TOASTI 2014

by - 11:48 PM

sejujurnya saya bingung mau nulis apa.

masih nggak percaya sudah terbangun dari sebulan penuh mimpi kemarin. entah gimana caranya waktu bisa berputar secepat itu kalau sama kalian. sebulan ya, haha. sebulan itu lama loh. dibanding OSN yang cuma satu-dua minggu. 4 minggu itu lama. inget banget waktu itu semacam 'terpesona' lihat jadwal harian. 4 lembar. setiap hari beda materi. dan ada aja kegiatan sampai jam 9 malam. belum kalau lagi malam observasi, atau ke bosscha. 

tapi akhirnya semuanya bisa dilalui, kan?

waktu itu liburan 5 november malah di kelas ngerjain PR pak Hakim, terus di kamar instruktur latihan assembly sambil latihan LST. berapa orang ya yang waktu itu misuh-misuh sendiri. liburan oi..masih aja di kelas. hahaha. bingung.


sok sibuk. mabok main sequence fitting. mabok pleiades.

begadangan di bosscha sampai jam 4 pagi. dingin menggigil, pake jaket SKETSA aja masih kedinginan. lihat langit yang cerahnya kayak stellarium. walaupun masih juga telmi kalo udah pada ngomongin langit -kenapa kalian bisa tahu secepat itu bintang-bintang di atas sana beserta rasi dan bentuknya. entahlah di otak mereka udah terinstall stellarium versi berapa.


finally, bosscha!

ngapalin 88 rasi dan 110 messier sampe mabok. atgclvlsscap, hahaha. singkatan aneh-aneh. hercules makan mie terus mager. aries, garis tapi kambing. canis minor, garis tapi anjing. eridanus - JKT48. semua dibikin lagu. semua dibikin singkatan aneh. sampe nggak bisa berenti ketawa di angkot. stress emang orang orang. walaupun dari tiga kali tes itu masih nggak bisa juga untuk sebutin full 88 rasi. magnitudo dan messier apalagi, tambah miris, haha. waktu itu cuma tahu sirius -1,45 dan vega 0,0. 18 lagi....mengarang indah. haha.


otw van albada

pertama kalinya megang teleskop lagi setelah OSN yang....membawa kenangan yang tidak cukup baik. haha. sentuh skywatcher lagi. ditambah C8, yang berat dan seram. dan...entah kenapa kok saya susah banget makenya. haha. hobinya motong waktu tidur instruktur dengan terusin pengamatan sampe bablas jam 4 pagi. gemes gak sih abisnya, orang orang pada jago pointing sementara kamu berkali kali nyoba nggak bisa terus :")

observasi dadakan pertama. sama Aisyah, Shinta, Joandy, Novita, Ibnu. bener-bener gangguin hidup instruktur sampe nggak tidur sampe jam 3 pagi, haha. terus orang-orang kelaperan. akhirnya masak.. pagi pagi buta. dikejar waktu karena sejam lagi jam 4 dan orang orang pada mau puasa. bikin mie aja rempongnya minta ampun. instruktur yang cowo aja lebih jago masak...ah pokoknya pagi itu absurd banget. baru sentuh kasur jam 4 pagi habis subuh. 


mengamati 'bintang ganda' dan 'pleiades' yang ada botol ron 88 nya



masak. fail.


observasi dadakan kedua, waktu itu emang lagi malam observasi di wisma. dan langitnya bagus banget parah. teraaang banget. walaupun ada bulan, yang saking nggak ada awannya udah kayak lampu. tiduran melingkar di tengah lapangan. kebanyakan terpana sama cetus yang ternyata besar banget menkar-diphda nya (walaupun saya cuma ber-ooh doang karena sama sekali belum kebayang bentuk cetus kayak apa haha). lihat perseus. dan ada kakinya UMa. tambah seneng lah orang orang haha bingung padahal ujung kaki doang. dan kayanya nggak akan terbit lebih tinggi dari itu. ya tapi memang sesuatu sih. kapan lagi bisa lihat rasi utara yang se utara itu.


bergelimpangan di lapangan. menunggu tim SAR sampai.

habis itu iseng-iseng teropong bulan pake skywatcher. sakit mata, asli, terang banget. akhirnya kita lihat pantulan bayangan bulan di atas kertas yang ditaroh tegak lurus sama eyepiece. dan kelihatan! baguus. udah kayak matahari aja. cuma boleh lihat pantulannya, haha. seterang itu bulan malam itu. sampe kalo ngeliat orang ngintip di eyepiece, bisa lihat pantulan bulannya dari mata si orang itu #asik. lol.

mulai malam. terus satu satu pada tidur. tinggal sisa bareng Joandy, Ajok, Aisyah. jam 3 pagi, pas udah rencana mau beres-beres. tiba-tiba kak Zae bangun. mau ngamat ISON. yasudah....rencana tidur gagal haha. tanggung sejam lagi. akhirnya masak (lagi). bikin mie rebus yang agak fail karena 4 dari 8 mie yang dibikin ternyata kuahnya dingin :") balik ke lapangan udah ada kak Dhimaz juga.


ya keliatannya enak sih, tapi mienya dingin............

dan..langitnya masih cerah banget. langsung terpaku sama rasi kotak yang ada di daerah timur. Corvus! terpana. gede parah. nggak percaya. corvus yang temennya crater. yang kalo di stellarium cuma segitu, apalagi di enjoy learning, dan termasuk rasi-rasi nggak jelas (?) ternyata sebesar itu. 

dan pas lihat di selatan, orang-orang tambah terpana lagi. ya seperti biasa saya terlambat menyadari ada apa di sana, haha. ternyata argo navis. full! carina-puppis-vela. berkali kali digambarin pake green laser baru kebayang. ternyata sebesar itu ya.

tapi kan kalo argo navis di stellarium juga besar. paling top mah udah si corvus kenapa gede pisan bingung hahah.

tapi ISONnya nggak dapet :( kata kak zae posisi teleskopnya salah, kehalangan ledeng air, hahaha. gak kece amat. kali kedua mau ikutan lihat ISON yang gagal setelah yang pertama waktu itu bareng Husen dan Ibnu dan kurang pagi. yah sudahlah mungkin lain waktu..

mainan pembodohan. kita terlalu susah untuk fokus sampe sama ginian aja terganggu banget, hahaha. diem dikit langsung mainan pembodohan. ya segitiga lah, pak beni, sering di lantai. ada aja versinya. mulai dari yang nggak jelas kayak apapun yang diberikan sama Stefan sampe yang aneh tapi bikin gemes kayak pak beni atau roket. haha. tapi ya serunya ya itu. melihat orang-orang mikir keras ketika idenya bahkan kamu nggak perlu mikir sama sekali :p lestarikan mainan pembodohan! lol

tidur di kelas. kesel. akhirnya coba pake freshcare di bawah mata. malah nggak bisa melek (...) hahaha ini fail aja. anehnya ada aja yang ngikutin. sampe pas tes akhir observasi masih aja ada yang pake. akhirnya kerjain tes sambil kriyep-kriyep matanya perih. haha maaf ya teman teman ini ajaran sesat.


masih bangun. masih....

rayain ulang tahun Nindy dan Novita. kak Zae acting nggak bilang bilang, sampe pada takut sendiri nggak cuma yang dikerjain doang hahaha. belepotan kue. ceburin orang tak bersalah (re : Husen, Faisal, Rafif) ke kolam ikan yang semacam hijau banget dan penuh kodok ew. bau parah. semangat ya kalian.


belepotan

hari terakhir, coba main ice skating. susah banget parah -_- saking sering jatoh sampe diitungin haha. yang bikin pas pulang badan sakit sakit bukan begadangan di bosschanya, tapi ice skatingnya. sepanjang di PVJ nemu banyak rasi bintang. mulai dari aries, pavo, hydra, chamaeleon. hahaha. sudah mulai rusak bung otak mereka. terkontaminasi. 

apa lagi ya. posting ini semakin nggak jelas ya arahnya haha. saya menulis apapun yang tiba tiba terlintas. abisnya bingung kalo mau diruntutin. udah jam 4 pagi. dan cerita tentang kalian memang terlalu banyak.

makasih banyak buat semua dosen-mentor-tutor-instruktur selama sebulan kemarin. makasih untuk kak Zae, mentor kesayangan TOASTI 2014 :3 yang harus sabar ngadepin kita semua sebulan penuh, haha. maaf maaf ya kak. instruktur yang waktu tidurnya suka kepotong karena kita gangguin buat nemenin ngamat sampe pagi. tutor yang sering diberisikin. ah pokoknya maaf dan makasih banget buat semuanya :""

dan yang paling spesial, buat teman-teman TOASTI 2014. makasih buat sebulan penuh mimpinya, paling berharganya. dari yang hari pertama pendiem banget sampe hari terakhir dimana semua orang sudah terlihat sisi absurdnya. kalo diinget inget, waktu kita bareng bareng banyak banget. haha. literally siang-malam. siang belajar di kelas dan malam di lapangan lihat langit. 

sangat bangga pernah menjadi bagian dari kalian, 31 orang pecinta langit terhebat sepanjang masa.

buat siapapun yang nanti bakal lanjut, semangat! jangan pernah berhenti mencoba, jangan pernah menyerah untuk memberi yang terbaik. tunjukkan kalau astronomi memang bidang olimpiade paling kece yang pernah ada :p

dan buat semuanya, jangan bosen-bosen lihat langit ya. walaupun sekilas, walaupun cuma sekedar lihat bulan. karena sejauh apapun, dari Joandy di Medan sampai Erfince di Papua. kita akan selalu melihat langit yang sama, kan? lihat ke langit dan kita akan selalu ada di sana :) jangan pernah lupa kadar ke-suka-foto-an kita yang menghabiskan 15 GB memori sendiri wkwk. trend foto zenith yang ternyata hasilnya bagus -bukan alay. 

ketemu lagi nanti, entah kapan. ditunggu nama kalian di asteroid atau komet di luar sana. atau di daftar orang-orang yang akan terbang ke luar angkasa suatu hari nanti. ditunggu kabar suksesnya. 

sayang kalian :)


ditanyain magnitudo semu


mana bidang galaksi? mana?


break jam 12 malam di bosscha. semua lapar. semua ganas.


serangan laron mutan. ada copet........






You May Also Like

2 comments