Thursday, June 14, 2012

Green Hill, Juni 2012


tiga. dua. satu.

hah.

akhirnya duduk di depan PC dan mulai bikin new post di blog. udah lewat seminggu sih... seminggu lebih. tapi masih pengen cerita tentang yang ini. semoga masih ada atmosfernya. oh ya, hari ini disuruh ngambil piagam di dinas jam satu siang nanti. masih ada lah ya... jaketnya juga masih tergantung di deket kasur.

Selasa, 5 Juni 2012. yang lain udah duduk di meja ujian masing-masing, saya masih di angkot. sempet panik karena ternyata hampir mau ditinggal ke dinas --walau akhirnya nggak jadi. toh pas sampai dinas, dianggurin juga sampe jam 9. yang komputer belajar, kebumian belajar. nggak niat ngeluarin buku. a fahadnya juga ngobrol di ujung lain. akhirnya cuma bisa nontonin aja yang lagi serius baca-baca soal.

cuma tetua astro sebelumnya yang dateng ke dinas. nyusulin. ngakunya sih, udah dateng ke sekolah tapi telat. semacam terharu... dateng naik motor dengan muka sumringah seperti biasa dan nyapa orang satu per satu. heboh sendiri (ya ya, kayak biasa). tapi nggak lama sih. akhirnya kami dipanggil untuk mulai naik mobil. si-yang-tadi-dateng-naik-motor mengiringi. ikutan keluar dinas pas mobil-mobil akhirnya berangkat.

"Ayo berjuang, Mae!"

singkat cerita, sampai di Green Hill. singkat cerita kami makan siang dan jalan-jalan. singkat cerita..



(asdfjkl pengen cepet-cepet sampe ke bagian serunya!)

setelah masing-masing cewe dan cowo disediain rumah. pindah. norak-norak sendiri karena rumahnya punya loteng kayak rumah-rumah di luar negeri. merinding sendiri karena lantainya dingin minta ampun. waktu itu matahari nggak muncul. ketutup awan. tambah dingin lah ya.

kenalan sama anak astro yang lain. Grace, Wilson, sama Yogi (harusnya udah mulai kenalan dari pas ngukur jaket waktu itu sih lol salah banget ini). sorean, semua bidang pada belajar bareng. jadi astro juga. mengambil alih satu ruangan kosong di ruang tengah rumah cowok. melingkar, di tengah-tengahnya soal dan buku bertebaran. udah serasa penguasa ruangan aja. yang namanya bertumpuk dan berantakan. tapi pada akhirnya kita ngobrol sih. beruntunglah mempunyai bidang yang punya banyak banget hal menarik untuk didiskusikan. ngomongin alam semesta, galaksi, fakta-fakta yang sebelumnya nggak pernah tahu...

pokoknya pada akhirnya soal-soal di tengah itu nggak semuanya disentuh aja. lol.

berenti pas asar. sholat. minta O2mania! menjadi pelopor yang mandi pertama di rumah cewek #ea. tiba-tiba udah maghrib. sholat. ke aula buat briefing.

.....pesertanya banyak aja. begitu dateng, dua ruangan udah penuh. akhirnya nyempil-nyempil di deket pintu biar bisa denger penjelasannya. iya, emang nggak elit. daripada diem di belakang dan nggak denger penjelasan apa-apa, kan?

bubar. balik ke rumah masing-masing --oh ya, tadi bilang kalo awannya tebel pas siang. which means, kemungkinan besar nggak akan ada bintang malem itu. ah! sayang banget. padahal letaknya lagi di atas. di daerah puncak. harusnya langit bisa keliatan lebih jelas. sempet protes ke anfa yang notabene kebumian dan belajar tentang awan #salah. wkwk. abisnya.....

tapi pas malem, ternyata ada! yah, walaupun katanya ada rasi bintang ini dan itu, dan saya nggak bisa ngenalin walaupun udah ditunjuk beberapa kali. agak kopong. gapapa. yang penting liat bintang.

udah gitu memutuskan untuk belajar lagi. waktu itu sekitar jam setengah 8 malem. tadinya mau di tempat cowok lagi, tapi pada akhirnya pindah juga jadi ke lotengnya cewek. di dalem kamar lantai 2 ada komputer, di bawah ada kebumian sama ekonomi.

kami duduk melingkar lagi. bagian tengah kembali terisi sama soal dan buku-buku. tapi pada akhirnya nggak ngebahas soal (lagi). berbekal sama kisi-kisi dari negeri antah berantah (entah itu kisi-kisi olimpiade astronomi tahun berapa) akhirnya kita ngebahas kisi-kisi itu aja.

(here comes the most fun part!)

ini... apa ya. bisa dibilang belajar astro terseru sepanjang sejarah belajar astro. suka banget atmosfer kayak gini. walaupun judulnya belajar, tapi yang ini mungkin lebih ke diskusi. kadang diteriakin sama yang di lantai bawah soalnya ada yang (selalu) ngomong kekencengan. lol. ....gimana ya ngejelasinnya. seru aja. sampe jam 10, dua jam beneran nggak kerasa. (buat saya sih, nggak tahu yang lain yang mungkin pada ngantuk.). pokoknya malem itu produktif banget. sebanding sama ngerjain soal astro sampe jam 1 pagi lah :))


tumpukan soal dan buku. tinggal bakar jadi api unggun.

yang cowok pada balik jam 10. sayang banget tiba-tiba langitnya merah.  nggak ngerti juga sih merah apanya. katanya merah aja. #apasih. jadi bintangnya nggak keliatan. padahal malem itu aturan juga purnama. yah.

terus tidur. kan nggak boleh begadang......... bangun jam setengah 4 pagi buat sholat tahajjud. pas turun ke bawah, anak ekonomi semua udah pada pegang buku di kasur. ha. pada bangun dari jam 3 pagi bro. rajin pisan. lihat ke luar bentar, ada purnamanya.... bulannya bagus. tapi awannya juga banyak banget. jadi nggak ada bintang. tapi purnamanya jelas keliatan. terang banget. subhanallah.

failnya adalah; setelah tahajjud bukannya belajar malah tidur lagi. -____-

singkat cerita, tiba-tiba udah pagi. tesnya dimulai sekitar jam 8, tapi kami udah pada keluar dari jam 7an. panik sendiri. belum ngabisin rangkuman-rangkuman yang dikasih a reka! akhirnya makan sambil baca. entahlah masuk atau nggak. pas keluar menuju ke ruangan --orangnya banyak banget.......nggak ngerti. batiknya beda-beda. jaketnya beda-beda. baru kali ini bener-bener ketemu orang dari sekolah yang bener-bener lain.

dan kemudian yang cowok datang sambil dengan bangganya membawa kacamata matahari.

oh ya, tanggal 6 Juni itu bertepatan sama transit venus. jadi yang biasanya venus keliatan pagi dan sore hari di deket-deket matahari, kali ini bakalan keliatan melintas di depan matahari. well, actually. nyoba ngeliat juga sih. emang beneran ada, titik kecil di sekitar kiri bawah. susah banget tapi ngeliatnya. yang emang bener-bener kecil pake banget. pas udah liat juga angguk-angguk aja. oh...

...mana tahu kalau fenomena ini yang diomongin berkali-kali di news updates NASA, yang nggak akan terjadi lagi sampai 100 tahun yang akan datang.

yang penting udah liat, lah. walaupun cuma titik yang nggak ngerti juga serunya ada dimana :p

terus.............tes. 

ah, yang ini nggak usah dibahas.

pada intinya ; saya nggak membiarkan diri sendiri berekspektasi apapun. apalagi orang lain. well, merasa paling kopong sendiri itu nggak enak. pada akhirnya cuma bisa saling nyengir pasrah pas ketemu sama anak Depok yang kelas X juga. entahlah. kok firasat saya 4 yang lain bisa ngerjain ya. ah (................)

oke. nggak usah dibahas.

singkat cerita, selesai jam 1. beres-beres, terus foto-foto. terus pulang. 

udah pulang aja......

serasa cepet banget. tapi dua hari ini bener-bener pengalaman. sama sekali nggak nyesel walau tetep jadi yang paling kopong sekalipun. walau harus susulan 6 pelajaran sekalipun (......). pengalaman yang ini bener-bener nyata. bener-bener harus bersyukur karena dikasih kesempatan untuk ikut ke sini. ikut ngerjain soal dengan sampul merah itu. 

entah, mungkin saya aja. tapi setelah dua hari itu, yang namanya langsung fokus UKK (pas hari rabu sampe rumah jam 5 sore, dengan kondisi besoknya ada UKK fisika, PKN dan TIK) dan... kangen ngerjain soal astro. 

astro itu bener-bener yang bisa membuat tahan bergadang, semaleman duduk ngerjain soal. seminggu pas libur sebelum UKK, bela-belain babat habis pelajaran UKK baru nyentuh astro. padahal anak-anak bidang lain ada yang nggak nyentuh UKK sama sekali (well, kalo saya gitu sih bisa dijamin UKK jeblok sama sekali lol kurang nekat apa). save the best for the last. walaupun baru mulai nyentuh astro jam 11, jam 12, tapi pada akhirnya tetep tahan sampai jam 3 atau 4.

dan......nggak peduli bakal lolos atau nggak. tapi sekarang rutin lihat ke atas kalau lagi pulang malem. cari bintang. download aplikasi NASA di hp. baca-baca catetan astro di buku sakti. 

..mungkin mulai suka beneran sama bidang yang ini?

tapi astro emang seru banget! sesusah-susahnya. sengantuk-ngantuknya kalo udah ngomongin tentang galaksi dan kosmologi. semua benda langit di atas sana itu tetep keren sekeren-kerennya.

yah, walaupun habis ini kayaknya udah nggak akan belajar astro lagi sampai tahun depan. walaupun nggak tahu bidang ini bakal bantu nilai pelajaran apa (karena emang di sekolah nggak ada pelajaran resminya). berharapnya sih fisika. walaupun masih belum tahu ilmu yang ini akan berkontribusi apa untuk saya di masa depan. tapi nggak nyesel sama sekali. menghabiskan puluhan halaman buku sakti. dua hari di Green Hill. 

....i'll be waiting for the next chance. mungkin emang nggak deket-deket ini untuk kembali memenuhi otak dengan ilmu yang itu lagi. yah, semua ada masanya. sekarang ganti dulu. yang-bakal-dilaksanakan-di-bulan-Agustus udah menunggu. tapi gapapa. bakal selalu dinanti, kok. bersua dengan langit lagi. 

buat mereka yang mungkin nanti memang pantas. yang memang beruntung. semangat untuk OSN!



fail aja. liat kemana mba.



 apalah ini. sakali. semacam pose kebangsaan kali ya.