Friday, January 4, 2013

ROOT ; checked

yak. post pertama di tahun 2013!

to do list pertama yang dicentang di tahun 2013 adalah ; akhirnya berhasil me root HP. sekarang udah lega. sekarang udah nggak niat ngapa ngapain lagi. mungkin posting yang ini akan sedikit bercerita tentang itu.

jadi, berjam-jam pertama dihabiskan dengan baca-baca tutorial di internet. dari mulai posting aslinya, nyasar ke forum, bacain komen orang-orang, lihat FAQ, kalo gagal gimana, dst dst. terus sekalian download file yang dibutuhkan. sebenernya yang agak lama itu mem backup data-data di dalem hpnya sih. copy paste isi sd card ke laptop, sync contact sama messages pake MyPhoneExplorer..

ceritanya, kalau mau ngemodif HTC itu harus ada security yang di off kan dulu. pokoknya ngubah S-ON jadi S-OFF. kendala awal di situ. entah kenapa devicenya nggak mau kedetect di laptop. sampe ngerepotin orang segala nanya-nanya ini itu. tapi pada akhirnya, setelah bolak-balik nyoba. download dan install driver, alhamdulillah dia mau. tapi itu belum selesai --masih harus di root.

singkat cerita, akhirnya bisa ke root hpnya :"") sebenernya tujuan nge root nya nggak muluk-muluk. tadinya cuma mau hapus aplikasi nggak penting, ngepartisi SDCard, terus pake app biar internal memorynya jadi 'besar'. tapi pada akhirnya tergoda juga buat flash ROM. waktu itu iseng download 2, MIUI sama CM7. pas nyoba yang MIUI, asli unyu pisan. cuma banyak bug nya ; headset gabisa, kamera aneh, nggak bisa move app to SD Card, dll. memang custom ROM nggak ada yang sempurna.

pada akhirnya ganti ke CM7. katanya sejauh ini ROM itu yang paling kompatibel sama Wildfire S. tapi setelah dicoba.. agak-agak lemot gitu. terus ga ada notification bar nya -_- agak fatal. jadi nggak sempet dioprek-oprek, udah diganti lagi. balik ke stock ROM. emang, stock ROM selalu yang paling bagus ya.

tapi sebenernya, nge root doang pun masih belum menyelesaikan masalah internal memori.

udah coba ngapus aplikasi bawaan nggak penting, (facebook, maps, plurk, stock, news, dst) tapi masih juga berkurangnya sedikit. akhirnya coba pake aplikasi link2sd. buat pake app itu, sebelumnya SDCard harus dipartisi (dibagi) dulu. jadi ada satu bagian yang jadi system dan jadi tempat nyimpen data-data aplikasi yang di link ke situ. jadi pake MiniTool Partition Wizard, coba dipartisi. diambil 512MB dari 4GB buat nyimpen app. udah selesai, terus coba dimasukin lagi ke hp.

......dan ga kebaca dong SDCardnya.

kurang panik apa. iya internal memory kecil, tapi kalo sampe SDCard gabisa kebaca udah paling parah. mau jadi apa. udah sempet di format berulang kali, ditinggal tidur (mungkin butuh waktu sampe SDCardnya kedetect), tapi gak bisa juga. cari lagi tutorial, melakukan sesuatu di CWM segala. tetep gabisa.

itu jam setengah 4 pagi.

udah gitu paginya berangkat JR. sejujurnya amat sangat tidak mood. iya di root, tapi kalo nggak bisa pake SDCard atuhlah sama aja. udah mah contact kosong melompong. oh iya. ada masalah juga ternyata dengan nge restore backupnya contact. jadi pas dibackup, ternyata itu nyampur sama contact dari syncnya twitter, plurk, facebook gajelas. jadi aja contact sampe seribuan. dan begitu di restore, nggak muat. jadi yang ga penting ga penting ada yang masuk, tapi ga semua contact yang di phone masuk.

die die die. 

tapi materi pas JR lumayan menghibur. tentang mimpi gitu. kan, bahkan semua orang bilang kalau kita harus bermimpi tinggi. jangan takut untuk menarget. karena kalau semangat dan sungguh-sungguh, suatu saat pasti tercapai.

udah gitu, kepikiran buat mampir ke BTM ngurusin SDCard. khawatir banget takutnya ternyata slot SDCard di HP yang rusak. udahlah itu mah. 

jadi dengan harap-harap cemas, menjelajah sendirian di BTM. rame pisan pula. untungnya nemu tempat reparasi HP. 

dan begitu nanya, alhamdulillah banget ternyata yang bermasalah itu SDCardnya bukan slotnya di hp. ternyata SDCard itu ada kelas-kelasnya gitu *iya, ini saya baru tahu*. buat dipartisi, minimal harus yang kelas 10 kata masnya. dan SDCard yang kemarin dipartisi di rumah...........kelas 4 :p ye wajar dia jebol. lol. akhirnya dilepas partisinya. beresiko soalnya.

singkat cerita, akhirnya beli SDCard yang kelas 10 itu dan dipartisi. terus diatur setting link2sdnya. jadi, aplikasi ini bukan untuk menambah memori internal (sakti amat kalo bisa). tapi semacam 'menipu' hp gitu. huehe. aplikasi yang di link pake link2sd, dia bakal kelihatannya kesimpen di memori internal. padahal sebenernya kesimpen di partisi SDCard itu. jadi mau simpen sebanyak apa juga, memori internalnya ga akan ngurang sebanyak itu.

intinya mah gitu.

dan setelah dicoba menginstall beberapa aplikasi dan di link, dia bekerja :"""""")


dan beberapa aplikasi 10MBan lagi di bawah sana, tapi memori internal yang kepake cuma segitu.

akhirnya, mission accomplished. udahan main-main sama hp nya. alhamdulillah. ROMnya cukup yang asli aja. selama internal memorinya bisa tertolong, gapapa.

terus iseng-iseng nyari launcher. tadinya mau pake ADWLauncher atau GO, terus ternyata nemu MIHome! itu launcher yang nanti tampilannya kayak ROM yang MIUI, yang unyu pisan. lengkap sudah lah. gausah ganti ROM segala kan buat dapet tampilan unyu kayak gitu? :p


setelah setahun melihat tampilan asli dari HTC (nggak pake launcher lain), asli, ini unyu parah

dan soal contact, ternyata nemu backup di PC yang belum kecampur-campur sama contact aneh-aneh. langsung coba di hapus semua contact social media, terus di sync di hp. terus....bisa :p alhamdulillah lagi.. walaupun backup lama, sekitar bulan Agustus kemaren. tapi gapapa. setidaknya ada.

yah, mungkin bagi beberapa orang, hal modif modifan kayak gini urusan gampang. bukan hal besar. tapi buat saya, yang notabene nggak kenal sama sekali hal kayak ginian dan baru pertama kali (dengan segala macem istilah CWM, fastboot, bootloader, recovery, flash, bla bla bla) berhasil melakukan ini tuh.... :"") apa ya. soalnya kalau gagal, resikonya lumayan. blackout bro. bisa mati hpnya. udah mah garansi udah lewat. service center jauh. jadi resikonya cukup besar, lah.

tapi kalau berhasil, manfaatnya juga besar banget..

to do list ; nge root HP, checked!

liburan tinggal 2 hari lagi...............

kemarin ke sekolah. ketemu sama lumayan banyak orang. senang :) akhirnya melihat lagi muka-muka yang ngangenin, yang udah asa lama banget nggak lihat. akhirnya, kangennya terobati.

paling pasti ya. gak bisa jauh-jauh. haha.

dan kemudian dihadapkan sama kenyataan kalau ; kehidupan semester 2 sudah hampir dimulai. hecticnya udah mulai, malah. dengan serentetan acara yang bentrok sana-sini. rombak staffing, maju mundurin tanggal, dll. 

tapi, justru ini kan lahan 'main'nya?

pengen banget nyemangatin orang-orang tersayang yang satu itu. kita bareng-bareng kok. aliran dan setruman manfaat yang kalian bawa pasti akan sampai ke tujuannya nanti. percaya :)

oh ya, dan hari ini bakal ada yang 'bertempur' di medannya. semangat juga untuk para pasukan LKBB PANDAWA 16! percaya kalau hasil akan selalu sesuai dengan proses, dengan cara yang nggak kita sangka sebelumnya sekalipun. bahkan hanya melihat latihannya sudah cukup untuk menangkap kobaran semangat juang, pengorbanan, dan keikhlasan kalian. Fight and Win untuk pertempuran hari ini, yah!

yak. akan balik mengerjakan buletin astro. tinggal sehalaman lagi hap hap hap! 

Wassalamualaikum Wr Wb