Saturday, May 20, 2017

Tidur

Assalamualaikum

Posting ini sudah menggantung dan terngiang-ngiang di kepala sejak melingkar... 2 minggu yang lalu? di RPPI, sama Bewizta. kami datang duluan dan diminta untuk membuka, tilawah dan tadabbur arti sambil nunggu tetehnya datang.

ketika bagian saya yang membaca artinya, bertemu pada satu ayat;

"[Remember] when He overwhelmed you with drowsiness [giving] security from Him..."

terus berhenti sejenak. kok pas banget.

ini isu yang sampai sekarang masih marak di hidup saya. sama sekali bukan termasuk orang yang bisa begadang, saya selalu butuh tidur. minimal 3-4 jam. entah heran sama yang sanggup engga tidur. karena kalau kurang tidur, besoknya bisa bete dan engga mood dan lelah dan pengen tidur seharian rasanya. atau tiba-tiba hibernasi mendadak di waktu yang tidak diinginkan.

tapi toh ternyata, Allah memang sengaja menghadirkan rasa kantuk bukan? menyediakan slot waktu bagi hamba-Nya yang lemah ini untuk beristirahat. mengajarkan untuk menghargai tubuh sendiri. memberikan hak untuk jeda sejenak, bukankah itu salah satu cara untuk memuliakan ciptaan-Nya?

*pembelaan diri* *tapi beneran*

rasanya malu juga. sempat ada masa-masa dimana kalo ketiduran itu rasanya kesel pisan. bangun-bangun hati tidak tenang. langsung grasak-grusuk ngerjain semua yang harusnya dikerjain pas malam.

padahal...

ya tahajjud bentar. tarik napas. terus kerjain aja. alhamdulillah dan subhanallah toh laporan, project, PR dan kerjaan ini itu semua selesai tepat pada waktunya. gaperlu depannya kesel dulu. atau misal ada yang belum selesai, dilanjut lagi pas siangnya. yang penting siangnya sudah fit lagi tidak kurang tidur.

ya mungkin ketiduran itu adalah cara Allah untuk membuat tubuhmu istirahat sejenak?

"And it is He who has made the night for you as clothing and sleep [a means for] rest and has made the day a resurrection." (QS. Al-Furqon/25:47)

tapi malem, yak. bukan di kelas.

:(

ini juga nih. isu yang hits juga. berhubung sangat banyak matkul hapalan, jadi sangat banyak juga catatan-catatan tidur. heueueueueuueu. sedih. tidak disengaja ini. tapi ngantuk mulu napa ga ngerti. malu atuh neng. rencana weekend ini mau bikin rekap; sudah berapa kali ngantuk di setiap matkul semester ini? mungkin kalau ada angkanya, presentasenya, bisa bikin jadi lebih eling ya. masih ada dua minggu btw untuk memperbaiki.

Sunday, April 30, 2017

(Masih) Minggu ketiga April: Big Bad Wolf (BBW)

rekor borong post. gapapa.

masih di minggu yang sama. jadi, BBW ini adalah bazaar buku terbesar di dunia. dibuka di ICE BSD City pada tanggal 21 April-2 Mei. 80 kontainer, 4 juta buku dengan diskon 60-80% dijual di sini. sebenarnya dari minggu-minggu UTS sudah ngomongin BBW ini sama teman-teman. tapi belum ada rencana yang jelas kapan mau kesitu, dan mau nyari buku apa aja.

terus ketika Rapim Forces disebut-sebutlah BBW itu. bapak direktur kemarin habis kesana ternyata. 

"Aku besok mau kesana kak tapi baru berdua nih."

"Icus mau kesana? Ikutan."

"Yuk."

"Yuk."

kemudian besoknya kita caw.

((engga ding sebenernya di rumah galau dulu. habis belum tahu mau nyari buku apa dan dapet kabar juga kalau stock bukunya sudah menipis. ya tapi kalo ga narget buku apa-apa mah kan gakan kecewa kalo buku yang ditarget ga ketemu. orang gada target. emang kalo belum direstock bakal sesedikit apa sih. pasti banyak juga. caw lah.))

jadi setelah mengambil keputusan (jam setengah 7 pagi hari itu), akhirnya berangkat. saya, Mardhiyyah (ade saya kelas 1 SMA), Icus dan temannya, Kuntum. singkatnya, naik kereta dua kali hingga ke Rawa Buntu dan naik grab.

kami sampai sana jam 12 siang. sholat dulu, kemudian masuk.

dan... enggak kok, bahkan kalau ini belum direstock pun bukunya tetap banyak :") dimana-mana orang berlalu lalang bawa keranjang; bahkan troli. berasa di swalayan.






awalnya hanya muter-muter lihat-lihat buku. karena sejujurnya jarang banget buku yang tahu (entah yang tekenal sudah habis atau gimana ya?). dan berakhir dengan berkutat di bagian children untuk nyari buku-buku lucu buat ponakan. gede banget section children itu. sampai muternya suka overlap karena lupa sudah lewat situ atau belum. untung lucu-lucu bukunya. 

keliling-keliling hingga ashar. terpisah dengan rombongan Icus dan Kuntum, akhirnya habis ashar caw dengan ade buat pulang. akhirnya engga penasaran lagi buat ke BBW. walaupun engga ada buku targetan awal tapi ternyata pulang-pulang bawa oleh-oleh juga. pegal parah. tapi senang alhamdulillah. 

((pulang dengan kondisi laporan ELP dan laporan pendinginan yang belum disentuh sama sekali))

yak, long weekendnya selesai sudah. besoknya kuliah lagi. 

wassalam!



Saturday, April 29, 2017

(Masih) Minggu ketiga April: Forkomon.

Sengaja dibuat terpisah biar spesial. yey.

ini masih lanjut long weekend kemarin sebenarnya. long weekend paling produktif memang... hari Minggu ada acara eksternal dari MEKAH, acara Smansa Daynya DKM. mengadakan berbagai macam lomba keagamaan untuk siswa/i SD, SMP dan SMA se-Bogor. tahun ini berarti sudah tahun ketiga jadi alumni, sejak waktu itu jadi panitia di sini. (wah waktu itu rajin amat nulis postnya panjang banget yak).

tetap lucu melihat bobocah lalu lalang. tetap merasa tertohok ketika melihat mereka yang lagi latihan Hafidz dan MTQ, yang Subhanallah bagus suara dan hapalannya :""

lalu pertama kali ngadain kumpul dengan yang ini;


kalo kata t ndu sih, ini Playgroup. tapi iya juga sih. selain bapak Isun si Kepala Sekolah, yang lainnya anak-anak JB, PP dan RE. 

wah. 

sudah tahunnya, ya, ternyata?

((tapi tetep aja berasa play group))

entah kenapa nemu atmosfer baru di sini. suasananya beda. setelah aftershock yang dirasakan bulan Maret kemarin ketika sertijab, mulai coba menata lagi sedikit demi sedikit. harus gini, harus gitu, wah benar uga ketika dipikirin makin lama makin banyak..

kemarin baru kumpul BPH untuk kedua kalinya. kalo kata Nadya ngebul banget dari jam 2 sampe jam 6 (padahal yang dari jam 2 cuma rujakan aja, agak berlebihan ini si Nadya). tapi kan semakin pusing berarti semakin mikir kan yak? berarti kita semua mikir. yeeey. dan Insya Allah punya partner, lingkungan dan teman-teman yang ok punya. 

ini baru 9/19. masih banyak orang-orang keren lain yang tergabung di sini. semoga semangatnya terus terjaga hingga akhir yah. selamat memutar Kincir Jeruk, Forkom Jaelani! tetap jaga selera humor (jangan receh receh amat atuh) dan tetap menebar kebaikan dimanapun kita berada :)

Minggu ketiga April; SSP dan Salimah

Assalamualaikum

Another long weekend!

bulan-bulan April dan Mei ini banyak banget liburannya. setelah badai UTS usai, kami langsung disajikan long weekend selanjutnya; 22-24 April. 

mendadak dapat permintaan untuk mengisi materi di Smansa Star Party. antara bingung tapi terharu. inget banget SSP 1 diprakarsai oleh KIR Titanium, saya kelas XI ketika mengadakannya pertama kali. kalau KIR punya acara astronomi Gradien, masa Smansa engga punya? dirilislah Smansa Star Party, acara peneropongan bintang yang dibuat untuk anak-anak smansa, dan masuk di rangkaian acara Smansa Day. dulu itu wajib banget yang namanya kerjasama dengan HAAJ; kalau gaada HAAJ, mau neropong bintang pakai apa? kalau sekarang smansa udah punya dua (atau tiga?) teleksop. alhamdulillah yah.

Tahun ini adalah SSP kelima. karena mendadak, akhirnya materi seingatnya, seserunya. judulnya "What I Like About Astronomy" padahal awalnya diminta tentang Flat Earth wk kan emang paling freestyle. akhirnya membicarakan yang.. kayaknya udah lama banget ga disentuh. tapi tetap menyenangkan. tebak-tebakan rasi scorpio dan sagitarius. cahaya matahari itu cahaya 8 menit yang lalu loh. alam semesta itu luas banget loh. dst dst.

terimakasih panitia atas undangannya! semangat terus buat KIR khususnya divisi Astronomi yay.


hari Sabtunya diberi kesempatan untuk sharing sedikit di acara Salimah dari FSDMA Asrama PPKU, dalam rangka Hari Kartini. jadi muslimah itu harus kuat dan tangguh yah, manteman! udah gitu yang lamanya ngobrol-ngobrol sama panitia di belakang setelah materi, haha. lucu ya.. beda dua tahun euy :"" dan kalian semangat-semangat banget, seneng ngelihatnya. makasih juga buat bingkai fotonya sangat lucuu. semoga bisa sedikit membantu dan menjadi amal kebaikan untuk kita semua :)


UTS dan Penjajagan PL

Assalamualaikum

siapa yang kemarin bilang kalau tulisan adalah bukti autentik dan buah pikiran dari segala apa yang telah dilakukan, sehingga sangat perlu untuk diupdate terus? wk..

sedang long weekend. akan borong post. beware, beware.

kabar bulan April ini sebenarnya adalah UTS. yang sangat lama, sampai 3 minggu sendiri. sesi UTS yang ini agak unik sebenarnya. baru kali ini di sejarah TMB 51 kami dapat mata kuliah hapalan sebanyak ini. serasa bukan anak TMB. dari 10 matkul yang saya dapat, 9 nya hapalan. hmmmmmm. dan saya baru menemukan bahwa menghapal itu sangat terbantu dengan adanya......

rangkuman! yey. 

(asli ini telat banget, emang dasarnya jarang ngapal juga). 

bukan, bukan rangkuman ala-ala yang warna warni dan cantik gitu. HVS lipet dua, terus ya tulis aja semua yang harus dihapal. ternyata jauh lebih efektif daripada ngapalin langsung dari slide dan bolak balik buka ini itu. ((dan di depan laptop jadi sangat bikin tidak konsen)). wuaw.


ma life savior

di tengah-tengah sesi UTS kemarin kami sempat melakukan Penjajagan tempat Praktilk Lapang ke Amazing Farm, Lembang. Saya, Lilis, Fadhil, Bung Daka dan Bang Sutan berangkat dari Bogor jam 7 pagi.

sampainya jam 4 sore :")

alhamdulillah petugasnya belum pulang. Amazing Farm ini adalah salah satu produsen bahan pertanian hortikultura yang berbasis greenhouse. ketika masih fresh UTS tentang Teknologi Greenhouse dan Hidroponik, kemudian disajikan greenhouse dengan berbagai macam bentuk atap seperti piggy back, modified arch, semi monitor, hidroponik dengan NFT, substrat...

yang diajarin di kuliah beneran ada ya ternyata. (iyalah).




kami di situ hingga maghrib. dengan menskip waktu makan malam, kami sampai di Bogor sekitar pukul setengah 11 malam. tapi sebenarnya disana kuota penuh ternyata sehingga harus cari tempat PL lagi :( gapapa. pengalaman. sampai detik ini pun belum ada yang fix nih.. mohon doanya semoga cepat dapat tempat PL. amiin.

kemudian UTS lagi~