Friday, April 3, 2015

Semua mimpi-mimpi kecil itu sebenarnya nggak sejauh itu, kok. Mungkin memang jalannya saja yang berliku. Mungkin memang medannya nggak segampang itu. 

Atau mungkin memang kamu yang kurang berlari? 

Kamu ada di sini untuk suatu tujuan. Harus membuang jauh-jauh pikiran 'si-ini-udah-gini-si-itu-udah-gitu-yang-di-sini-mah-ngapain-atuh-masih-pusing-sama-kalkulus-dan-ekum'. Semua step ada untuk dilewati. Memang butuh tahap yang ini untuk melaju ke tahap yang lain. Butuh belajar. Butuh cari tahu. Butuh adaptasi. Butuh usaha. Butuh gagal. Butuh jatuh. Butuh bisa bangkit lagi.

Butuh bermimpi. Butuh berdoa.

Belajar banyak dari prinsip ikhtiar dengan maksimal dan tawakkal sampai akhir. Beribu orang bilang (bahkan rasanya kamu pun pernah bilang); hasil akan berbanding lurus dengan usaha dan doa. Gimana mau hasil maksimal kalau usaha dan doanya nggak maksimal?

Kerjakan yang musti dikerjakan. Tapi jangan lupa sama mimpi-mimpi kecil yang pernah kamu gantung. Karena sesungguhnya semua kerjaan itu suatu saat akan membimbing kamu ke sana. Nggak lucu kan kalau udah sampai, mimpinya malah nggak ada. Nggak tergantung lagi di tempatnya. Terlupakan. Terus dari kemarin ngapain banting tulang buat sampai situ.

Niat dan ikhlaskan ya.

"Biarkan keyakinan kamu, 5 cm mengambang di depan kening kamu. Dan sehabis itu kamu hanya perlu kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya, tangan yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya, mata yang akan menatap lebih lama dari biasanya, leher yang akan lebih sering melihat ke atas, lapisan tekad yang seribu kali lebih keras dari baja, hati yang akan bekerja lebih keras dari biasanya, serta mulut yang akan selalu berdoa."

--5 cm