Akademik Türkçe

by - 12:16 AM

Assalamualaikum! 

Jadi saat ini sudah menginjak sebulan terakhir di dunia per kursus bahasa Turki an. Akademik Turkce. Setelah lulus C1, siswa dibagi sesuai dengan bidang jurusannya (sains, sosial, kesehatan) dan diberikan topik mengenai kepenulisan akademik. Artikel-artikel yang dibahas pun sesuai dengan bidang tersebut. Yang lumayan berbeda adalah lama kelasnya, dari jam 8 pagi hingga 5 sore, full Senin-Jumat. Bayangkan, segitu lama topik bahasannya MPPI saja kawan, yang pas kuliah dulu hanya seminggu sekali @1 jam pelajaran. 

Faktor bahasa sih paling utama (ya namanya juga kelas bahasa). Kami (atau saya) harus bisa mengubah gaya bahasa tulisan sehari-hari jadi bahasa akademik. Entah ya, saya juga bingung kenapa orang sini suka banget bikin kalimat panjang-panjang, tanpa koma, tanpa titik. Heueueu. Satu paragraf @5 baris bisa isinya satu kalimat doang. Ternyata aturan satu paragraf minimal 3-4 kalimat di pelajaran bahasa Indonesia tidak berlaku secara global. Jadi.. Insya Allah bermanfaat. 

Sudah lewat 1 minggu. 20 harian lagi!


gimana2, hassas tarım? precision farming?

Lalu mengenai hal-hal akademik di postingan ini. Pantikannya beneran musiman nih ternyata :( Engga deng, memang sebulan ke belakang belum fokus yang itu dulu, fokusnya ke yang lain. Baru diingetin lagi beberapa hari kemarin. Hayo, tak bisa kabur lagi, seriusin ya. 

Kemudian.. yang diputuskan untuk diperjuangkan. Sudah waktunya, sekarang tinggal menunggu. Bismillah semoga dimudahkan.

You May Also Like

0 comments