Sunday, December 30, 2012

Outer Space


tadi sore baru nemu film Armageddon di TV. ya ya emang telat banget nontonnya. ini baru pertama kali banget lihat. orang orang udah ngomongin dari kapan tau kan. 

dan.....whoa. dengan segala macam NASA, astronot, misi, roket, asteroid.......satu film yang amat sangat menarik. mungkin NASA kerjanya memang kayak gitu. dengan layar besar di atas dan berbagai macam tombol-tombol komunikasi melintang di sepanjang ruangan. mendeteksi berbagai macam benda asing yang datang ke bumi. mungkin kalau lepas landas memang kayak gitu. mungkin kalau roket melaju dengan kecepatan tinggi, di dalam kerasanya seberguncang itu. mungkin pemandangan dari atas bumi memang kayak gitu.

mungkin kalau jadi astronot, beneran kayak gitu.

1998, manusia udah berpikir semaju itu. gimana sekarang ya.

terus akhirnya iseng-iseng browsing tentang astronot. ternyata, astronot itu beneran ada ya. maksudnya, manusia beneran ada yang bisa ke luar angkasa. kadang nggak percaya. belajar segala macam tentang ruang angkasa mau nggak mau bikin interpretasi kalau dunia di luar sana tuh amat sangat luas. besar banget. dan, jauh. nggak terjangkau. melihat bintang di langit malam aja, itu udah kayak melihat ke berjuta tahun yang lalu kan? cahayanya baru sampai. bahkan lihat ke matahari sekalipun, itu berarti menerawang ke 7 menit yang lalu. sederhana, tapi cukup untuk membuat kita berpikir. Yang di Atas Sana benar-benar ada. Dia berkuasa. karena hal ini jauh di luar jangkauan manusia.

sedikit berimajinasi, boleh?



dan segala macam lainnya tentang astronot. tentang bekerja di perusahaan luar angkasa yang itu. melihat berbagai macam application form dan requirement untuk menjadi seorang penjelajah luar angkasa.

hal-hal kayak gini. nyata ya.

well, mungkin beberapa hal di film Armageddon itu belum benar sepenuhnya. buat jadi astronot, kayaknya mustahil persiapan < 18 hari. soalnya di website NASA dibilangin kalau persiapan dan seleksinya aja sekitar 2 tahun. dengan segala macem syarat untuk pendidikan, fisik, latihan, simulasi, dll dll. well, its not that easy. tapi bisa. pada akhirnya ada aja yang jadi astronot. pada akhirnya ada yang tinggal di stasiun luar angkasa. makan, tidur, kerja, melayang-layang.. 

tadi akhirnya browsing banyak. berbelas-belas tab. bahasa inggris semua sih @_@  tapi dapet lah dikit dikit. nemu website tentang perempuan-perempuan yang kerja di NASA. ada yang pake kerudung!:D belum sampai jadi astronot sih, tapi seenggaknya kerja bareng astronot. walaupun, ya, sepertinya memang jenius sejati. orang Egypt. kuliah di MIT. Engineering. gak papa~~ sering banget denger MIT. William dari novelnya anza pengen kuliah di sana. jamannya pra SNMPTN nya Benteng Batu, sering banget disebut-sebut. si Dea juga pengen ke sana. 

yah, iya. walaupun nggak jadi astronot, seenggaknya kerja bareng :p


"NASA is more than astronauts. We are scientists, engineers, IT specialists, human resources specialists, accountants, writers, technicians and many, many other kinds of people."


bicara tentang astronot, tadi juga sempet nyari tentang bu Pratiwi Sudarmono dan pak Taufik Akbar



dua astronot dari Indonesia. walaupun agak nggak ngerti. bu Pratiwi ini kuliahnya di FKUI. tapi jadi astronot. hem. heeeemmmm. kalau pak Taufik sih emang orang engineering ITB......

mungkin nggak akan membahas jauh di sini. kalau mau tahu lebih jelas, bisa klik di sini. tapi memang...yah, kalau tadi ngomongin tentang ternyata-bisa-ya-orang-bumi-jadi-astronot. sekarang bisa juga ya, bahkan orang Indonesia. satu provinsi lagi. pernah jadi astronot. pernah ada. pernah bisa. 

browsing tentang ini, ternyata Indonesia juga punya semacam NASA nya. bukan, bukan BMKG. yang ini :



ternyata pernah meluncurkan roket juga. heeemm ga begitu ngerti sih. tapi ternyata ada. keren juga sebenernya, program dalam negeri. cintailah produk produk Indonesia, kata Titiek Puspa. dan ternyata dia punya dua cabang di Bogor! jauh sih. kayaknya kabupaten. mungkin kapan kapan bisa main ke sana.....

apa lagi ya. mungkin cuma itu mengkhayalnya untuk hari ini. oh ya, tadi pas ketiduran bentar, bener-bener mimpi lagi menjalankan misi ke luar angkasa loh. haha. kekuatan imajinasi memang sangat kuat.

bulan hari ini bagus. lagi purnama. terang banget di langit malam. kalau melihat di sebelah bulan, ada titik terang. itu Jupiter, lagi kelihatan. berarti lagi oposisi ya...

oh iya. sama yang ini.


enggak kok. bukan apa apa.

tentang liburan...heeeem. masih tidak produktif. hari ini lumayan sih, ngerjain PR astro dari a fahad. agak nggak tenang. aneh. liburan beneran harusnya kayak gini kah?