Wednesday, July 13, 2016

Negeri Sakura #4: Space Farming

Assalamualaikum.

Bel Air Sendai, 02.16 pagi.

yakkk beberapa menit lagi subuh dan kudu bangunin Vira. #masihgabiasa #kokudahjamsegini

lets just take a quick report for all these 3 days.

engga sih sebenarnya lebih mau ngomongin ini. spaceflight life science. topik lecture keenam yang jadi bahan presentasi akhir dua hari lagi.

beberapa hari ini berkutat tentang ini di internet. tadinya kami bener-bener blank karena topik ini mengarah ke mikrobiologi, dimana ada cacing yang suatu gen tertentunya di inhibit dan dikirim ke ISS, kemudian diamati perilakunya. kami yang orang teknik mesin, aeronautika, dan fisika ini sama sekali tak tahu apa-apa bung tentang hal ini. tapi karena salah satu poin dari presentasi ini adalah mengaitkan topik lecture (apapun itu) dengan bidang kami masing-masing, jadi mau engga mau harus dihubungin.

spaceflight life science dengan teknik mesin dan biosistem?

akhirnya berakhir dengan ini


yak, space farming. pertanian di luar angkasa.

I mean, this is like the most important thing. mana mungkin eksplorasi luar angkasa bawa satu gerbong sendiri buat makanan? kalau kita bisa hidup di mars, masa makanannya import dari bumi?

yah, pada akhirnya makanan akan selalu jadi bagian paling penting. hidup pertanian!

dan; ayolah seharusnya ini jadi seru banget ketika harus menggabungkan eksplorasi luar angkasa, aerospace engineering (sebenarnya baru dikasitau kalau aerospace engineering dan aeronautical engineering itu jelas beda banget.. my whole life is a lie), dan agriculture yang jadi bidang studi saat ini. entahlah tapi begitu cari-cari lebih dalam lagi dan menemukan segala macam hormon dan bagian-bagian tanaman yang sensitif gravitasi dan cahaya, auksin, sitokinin dan teman-temannya... :") 

bismillah bisa ngerti (lagi) (berkali-kali belajar ini tapi lupa mulu)

ah ya beberapa hari ini...

#8th Day; The-most-important-second-lecture Day

Hari senin ini adalah hari kuliah topik yang dijadikan bahan presentasi. kuliah pertama adalah Introduction to Spintronics; yang bahkan baru denger pertama kali teknologi spintronics, haha. tapi memang applicable banget, bagaimana memanfaatkan medan magnet dari elektron-elektron yang berputar untuk bisa menyimpan bit data. kalau dulu (sekarang masih sih) memory masih pakai HDD yang bentuknya piringan, kalau pakai spintronics ini bisa jadi lebih cepat prosesnya. teknologi lain selain SSD yang bisa boost kecepatan membaca (dan unlimited write kalau spintronics) walaupun dengan kapasitas yang engga begitu banyak.

..ngomong apa :"

intinya begitu...

 lecture kedua; Life Science Spaceflight Experiments in Tohoku University. setelah malam sebelumnya sempat kumpul dan diskusi bentar, semangat sampe duduk di bangku paling depan.

..............tapi tetep ngantuk :(

sedihnya. kenapa. jauh-jauh ke sini ujungnya ngantuk juga....heu. tulisan di buku catatan khas orang mengantuk seperti biasa. walaupun tetep bisa nanya (pertanyaannya kan dah disiapin tapi) di bagian akhir dan sempat diskusi lebih lanjut juga dengan profesornya.


subway. mahal:(



tempuraaaa



#9th Day; Aikido dan Hari-berjalan-sedunia

kuliah pertama tentang The 2011 Tohoku Earthquake. diajak turun ke tunnel 44m di bawah tanah dengan suhu 11-12C tempat menyimpan seismograph yang sangat sensitif. kayaknya sejauh ini suhu terendah yang pernah dialami (selain tangan masuk ke kulkas) ya ini...haha. tapi malah jadi penasarannya ke winter dinginnya kayak gimana #salahfokus

"Emang kalo winter, lu mau ngapain?"

"Mau pegang saljunya."

"Terus?"

"Ya dimakan aja."

"Terus?"

"Bikin sirup di es boleh kan ya."

"Terus?"

"Emang dulu pas winter ngapain, Ben?"

"Ya gua juga penasaran awalnya. tapi ujungnya dingin banget jadi gak ngapa-ngapain."

"Yaaa...."

#halah #belomngerasainaja #tambahpenasaran 

Bismillah semoga lain waktu bisa benar-benar merasakan dinginnya winter dan bikin sirup di atas es. amiin.


Terowongan dingin


Mixed-Reality!

terus pelajaran kedua; Aikido! diajarkan tiga jurus (?) dasar pertahanan diri. langsung pengen banting orang #heh #gagitu. ya asal pas pulang ga langsung lupa aja sih itu..

lalu pulangnya menunggu bus kampus yang tak kunjung datang dan berakhir dengan jalan kaki. dari Aobayama ke hotel. 4 stasiun subway lah kira-kira... entahlah mungkin udah biasa kali ya buat orang sini tapi pegal uga. berapa ya.. 2-3 km mungkin? walaupun di tengah jalan tetap seru karena eksplorasi sana-sini. naik tangga yang beberapa hari yang lalu bikin penasaran dan ternyata tinggi banget. atasnya kuil! that feeling ketika akhirnya selesai meniti tangga dan senang menemukan apapun yang ada di atas sana.


ada tiga kali beginian

#10th Day; Robotics for Space Exploration and Disaster Response

kenapa judul lecture pertama dijadikan judul hari; karena ini adalah the best lecture so far. engga heran ditaroh di bagian paling akhir. kombinasi dari mechanical, aerospace, aeronautical, astronomy, dan robotics. ngomongin misi eksplorasi luar angkasa ke bulan dan ke mars. kalau benda dilempar dari ketinggian tertentu di bumi, dia bakalan free-fall atau mengorbit? tergantung initial velocity. bulan periode rotasinya berapa hari? butuh kecepatan tertentu buat mengorbit di ketinggian tertentu. whah...subhanallah. ini berasa jilid II dari materi Eksplorasi Luar Angkasa dari LAPAN pas Pelatnas II 2 tahun lalu. 

keren pokoknya xD

(tapi orang belakang pada ngantuk) (entahlah) (mungkin karena mereka capek banget jalan semalem)


Hayabusa mission

kemudian.. di sini lah sekarang. H-2 presentasi dan masih mencari-cari bahan.

harus tidur. Wassalamualaikum!