ROOT ; unchecked :(

by - 6:25 PM

entah bagaimana lagi buat melakukan hal seperti di postingan yang ini. huhu. setahun yang lalu. ketika akhirnya terbebas dari belenggu memori internal yang membatasi segalanya. ketika pake launcher pun nggak masalah. ketika semua aplikasi >10MB itu bisa terinstall dengan tenang di sana... :"

zaman sudah canggih bung. virus android merebak dengan cepatnya belakangan ini. semacam semua orang jadi pake. update sana sini. launching sana sini. masing masing berlomba dengan menawarkan spec yang beragam --dan patinggi tinggi. harganya juga, lol. semacam merasa norak sendiri ketika iseng buka settings > app manager hp temen (ya, ini satu tempat yang wajib dikunjungi kalo udah iseng lihat android orang) dan agak tercengang melihat aplikasi yang memakan >100 MB terpampang di sana. haha. (dan gemes melihat belum di move to SDCard #eh). 

ya, sekedar cerita. jadi beberapa hari kemarin akhirnya menyerah. ubek ubek XDA Developers nggak nemu solusi yang pas kenapa hpnya nggak ke detect ke PC. entah drivernya, atau apanya. yang jelas HTCSync nya nggak mau nyambung. ya dan itu berarti semua proses root nggak bisa jalan. mungkin ada sesuatu dengan S-OFF dan S-ON...? gatau. yang jelas tapi tahun lalu sempat menemukan masalah kayak gini juga walaupun akhirnya bisa teratasi. tapi masalahnya lupa gimana caranya :") haha. yasudah. 

oh ya. jadi masalahnya itu. setelah kurang lebih setahun hp berjalan baik baik saja, tiba tiba akhir akhir ini peringatan storage low terus. ternyata memory internalnya tinggal beberapa kb.....jadi ceritanya aplikasi yang dulu sempet di link ke SDCard entah kenapa linknya 'lepas'. semuanya balik ke memori internal. awalnya cuma butuh buat uninstall launcher (halo lagi, tema HTC), tapi lama kelamaan makin harus menguninstall banyak hal. 

gejala aneh juga muncul pas mau buka app link2SD, tapi denied sama superusernya. langsung keluar. hmmm. buka root explorer juga gabisa. titanium backup, coba screenshot, gabisa juga. akhirnya menarik kesimpulan kalau rootnya yang bermasalah ; dan harus di root ulang.

cuma ya itu. ketika mau coba root ulang, device nya nggak kebaca. 

akhirnya bawa ke jambu dua. mungkin mas mas disana ada yang ngerti. udah coba di root ulang di sana, tapi ternyata permissionnya tetap denied. root lagi, tetep sama. menunggu 2 jam tiada hasil. akhirnya memutuskan buat ditinggal aja hpnya.

nah, salahnya, bener-bener cuma dikasih kartu nama aja. nggak ada kuitansi, atau atas nama siapa, main tinggal aja. hahaha. baru sadar pas udah di rumah. kata orangnya besok udah bisa diambil.

akhirnya besoknya ke sana. terus........................tutup.

langsung panik. langsung panik. langsung kepikiran aneh-aneh. kalo pas di root terus bricked dan masnya kabur gimana.. kalo kenapa kenapa gimana............... mencurigakan abisnya gaada angin gaada apa konternya tutup. padahal sebelahannya buka semua. hau. pas di rumah coba telepon, ternyata memang tutup (ya masalahnya gaada kabarnya itu loh bikin parno...) dan pas ditanya, ternyata belum dicoba root lagi. disuruh dateng besok sorenya. buka kok konternya, kata masnya.

besok sorenya, sebelum pergi telepon dulu. dan ternyata masih belum bisa bung. kata masnya udah dicoba berkali kali tetep denied. disuruh dateng besoknya aja.

yaudah. nunggu lagi.........

btw hampir seminggu tanpa hp itu sesuatu. antara terbebas dari segala macam dunia luar (jadi ansos pisan di rumah) tapi juga khawatir takutnya ada apa apa, haha. media komunikasi tinggal line, twitter dan facebook. untung line cukup berguna (walaupun sekali gak ngeread notifnya bisa sampe ratusan...dan....error.....) jadi jarang ikut percakapan, cuma bisa nunggu sampe percakapan beres baru baca dari awal pas udah sepi. 

akhirnya tadi baru aja ke sana lagi. oh ya, sebelumnya paginya nelpon orangnya lagi. masa nomornya nggak aktif. dua duanya lagi. langsung khawatir lagi. yah...yaudahlah yang penting dateng aja dulu ke konternya. harap harap cemas takutnya tutup lagi pas udah disana. ternyata alhamdulillah buka. dan hpnya dikembaliin (alhamdulillah nggak kenapa kenapa, maaf ya mas, abisnya saya khawatir .___.) 

tapi ya itu...masih gabisa juga superusernya. lega sih udah kembali lagi ke tangan hpnya tapi....semacam tidak mendapatkan apapun. dapet hp yang udah ke reset ulang. kosong. 

dan tau ga ternyata kontak gugel itu nggak otomatis ke sync....................baru tau. jadi selama ini nyimpen kontak di google harus di backup dulu baru masuk ke googlenya. dan masalahnya setahun ini gak pernah. entahlah udah nyimpen nomor siapa aja...maaf ya banyak yang hilang.....

ya...tapi satu sih. seenggaknya sekarang hp kosong. wkwk. seenggaknya nggak perlu ragu dan mikir lama lagi untuk sekedar ngapus inbox yang udah sampe 17ribuan isinya. sekarang udah kosong. aplikasi agak nggak penting (tickling cat, nyan cat, face swap dst) yang kecil kecil juga hilang semua. haha. entah harus senang atau sedih. 

tapi superusernya masih gamau jalan :(

.........baru kepikiran buat upload screenshot tapi baru inget aplikasi screenshot harus diroot dulu. lalala. gak jadi.

hem....jadi begitu. oh ya. liburan tinggal diitung jari loh sekarang. diitung jari plus jari kaki buat H-dimulaimya-masa-Try-Out. to do list sekarang pindah ke desktop laptop ; entah kenapa kalau ditulis di buku front hijau semacam jarang dilihat. lumayan menumpuk loh :)) sadar ga :))

malem ini gamau fail kaya kemaren kemaren. harus mengerjakan sesuatu sebelum tidur. wassalam

You May Also Like

0 comments