Sunday, July 10, 2016

Negeri Sakura #3: Brief-1-Week in Sendai

Assalamualaikum!

Dari Aoba-ku Ichibancho, 10 Juli 2016 jam 8.54 pagi.

Pertama, sedih juga ternyata baru sempat buat posting sekarang; bahkan seminggu setelah kedatangan ke sini. Dicoba buat diingat-ingat lagi ya..

Setelah sampai di Sendai tanggal 2 Juli malam, kami diantar ke rumah mba Arie, salah satu warga Indonesia yang tinggal di Sendai. harus di rumah orang dulu karena check in hotelnya baru tanggal 3 Juli. masih luntang-lantung. kalau kata Novena; kok bisa gitu sih. gak tau nov aku juga engga ngerti kenapa bisa gitu haha alhamdulillah tapi ada aja yang mau berbaik hati, walaupun bahkan belum pernah bertemu sebelumnya. 

Sampai tanggal 3 sore kami di sana, main sama kakak dan Dhiya-kun. Kakak sangat fasih bahasa Jepang karena memang sekolah SD di sini. subhanallah, memang suatu kebesaran Allah yang sangat bisa dirasakan adalah bagaimana anak kecil bisa belajar berbahasa. di rumah ada Faza, yang sekarang berumur 2 tahun dan senang banget nyanyi. menyaksikan sebagai tantenya dari mulai masih kecil banget sampai sekarang. se-complicated apa yang ada di kepalanya hingga bisa belajar untuk merangkai huruf dan kata. yang terkadang jadi lucu banget ketika ada kata-kata atau kalimat yang strukturnya kebalik sana-sini (at least she tried..). untuk kasus Kakak; bahkan dengan dua bahasa!


Kak Wara, Kakak Rusyda, Dhiya-kun
lecture pertama kami adalah computer vision. di situ juga dibahas sedikit bagaimana otak manusia subhanallah sangat complicatednya sehingga jaringan syarafnya sampai sekarang masih sangat sulit untuk ditiru. untuk dipelajari habit dan cara kerjanya. 

tanggal 4 Juli, pertama kalinya bertemu dengan seluruh peserta yang lain. keseluruhan kami ada 23 orang, berasal dari Indonesia, Russia, Thailand, China, Korea, Amerika, dan Belgia. yap mulai coba membuka pembicaraan dan kenalan dengan yang lain. untuk saya pribadi, pertama kalinya juga benar-benar harus berkomunikasi dengan bahasa Inggris; satu hal yang belum pernah didapatkan di program lain. entah kenapa tapi banyak banget yang jurusannya mesin, haha. bahkan cewe-cewe pun! memang strong sekali bung. ada juga yang dari mechatronics, aeronoutical.. keren pokoknya.

kami berjalan kaki ke Kawauchi Campus. suatu budaya yang kayaknya jarang banget dilakukan di Indonesia ya. lumayan juga. bahkan di gugel maps (baru nyari tadi) 2 km :") hampir setengah jalan ke kampus. later on kami menemukan bahwa dengan jalan, kami bisa menemukan banyak hal baru. dan tentunya menghemat biaya. you'll always find some cool stuffs and things when you try to walk with different path. daripada di Subway yang 6 menit sampai dan nggak ada pemandangannya, sayang juga ya.


malam hari. kanan kirinya toko

karena program kami adalah Science Summer School, kegiatan di kampus memang diisi dengan lecture dan lab visit. topiknya berbeda-beda tiap harinya. dari mulai astrophysics hingga organocatalyst. ya, dan memang karena kami pun berasal dari jurusan yang berbeda-beda, nggak semua orang menangkap 100% isi lecturenya (apalagi yang organocatalyst beneran sedih banget engga ngerti apa-apa....). tapi alhamdulillah bisa merasakan gimana rasanya duduk di sana, Tohoku University, dan diajar oleh professor yang sangat berpengalaman di bidangnya masing-masing. kunjungan labnya juga keren-keren. Tohoku University sendiri punya beberapa kampus yang letaknya berjauhan; kami menggunakan tiga diantaranya. Kawauchi Campus, Aobayama Campus, dan Katahira Campus.

#1st Day: Opening Ceremony and 1st Japanese Language Class

Penjelasan mengenai acara ini dan diikuti dengan penjabaran singkat mengenai kehidupan di kampus Tohoku University. diberitahu juga kalau nanti pada akhir acara kami diminta untuk menampilkan presentasi selama 30 menit mengenai topik-topik kuliah yang telah dibagi ke beberapa kelompok. sekelompok sama Harris (Australia) dan Evgenii (Russia). bingung karena kami dapat topik mengenai molecular biology sementara masing-masing dari kami adalah jurusan Mechanical, Aeronautical, dan Physics....

yak semangat terus lah ya


meet my teammate!

untuk Japanese Class, walaupun yang masih basic (seperti memperkenalkan diri, sapaan, membeli barang di supermarket), tapi kok rasanya jadi pengen banget mraktekin di sini, haha. yak bismillah target untuk sekarang adalah bisa baca Hiragana dan Katakana dengan lancar :" kayak Savira, salah satu partisipan dari Indonesia yang dengan sangat kerennya sudah bisa baca ini itu dan ngomong ini itu. selamat belajar baca; jangan malas-malas!


lupa-sama-sekali-harus-mulai-dari-awal:(

#2nd Day: First Step in Aobayama Campus

Aobayama Campus adalah gedungnya science dan engineering. yang mana ada gedung yang di atasnya ada beberapa rumah teleskop kecil untuk jurusan astronomi (sangat mauuu huhu). lecture hari tersebut adalah The New Golden Age of Astromaterial Sample Returns dan Computer Vision in Robotics. di hari itu juga beberapa dari kami yang berpuasa menunggu buka di kantin Aobayama (berburu makanan halal dan murah yay). sorenya menjelajah dulu.


semacam ERCnya ya



engineering!



ini semacam store di aobayama. arduino uno, raspberry pi, dan komponen-komponen lainnya dijual macam pulpen penghapus :")

kemarin alhamdulillah sempat nyoba puasa di sini selama beberapa hari. lumayan jadi hemat. sebenarnya engga begitu kerasa karena beraktivitas seharian di luar. sore dikit nunggu bentar sudah maghrib. pernah juga tapi engga sempat cari ta'jil (?) sehingga berbuka dengan malkist roma dan mie gelas :")

ngomong-ngomong makanan, yak, benar-benar bersyukur di Indonesia bisa makan hampir dimana saja dan apa saja. yang namanya kalau ke Sevel harus bacain atau gugel-translate-in ingredients satu-satu.. dan entah makanan disini memang standarnya mahal. beli makan di luar range harganya 500-1000 yen (kira-kira 50.000 - 100.000) per sekali makan. yang bikin mikir. apalagi harus caritahu tentang ingredientsnya dulu. cari yang engga ada daging, sake, mirin. beberapa dari kami yang Indonesia bahkan sampai patungan buat beli beras (dan ada juga yang beli telor mentah untuk direbus heater). rasanya kok jadi pengen cepet-cepet balik ke Indonesia dan menjelajah restoran Jepang di Bogor aja biar bisa halal dan terjangkau harganya :"

#3rd Day: Iedul Fitri!

alhamdulillah bisa Shalat Iedul Fitri di Mesjid Sendai, sekitar 20 menit naik bus dari Sendai Station. akhirnya mendengar takbiran setelah malam sebelumnya (yang biasanya selalu dipenuhi petasan dan alunan takbir) sepi tanpa suasana lebaran. entahlah, tapi kok rasanya baper juga setelah 18 tahun belum pernah Iedul Fitri yang sejauh ini... Taqabalallahu Minna wa Minkum, Shiyamana wa Shiyamakum. alhamdulillah masih bisa dipertemukan oleh saudara-saudara muslim di kota ini. semoga diberikan kesempatan untuk bisa menyambut Ramadhan tahun depan, amiin..


Setelah shalat engga ada tapi yang namanya makan opor.... langsung buru-buru naik bis balik ke kampus karena jam 10 sudah ada kelas. akhirnya ditemani oleh Whatsapp yang setia mengabarkan kegiatan Iedul Fitri dari keluarga di Bogor (segala macam foto makanan dan bayi bayiiii huhu). lecture hari itu adalah tentang Carbon Nanotube (struktur material nano yang sangat kuat dan aplikatif buat masa depan) dan Japanese Language Class #2. 

#4th Day: Ikebana

Pagi harinya kami disambut dengan kuliah mengenai Neutrinos. yang dosennya ngasih exam di 30 menit terakhir (yang ternyata walau pegang slide pun masih sulit heueu). tapi setelah itu kami pindah ke kampus Kawauchi dan belajar Ikebana; seni merangkai bunga ala Jepang. yang minimalis, beda dengan flower arrangement biasa. bunganya juga cantik-cantik subhanallah.




#5th Day: Date Masamune Drama

Diawali dengan kuliah di Aobayama Campus mengenai Organocatalyst, kami memutuskan untuk berjalan kaki dari Aobayama ke Kawauchi (yang dari kemarin dilakukan dengan menghabiskan 200 yen untuk naik Subway huhu mahal). turns out that kita menemukan banyak banget hal menarik sepanjang jalan. mulai dari cicak hingga ular (biasa sih; tapi kan itu cicak Jepang!), bunga-bunga khas Summer (yang ternyata nemu berkali-kali bunga ginian) dan bisa bercerita banyak juga dengan peserta yang lainnya.



jalan-jalan
Sampai di Kawauchi adalah kelas Preparatory for Field Work. kami dikenalkan dengan Date Masamune, orang Jepang pertama yang mengirimkan first diplomatic mission ke Eropa. Beberapa memainkan drama singkat tentang cerita ini. kemudian dilanjut dengan penjelasan singkat mengenai Ishinomaki, daerah pinggir laut yang terkena kerusakan parah akibat Tsunami 2011 lalu. 

#6th Day: Fieldtrip Time!

Kumpul jam 6.40 pagi itu way too early buat kami yang biasanya kumpul jam 9 pagi, haha. naik bis ke Ishinomaki. ada kunjungan ke Nursery School (sepertinya Daycare gitu ya?) penuh dengan bocah-bocah Jepang unyu. Setelah itu ke Dougen Temple. pertama kalinya makan Udon dan Oyster! ada juga kunjungan ke museum tempat replika kapal yang membawa utusan Date Masamune ke Eropa disimpan.


bocah bocah


depan replika kapal Saint Juan Bautista 


mirip teleskop dikit gapapa lah ya


my first udon, inari and oyster! akhirnya setelah hampir seminggu 


bendera himateta dan baju lapangnya sampai juga yay

#7th Day: Loople-ing

terus...tiba-tiba sudah hari minggu.

hari ini mencoba untuk menggunakan loople bus; Bus wisata yang memang khusus melewati tempat-tempat wisata di Sendai. dengan 610 yen bisa naik dan turun kapan saja di semua tempat pemberhentian. kebanyakan tempatnya adalah temple dan shrine kuno khas Jepang. hal yang sempat bikin bingung ketika kita engga nemu Sevel dan menghabiskan waktu jauh lebih lama translate sana sini heu. capek sih memang, tapi seengganya kegiatan Explore Sendai sudah bisa tercentang di list yay alhamdulillah.


loople bus


Date Masamune

Ohiya sempat juga menjelajah toko-toko buku di sekitaran Sendai Eki. dan memang ya komiknya.....ya wajar sih namanya Jepang haha tapi komiknya banyak sekali *__* nemu juga Book Off Store, semacam tempat jual buku-buku bekas murah gitu. komik Naruto 100 yen an. nemu juga buku novel Harry Potter, Series of Unfortunate Events, dengan hanya 350 yen! jadi pusing kebalik-balik deh ya kok harga buku sama kayak sekali makan nasi. buku HP 4 dan 5 yang setebel-tebel itu aja 500 yen. makan restoran luar masih belom dapet. ya namanya buku bekas mungkin ya tapi masih bagus.. 


komik, komik everywhere...


Fullmetal Alchemist!

berhubung sekarang adalah Summer, memang waktunya jadi agak bikin jet lag. malemnya bentar..... diri ini yang biasa melakukan hal ini itu malem-malem di Indonesia jadi agak bingung. adzan Maghrib jam 19 PM, dan sudah subuh lagi jam 2.30 AM. sangat bikin galau apalagi ketika masih harus sahur; antara begadang nunggu subuh atau tidur dulu tapi takut engga bisa bangun. jam 4 pagi sudah mulai cerah. walaupun kegiatan dimulai jam 9 pagi, tapi tetap berasa aneh. habis isya keluar bentar, sampai kamar ngobrol, tiba-tiba sudah jam 23.30. hmmmm. mau tidur sekarang tanggung subuh. yang macem-macem begitu.

30 menit lagi harus sudah siap di bawah. udah Senin lagi aja:( 

Ja-ne!