Mercusuar

by - 11:54 PM

hari sabtu-minggu kemarin, ELECTRA baru mengadakan proker insidentil terakhir. yang selama ini ditunggu-tunggu karena satu tahun yang lalu nggak diadakan. apresiasi banget buat JB yang tetep mau jadi panitia dan bantu-bantu walaupun tahun mereka nggak ada acara ini :) 

oke, jadi di sini situasinya agak berbeda. saya anak konsumsi, tapi hari pertama nggak menjalankan tugas sebagai konsumsi dengan baik... *sungkem nunu*. dateng lebih pagi, pertama kalinya naik motor sejauh jauh jauh itu dengan speedometer yang nggak jalan, dan cuma bisa patokan motor fahmi ichal di depan. yang penting nggak nyasar. terus dapet oleh oleh dikit di kaki dari motor fahmi :) gapapa kok mi, hahaha. lain kali mundur hati hati loh ya.

apa ya.. pertama kalinya benar-benar melihat dari barisan di atas sana. memandangi satu-satu wajah calon penghuni sekolah kehidupan. nggak kerasa, udah dua tahun, ya? sejak postingan tentang MOPDB Rantai Emas kemarin. yang tadinya merasakan berdiri di bawah situ, sekarang melihat dari atas sini. 

memang nggak pernah terpikirkan sebelumnya bakal jadi salah satu dari tiga belas orang yang itu. melihat anak-anak dari sisi yang lain, beda dengan tahun lalu. 

tapi perasaannya tetap sama, kok.

kembali merasakan apa yang dirasakan dua tahun lalu, ketika dulu satu angkatan ricuh membuat konfigurasi angka, menyusun lambang SMANSA yang sudah kami buat sebelumnya. lelah, tapi bisa kan? melihat rasa percaya satu sama lain itu perlahan tumbuh, terpancar dari mata kalian. kembali merasakan rindingan bulu kuduk ketika mars SMANSA itu berkumandang. membelah langit Gunung Bunder. kembali merasakan kedua mata yang perlahan memanas, tangan yang gemetar ketika ikut menyanyikan lagu tersebut.

ya, dik. menjunjung tinggi sekolah kehidupan ini memang tidak mudah. tapi ketika kalian sudah berada di dalamnya, kalian pasti mengerti. usaha yang diberikan memang sebanding dengan apa yang SMANSA berikan untuk kalian. 

karena SMANSA memang bukan sekedar sekolah terbaik. SMANSA adalah sekolah kehidupan. 

karena SMANSA adalah suatu kebanggaan.

selamat datang di keluarga besar kami, Pedang Platinum. selamat belajar untuk mencintai sekolah ini sebagaimana kami mencintainya :)

hari itu ditutup dengan salam, maaf, dan terimakasih yang terus terucap. seneng banget lihat muka-muka sumringah kalian :) 

malemnya yang lain tidur, nggak bisa tidur. duduk-duduk tidak produktif di warung bareng theo dan fia. theo tidur duluan. emang paling pasti si tekodora. ngobrol sama iffah, ubi, siapapun yang lewat. mau ke kamar mandi tapi gelap banget jadi gajadi. terus kumpul lagi.

semaleman berusaha buat ngintip-ngintip ke atas langit. sedih pas ngeliat langitnya kosong, ga nemuin apa-apa :( padahal udah bawa peta bintang. ada bulan cembung sih, yang kelihatan banget pas terbit warnanya agak kekuningan, makin ke atas makin putih dan terang. bagus. lihat bintang satu-dua dari sela-sela pepohonan, tapi cuma segitu. nggak berani buat pergi ke daerah yang jarang pohon karena itu jauh dari tenda dan orang-orang udah pada tidur. 

tapi pas subuh, iseng-iseng pergi ke deket warung. lihat orion. kayaknya ada harapan. diem-diem pergi ke daerah rerumputan belakang warung --freak emang, tapi kalo lihatnya dari depan warung teh banyak pisan lampunya, gak enak. 

dan...akhirnya nemu spot yang sangat tepat. dari belakang warung, pepohonannya udah gaada lagi. dan bisa langsung lihat view ke gunung. langitnya besar banget.

dan yang paling penting, bintangnya banyak. banget.

apa ya...mungkin nggak sebanyak itu karena bintang yang kelihatan bener-bener yang lagi di sekitar timur aja. ke atas dikit. udah banyak pohon lagi. di deket bulan juga nggak banyak bintangnya, soalnya bulannya terang banget. tapi untuk satu bidang langit timur kayak gitu, segitu udah bisa dibilang sangat bagus.

subhanallah. rasanya gak pengen pergi dari situ sampe matahari bener-bener terbit. peta bintangnya jauh ada di tenda, jadi akhirnya minta bantuan google sky map.

tadinya cuma bisa kenal orion. hahaha paling pasti emang gak bisa move on. dari dulu sampe sekarang orion aja gak maju-maju. sama di bawahnya dikit ada jupiter, keciri soalnya besar dan terang dan gak berkedip. 

terus akhirnya cuma bisa menebak-nebak. ngitung ada berapa bintang yang keliatan di sekitar situ, ngebentuk apa, dan cocokin ke google sky map--harusnya di situ ada rasi bintang apa, dan bentuknya kayak apa.

lama sih emang. freak pula (....) berkali-kali ngomong ke diri sendiri yaudah-sih-gak-ada-yang-lihat-ini wkwk. kapan lagi coba ke daerah kayak gini.

dan akhirnya bisa mengenali satu persatu :)



kurang lebih kayak gitu penampakannya. saya juga bingung soalnya di langit yang saya lihat, gemininya kebalik gitu ngadep bawah. tapi susunannya sama sih. di samping orion ada lepus, kebetulan yang kelihatan cuma trapesiumnya. kanan bawahnya ada bintang terang banget. begitu tahu itu sirius, oke fix yang itu canis major. sampingnya dikit nemu canis minor, procyon dan temannya berduaan. sampingnya lagi ada gemini. jupiter lagi ada di tengah-tengahnya gemini, terus di sampingnya dikit juga ada mars cuma kecil pisan.

samping kiri orion ada taurus, nemu kotaknya (?) yang ada aldebaran. dari taurus nyambung auriga, keciri dengan capellanya yang terang.

udah sih, yang kelihatan cuma itu aja. yang lainnya cuma kelihatan satu-dua bintang jadi kurang jelas itu rasi bintang apa.

iya cuma segitu aja. tapi entah kenapa kok seneng banget...hahaha. asli tapi ini kemajuan pesat dari yang sebelumnya cuma tahu orion. seneng banget pas akhirnya nemu bintang-bintang tertentu yang bener-bener bikin konfigurasi rasi bintang kayak gitu. nemu bentuknya. bisa bayangin garis-garisnya dimana. 

yah...mungkin orang-orang mah udah biasa kali ya. tapi buat saya ini baru pertama kalinya --pertama kali banget. senang pokoknya :)) 

akhirnya kesampean lihat langit di Gunung Bunder. padahal tadinya udah sedih aja, jam setengah 4 teh belum kelihatan juga bintangnya. ternyata emang saat paling baik ya subuh-subuh. 

overall mercusuar SUKSES! alhamdulillah banget cuaca cerah, nggak hujan sama sekali. terimakasih banyak untuk seluruh panitia dan peserta yang sudah berpartisipasi di acara ini. semoga Mercusuar tahun depan akan lebih sukses dari ini, dan langitnya lebih cerah dari ini :)

You May Also Like

0 comments