Bosscha part 2

by - 1:31 AM

kemaren sempet mau nulis cuma waktunya mepet, udah pagi. jadi kita dipinjamkan oleh kakak pembimbingnya satu teleskop. kecil sih, jangan bayangkan teleskop-teleskop tinggi besar berat yang suka ada di film-film. yang ini bahkan tripodnya pun pendek. mungkin karena emang nggak terlalu 'fragile' jadi boleh dipinjemin.

waktu itu pertama kali nyoba liat lampu. sama muka orang hahaha asli lucu pisan itu satu FOV isinya muka semua. tapi kan ya mana afdhol kalo nggak lihat langit. jadi kemarin ditungguin dari jam 1 pagi. alhamdulillah jam set 3 an langitnya cerah. langsung bawa perlengkapan ke taman.

pertama kali lihat bulan. agak ribet soalnya findernya nggak sesuai sama tabung besarnya, jadi otomatis nggak bisa dipakai. harus nyari langsung dari yang ngezoom itu. kagok, pasti. pegel. tapi seneng pas udah bisa ngarahin ke bulan. beneran ada kawahnya gitu, keliatan 4 berjejer. bulannya emang lagi bulan setengah jadi nggak kelihatan penuh.

di atasnya bulan sedikit ada bintang merah. kirain planet atau apa, ternyata aldebaran. terus nyoba lihat rigel dan sirius juga. sama lihat jupiter. nggak jauh beda sih, cuma yang ini karena planet jadi agak lebih besar dan oranye. terus sempet lihat pleiades juga. gugus bintang terbuka. dan beberapa bintang terang lain yang kebetulan ada pagi itu.

apa ya. seneeenng! pertama kalinya bener-bener mengoprasikan teleskop sendiri, walaupun tanpa finder, teleskopnya kecil dan penggunaannya lama. bisa ngarahin ke satu objek yang dituju tuh.....ah pokoknya sesuatu. yang biasanya cuma lihat, nunggu kakak kakaknya mengarahkan terus antri buat ngintip. haha. emang paling kopong kalo udah soal observasi.

terus kemarin juga ke Bosscha ; untuk yang kedua kalinya. paling pasti, sekalinya dateng langsung dua kali. kali ini ikutan rombongan Fisika dan Matematika. tapi karena udah pernah masuk ke gedung Zeiss, akhirnya lihat-lihat pemasangan teleskop. agak canggung awalnya, tapi kakak-kakaknya baik :D 

pertamanya cuma ngeliatin teleskop yang otomatis, tapi terus ditawarin buat masuk dan melihat persiapan pengaturan teleskop Bamberg. WAH. itu teleskop berumah yang kemarin gatau namanya, yang buat lihat antares. akhirnya masuk ke dalem gedungnya. ngeliat kakak-kakaknya mensetting deklinasi dan HA teleskopnya ke arah antares. ternyata katanya ada mesinnya, cuma lagi rusak, jadi manual. keren, ngegeser-geser teleskop segede gitu.




sebenernya nggak terlalu belajar teleskop, kemarin lebih ke melihat-lihat aja. terus ada rombongan anak SD gitu. lucu banget. beruntung ya kalian, kelas 1 SD udah ke Bosscha. saya harus nunggu 16 tahun :") 

pas keluar, langitnya nggak secerah kemarin. mendung banget. tapi akhirnya mengungsi ke lapangan depan gedung Zeiss ; di sana sangat gelap dan gak ada orang. duduk menghampar di rumput. tidur terlentang menghadap langit. tebak-tebakan deklinasi dan HA bintang. hapalin penyusun rasi. sayang banget pas ke Bosscha hari pertama nggak kepikiran buat ke lapangan situ. padahal aturan bintangnya bakal bisa lihat lebih banyak. tebak-tebakannya bakal lebih seru.

terus pulang. haha. karena hari itu adalah hari terakhir malam umum, jadi kayaknya ke depannya nggak akan main ke Bosscha lagi. tapi kayanya udah cukup ; lebih dari cukup malah. ah pokoknya alhamdulillah banget bisa main ke sana :")

pulangnya tepar. nggak sih sebenernya. nggak boleh sih harusnya, haha. masih banyak banget 'pe er' untuk dikerjakan. alhamdulillah banget udah terbiasa dengan siklus tidur yang kayak gini, jadi nggak begitu kaget dan jadi bener-bener bisa memanfaatkan waktu yang ada. memang butuh usaha yang lebih, kan? ketika kamu tahu kalau kamu nggak sehebat yang lain. ketika kamu tahu kalau kamu masih sangat, sangat, jauh tertinggal. mau jalan aja? kapan nyampenya? yah, sadar diri lah. haha. 

oh ya, hari ini akhirnya astro rame! setelah kemarin-kemarin berasa les privat. bismillah untuk hari ini!

You May Also Like

0 comments