget.

dateng ke teleskop sepi dan minta izin buat nyoba nyari bintang buat diteropong. lumayan... untuk seorang yang bener bener baru pertama kali pegang teleskop. haha. dasar amatiran ya. melihat acturus (bootes), spica (virgo), rigel (centaurus). walaupun pas di teropongnya kelihatannya bener bener cuma titik biru kecil. cuma ya agak gede dikit. kayak bakteri lol. cuma memang ada banyak titik kecil tambahan yang kalo dilihat pake mata telanjang nggak ada. yah, itu mereka yang magnitudonya di atas 6.

akhirnya menjelang subuh, jam setengah 4 an, balik ke 'tempat tidur'. si kimey udah bangun. dan kita berhasil menemukan rasi scorpio! dari tadi sih ketemunya, cuma gak kebayang. akhirnya bareng kimey, coba ngehubungin bintang-bintang itu pelan-pelan. akhirnya kelihatan :) kebayang bentuknya. garis khayal itu perlahan muncul. di sebelahnya, ada sagitarius. sebelumnya juga udah berhasil menangkap crux sama centaurus. 

ini scorpio


yang ini sagitarius, sebelahnya scorpio


centaurus sama crux satu paket

tapi gagal buat ngebayangin virgo, ophiuchus (asli yang ini bentuknya aneh banget), libra, sama bootes. padahal bintangnya ada di atas sana. kelihatan daerahnya cuma nggak kebayang gambarnya. yah... mungkin nanti kapan kapan.

pada akhirnya, bulan (ada halo bulannya loh, keren pisan), sirius, saturnus, rigel, acturus, spica, antares, vega, scorpio, sagitarius, centaurus, crux, bootes, virgo, ophiucus, libra, butterfly cluster (M6), M8, dan sunspot berhasil dilihat malam itu. mungkin orang orang melihat lebih banyak. mungkin itu cuma sebagian kecil yang ada di langit saat itu. tapi yah, untuk saya pribadi, sangat amat bersyukur. 


kemarin bulannya setengah-cenderung-cembung, tapi ada halonya. semacam buletan di sekitarnya. kayak gini--


menjelang pagi. subuh. sholat. nunggu sunrise. mau lihat sunspot tapi fail soalnya banyak awan. silau pisan. ngerjain matematika exercise 12 hahaha lumayan dapet 4 nomor. 

terus foto. ngucapin selamat pagi dengan semangat ke para cowok hygienis hahaha. terserah mereka lah. foto bareng seluruh peserta. terus...pulang.

:"""")

pertama kali dalam hidup pengalaman kayak gini. langsung buru buru pengen ditulis --biar gak lupa. sayang banget kalo lupa. haha. lebay sih. tapi seriusan. keren banget abisnya. akhirnya gak cuma kenal orion, sama jupiter. hahaha dasar kopong. mungkin nanti perlahan bisa kenal semuanya. amiin :)

oh ya, terimakasih banyak kakak-kakak HAAJ untuk DVD supernya! isinya lengkap banget. nggak rugi bayar duluan :p 



:)

*NB : Foto menyusul. kayaknya nunggu dokumentasi resmi aja. berhubung nggak foto-foto sama sekali -- jam 9 malem baterai hp nya abis-_-"

You May Also Like

0 comments