Monday, December 30, 2013

langit cerah

31 Desember.

dan masih gabut segabut gabutnya. haah. kenapa ya. semacam siang udah tidur tapi malemnya tetep ngantukan. to do list banyak yang belum selesai. liburannya berarti tinggal...6 hari? haha. waktu berjalan cepat sekali, dengan atau tanpa kegabutan. 

satu hal yang paling kerasa banget ; adalah sangat sulit untuk membawa diri memulai buka buka buku soal. kenapa ya. padahal yang ini yang paling fundamental buat sekarang. tapi ketika lihat soal soal yang zaman kelas X XI tuh.....kemaren sekalinya nyoba ngerjain fisika, malah ketiduran di atas buku soalnya. paling pasti emang. 

haha. padahal kayak gini tuh semua orang lagi pada belajar semua. hahaha. kan, semacam nggak tahu diri banget ya. gaada belajar yang gampang sih. adanya orang itu belajar biar dari gabisa jadi bisa, bukan yang bisa bisa aja yang dikerjain. kayaknya udah pernah bahas ini sebelumnya? dan yang namanya dari gabisa, ya pasti susah lah. kalo mau gampang, makan aja terus sana. 

gimana.

intinya hari hari ini belum bisa membawa diri untuk mengerjakan hal yang ini dengan baik. apa ya, sebenernya ada juga sih beberapa yang dikerjain dari kemaren. tapi hal hal krusial dan fundamental (kartul, buku soal) yang malah akhirnya terabaikan untuk dikerjakan. rencananya hari ini sih, mau coba sentuh kartul lagi.....semoga nggak wacana ya. hm. dari kemaren wacana mulu nih soalnya:)

beberapa hari yang lalu iseng iseng nyari video potongan petualangan sherina pas di bosscha. tapi pada akhirnya keterusan buat download semuanya. lucu banget nggak sih....haha. seneng nontonnya. bener-bener film anak-anak. seru pula. dan banyak lagunya. tapi yang paling seru tetep scene di Bosscha sih...:p pak Irfan dengan kecenya mengoprasikan Zeiss. walaupun Sherina sama Saddam cuma numpang tidur aja di dalem situ, tapi....tetep aja keren. apalagi ada lagunya juga. coba, siapa sih yang sekarang nggak tahu Canopus, Capella, Vega? haha. film ini sukses mengangkat nama tiga bintang itu. dan ternyata memang bukan bintang asing juga. 

yah, kesenangan tersendiri lah nonton petualangan sherina lagi, setelah bertahun-tahun lalu terakhir kali nonton di TV.

tiga hari yang lalu, iseng keluar rumah pas jam 7. sebenarnya nggak mengharapkan apapun, karena biasanya secerah-cerahnya pun, jam segitu tetep belum keliatan apa apa. pertama kali lihat, langsung disuguhi venus. wah. dan pas lihat yang lain, ternyata keliatan beberapa.

langsung naik ke dataran-yang-sejajar-dengan-atap milik rumah sebelah. ah ya, fyi, kalo lihat langit dari jalan depan rumah ada beberapa kekurangan. lampu jalan yang terang banget, dan pohon-pohon rumah yang menutupi hampir setengah pandangan. tadinya kalo mau liat agak full harus jalan dulu ke bawah, ke deket sawah. tapi ternyata ibu tetangga yang baik memperbolehkan naik ke dataran atapnya :") dan memang ternyata alhamdulillah bagus viewnya. lampu-lampu di bawah kehalangan atap. palingan yang agak kehalangan bagian barat, ada pohon (ya, dan lagi-lagi pohon rumah saya)

dan ternyata langit malam itu memang lagi cerah banget. padahal baru jam segitu, loh. tapi M42 pun udah kelihatan. langsung terpana setelah berhari-hari kemarin mendung terus. 

akhirnya hampir semalaman dihabiskan di atas situ. memang butuh pengorbanan waktu ya buat sekedar mengamati langit, haha. inget pas pelatda. to do list banyak yang langsung terbengkalai gara-gara tuntutan hampir tiap malem harus keluar. 

tapi memang worth it sih. karena bagus....haha. masih seneng banget rasanya kalo lihat langit cerah. memang bagus kan ya? melihat sebegitu banyak bintang bener-bener bertebaran di langit. ya, bahkan kalo dari sini sekedar lihat satu rasi aja udah seneng. kemarin langit utara-timur-selatan bener-bener cerah. 

bawaannya pengen tiduran di situ aja, haha. nggak mau mikir. mau lihat langit aja. sekedar nebak-nebak bintang, sekedar nebak-nebak rasi. mengagumi ukurannya yang kadang besarnya nggakwajar. 

cuma ingin menghabiskan waktu memandangi ciptaan-Nya yang paling indah di atas sana, menghabiskan waktu mengagumi sambil berucap subhanallah berkali-kali. 

kemarin akhirnya masuk rumah lagi jam 11. terus pas subuh iseng keluar lagi, udah agak mendung, tapi selatan masih lumayan cerah. dan ada centaurus, full! waaaa. pertama kalinya liat centaurus full. gede ya, dan bagus....haha. tapi sayangnya nggak bisa mandangi lama-lama karena makin lama langitnya jadi makin biru. 

norak nih emang, hahaha. yaudah sih. yang penting seneng liat langit bagus :p

Friday, December 27, 2013

ROOT ; unchecked :(

entah bagaimana lagi buat melakukan hal seperti di postingan yang ini. huhu. setahun yang lalu. ketika akhirnya terbebas dari belenggu memori internal yang membatasi segalanya. ketika pake launcher pun nggak masalah. ketika semua aplikasi >10MB itu bisa terinstall dengan tenang di sana... :"

zaman sudah canggih bung. virus android merebak dengan cepatnya belakangan ini. semacam semua orang jadi pake. update sana sini. launching sana sini. masing masing berlomba dengan menawarkan spec yang beragam --dan patinggi tinggi. harganya juga, lol. semacam merasa norak sendiri ketika iseng buka settings > app manager hp temen (ya, ini satu tempat yang wajib dikunjungi kalo udah iseng lihat android orang) dan agak tercengang melihat aplikasi yang memakan >100 MB terpampang di sana. haha. (dan gemes melihat belum di move to SDCard #eh). 

ya, sekedar cerita. jadi beberapa hari kemarin akhirnya menyerah. ubek ubek XDA Developers nggak nemu solusi yang pas kenapa hpnya nggak ke detect ke PC. entah drivernya, atau apanya. yang jelas HTCSync nya nggak mau nyambung. ya dan itu berarti semua proses root nggak bisa jalan. mungkin ada sesuatu dengan S-OFF dan S-ON...? gatau. yang jelas tapi tahun lalu sempat menemukan masalah kayak gini juga walaupun akhirnya bisa teratasi. tapi masalahnya lupa gimana caranya :") haha. yasudah. 

oh ya. jadi masalahnya itu. setelah kurang lebih setahun hp berjalan baik baik saja, tiba tiba akhir akhir ini peringatan storage low terus. ternyata memory internalnya tinggal beberapa kb.....jadi ceritanya aplikasi yang dulu sempet di link ke SDCard entah kenapa linknya 'lepas'. semuanya balik ke memori internal. awalnya cuma butuh buat uninstall launcher (halo lagi, tema HTC), tapi lama kelamaan makin harus menguninstall banyak hal. 

gejala aneh juga muncul pas mau buka app link2SD, tapi denied sama superusernya. langsung keluar. hmmm. buka root explorer juga gabisa. titanium backup, coba screenshot, gabisa juga. akhirnya menarik kesimpulan kalau rootnya yang bermasalah ; dan harus di root ulang.

cuma ya itu. ketika mau coba root ulang, device nya nggak kebaca. 

akhirnya bawa ke jambu dua. mungkin mas mas disana ada yang ngerti. udah coba di root ulang di sana, tapi ternyata permissionnya tetap denied. root lagi, tetep sama. menunggu 2 jam tiada hasil. akhirnya memutuskan buat ditinggal aja hpnya.

nah, salahnya, bener-bener cuma dikasih kartu nama aja. nggak ada kuitansi, atau atas nama siapa, main tinggal aja. hahaha. baru sadar pas udah di rumah. kata orangnya besok udah bisa diambil.

akhirnya besoknya ke sana. terus........................tutup.

langsung panik. langsung panik. langsung kepikiran aneh-aneh. kalo pas di root terus bricked dan masnya kabur gimana.. kalo kenapa kenapa gimana............... mencurigakan abisnya gaada angin gaada apa konternya tutup. padahal sebelahannya buka semua. hau. pas di rumah coba telepon, ternyata memang tutup (ya masalahnya gaada kabarnya itu loh bikin parno...) dan pas ditanya, ternyata belum dicoba root lagi. disuruh dateng besok sorenya. buka kok konternya, kata masnya.

besok sorenya, sebelum pergi telepon dulu. dan ternyata masih belum bisa bung. kata masnya udah dicoba berkali kali tetep denied. disuruh dateng besoknya aja.

yaudah. nunggu lagi.........

btw hampir seminggu tanpa hp itu sesuatu. antara terbebas dari segala macam dunia luar (jadi ansos pisan di rumah) tapi juga khawatir takutnya ada apa apa, haha. media komunikasi tinggal line, twitter dan facebook. untung line cukup berguna (walaupun sekali gak ngeread notifnya bisa sampe ratusan...dan....error.....) jadi jarang ikut percakapan, cuma bisa nunggu sampe percakapan beres baru baca dari awal pas udah sepi. 

akhirnya tadi baru aja ke sana lagi. oh ya, sebelumnya paginya nelpon orangnya lagi. masa nomornya nggak aktif. dua duanya lagi. langsung khawatir lagi. yah...yaudahlah yang penting dateng aja dulu ke konternya. harap harap cemas takutnya tutup lagi pas udah disana. ternyata alhamdulillah buka. dan hpnya dikembaliin (alhamdulillah nggak kenapa kenapa, maaf ya mas, abisnya saya khawatir .___.) 

tapi ya itu...masih gabisa juga superusernya. lega sih udah kembali lagi ke tangan hpnya tapi....semacam tidak mendapatkan apapun. dapet hp yang udah ke reset ulang. kosong. 

dan tau ga ternyata kontak gugel itu nggak otomatis ke sync....................baru tau. jadi selama ini nyimpen kontak di google harus di backup dulu baru masuk ke googlenya. dan masalahnya setahun ini gak pernah. entahlah udah nyimpen nomor siapa aja...maaf ya banyak yang hilang.....

ya...tapi satu sih. seenggaknya sekarang hp kosong. wkwk. seenggaknya nggak perlu ragu dan mikir lama lagi untuk sekedar ngapus inbox yang udah sampe 17ribuan isinya. sekarang udah kosong. aplikasi agak nggak penting (tickling cat, nyan cat, face swap dst) yang kecil kecil juga hilang semua. haha. entah harus senang atau sedih. 

tapi superusernya masih gamau jalan :(

.........baru kepikiran buat upload screenshot tapi baru inget aplikasi screenshot harus diroot dulu. lalala. gak jadi.

hem....jadi begitu. oh ya. liburan tinggal diitung jari loh sekarang. diitung jari plus jari kaki buat H-dimulaimya-masa-Try-Out. to do list sekarang pindah ke desktop laptop ; entah kenapa kalau ditulis di buku front hijau semacam jarang dilihat. lumayan menumpuk loh :)) sadar ga :))

malem ini gamau fail kaya kemaren kemaren. harus mengerjakan sesuatu sebelum tidur. wassalam

Thursday, December 19, 2013

ya kamunya juga sih yang harus berubah.
cukup untuk jadi orang yang tahu tapi pura pura nggak tahu.
yang paling sulit memang memulai, tapi mau nunggu sampai kapan?

Untuk mengetahui nilai satu tahun,

Tanyakan pada seorang siswa yang gagal dalam ujian kenaikannya

Untuk mengetahui nilai satu bulan,

Tanyakan pada seorang ibu yang melahirkan bayi prematur

Untuk mengetahui nilai satu minggu,

Tanyakan pada seorang editor majalah mingguan

Untuk mengetahui nilai satu hari,

Tanyakan pada seorang buruh harian yang punya enam anak untuk diberi makan

Untuk mengetahui nilai satu jam,

Tanyakan pada kekasih yang sedang menantikan waktu bertemu

Untuk mengetahui nilai satu menit,

Tanyakan pada seseorang yang ketinggalan kereta

Untuk mengetahui nilai satu detik,

Tanyakan pada seseorang yang selamat dari kecelakaan

Untuk mengetahui nilai satu mili detik,

Tanyakan pada seseorang yang memenangkan medali di olimpiade

Tuesday, December 17, 2013

yak. jam 1.18 siang sekarang dan sudah berada di rumah.

padahal baru berangkat jam 9.45 tadi, dan sekarang udah ada di rumah lagi. hem. berasa janggal. hahaha. aneh pisan ini. memang hari hari tidak produktif di sekolah sih. ke sekolah cuma buat nunggu pengumuman remed atau tugas, selebihnya duduk duduk di depan kelas. ngegaje. ke taman topi bareng syl, makan es duren sambil ngomongin stephen hawking, hahaha. random memang. beli payung jagung. 

jumat bagi rapor. syaaalalalalala dudududu udah nggak mau ngomongin. capek, capek. terlalu lelah untuk miris lagi dan lagi melihat nilai nilai yang keluar belakangan ini. yah sudah. nggak usah dibahas. 

akhir tahun. udah mau ganti tahun aja. tapi entah kenapa akhir tahun selalu identik dengan ngeroot HP. yak entah kenapa root HPnya semacam error. jadi fungsinya balik ke biasa. yang memory internalnya 100mb. yang bisa line sama whatsapp aja udah alhamdulillah... tapi mau ngeroot juga devicenya nggak kebaca di PC. hah. kayaknya masalahnya sama kaya tahun lalu cuma lupa diapain. dan segala ROM dst yang udah didownload tahun lalu juga udah nggak ada ; hilang bersama harddisk yang rusak. harus mulai dari nol. dari kemarin cuma browsing aja kerjanya. bingung mau mulai dari mana. kedetect aja enggak.

dari kemarin nggak produktif di rumah. padahal perjalanan pulang dari Jogja diisi dengan tidur, tidur dan tidur. tapi sampe rumah tetep capek. jadi tidur lagi. hahaha. bangun bangun pusing kebanyakan tidur. terus karena pusing tidur lagi...............nggak ding. tapi aura aura gabut lagi memenuhi seisi rumah. maunya geletakan aja nggak ada kerjaan. haha. emang dasar tidak produktif.

oh ya. Jogja!! hari kamis-jumat-sabtu-minggu kemarin Rantai Emas ada study tour ke Jogja. baru pertama kali ini banget perjalanan jauh kayak gini. apa baru pertama kali juga ya lewat Nagreg? haha. yang packingnya H-1 jam keberangkatan gara gara ketiduran. untung punya list barang pas OSN sama Pelatnas jadi bisa jadi gambaran. sampai sekolah jam setengah 5 pagi. sebangku sama Agni ; makhluk ini lagi. haha. 

main ke ITB, Unpad dan UGM. ITBnya...agak mengecewakan sebenernya. haha. mainnya ke Jatinangor. udah mah di sana gak ada apa apa. cuma semacam flashback OSN malah ; kita lewatin hotel Puri Khatulistiwa juga loh haha. terus di sana juga cuma liat slide. terus pulang. yah....yasudah.

terus ke Unpad. mainnya milih ke Kedokteran hahaha sejak kapan ini yasudahlah kan cuma liat liat. melihat kadaver secara langsung. dan semua mua organ tubuh yang diawetkan. yang waktu itu cuma bisa dilihat di presentasi biologi kelas XI. 

besoknya ke UGM. mainnya ke Teknik Mesin. whoa.. detail se detail detailnya. bisa dibilang kunjungan PTN yang paling produktif dan berisi, haha. dan ternyata salah satu mahasiswa yang mandu anak PK... dikasih liat laboratorium-laboratoriumnya. segala macam alat gede gede. keren pisan pokoknya. walaupun nggak ngerti. haha.

orang orang ngerti ya yang kayak gitu. sementara saya cuma bisa lihat lihat tanpa kebayang ini alat kerjanya gimana. haha. gimana dong. bagus....tapi nggak ngerti. tapi pengen ngerti. bisa ga ya ngerti? haha. entahlah. pengen bisa cuma.....tetep nggak kebayang. haha. apasih.

.....jadi pengen nempelin nilai UAS fisika kemaren ke jidat. 

yah, pokoknya kunjungan yang paling bikin...mikir? haha. mikir dan sadar. semakin dekat, tapi malah semakin berasa jauh. haha. nggak terjangkau. bingung. segimana sih batas seseorang dibilang 'ingin'. tapi kalau nggak pun, terus apa? haha. 

ah. gatau. hahaha gimana sih payah yakinin diri sendiri aja susah. maunya apa sih. ya maunya ini.....terus?

nah karena kunjungan ke Teknik Mesin yang sangat amat dihayati, kita jadi telat ke Prambanan. oke baru pertama kali main ke candi candi kayak gini. kalo denger legendanya, mungkin nggak percaya, tapi bangunannya beneran ada loh, haha. dan candi tuh...beneran gede ya. yaiyalah! nggak. maksudnya. beneran batu semua..dan tua.. dan besar....dan pasti ada yang buat kan. haha. suka penasaran sama yang kayak gini.

terus malemnya makrab. ah, nggak bisa ngomong banyak. kalian sweet banget. sayang Rantai Emas ({})

besoknya ke pantai Indrayanti. wuh. pantai. udah berapa lama nggak ke pantai. dan ini pantai beneran loh. haha. ada pasirnya beneran. beneran ngerasain kaki yang kena ombak, terus tenggelam di pasir. dan lihat ke laut lepas tuh..aneh ya. haha. dulu orang tahu kalau bumi itu bulat karena ketika lagi di posisi kayak gini, lihat ada kapal mendekat. dan kalau berlayar ke depan sana, jauh, jauuh dan terus lurus, ujungnya bakal ketemu Kutub Selatan. hahaha. yaah nyenggol Australia sih dikit. tapi beneran Kutub Selatan loh. nun jauh di sana. beberapa ribu km di depan sana. 

aneh ya.

dan kebayang nggak sih langitnya bakal sebagus apa kalo malam cerah... pandangannya bener bener dari ketinggian 0 derajat. haha. gimana ya rasanya. sebanyak apa ya bintangnya.

setelah itu wisata belanja. terus pulang.

overall menyenangkan. baru pertama kali ini perjalanan jauh gitu bareng temen temen. sayang nggak menyimpan banyak foto, karena banyak hal yang terlalu indah untuk dilewatkan hanya untuk foto foto, seperti lihat satu satu bagian dalam bangunan candi Prambanan, hahaha. bolang sendiri naikin candi satu satu. freak emang. tapi ya penasaran. mau gimana.

bentar lagi liburan. haha. liburan yang harusnya bukan liburan. terlalu banyak yang harus dikerjakan sampai bingung mau ngerjain apa. sentuh mana dulu? astro? UN? SBMPTN? Semester 2?

ya tapi kalo kebanyakan mikir juga nggak bagus sih ya. haha. nanti semuanya malah nggak kesentuh. ya ga.

.....................

mikir lagi. hahaha. udah sana kerjain sesuatu. wassalam!


Monday, December 16, 2013

Thursday, December 12, 2013

Peringkat 124.

Biar kamu malu. Biar kamu tahu diri.
Ketika kamu merasa jauh tertinggal dibanding yang lain, sekarang sadar kan kalau hal itu memang nyata?
Bukan mimpi kamu. Bukan khayalan kamu. Angka itu memang tertera di sebelah nama kamu.

Terus apa? Masih berani bermimpi?

Ketika kamu tahu bahkan usaha kamu masih sangat, amat, jauh dari maksimal.

Nggak. Nggak ada yang bilang semuanya bakal berhenti di sini. Masih ada waktu. Sedikit, ya, mungkin nggak akan merubah sebanyak itu, haha. Jangan kebanyakan terbang sih. Di atas sana gak ada oksigen loh.

Tapi tidak ada yang salah dengan mencoba, kan?

Yang perlu kamu lakukan cuma terus bertahan sampai akhir. Cuma terus berlari tanpa henti.

Karena nggak ada yang tahu target kamu sudah sedekat apa ketika kamu memutuskan untuk menyerah.

Bisa belajar untuk tidak melakukan kesalahan yang sama dua kali, kan?

Saturday, December 7, 2013

kata ibu, semua sudah ditentukan jalannya.

mau kita berjuang sekeras apa, berlari secepat apa, atau bahkan cuma diam nggak bergerak sama sekali, pada akhirnya akan sampai di satu yang ditentukan itu.

"terus buat apa bekerja? buat apa berusaha? kalau pada akhirnya semua bakal sama aja."

karena kita berbeda. karena kita dikaruniai akal untuk berpikir, hati untuk merasa. karena sesungguhnya semua hanya tentang pilihan. 

"Sesungguhnya Allah tidak akan merubah keadaan suatu kaum sehingga mereka merubah keadaan diri mereka sendiri."

'tertampar', ya? haha. lihat betapa sayangnya Dia sama kamu. lalai sedikit langsung diperingatkan, kan? 

karena nggak pernah ada yang salah dengan berusaha. nggak pernah ada yang salah dengan mencoba. siapa yang tahu di depan bakal ada apa? yang perlu kamu lakukan cuma melangkah, lagi, lagi, lagi, sampai akhirnya bisa tahu apa yang sebenarnya menunggu di depan sana.

ya kamu nggak akan tahu apa apa kalau sudah keburu berbalik arah duluan, kan?

apapun bisa terjadi, dan sesungguhnya semua keputusan ada di genggaman tangan kamu. mau ambil? jalan terus? balik arah? lari?

dan ingat, kamu nggak akan pernah sendirian. Dia selalu ada di sana. 

Jika kamu mendekat satu langkah, maka Dia akan menghampirimu seribu langkah, bukan?


Tuesday, December 3, 2013

H-4 selesai UAS. oke, masih lama sih sebenernya. Sudah cukup kaget dengan sebegitu banyak bab yang ketinggalan dari semua pelajaran. Belum sempet napas di sekolah, belum sempet move on dari TOASTI, udah UAS aja.

Tapi semacam bingung. Haha. Banyak ketinggalan kan ya? Tapi masih sempet sempetnya buat kebablasan untuk hal kecil tapi fatal ; ketiduran. Tahu kan, tidur itu lebih baik dari ke-tidur-an. Karena kalau tidur, berarti kamu memang niat istirahat. Semua yang diniatkan baik pasti hasilnya baik. Haha. Kenapa ya akhir akhir ini. Semacam gemes. Kenapa nggak bisa mengontrol diri sendiri sih. Waktu tidur, hey, itu sederhana kan? Dengan sebegini banyak yang kamu harus kejar, masih sempet sempetnya ya. Hahaha. Selalu tidur di saat saat yang tidak tepat. Oke, ketiduran lebih tepatnya. Udah tahu nggak bisa, bukannya merhatiin malah tidur, hahaha. Bingung. Maunya apa sih kamu. Perlu disadarin segimana lagi sih.

Lelah? Ya konsekuensi lah. Resiko menjadi orang yang tidak cerdas adalah harus berusaha lebih keras dan mengorbankan waktu tidur lebih banyak. Haha. Sekali lagi ; jangan sekali kali bandingkan diri dengan yang lain. Karena ya, percuma. Standar kalian aja udah beda. Usaha mereka yang segitu belum tentu cukup buat kamu mencapai hal yang sama. Banyak buktinya, kalau kamu sadar. Hahaha. Karena mengeluh pun nggak ada gunanya ; gak akan merubah apapun ini kan pada akhirnya.

Besok fisika. Yang paling parah ketinggalannya ; yang bahkan bab bab awal pun ingatannya udah menguap entah kemana. Tahu diri kan? Haha. Akan mencoba untuk nggak mengulangi kesalahan yang sama beberapa hari kemarin. Kesel sendiri kan pada akhirnya. Malah nggak tenang.

Ah, ini kayak jatuh di tempat yang sama dua kali. Inget dulu pernah posting tentang hal ini juga, haha. Entah kapan. Terus sekarang ; lagi. Kenapa ya. Kenapa nggak belajar dari pengalaman, sih? :)

Tuesday, November 26, 2013

TOASTI 2014

sejujurnya saya bingung mau nulis apa.

masih nggak percaya sudah terbangun dari sebulan penuh mimpi kemarin. entah gimana caranya waktu bisa berputar secepat itu kalau sama kalian. sebulan ya, haha. sebulan itu lama loh. dibanding OSN yang cuma satu-dua minggu. 4 minggu itu lama. inget banget waktu itu semacam 'terpesona' lihat jadwal harian. 4 lembar. setiap hari beda materi. dan ada aja kegiatan sampai jam 9 malam. belum kalau lagi malam observasi, atau ke bosscha. 

tapi akhirnya semuanya bisa dilalui, kan?

waktu itu liburan 5 november malah di kelas ngerjain PR pak Hakim, terus di kamar instruktur latihan assembly sambil latihan LST. berapa orang ya yang waktu itu misuh-misuh sendiri. liburan oi..masih aja di kelas. hahaha. bingung.


sok sibuk. mabok main sequence fitting. mabok pleiades.

begadangan di bosscha sampai jam 4 pagi. dingin menggigil, pake jaket SKETSA aja masih kedinginan. lihat langit yang cerahnya kayak stellarium. walaupun masih juga telmi kalo udah pada ngomongin langit -kenapa kalian bisa tahu secepat itu bintang-bintang di atas sana beserta rasi dan bentuknya. entahlah di otak mereka udah terinstall stellarium versi berapa.


finally, bosscha!

ngapalin 88 rasi dan 110 messier sampe mabok. atgclvlsscap, hahaha. singkatan aneh-aneh. hercules makan mie terus mager. aries, garis tapi kambing. canis minor, garis tapi anjing. eridanus - JKT48. semua dibikin lagu. semua dibikin singkatan aneh. sampe nggak bisa berenti ketawa di angkot. stress emang orang orang. walaupun dari tiga kali tes itu masih nggak bisa juga untuk sebutin full 88 rasi. magnitudo dan messier apalagi, tambah miris, haha. waktu itu cuma tahu sirius -1,45 dan vega 0,0. 18 lagi....mengarang indah. haha.


otw van albada

pertama kalinya megang teleskop lagi setelah OSN yang....membawa kenangan yang tidak cukup baik. haha. sentuh skywatcher lagi. ditambah C8, yang berat dan seram. dan...entah kenapa kok saya susah banget makenya. haha. hobinya motong waktu tidur instruktur dengan terusin pengamatan sampe bablas jam 4 pagi. gemes gak sih abisnya, orang orang pada jago pointing sementara kamu berkali kali nyoba nggak bisa terus :")

observasi dadakan pertama. sama Aisyah, Shinta, Joandy, Novita, Ibnu. bener-bener gangguin hidup instruktur sampe nggak tidur sampe jam 3 pagi, haha. terus orang-orang kelaperan. akhirnya masak.. pagi pagi buta. dikejar waktu karena sejam lagi jam 4 dan orang orang pada mau puasa. bikin mie aja rempongnya minta ampun. instruktur yang cowo aja lebih jago masak...ah pokoknya pagi itu absurd banget. baru sentuh kasur jam 4 pagi habis subuh. 


mengamati 'bintang ganda' dan 'pleiades' yang ada botol ron 88 nya



masak. fail.


observasi dadakan kedua, waktu itu emang lagi malam observasi di wisma. dan langitnya bagus banget parah. teraaang banget. walaupun ada bulan, yang saking nggak ada awannya udah kayak lampu. tiduran melingkar di tengah lapangan. kebanyakan terpana sama cetus yang ternyata besar banget menkar-diphda nya (walaupun saya cuma ber-ooh doang karena sama sekali belum kebayang bentuk cetus kayak apa haha). lihat perseus. dan ada kakinya UMa. tambah seneng lah orang orang haha bingung padahal ujung kaki doang. dan kayanya nggak akan terbit lebih tinggi dari itu. ya tapi memang sesuatu sih. kapan lagi bisa lihat rasi utara yang se utara itu.


bergelimpangan di lapangan. menunggu tim SAR sampai.

habis itu iseng-iseng teropong bulan pake skywatcher. sakit mata, asli, terang banget. akhirnya kita lihat pantulan bayangan bulan di atas kertas yang ditaroh tegak lurus sama eyepiece. dan kelihatan! baguus. udah kayak matahari aja. cuma boleh lihat pantulannya, haha. seterang itu bulan malam itu. sampe kalo ngeliat orang ngintip di eyepiece, bisa lihat pantulan bulannya dari mata si orang itu #asik. lol.

mulai malam. terus satu satu pada tidur. tinggal sisa bareng Joandy, Ajok, Aisyah. jam 3 pagi, pas udah rencana mau beres-beres. tiba-tiba kak Zae bangun. mau ngamat ISON. yasudah....rencana tidur gagal haha. tanggung sejam lagi. akhirnya masak (lagi). bikin mie rebus yang agak fail karena 4 dari 8 mie yang dibikin ternyata kuahnya dingin :") balik ke lapangan udah ada kak Dhimaz juga.


ya keliatannya enak sih, tapi mienya dingin............

dan..langitnya masih cerah banget. langsung terpaku sama rasi kotak yang ada di daerah timur. Corvus! terpana. gede parah. nggak percaya. corvus yang temennya crater. yang kalo di stellarium cuma segitu, apalagi di enjoy learning, dan termasuk rasi-rasi nggak jelas (?) ternyata sebesar itu. 

dan pas lihat di selatan, orang-orang tambah terpana lagi. ya seperti biasa saya terlambat menyadari ada apa di sana, haha. ternyata argo navis. full! carina-puppis-vela. berkali kali digambarin pake green laser baru kebayang. ternyata sebesar itu ya.

tapi kan kalo argo navis di stellarium juga besar. paling top mah udah si corvus kenapa gede pisan bingung hahah.

tapi ISONnya nggak dapet :( kata kak zae posisi teleskopnya salah, kehalangan ledeng air, hahaha. gak kece amat. kali kedua mau ikutan lihat ISON yang gagal setelah yang pertama waktu itu bareng Husen dan Ibnu dan kurang pagi. yah sudahlah mungkin lain waktu..

mainan pembodohan. kita terlalu susah untuk fokus sampe sama ginian aja terganggu banget, hahaha. diem dikit langsung mainan pembodohan. ya segitiga lah, pak beni, sering di lantai. ada aja versinya. mulai dari yang nggak jelas kayak apapun yang diberikan sama Stefan sampe yang aneh tapi bikin gemes kayak pak beni atau roket. haha. tapi ya serunya ya itu. melihat orang-orang mikir keras ketika idenya bahkan kamu nggak perlu mikir sama sekali :p lestarikan mainan pembodohan! lol

tidur di kelas. kesel. akhirnya coba pake freshcare di bawah mata. malah nggak bisa melek (...) hahaha ini fail aja. anehnya ada aja yang ngikutin. sampe pas tes akhir observasi masih aja ada yang pake. akhirnya kerjain tes sambil kriyep-kriyep matanya perih. haha maaf ya teman teman ini ajaran sesat.


masih bangun. masih....

rayain ulang tahun Nindy dan Novita. kak Zae acting nggak bilang bilang, sampe pada takut sendiri nggak cuma yang dikerjain doang hahaha. belepotan kue. ceburin orang tak bersalah (re : Husen, Faisal, Rafif) ke kolam ikan yang semacam hijau banget dan penuh kodok ew. bau parah. semangat ya kalian.


belepotan

hari terakhir, coba main ice skating. susah banget parah -_- saking sering jatoh sampe diitungin haha. yang bikin pas pulang badan sakit sakit bukan begadangan di bosschanya, tapi ice skatingnya. sepanjang di PVJ nemu banyak rasi bintang. mulai dari aries, pavo, hydra, chamaeleon. hahaha. sudah mulai rusak bung otak mereka. terkontaminasi. 

apa lagi ya. posting ini semakin nggak jelas ya arahnya haha. saya menulis apapun yang tiba tiba terlintas. abisnya bingung kalo mau diruntutin. udah jam 4 pagi. dan cerita tentang kalian memang terlalu banyak.

makasih banyak buat semua dosen-mentor-tutor-instruktur selama sebulan kemarin. makasih untuk kak Zae, mentor kesayangan TOASTI 2014 :3 yang harus sabar ngadepin kita semua sebulan penuh, haha. maaf maaf ya kak. instruktur yang waktu tidurnya suka kepotong karena kita gangguin buat nemenin ngamat sampe pagi. tutor yang sering diberisikin. ah pokoknya maaf dan makasih banget buat semuanya :""

dan yang paling spesial, buat teman-teman TOASTI 2014. makasih buat sebulan penuh mimpinya, paling berharganya. dari yang hari pertama pendiem banget sampe hari terakhir dimana semua orang sudah terlihat sisi absurdnya. kalo diinget inget, waktu kita bareng bareng banyak banget. haha. literally siang-malam. siang belajar di kelas dan malam di lapangan lihat langit. 

sangat bangga pernah menjadi bagian dari kalian, 31 orang pecinta langit terhebat sepanjang masa.

buat siapapun yang nanti bakal lanjut, semangat! jangan pernah berhenti mencoba, jangan pernah menyerah untuk memberi yang terbaik. tunjukkan kalau astronomi memang bidang olimpiade paling kece yang pernah ada :p

dan buat semuanya, jangan bosen-bosen lihat langit ya. walaupun sekilas, walaupun cuma sekedar lihat bulan. karena sejauh apapun, dari Joandy di Medan sampai Erfince di Papua. kita akan selalu melihat langit yang sama, kan? lihat ke langit dan kita akan selalu ada di sana :) jangan pernah lupa kadar ke-suka-foto-an kita yang menghabiskan 15 GB memori sendiri wkwk. trend foto zenith yang ternyata hasilnya bagus -bukan alay. 

ketemu lagi nanti, entah kapan. ditunggu nama kalian di asteroid atau komet di luar sana. atau di daftar orang-orang yang akan terbang ke luar angkasa suatu hari nanti. ditunggu kabar suksesnya. 

sayang kalian :)


ditanyain magnitudo semu


mana bidang galaksi? mana?


break jam 12 malam di bosscha. semua lapar. semua ganas.


serangan laron mutan. ada copet........






Tuesday, November 19, 2013

4 hari terakhir

harusnya sekarang sedang merangkum bab yang catetannya ketinggalan karena ketiduran lama sekali di kelas :"")

01.09 pagi sekarang. 4 hari 4 jam 50 menit sebelum akhirnya kembali ke 'dunia nyata'. haha, asli. sebulan ini beneran kayak mimpi. berasa lama sekaligus cepet banget. nggak sadar kalau sekarang udah minggu terakhir. yang sama sekali nggak ditunggu-tunggu karena isi tesnya dua kali lipat. karena.....bentar lagi benar-benar harus berpisah dari semuanya.

campur aduk memang sebulan ini. dengan runtinitas yang kayaknya itu itu aja tiap minggunya. tapi saya seneng. nggak bohong, seneng banget. dulu sering banget membayangkan, gimana ya rasanya kalau ikut pelatnas astronomi. sebahagia apa ya... haha. dengan 24 jam bertemunya itu dan itu lagi. dengan praktek yang bener-bener pakai teleskop. ketika keterampilan begadang bener-bener sangat dibutuhkan....wkwk. 

banyak hal yang memang agak di luar jangkauan sih sebenernya. yah, gimana sih ketika melihat orang-orang udah berlari sebanyak apa sementara kamu cuma bisa terseok-seok mengejar di belakang. haha. tapi resiko kan, ya? ketika memang langkah kamu nggak selebar yang lain, yang harus kamu lakukan cuma mengayunkan kaki sedikit lebih banyak, kok. lelah? jelas iya. terus mau apa? ya kamu bukan manusia super. lelah itu konsekuensi. nggak ada gunanya juga membandingkan diri dengan orang-orang di sekitar. kenapa? ya karena parameternya aja udah beda. standarnya beda. 

cuma butuh 'sedikit' lebih maksimal, kok. bisa kan? ya seenggaknya, misalnya itu mustahil sekalipun, bisa mencoba, kan?

dan ya, sekali lagi, bohong namanya kalau saya bilang nggak seneng. haha. menurut saya memang kegiatannya sangat amat padat. bener-bener mengurangi waktu istirahat, dengan waktu observasi yang hanya bisa dilakukan malam hari dengan besok paginya yang masih harus masuk kelas lagi. dengan menghapalkan segala macam rasi dan messier yang saya bahkan dari dulu nggak pernah terlintas sedikit pun untuk mengingat yang kayak gitu.

tapi seneng, kan?

seseneng lihat rasi corvus yang ternyata amat sangat besar padahal di stellarium termasuk rasi-rasi tidak jelas. seseneng bisa lihat argo navis full dari layar sampai ujung badan kapal. seseneng bisa lihat leo full untuk pertama kalinya. seseneng lihat kakinya ursa major walaupun kita tahu dia nggak akan terbit lebih tinggi dari itu. seseneng bisa main teleskop walaupun sampai sekarang masih payah banget banget pointingnya. ya terus kenapa gitu kalo payah? simpel kan, itu berarti memang butuh lebih banyak latihan, haha. dan seseneng bisa kenal sama 30 orang lain dengan identitas penyuka langit yang sama :)

orang orang yang absurd tapi pinter. yang ketagihan main mainan pembodohan sampai susah banget buat fokus. yang begadangan bareng di bosscha sampai jam 5 pagi. 

kenapa jadi sedih gini....haha. bener-bener tinggal 4 hari lagi ya. 4 hari penuh tes pula. yah, apapun yang terbaik buat saya nantinya. karena usaha dan doa berbanding lurus dengan hasil, kan?

nggak akan pernah menyesal untuk pernah berada di sini. pernah menjadi bagian dari orang-orang hebat ini. sama sama berjuang buat jadi yang terbaik yah :)


Thursday, November 14, 2013

belajar mandiri

9.08. di kelas.
sekarang belajar mandiri. aturan tutorial, tapi berhubung tugasnya agak agak banyak... :"") akhirnya diberi keringanan buat belajar mandiri hari ini.

9.08. dan sepertinya belum ada yang berniat meninggalkan kelas padahal waktu belajar mandirinya udah habis, haha.

sepiiiiiiiiiiiiiiiii banget. parah. semua orang sibuk sama tugasnya masing masing. aneh loh.. haha. ganjil. biasanya rame pisan. sekarang sepi banget. ah aneh. ayo main pembodohan aja : "



kemarin sudah cukup absurd. setelah main tebak-tebakan rasi pas observasi dan nilainya sampe minus. hahaha sesuatu. gapapa kan ya makin minus kan magnitudonya makin terang :D terus lanjut latihan teleskop. keterusan sampe jam 3. terus masak. hahaha aneh banget lah malam yang itu. masak mie sedap pagi pagi. udah mah ngamatnya cuma 'bintang ganda' dan 'pleiades' yang ada botol ron88 nya.... kenapa sangat susah pointing pake C8, dan aligning kepala sama sekrup masih nggak bisa... :( sampe kamar subuh. tepar.

semangat untuk rencana pengamatan dan segala macam elips parabola hiperbolanya kawan!

*sebenernya harusnya saya ngerjain juga tapi bosen....wkwk #salah*

Sunday, November 10, 2013

minggu dua

dan sekarang udah menjelang hari senin lagi. yak, sudah lewat seminggu lagi. entah kenapa hari-hari sama sekali nggak berasa di minggu kedua di sini. cepet banget ; asli. nggak inget bahkan dari kemarin ngapain aja, haha. tiba tiba udah hari minggu aja.

hari ini refreshingnya outbond, hitung-hitung memperbaiki outbond minggu pertama yang agak...fail. walaupun yang ini juga depannya sama aja ternyata :") heran, bahkan urutan gamenya pun sama, gak ngerti. walaupun ditambah beberapa wahana. terus malemnya nobar lagi. filmnya aneh....aturan horror tp malah aneh : | absurd gitu. haha. kitanya malah jadi ngetawain filmnya.

bisa dibilang hari ini nggak ngapa ngapain. nggak produktif sama sekali...ya tapi mungkin hitung hitung bayaran dari 'penderitaan' dua hari kebelakangnya. entah, materi minggu ini emang beneran susah susah mungkin ya. banyak banget yang baru pertama kali didenger. dan tes mingguannya... :"") haha. nggak tahu. gak berani bayangin. ketika orang orang sibuk ngomongin jawabannya ini itu dan kamu cuma bisa senyum miris karena bahkan cara untuk menjawab pertanyaan yang itu aja gatau. semacam sedih sendiri.

selain itu minggu ini juga pertama kalinya ke bosscha bener-bener begadangan. setelah minggu kemarin yang cuma perkenalan (walaupun tetep sampe jam 1....), minggu ini pertama kalinya nyoba bener-bener di Bosscha semaleman. berangkat abis isya. kali ini materinya sudah bisa dibilang beneran observasi. pake teleskop, semacam menghitung HA dari RA dan LST, baca skala, tunjuk bintang. dan ya...emang nggak kerasa sih, haha. beneran semaleman ya kerjanya gitu. nyoba pointing, tebak tebakan bintang dari RA dec nya

oh ya, kemarin juga pointing jupiter! akhirnya pertama kali liat planet jupiter pake teleskop. lucu, lebih besar dari bintang-bintang yang biasanya, warnanya cokelat dan ada garis garis merahnya. terus ada satelitnya juga. 

malam itu juga melahirkan satu trend baru ; mainan pembodohan :") mulai dari yang segitiga, tebak berapa nyamuk mati, dan tebak-tebakan absurd lainnya. padahal di bosscha dingin banget itu.. dan masih ada beberapa permainan yang belum mudeng sampai sekarang hmm.

habis observasi itu masih ada tes akhir lagi. jam setengah 4 pagi. entahlah itu udah tinggal berapa persen kesadaran buat nulis. banyak banget yang akhirnya ketiduran pas ngerjain. sampai wisma jam setengah 7. dan hari itu masih ada tes akhir lagi, teori :") sesuatu pisan.


cuma beberapa orang. sekumpulan kesadaran terakhir setelah semaleman begadang.


oh ya, come and visit! Space Journey. belum selesai sepenuhnya sih, tapi tinggal dikit lagi lah.. ngerjain di tengah tengah orang orang yang lagi pada nonton film horror tadi malem. yah lumayan produktif lah.

ngantuk.. mungkin nanti bisa disambung lagi. besok udah belajar lagi :") haaa. wassalamualaikum!

Sunday, November 3, 2013

past 7 days

mampir sebentar. yak, 5 jam sebelum tes akhir minggu ini dan malah duduk di depan laptop. paling salah emang. 

jadiiiiii sudah seminggu. nanti malem sih jam 10, tepat seminggu. ngapain aja? lumayan banyak. walaupun lebih banyak terkonsentrasi di kelas, dari jam 8 sampe jam 5, balik lagi jam 7 sampe jam 9. makan terjadwal, bajunya laundry.. pertama kali banget sebenernya jauh dari rumah selama ini. paling lama sebelumnya ya pas OSN, 2 minggu. dan sekarang masih 7 hari. 3 minggu lagi...

sekamar sama fifi, fiqi, claudia. dapet kamar paling paling luas dan nyaman daripada yang lain wkwk. katanya astro tahun ini cewenya rekor, sangat amat banyak. walaupun belum sampe setengahnya. akhirnya kenalan lagi sama orang-orang yang dulu cuma sempet nyapa-nyapaan pas lomba. sekelas. makan bareng, belajar bareng. haha, apa ya. semacam lucu ; gapernah kayak gini soalnya sebelumnya. siang malem ketemunya orang itu itu lagi.

orang orangnya.. alhamdulillah sudah hafal. ada yang sempet tahu kemarinnya tapi ada juga yang baru kenal pas di sini. tapi dimana mana orang ya gitu ya, ada aja yang aneh. haha. biarlah mereka dan dunianya.

malem jumat kemarin pertama kali ke bosscha bareng bareng. berangkat jam 4, sampai sekitar jam 5. tour teleskopnya lebih banyak dari pas pelatda.. sempet dibolehin naik ke Zeiss! :D sesuatu sekali menyentuh teleskop sebesar itu. di sana diminta nyoba buat aligning sama pointing. sempet ada tesnya juga, dan.....ah, parah -_- tingkat ketelitian mungkin sampai minus. hahaha. gak ngerti lagi. banyak banget cerobohnya, lupanya. baru pertama kali banget banget pegang teleskop kayak gitu. dan semacam yang lain bisa...yasudahlah. terus semua orang pada bisa baca langit. bagus sih emang langitnya, cerah banget, apalagi di daerah orion. sempet liat nebulanya segala. walaupun cuma bisa bengong... (....)

dan makin malem makin ngelantur. diatas jam 11 udah pada nggak bener lah. ya segala ngarahin teleskopnya ke daerah kota. ngomongin bahasa daerah gak abis abis. sudah lelah memang orang orang wkwk biarkan lah.

sebagian orang orang

besoknya tapi diceritain cerita horror bosscha sama kakaknya. hauuu. dan entah kenapa malemnya mimpi aneh. gimana sih, yang mimpi serem, tapi tahu kalo itu mimpi. tapi mau bangun gabisa. kesel sendiri. paling gasuka emang masa masa sleep paralysis kayak gitu. dan pas bangun, ternyata baru tidur 10 menit.....padahal berasa lama banget. 

bismillah buat 5 jam lagi..


Sunday, October 27, 2013

sempet hectic ngurus keberangkatan. akhirnya dapet travel tapi jam 5. sendirian....
asa daritadi santai, tapi sekarang jadi semacam....hauauau.
habis quality time belanja sama bapak. mendadak.
bismillah.

Friday, October 25, 2013

sekarang tanggal 26, jam setengah 4 pagi.

kan, seperti yang dibilang. nggak akan berasa. karena ; satu ; tugas yang semacam nggak tanggung-tanggung numpuknya. semua pelajaran tiba tiba ngasih tugas. bingung harus ngerjain yang mana. harus mendahulukan yang mana. satu selesai, yang lain masih banyak yang ngantri. kalo tanya yang lain, asa bahagia bahagia aja ya? haha. ya tapi tahu lah, kamu bukan bandingan si-orang-orang-lain itu. dan memang salah ya kalau tolak ukurnya mereka. karena ya memang beda.

besok hari terakhir buat menyelesaikan semua muanya. bismillah semoga nggak ada yang miss.

makin hari makin betah di sekolah kotak sabun itu. semua orang lagi hectic bikin web. laptop dimana mana. haa. kemarin udah lepas kepengurusan dari DKM. berasa....ya....kelas XII tuh begini ya? haha. dan berat rasanya harus meninggalkan orang-orang itu. yang masih tetap berjuang buat kumpul pagi dan siang. nggak bisa lihat ; justru ketika saat saat paling krusial buat mereka. maaf ; untuk segala kekurangannya minggu minggu kemarin. tetap semangat yah kalian. selalu bakal ada win setelah fight kok :)

masih dalam proses backup, mau nge root hp (lagi). sudah cukup dengan segala kelemotan karena memori internalnya yang kelewat penuh. gemes sendiri.. bismillah semoga berhasil.

masih dalam proses pembuatan website. orang orang pada ripuh HTML5, da akumah gak ngerti, pake dreamweaver asli aja :") dengan semua kotak kotak tabelnya, haha. stuck dengan materi, sebenernya. dan sedikit desain di homepage. masih under construction heheee ntar dilanjutin lagi. come and visit! space journey

Monday, October 21, 2013

assalamualaikum.

entah apa yang terjadi dengan diri saya kemarin, tapi hari ini jadi flu. padahal hari minggu itu seharian di rumah. berkutat dengan laptop dan dreamweaver. web....kenapa ya semakin dikerjain semakin berasa banyak yang belum dikerjain. entahlah. asa dari kemarin nggak selesai selesai. hau. 

jadi tadi baru aja dibagi rapor bayangan. yah, sama seperti bayangan, hitam kelam:) sudah cukup dilihat, nggak mau lihat lagi. haha. 

sudah cukup tahu kan? kalau harus lebih belajar fisika lagi :) harus cinta sama integral :) harus sadar diri kalau kamu nggak sepintar teman teman kamu :) harus sadar diri kalau memang butuh usaha lebih keras, bahkan untuk sekedar bisa menyamai yang lain :)

biar bisa berusaha lebih. yang dibutuhkan cuma itu kok, sedikit 'lebih'. kayaknya udah berkali-kali bilang, ya? sedikit lebih fokus, sedikit lebih tekun, sedikit lebih rajin, sedikit lebih maksimal. karena nggak butuh target  perubahan yang muluk-muluk. sedikit lebih, ayolah, sedikit. nggak menuntut banyak, kan?

H-6. ya, dari yang sejak dulu selalu 'takut' untuk diimpikan. gimana rasanya? haha. entah. mengingat hal ini udah ada di buku mimpi kamu secara gak sadar dari berbulan-bulan yang lalu. dari ketika mulai untuk mau membuka jendela impian itu. sekedar melihat keluar, sejenak. sebentar aja. tapi yang ini terlalu 'bling-bling' untuk bisa diabaikan begitu saja.

antara penasaran-nggak-sabar-jiper. 

tapi 6 hari ke depan pasti akan berlalu dengan sangat cepat, haha. dengan segala macam deadline tugas yang tiba-tiba meroket maju. nggak sih sebenernya.. cuma ya lebih baik diselesaikan sebisanya. dan ke hectic an smansa yang emang nggak ada abisnya. yang bikin selalu telat NF, haha. akan memanfaatkan waktu ini sebaik mungkin sebelum nanti hilang sama sekali. 

tadi rencananya mau bikin laporan KI tapi ternyata pas mampir ke TGA bahannya gak ada. terus bingung. terus masa harus bikin web lagi (...) belum selesai sih tapi....haaaa *lambai lambai*. entah. mau main cooking academy 2 dulu wkwk semacam seru kalo pake touch lebih gampang #eh


Thursday, October 17, 2013

kabar langit malam ini

kabar langit malam ini.

tadi pulang jam 7. bulannya terang banget, lagi purnama. melihat ke barat, ada venus. jelas banget. bawahnya venus ada bintang merah ; antares. waktu bener-bener berjalan, ya? waktu itu scorpio belum di situ. waktu itu scorpio masih di atas kepala ketika venus udah hampir terbenam. udah lewat sebulan lebih. dari kemarin-kemarin susah banget nyari langit bagus. kalo nggak mendung, gelap. malam ini sesuatu. ada beberapa bintang lagi ; tapi nggak berhasil mengenali itu apa. sendiri sendiri dan terpisah cukup jauh.

nilai UTS beberapa mulai dibagikan. punya saya nggak sebagus yang lain. jauh malah, dari yang lain. haha. entahlah. berarti memang belum maksimal ya? berarti harusnya masih bisa berjuang lebih keras. entahlah, mau protes pun nggak ada gunanya. sekarang tinggal nerima dan berdoa, dan bersyukur. asli nggak berani ngebayangin rapor semester 5 ini bakal kayak gimana.


Tuesday, October 15, 2013

Space Shuttle


sedang bingung karena kantong plastik ABC berisi stock isi binder dan hekter kecil tiba-tiba menghilang. padahal stock itu udah disiapin dari sebelum UTS. hari ini akhirnya ada kesempatan buat nyari tapi malah gak ketemu ketemu. bingung. kalo ga ketemu sekarang, besok-besok mau nyari kapan. butuh refill. haa. kesel. yaudah mungkin nanti mulai nyari lagi.

oh ya, selamat hari raya Idul Adha :) akhirnya suasana Idul Adha berasa lagi setelah beberapa tahun kemarin nggak sempet nyate. tadi jadi bagian potong-potong daging. oh ya, udah cerita kah kalo habis membabad Hannibal? ya, si bapak psikiater kece tapi suka masak pake jeroan orang. 13 episode dengan berbagai macam cara pembunuhan sadis dan penuh dengan orang orang psikopat. sangat seru, bikin mikir, mual, dan iba di saat yang bersamaan. Will Graham :( terus tadi bagian motong daging. hahaha. gapapa sih. sounds weird.

semoga setiap umat muslim dapat merasakan nikmatnya berkurban dan menolong sesama, semoga kurban yang telah diberikan akan bermanfaat bagi sesama, amiin.

akhir akhir ini anak RE lagi pada hectic dengan yang namanya tugas seni budaya. jadi, kita diminta untuk membuat sebuah miniatur dengan adonan tepung beras, tepung maizena dan tepung tapioka yang dicampur lem. awalnya sih kayaknya seru pisan, tapi pas bikin.. :"") saya waktu itu nyoba bikin space shuttle. untungnya udah kebayang step-step bikinnya, dan sebenarnya setiap bagiannya nggak butuh bentuk yang susah susah. intinya ada 4 bagian yang pada akhirnya bakal digabung jadi satu. singkat cerita, waktu itu di sekolah selesai bikin. dibawa pulang karena harus diwarnai. didiemin beberapa hari.

terus jamuran :""")

oh god why. sedih nggak sih ketika melihat adonan yang udah dibentuk susah payah, besoknya ditumbuhi jamur roti. awalnya masih jinak, kecil-kecil dan warna warni. sempet ditimpa cat ; mungkin bisa mengurangi jamur yang bakal tumbuh. ternyata sama aja. besoknya malah yang tumbuh warnanya hitam.......hiy.

akhirnya bikin lagi. selow aja...hahaha. ternyata salah adonan ; aturan nggak usah dikasih air, cukup tepung + lem. cuma lemnya banyak banget. dan susah buat bikin jadi claynya. tapi akhirnya bisa sih.....alhamdulillah. cuma keringnya lama.



besok dikumpulin. awas aja ya kalo sampe ada jamur lagi :) perjuangan beberapa hari. ready to fly! semangat IPA1 yang deadlinenya besoookk

persalutan emang, kelas XII bukannya tugas disedikitin karena harus belajar buat UN, tapi malah banyak banget. yah.. selamat datang di dunia kelas XII. tugas skala besarnya itu sih yang nggak cuma satu. mulai web, kartul, KI, presentasi presentasi dll. untuk sampai sekarang sih overall baru nyentuh web. walaupun masih ngesot ; gak ngerti segala macem kode HTML itu. tapi target sih selesai secepatnya ; biar bisa nyelesein yang lain. masih mandek di widget ; bingung ngatur di pagenya gimana caranya heeemm.

yah sudah. habis ini mau nyari kantong plastik ABC (lagi) (dan lagi). semoga ketemu, amiiin


Sunday, October 6, 2013

nggak akan ngetik banyak, sepertinya.
akhirnya, akhirnya, setelah posting menjadi wacana selama beberapa hari yang lalu. padahal nyentuh laptop juga nggak sejarang itu, browsing di chrome, tapi entah kenapa mau nulis rasanya nggak se niat itu. haha. mungkin karena terlalu banyak yang mau ditulis. jadi bingung. jadi udahan. terus ijit. 

oke, seadanya aja ya. hmmmm.

sekarang jam 8 malam. sedang rehat (lagi) (dan lagi) dari segala macem volume benda putar, ich wonne aus, dan kesimpulan-kesimpulan surat. hahaha. kayanya bisa dibilang ini UTS paling nekat. begitu countdown dibikin, nggak sadar udah H-3. H-2 masih sibuk belajar buat ulangan gelombang bunyi fisika. UTS? dadah dadah dulu. baru buka buku H-1. haaaaa ini kenapa sih. padahal yang lainnya belajar kayak apaan tau ya? haha. tuh tau. tuh sadar. 

akhir akhir ini lagi susah banget buat mengontrol jam tidur. sampe kesel sendiri, tapi gimana. pulang pulang sampe rumah jam 8 atau setengah 9. padahal udah bikin checklist di notes malem itu mau ngapain aja. tapi cuma ganti baju, buka hp bentar, atau ngemilin sesuatu, tiba tiba gak sadar. tew. tidur aja. sampe nggak inget proses tertidurnya kayak gimana. dan entah kenapa alarm jam 10, 12, dan 1 sama sekali nggak terdengar. bangun bangun udah jam 2. langsung panik. jam 2 itu ambang batas aman untuk mulai melakukan banyak hal. udah pagiiii jam 2 itu udah pagi banget. entah kenapa kalo jam 1 masih tenang. tapi kalo jam 2 mulai, sangat amat gak bisa ditolerir. langsung gak tenang.

dan, ya, jangan kira saya udah melakukan apa apa loh. yang namanya begitu sampe rumah langsung tidur. dan semua orang tahu kekejaman guru kelas XII yang nggak tanggung tanggung kalo ngasih tugas. itu berarti seluruh kelas XII yang lain juga mengerjakan hal yang sama kan? nah tapi ini. inget banget pernah punya masalah yang sama, tapi lupa di posting yang mana. haha. keulang lagi kan. cuma orang merugi yang mengulang kesalahannya dua kali.

sudah mulai 'berteman' dengan NF :D ternyata memang belajar di tempat les tuh hawanya beda. minggu kemarin beberapa kali jadi yang pulang terakhir, menetap dulu buat ngerjain soal. yah, memang tuntutan biologi bab metabolisme yang-saya-sama-sekali-nggak-ngerti-karena-dispen dan fisika bab gelombang bunyi dengan masalah yang sama. tapi memang nggak kebayang, kalo nggak dipaksa menetap dan dibahas dulu di NF, di rumah pasti nggak ngerti. kalo nggak ngerti? ijit. terus tidur. hahaha kan nggak lucu. melihat alarm 'pengusiran' mas Yusuf di komputer NF :p hmm mungkin ini salah satu metode efektif buat kedepannya.

kangen yumi :( dia udah balik ke Jepang. udah bisa duduk. rambutnya masih kayak Spock. tambah embil. kalo duduk udah pengen digelindingin aja, bulet banget kayak bola. aah kangen makhluk kecil yang menggigit itu....

yasudah. bingung mau nulis apa lagi. selamat bertemu kembali dengan matematika-fisika-jermannya. guten abend!

Thursday, September 19, 2013

11 hari pertama

assalamualaikum!

4.29 pagi. ini agak agak sebenernya, menyempatkan nulis di saat kayak gini. padahal beberapa jam lagi ulangan jerman ulalala. 

sudah hampir dua minggu kembali menginjakkan kaki di sini. ya, akhirnya semua hal yang kemarin itu cuma euforia, haha. katanya jangan terlalu berlarut-larut ; yah karena emang gak baik. karena ketika kembali lagi ke sini banyak banget hal yang menunggu. langsung berputar 180 derajat.

seminggu kemarin nggak bisa nulis. entah kenapa. haha. gimana sih rasanya dateng-dateng dijejelin ulangan, PR, dan catetan pelajaran yang sebegitunya. to do list langsung membengkak jadi tiga halaman buku front dalam sehari. jujur, kaget, iya. ketika di kelas semua orang udah ngerti bab mana sementara kamu bab satu aja masih sama sekali nggak ngerti. ketika tiba tiba pulang sekolah harus kumpul sana sini, tapi ketika dateng masih belum kebayang keadaan di sana. 


dua dari empat halaman

tapi memang butuh proses. makin ke sini to do list tiga halaman itu makin banyak yang keceklis......:"") walaupun tetep nambah juga, haha. sesuatu banget ngeliat kotak berderet itu pada akhirnya keisi satu persatu. walaupun yang krusial (re : ulangan fisika-kimia-sejarah-jerman, kartul, website) belum keceklis, haha. masih deg-degan. haaa besok fisika kimia. tapi seenggaknya salin-salin catetan udah mulai bisa bernapas lega. 

semacam semua yang kemarin itu cuma mimpi... karena realitanya ya sekarang. ya ini. haha. tapi rasa kangennya langsung terobati :") begitu dateng langsung disuguhi satu hal yang 'smansa banget'. ya, siapa yang bisa memungkiri kalau masa-masa-pake-ID adalah satu yang paling spektakuler di tiap menjelang akhir tahun. langsung melihat lapangan penuh dari pagi. lari keliling lapangan. seri. kultum.

ah, pokoknya untuk kalian yang sedang menjalani masa-masa ini. tetap semangat! karena nggak ada yang sia-sia kalau kalian menjalaninya dengan hati, dengan sungguh-sungguh. karena bulan-bulan ini nggak akan terulang dua kali. satu momen yang bakal melekat terus di benak kalian. 


lari pagi bersama 4 organisasi

terus.. hari kamis kemarin ada MUSANG Rantai Emas. yang ini juga mendadak, karena segala macam ribetnya pas minggu kemarinnya jadi saya nggak lihat haha. acaranya soswit, apalagi pas akhir. kita diminta buat nulis impian, tempel di balon buat diterbangin bareng-bareng. ah RE emang paling bisa bikin cheesy cheesy an :") semacam nggak percaya kita udah dua tahun bareng. 




dan selamat untuk Umar Fadhil Ramadhan dan Ibnu Mahmuda, ketua dan wakil ketua angkatan Rantai Emas! 

kenapa aneh sih kalian.....:""

akhirnya ketemu makhluk ini lagi :""")


nyumiiiiii tahukah kamu betapa kangennya ateu sama kamu. tapi kemaren-kemaren sakit... :( panas gitu dan muntah muntah. aah kasihan pokoknya sedih. lemes banget. tapi katanya sih itu naik fase (?) buat tambah pinter. ya semoga aja bentar lagi tiba tiba merangkak atau ngomong apa gitu. tapi sekarang udah baikan. udah mulai sering gigit gigit ateu lagi :") nyumi gak boleh balik ke jepang, gak boleh....

kemarin tiba tiba menyadari kalau root explorernya nggak bisa di akses. ternyata screenshot ultimate juga gabisa. dan yang paling parah ; link2sd linknya pada lepas. ingatkah kalau saya pernah memodif internal hp dengan me link nya ke partisi di SDCard. ketika linknya lepas, otomatis memorinya langsung ke internal semua. jebol lah. haaa. langsung lemot parah. aplikasi banyak banget yang harus di uninstall. dan ternyata emang ada yang salah dengan rootnya :( harus di root ulang....ah. harus main ke xda-developers lagi. saya gak se hi-tech itu untuk langsung ngerti mekanisme yang kayak gini. tetep aja harus belajar lagi. waktu itu aja seharian.  entahlah kapan bisa sempet root ulang. tabah ya hape tabah....

jam 5. oke sekolah. oke ulangan jerman. wassalam!

Saturday, September 7, 2013

Final



alhamdulillah.. nggak tahu harus berkata apa. yang jelas harus bersyukur banyak, banyak, banget. pertolongan-Nya memang selalu terasa di saat saat seperti ini. masih sulit percaya, sebenernya. yang dari dua tahun lalu sudah diimpi-impikan, sekarang beneran terkalung. alhamdulillah..

kemarin habis penutupan ada Project Pop. kita sholat dulu, jadi agak ketinggalan. pas masuk, mereka lagi nyanyi Ingatlah Hari Ini. langsung tersentuh....sweet banget lagunya :") pada momen yang sangat amat tepat. merinding..

mau bilang makasih, makasih sebanyak-banyaknya buat semua yang udah mendukung. pertama Allah SWT, keluarga, smansa, yang langsung nelepon H+beberapa menit setelah dipanggil ke depan....seneng banget bisa denger suara kalian lagi setelah 2 minggu nggak tatap muka....langsung berasa banget kangennya :"

dan spesial buat tim astronomi Jawa Barat 2013. makasih untuk kesabarannya, selalu menjawab dan menjelaskan ketika ditanya, sampai berkali-kali, maaf kalo otak ini agak lama nyambungnya.... :"| makasih telah menjadi teman, guru, sekaligus partner yang baik dan sangat asik walaupun aneh selama 2 minggu ini. makasih untuk kerelaan begadang, keluar kamar malem-malem, dingin menusuk sampai berembun khas Lembang, cuma untuk memperlajari langit. maaf kalo suka ketinggalan, ngerecokin, dan ngomong mulu (...) asli, tanpa kalian bener-bener nggak akan bisa sampai sejauh ini..

semangat untuk kita semua ke depannya! rafif dan rizki ditunggu emasnya tahun depan. suatu saat nanti mungkin kita bisa ngumpul lagi, kapan-kapan. tetap bersinar yah, semuanya :)


"kamu sangat berarti
istimewa di hati
selamanya rasa ini
jika tua nanti kita tlah hidup masing masing
ingatlah hari ini.."
Project Pop - Ingatlah Hari Ini

Friday, September 6, 2013

Rekreasi

daritadi udah di depan laptop tapi cuma browsing gajelas. niatnya mau nulis malah molor kemana-mana. kemarin ke Trans Studio yay. seru, kalo kata saya sih, seru parah. hahaha. bebas banget. pertama kali masuk kayak anak ilang sih sebenernya, yang lain pada gatau kemana. yang lain mah pas baru masuk difoto dulu, saya masuk sendirian :" terus baru dateng langsung naik vertigo. hahaha emang paling pasti naik yang udah di depan mata aja.

terus baru ketemu sama anak-anak astro Jawa Barat. eh ya, sama sekali belum pernah update foto tentang ini ya. yang ini orang orangnya

rafif-saya-rizki-munif-fatih

tuh kan aneh-_-

mereka aneh banget asli. capek ketawa mulu seharian di Trans Studio. bareng juga sama Ulfah, anak kebumian yang kebetulan juga lagi nyari temen buat naik yang ekstrim-ekstrim :p alhamdulillah barengnya sama anak-anak yang sama pengennya naik yang seru-seru. walaupun mereka aneh *sakali*. lagian, buat apa ke Trans Studio kalo nggak naik mainan yang serem-serem, ya ga. harus produktif, haha. sayangnya Roller Coasternya lagi under maintenance. tapi yang selain itu yang seru dicobain semua kok. kapan lagi naik vertigo tiga kali sampe gak berasa. giant swing dua kali, jelajah dua kali, haaa pokoknya seru. dunia raksasa sebenernya seru juga tapi ngantrinya lama pisan, jadi cuma naik sekali. pertama kalinya nonton 4D, seumur umur. terus konsumsi disponsori oleh Rizki :p heee entah ini anak terlalu baik atau apa, makasih banyak lah pokoknya, jadi nggak kelaperan.

pas naik jelajah yang kedua kalinya, fotonya bagus. terus beli. kan, kapan lagi beli foto di tempat ginian. mahal sih :" yasudah. ah, pokoknya hari kemarin sangat amat seru sekali. paraaah. ikutan aneh bareng orang orang aneh. yang selalu mempermasalahkan 'atuh', 'tea', 'teh'.. emangnya segitunya banget ya. biasa aja padahal. tapi sampe anak Jatim juga ada yang ikutan -_- saya mah kan sundanya cuma gitu aja. mereka harus ketemu Sofia, anak bio, tah sunda asli banget orang Bandung. ya tapi emang astro kekurangan orang sunda asli sih... kalo yang jawa banyak. lucu, kiri kanan orang ngomong logatnya beda. ada yang ngomong mandarin pula (...) 

pokoknya makasih banyak banget sama kalian yang udah main bareng di Trans Studio :D/






hari itu sukses jadi ajang refreshing otak. yakin, semua anak yang kemarin ke Trans Studio pasti berpikiran sama :p setelah dua hari kemarinnya dibantai sama soal-soal. ngebul. 

soal ngebul, jadi inget pas H-1 tes observasi. malemnya kita ngumpul, liat stellarium bareng-bareng. iseng nyalain gambar-gambar artistik para rasi bintang, terus nemu ini ;


kalo belum jelas, bisa dizoom lagi ;



yak itu kaki. sebenernya itu gambar virgo, cuma karena dia lagi tenggelam jadi arahnya kebalik. terus kakinya yang belum sempet tenggelam muncul di balik semak-semak.

...................tuh kan sebenernya ga lucu -_- tapi waktu itu ketawanya sampe sakit perut kayak apaan tau. hahaha ketauan emang udah stressnya, yang ga lucu jadi lucu sendiri.

oh ya, kemarin pas setelah simulasi teleskop, astro foto bareng-bareng. JKT84 (...) iya sih kita 84 tapi kan ga JKT juga...hahaha entah itu siapa yang mulai



sekarang jam 9 pagi. hari ini penutupan. yah, kenapa saya cerita Trans Studio sekarang, soalnya, sakali sih, tapi takutnya emang ga bakal nulis tentang ini kalo setelah hari ini.......haha. gatau. cuma bisa tawakkal. miris emang mengingat hasil tes 2 hari kemarin. bismillah, apapun itu, Allah pasti udah memberikan yang terbaik. kalau memang belum, berarti nanti pasti ada kesempatan lain, entah kapan dan bagaimana. harus bersyukur apapun hasilnya nanti. bismillahirrahmaanirrahim..