4 hari terakhir

by - 8:44 PM

harusnya sekarang sedang merangkum bab yang catetannya ketinggalan karena ketiduran lama sekali di kelas :"")

01.09 pagi sekarang. 4 hari 4 jam 50 menit sebelum akhirnya kembali ke 'dunia nyata'. haha, asli. sebulan ini beneran kayak mimpi. berasa lama sekaligus cepet banget. nggak sadar kalau sekarang udah minggu terakhir. yang sama sekali nggak ditunggu-tunggu karena isi tesnya dua kali lipat. karena.....bentar lagi benar-benar harus berpisah dari semuanya.

campur aduk memang sebulan ini. dengan runtinitas yang kayaknya itu itu aja tiap minggunya. tapi saya seneng. nggak bohong, seneng banget. dulu sering banget membayangkan, gimana ya rasanya kalau ikut pelatnas astronomi. sebahagia apa ya... haha. dengan 24 jam bertemunya itu dan itu lagi. dengan praktek yang bener-bener pakai teleskop. ketika keterampilan begadang bener-bener sangat dibutuhkan....wkwk. 

banyak hal yang memang agak di luar jangkauan sih sebenernya. yah, gimana sih ketika melihat orang-orang udah berlari sebanyak apa sementara kamu cuma bisa terseok-seok mengejar di belakang. haha. tapi resiko kan, ya? ketika memang langkah kamu nggak selebar yang lain, yang harus kamu lakukan cuma mengayunkan kaki sedikit lebih banyak, kok. lelah? jelas iya. terus mau apa? ya kamu bukan manusia super. lelah itu konsekuensi. nggak ada gunanya juga membandingkan diri dengan orang-orang di sekitar. kenapa? ya karena parameternya aja udah beda. standarnya beda. 

cuma butuh 'sedikit' lebih maksimal, kok. bisa kan? ya seenggaknya, misalnya itu mustahil sekalipun, bisa mencoba, kan?

dan ya, sekali lagi, bohong namanya kalau saya bilang nggak seneng. haha. menurut saya memang kegiatannya sangat amat padat. bener-bener mengurangi waktu istirahat, dengan waktu observasi yang hanya bisa dilakukan malam hari dengan besok paginya yang masih harus masuk kelas lagi. dengan menghapalkan segala macam rasi dan messier yang saya bahkan dari dulu nggak pernah terlintas sedikit pun untuk mengingat yang kayak gitu.

tapi seneng, kan?

seseneng lihat rasi corvus yang ternyata amat sangat besar padahal di stellarium termasuk rasi-rasi tidak jelas. seseneng bisa lihat argo navis full dari layar sampai ujung badan kapal. seseneng bisa lihat leo full untuk pertama kalinya. seseneng lihat kakinya ursa major walaupun kita tahu dia nggak akan terbit lebih tinggi dari itu. seseneng bisa main teleskop walaupun sampai sekarang masih payah banget banget pointingnya. ya terus kenapa gitu kalo payah? simpel kan, itu berarti memang butuh lebih banyak latihan, haha. dan seseneng bisa kenal sama 30 orang lain dengan identitas penyuka langit yang sama :)

orang orang yang absurd tapi pinter. yang ketagihan main mainan pembodohan sampai susah banget buat fokus. yang begadangan bareng di bosscha sampai jam 5 pagi. 

kenapa jadi sedih gini....haha. bener-bener tinggal 4 hari lagi ya. 4 hari penuh tes pula. yah, apapun yang terbaik buat saya nantinya. karena usaha dan doa berbanding lurus dengan hasil, kan?

nggak akan pernah menyesal untuk pernah berada di sini. pernah menjadi bagian dari orang-orang hebat ini. sama sama berjuang buat jadi yang terbaik yah :)


You May Also Like

0 comments