Friday, June 14, 2013

Smansa Star Party

posting terakhir kemaren nggak ngebahas tentang ini ya? yaa pokoknya. hahaha. sesuatu banget. dari mulai H-beberapa jam khawatir mendung (dan ternyata sorenya hujan gede banget sampe pot di aula pada berjatuhan), was was peserta dikit, nanti teleskop ngurang, rundown, backdrop belum ada, aula tiba-tiba rame kursinya buat persiapan BCA hari seninnya. hasdkjhaskdhfa. terus orang orang pada pulang satu persatu. gak papa :")

jam 7 an hujannya udah berhenti. tapi masih gerimis. satu per satu yang tadi pulang dan janji dateng pada udah hadir. wangi. *mengingat saya bahkan gak ganti baju sama sekali*. acara dibuka. rundown di switch. pemateri dateng. nonton film.

satu yang nggak berhenti bikin khawatir. hujannya berhenti, iya. tapi awannya nggak mau geser. katanya sih, kalo sore hujan, malemnya cerah. tapi cerahnya teh gitu... awannya kebuka dikit, ada bintang satu, nanti nutup lagi. labil. bahkan sampai materi penjelasan teleskop selesai pun (sekitar jam 1 malam), masih begitu :( akhirnya disetel film. anak-anak pada tidur.

ya.. nggak bisa nyalahin siapapun sih. nggak ada yang mau juga malem itu mendung. tapi...apa ya. sedih aja. pokoknya jam 2 an itu udah...entahlah. gak bisa tidur. niatnya mau nyicil soal astro lagi, tapi gak konsen. jadinya malah bengong hahaha kopong kan. anak ex-X5 pada gak tidur tapi \m/ yay. kita ngeliat pemandangan malem di belakang aula yang bikin merinding. lampu-lampu perkotaannya keren banget.. terus ganti film jadi Lemony Snicket hahaha paling pasti.

jam 3 an, langit (masih) gelap. agni fia hakim udah konsen nonton film di dalem. bengong lagi. aneh bahkan ngerjain soal astro pun mood nya entah kemana. terus akhirnya mandi. di kamar mandi lantai 2 perempuan yang lampunya udah dimatiin semua itu syududu. nggak, gak lagi nulis cerita horor kok. gak ada apa apa :p terus sholat. sampai atas filmya udah habis.

terus lihat ke luar.

alhamdulillah, entah harus ucap syukur berapa kali. akhirnya terang! walaupun masih ada awan-awan kecil bertebaran. tapi langitnya keliatan. bintangnya banyak. didukung dengan lampu se smansa yang udah dimatiin semua. langsung buru buru panggil kakak-kakak HAAJ di bawah.

akhirnya bener bener bisa melihat kedua teleskop itu berdiri di tengah pelataran aula. beroperasi dengan semestinya. di smansa. yang lagi pada tidur langsung dibangunin. walaupun dengan muka-muka-lecek-baru-bangun-pengen-tidur-lagi tapi mereka semua akhirnya keluar. merubung teleskopnya.

:"""""")

ini tuh.. i mean, yang esensial dari star party kan meneropong bintangnya. padahal setengah jam yang lalu bener-bener udah harapan terakhir. langit masih gelap. 2 jam lagi subuh. kapan neropongnya? tapi kemudian langit terbuka gak sampai 30 menit kemudian. gemerlap bintang-bintang itu beneran keliatan dari sini.

yah, that amazing feeling ketika melihat bintang-bintang bertaburan di atas sana. tapi yang ini lebih amazing lagi. mewujudkan mimpi menyatukan sekolah kehidupan dengan kerlip di atas sana :) mungkin sekarang baru neropong. mungkin sekarang cuma setengah jam. tapi nggak ada yang tahu kan selanjutnya bakal bawa perubahan apa? seenggaknya mengenalkan, ini loh, yang namanya astronomi. indahnya langit malam nggak cuma ada di lirik lagu aja, kan?:)
 
terus berhasil mengenali rasi scorpio! oke mungkin itu biasa aja. hahaha. tapi baru bisa mengenali pas SP1 kemarin. dan di rumah jarang keliatan. tapi..antares tuh bener bener mencolok ya. besar dan merah. sekali tahu ada antares, berarti di sana scorpio. betelgeuse gimana ya. kalo gasalah lebih gede lagi deh. tapi gatau di rasi apa-_-v dan kalo jauh jaraknya juga sama aja sih...
 
ada sagitarius juga. terus yang paling bikin subhanallah itu, melihat 'bintang jatuh' :"") cuma sekilas, asli. bentar banget. gak nyampe sedetik. cuma garis aja tiba tiba lewat. untungnya nggak cuman halusinasi saya aja. kakaknya juga mengenali ternyata. dan banyak yang lihat juga. waaaawawa. sekali seumur hidup lihat 'bintang jatuh' beneran. 

tapi langit cerahnya cuma sekitar setengah jam. udah gitu ketutup lagi. terus subuh. orang-orang bubar. yah.... tapi alhamdulillah, seenggaknya beneran ada neropong bintangnya:)

selanjutnya... gak usah diceritain. hahaha. yaa gitulah. capek lah pokoknya. wkwk. maaf ya orang orang yang merasa direpotkan dan disewotkan.....

akhir kata, makasih banyak buat yang udah turut andil dalam menyukseskan acara ini :) dari para cimil cimil anggota div astro yang suka nyebelin wkwk. seluruh kir, alumni, peserta, dan HAAJ sebagai pemateri. mohon maaf bila ada salah, semoga ilmu dan kegiatan semalam kemarin bermanfaat:D

P. S. sebenernya ada yang lupa. DOKUMENTASI. bener-bener gak ada masa selama jalannya acara -_- saya juga lupa baru inget pas udah bubaran hahaha kan kopong. yahsudahlah yang penting acaranya lancar~