Tuesday, November 26, 2013

TOASTI 2014

sejujurnya saya bingung mau nulis apa.

masih nggak percaya sudah terbangun dari sebulan penuh mimpi kemarin. entah gimana caranya waktu bisa berputar secepat itu kalau sama kalian. sebulan ya, haha. sebulan itu lama loh. dibanding OSN yang cuma satu-dua minggu. 4 minggu itu lama. inget banget waktu itu semacam 'terpesona' lihat jadwal harian. 4 lembar. setiap hari beda materi. dan ada aja kegiatan sampai jam 9 malam. belum kalau lagi malam observasi, atau ke bosscha. 

tapi akhirnya semuanya bisa dilalui, kan?

waktu itu liburan 5 november malah di kelas ngerjain PR pak Hakim, terus di kamar instruktur latihan assembly sambil latihan LST. berapa orang ya yang waktu itu misuh-misuh sendiri. liburan oi..masih aja di kelas. hahaha. bingung.


sok sibuk. mabok main sequence fitting. mabok pleiades.

begadangan di bosscha sampai jam 4 pagi. dingin menggigil, pake jaket SKETSA aja masih kedinginan. lihat langit yang cerahnya kayak stellarium. walaupun masih juga telmi kalo udah pada ngomongin langit -kenapa kalian bisa tahu secepat itu bintang-bintang di atas sana beserta rasi dan bentuknya. entahlah di otak mereka udah terinstall stellarium versi berapa.


finally, bosscha!

ngapalin 88 rasi dan 110 messier sampe mabok. atgclvlsscap, hahaha. singkatan aneh-aneh. hercules makan mie terus mager. aries, garis tapi kambing. canis minor, garis tapi anjing. eridanus - JKT48. semua dibikin lagu. semua dibikin singkatan aneh. sampe nggak bisa berenti ketawa di angkot. stress emang orang orang. walaupun dari tiga kali tes itu masih nggak bisa juga untuk sebutin full 88 rasi. magnitudo dan messier apalagi, tambah miris, haha. waktu itu cuma tahu sirius -1,45 dan vega 0,0. 18 lagi....mengarang indah. haha.


otw van albada

pertama kalinya megang teleskop lagi setelah OSN yang....membawa kenangan yang tidak cukup baik. haha. sentuh skywatcher lagi. ditambah C8, yang berat dan seram. dan...entah kenapa kok saya susah banget makenya. haha. hobinya motong waktu tidur instruktur dengan terusin pengamatan sampe bablas jam 4 pagi. gemes gak sih abisnya, orang orang pada jago pointing sementara kamu berkali kali nyoba nggak bisa terus :")

observasi dadakan pertama. sama Aisyah, Shinta, Joandy, Novita, Ibnu. bener-bener gangguin hidup instruktur sampe nggak tidur sampe jam 3 pagi, haha. terus orang-orang kelaperan. akhirnya masak.. pagi pagi buta. dikejar waktu karena sejam lagi jam 4 dan orang orang pada mau puasa. bikin mie aja rempongnya minta ampun. instruktur yang cowo aja lebih jago masak...ah pokoknya pagi itu absurd banget. baru sentuh kasur jam 4 pagi habis subuh. 


mengamati 'bintang ganda' dan 'pleiades' yang ada botol ron 88 nya



masak. fail.


observasi dadakan kedua, waktu itu emang lagi malam observasi di wisma. dan langitnya bagus banget parah. teraaang banget. walaupun ada bulan, yang saking nggak ada awannya udah kayak lampu. tiduran melingkar di tengah lapangan. kebanyakan terpana sama cetus yang ternyata besar banget menkar-diphda nya (walaupun saya cuma ber-ooh doang karena sama sekali belum kebayang bentuk cetus kayak apa haha). lihat perseus. dan ada kakinya UMa. tambah seneng lah orang orang haha bingung padahal ujung kaki doang. dan kayanya nggak akan terbit lebih tinggi dari itu. ya tapi memang sesuatu sih. kapan lagi bisa lihat rasi utara yang se utara itu.


bergelimpangan di lapangan. menunggu tim SAR sampai.

habis itu iseng-iseng teropong bulan pake skywatcher. sakit mata, asli, terang banget. akhirnya kita lihat pantulan bayangan bulan di atas kertas yang ditaroh tegak lurus sama eyepiece. dan kelihatan! baguus. udah kayak matahari aja. cuma boleh lihat pantulannya, haha. seterang itu bulan malam itu. sampe kalo ngeliat orang ngintip di eyepiece, bisa lihat pantulan bulannya dari mata si orang itu #asik. lol.

mulai malam. terus satu satu pada tidur. tinggal sisa bareng Joandy, Ajok, Aisyah. jam 3 pagi, pas udah rencana mau beres-beres. tiba-tiba kak Zae bangun. mau ngamat ISON. yasudah....rencana tidur gagal haha. tanggung sejam lagi. akhirnya masak (lagi). bikin mie rebus yang agak fail karena 4 dari 8 mie yang dibikin ternyata kuahnya dingin :") balik ke lapangan udah ada kak Dhimaz juga.


ya keliatannya enak sih, tapi mienya dingin............

dan..langitnya masih cerah banget. langsung terpaku sama rasi kotak yang ada di daerah timur. Corvus! terpana. gede parah. nggak percaya. corvus yang temennya crater. yang kalo di stellarium cuma segitu, apalagi di enjoy learning, dan termasuk rasi-rasi nggak jelas (?) ternyata sebesar itu. 

dan pas lihat di selatan, orang-orang tambah terpana lagi. ya seperti biasa saya terlambat menyadari ada apa di sana, haha. ternyata argo navis. full! carina-puppis-vela. berkali kali digambarin pake green laser baru kebayang. ternyata sebesar itu ya.

tapi kan kalo argo navis di stellarium juga besar. paling top mah udah si corvus kenapa gede pisan bingung hahah.

tapi ISONnya nggak dapet :( kata kak zae posisi teleskopnya salah, kehalangan ledeng air, hahaha. gak kece amat. kali kedua mau ikutan lihat ISON yang gagal setelah yang pertama waktu itu bareng Husen dan Ibnu dan kurang pagi. yah sudahlah mungkin lain waktu..

mainan pembodohan. kita terlalu susah untuk fokus sampe sama ginian aja terganggu banget, hahaha. diem dikit langsung mainan pembodohan. ya segitiga lah, pak beni, sering di lantai. ada aja versinya. mulai dari yang nggak jelas kayak apapun yang diberikan sama Stefan sampe yang aneh tapi bikin gemes kayak pak beni atau roket. haha. tapi ya serunya ya itu. melihat orang-orang mikir keras ketika idenya bahkan kamu nggak perlu mikir sama sekali :p lestarikan mainan pembodohan! lol

tidur di kelas. kesel. akhirnya coba pake freshcare di bawah mata. malah nggak bisa melek (...) hahaha ini fail aja. anehnya ada aja yang ngikutin. sampe pas tes akhir observasi masih aja ada yang pake. akhirnya kerjain tes sambil kriyep-kriyep matanya perih. haha maaf ya teman teman ini ajaran sesat.


masih bangun. masih....

rayain ulang tahun Nindy dan Novita. kak Zae acting nggak bilang bilang, sampe pada takut sendiri nggak cuma yang dikerjain doang hahaha. belepotan kue. ceburin orang tak bersalah (re : Husen, Faisal, Rafif) ke kolam ikan yang semacam hijau banget dan penuh kodok ew. bau parah. semangat ya kalian.


belepotan

hari terakhir, coba main ice skating. susah banget parah -_- saking sering jatoh sampe diitungin haha. yang bikin pas pulang badan sakit sakit bukan begadangan di bosschanya, tapi ice skatingnya. sepanjang di PVJ nemu banyak rasi bintang. mulai dari aries, pavo, hydra, chamaeleon. hahaha. sudah mulai rusak bung otak mereka. terkontaminasi. 

apa lagi ya. posting ini semakin nggak jelas ya arahnya haha. saya menulis apapun yang tiba tiba terlintas. abisnya bingung kalo mau diruntutin. udah jam 4 pagi. dan cerita tentang kalian memang terlalu banyak.

makasih banyak buat semua dosen-mentor-tutor-instruktur selama sebulan kemarin. makasih untuk kak Zae, mentor kesayangan TOASTI 2014 :3 yang harus sabar ngadepin kita semua sebulan penuh, haha. maaf maaf ya kak. instruktur yang waktu tidurnya suka kepotong karena kita gangguin buat nemenin ngamat sampe pagi. tutor yang sering diberisikin. ah pokoknya maaf dan makasih banget buat semuanya :""

dan yang paling spesial, buat teman-teman TOASTI 2014. makasih buat sebulan penuh mimpinya, paling berharganya. dari yang hari pertama pendiem banget sampe hari terakhir dimana semua orang sudah terlihat sisi absurdnya. kalo diinget inget, waktu kita bareng bareng banyak banget. haha. literally siang-malam. siang belajar di kelas dan malam di lapangan lihat langit. 

sangat bangga pernah menjadi bagian dari kalian, 31 orang pecinta langit terhebat sepanjang masa.

buat siapapun yang nanti bakal lanjut, semangat! jangan pernah berhenti mencoba, jangan pernah menyerah untuk memberi yang terbaik. tunjukkan kalau astronomi memang bidang olimpiade paling kece yang pernah ada :p

dan buat semuanya, jangan bosen-bosen lihat langit ya. walaupun sekilas, walaupun cuma sekedar lihat bulan. karena sejauh apapun, dari Joandy di Medan sampai Erfince di Papua. kita akan selalu melihat langit yang sama, kan? lihat ke langit dan kita akan selalu ada di sana :) jangan pernah lupa kadar ke-suka-foto-an kita yang menghabiskan 15 GB memori sendiri wkwk. trend foto zenith yang ternyata hasilnya bagus -bukan alay. 

ketemu lagi nanti, entah kapan. ditunggu nama kalian di asteroid atau komet di luar sana. atau di daftar orang-orang yang akan terbang ke luar angkasa suatu hari nanti. ditunggu kabar suksesnya. 

sayang kalian :)


ditanyain magnitudo semu


mana bidang galaksi? mana?


break jam 12 malam di bosscha. semua lapar. semua ganas.


serangan laron mutan. ada copet........






Tuesday, November 19, 2013

4 hari terakhir

harusnya sekarang sedang merangkum bab yang catetannya ketinggalan karena ketiduran lama sekali di kelas :"")

01.09 pagi sekarang. 4 hari 4 jam 50 menit sebelum akhirnya kembali ke 'dunia nyata'. haha, asli. sebulan ini beneran kayak mimpi. berasa lama sekaligus cepet banget. nggak sadar kalau sekarang udah minggu terakhir. yang sama sekali nggak ditunggu-tunggu karena isi tesnya dua kali lipat. karena.....bentar lagi benar-benar harus berpisah dari semuanya.

campur aduk memang sebulan ini. dengan runtinitas yang kayaknya itu itu aja tiap minggunya. tapi saya seneng. nggak bohong, seneng banget. dulu sering banget membayangkan, gimana ya rasanya kalau ikut pelatnas astronomi. sebahagia apa ya... haha. dengan 24 jam bertemunya itu dan itu lagi. dengan praktek yang bener-bener pakai teleskop. ketika keterampilan begadang bener-bener sangat dibutuhkan....wkwk. 

banyak hal yang memang agak di luar jangkauan sih sebenernya. yah, gimana sih ketika melihat orang-orang udah berlari sebanyak apa sementara kamu cuma bisa terseok-seok mengejar di belakang. haha. tapi resiko kan, ya? ketika memang langkah kamu nggak selebar yang lain, yang harus kamu lakukan cuma mengayunkan kaki sedikit lebih banyak, kok. lelah? jelas iya. terus mau apa? ya kamu bukan manusia super. lelah itu konsekuensi. nggak ada gunanya juga membandingkan diri dengan orang-orang di sekitar. kenapa? ya karena parameternya aja udah beda. standarnya beda. 

cuma butuh 'sedikit' lebih maksimal, kok. bisa kan? ya seenggaknya, misalnya itu mustahil sekalipun, bisa mencoba, kan?

dan ya, sekali lagi, bohong namanya kalau saya bilang nggak seneng. haha. menurut saya memang kegiatannya sangat amat padat. bener-bener mengurangi waktu istirahat, dengan waktu observasi yang hanya bisa dilakukan malam hari dengan besok paginya yang masih harus masuk kelas lagi. dengan menghapalkan segala macam rasi dan messier yang saya bahkan dari dulu nggak pernah terlintas sedikit pun untuk mengingat yang kayak gitu.

tapi seneng, kan?

seseneng lihat rasi corvus yang ternyata amat sangat besar padahal di stellarium termasuk rasi-rasi tidak jelas. seseneng bisa lihat argo navis full dari layar sampai ujung badan kapal. seseneng bisa lihat leo full untuk pertama kalinya. seseneng lihat kakinya ursa major walaupun kita tahu dia nggak akan terbit lebih tinggi dari itu. seseneng bisa main teleskop walaupun sampai sekarang masih payah banget banget pointingnya. ya terus kenapa gitu kalo payah? simpel kan, itu berarti memang butuh lebih banyak latihan, haha. dan seseneng bisa kenal sama 30 orang lain dengan identitas penyuka langit yang sama :)

orang orang yang absurd tapi pinter. yang ketagihan main mainan pembodohan sampai susah banget buat fokus. yang begadangan bareng di bosscha sampai jam 5 pagi. 

kenapa jadi sedih gini....haha. bener-bener tinggal 4 hari lagi ya. 4 hari penuh tes pula. yah, apapun yang terbaik buat saya nantinya. karena usaha dan doa berbanding lurus dengan hasil, kan?

nggak akan pernah menyesal untuk pernah berada di sini. pernah menjadi bagian dari orang-orang hebat ini. sama sama berjuang buat jadi yang terbaik yah :)


Thursday, November 14, 2013

belajar mandiri

9.08. di kelas.
sekarang belajar mandiri. aturan tutorial, tapi berhubung tugasnya agak agak banyak... :"") akhirnya diberi keringanan buat belajar mandiri hari ini.

9.08. dan sepertinya belum ada yang berniat meninggalkan kelas padahal waktu belajar mandirinya udah habis, haha.

sepiiiiiiiiiiiiiiiii banget. parah. semua orang sibuk sama tugasnya masing masing. aneh loh.. haha. ganjil. biasanya rame pisan. sekarang sepi banget. ah aneh. ayo main pembodohan aja : "



kemarin sudah cukup absurd. setelah main tebak-tebakan rasi pas observasi dan nilainya sampe minus. hahaha sesuatu. gapapa kan ya makin minus kan magnitudonya makin terang :D terus lanjut latihan teleskop. keterusan sampe jam 3. terus masak. hahaha aneh banget lah malam yang itu. masak mie sedap pagi pagi. udah mah ngamatnya cuma 'bintang ganda' dan 'pleiades' yang ada botol ron88 nya.... kenapa sangat susah pointing pake C8, dan aligning kepala sama sekrup masih nggak bisa... :( sampe kamar subuh. tepar.

semangat untuk rencana pengamatan dan segala macam elips parabola hiperbolanya kawan!

*sebenernya harusnya saya ngerjain juga tapi bosen....wkwk #salah*

Sunday, November 10, 2013

minggu dua

dan sekarang udah menjelang hari senin lagi. yak, sudah lewat seminggu lagi. entah kenapa hari-hari sama sekali nggak berasa di minggu kedua di sini. cepet banget ; asli. nggak inget bahkan dari kemarin ngapain aja, haha. tiba tiba udah hari minggu aja.

hari ini refreshingnya outbond, hitung-hitung memperbaiki outbond minggu pertama yang agak...fail. walaupun yang ini juga depannya sama aja ternyata :") heran, bahkan urutan gamenya pun sama, gak ngerti. walaupun ditambah beberapa wahana. terus malemnya nobar lagi. filmnya aneh....aturan horror tp malah aneh : | absurd gitu. haha. kitanya malah jadi ngetawain filmnya.

bisa dibilang hari ini nggak ngapa ngapain. nggak produktif sama sekali...ya tapi mungkin hitung hitung bayaran dari 'penderitaan' dua hari kebelakangnya. entah, materi minggu ini emang beneran susah susah mungkin ya. banyak banget yang baru pertama kali didenger. dan tes mingguannya... :"") haha. nggak tahu. gak berani bayangin. ketika orang orang sibuk ngomongin jawabannya ini itu dan kamu cuma bisa senyum miris karena bahkan cara untuk menjawab pertanyaan yang itu aja gatau. semacam sedih sendiri.

selain itu minggu ini juga pertama kalinya ke bosscha bener-bener begadangan. setelah minggu kemarin yang cuma perkenalan (walaupun tetep sampe jam 1....), minggu ini pertama kalinya nyoba bener-bener di Bosscha semaleman. berangkat abis isya. kali ini materinya sudah bisa dibilang beneran observasi. pake teleskop, semacam menghitung HA dari RA dan LST, baca skala, tunjuk bintang. dan ya...emang nggak kerasa sih, haha. beneran semaleman ya kerjanya gitu. nyoba pointing, tebak tebakan bintang dari RA dec nya

oh ya, kemarin juga pointing jupiter! akhirnya pertama kali liat planet jupiter pake teleskop. lucu, lebih besar dari bintang-bintang yang biasanya, warnanya cokelat dan ada garis garis merahnya. terus ada satelitnya juga. 

malam itu juga melahirkan satu trend baru ; mainan pembodohan :") mulai dari yang segitiga, tebak berapa nyamuk mati, dan tebak-tebakan absurd lainnya. padahal di bosscha dingin banget itu.. dan masih ada beberapa permainan yang belum mudeng sampai sekarang hmm.

habis observasi itu masih ada tes akhir lagi. jam setengah 4 pagi. entahlah itu udah tinggal berapa persen kesadaran buat nulis. banyak banget yang akhirnya ketiduran pas ngerjain. sampai wisma jam setengah 7. dan hari itu masih ada tes akhir lagi, teori :") sesuatu pisan.


cuma beberapa orang. sekumpulan kesadaran terakhir setelah semaleman begadang.


oh ya, come and visit! Space Journey. belum selesai sepenuhnya sih, tapi tinggal dikit lagi lah.. ngerjain di tengah tengah orang orang yang lagi pada nonton film horror tadi malem. yah lumayan produktif lah.

ngantuk.. mungkin nanti bisa disambung lagi. besok udah belajar lagi :") haaa. wassalamualaikum!

Sunday, November 3, 2013

past 7 days

mampir sebentar. yak, 5 jam sebelum tes akhir minggu ini dan malah duduk di depan laptop. paling salah emang. 

jadiiiiii sudah seminggu. nanti malem sih jam 10, tepat seminggu. ngapain aja? lumayan banyak. walaupun lebih banyak terkonsentrasi di kelas, dari jam 8 sampe jam 5, balik lagi jam 7 sampe jam 9. makan terjadwal, bajunya laundry.. pertama kali banget sebenernya jauh dari rumah selama ini. paling lama sebelumnya ya pas OSN, 2 minggu. dan sekarang masih 7 hari. 3 minggu lagi...

sekamar sama fifi, fiqi, claudia. dapet kamar paling paling luas dan nyaman daripada yang lain wkwk. katanya astro tahun ini cewenya rekor, sangat amat banyak. walaupun belum sampe setengahnya. akhirnya kenalan lagi sama orang-orang yang dulu cuma sempet nyapa-nyapaan pas lomba. sekelas. makan bareng, belajar bareng. haha, apa ya. semacam lucu ; gapernah kayak gini soalnya sebelumnya. siang malem ketemunya orang itu itu lagi.

orang orangnya.. alhamdulillah sudah hafal. ada yang sempet tahu kemarinnya tapi ada juga yang baru kenal pas di sini. tapi dimana mana orang ya gitu ya, ada aja yang aneh. haha. biarlah mereka dan dunianya.

malem jumat kemarin pertama kali ke bosscha bareng bareng. berangkat jam 4, sampai sekitar jam 5. tour teleskopnya lebih banyak dari pas pelatda.. sempet dibolehin naik ke Zeiss! :D sesuatu sekali menyentuh teleskop sebesar itu. di sana diminta nyoba buat aligning sama pointing. sempet ada tesnya juga, dan.....ah, parah -_- tingkat ketelitian mungkin sampai minus. hahaha. gak ngerti lagi. banyak banget cerobohnya, lupanya. baru pertama kali banget banget pegang teleskop kayak gitu. dan semacam yang lain bisa...yasudahlah. terus semua orang pada bisa baca langit. bagus sih emang langitnya, cerah banget, apalagi di daerah orion. sempet liat nebulanya segala. walaupun cuma bisa bengong... (....)

dan makin malem makin ngelantur. diatas jam 11 udah pada nggak bener lah. ya segala ngarahin teleskopnya ke daerah kota. ngomongin bahasa daerah gak abis abis. sudah lelah memang orang orang wkwk biarkan lah.

sebagian orang orang

besoknya tapi diceritain cerita horror bosscha sama kakaknya. hauuu. dan entah kenapa malemnya mimpi aneh. gimana sih, yang mimpi serem, tapi tahu kalo itu mimpi. tapi mau bangun gabisa. kesel sendiri. paling gasuka emang masa masa sleep paralysis kayak gitu. dan pas bangun, ternyata baru tidur 10 menit.....padahal berasa lama banget. 

bismillah buat 5 jam lagi..