Bosscha

by - 9:38 PM

assalamualaikum. hari satu.

sekarang jam 1.05 pagi. tadi baru keluar nengok langit, masih mendung. gaada bintang, jadi masuk lagi. 

iya, jadi sekarang judulnya sedang menunggu langit cerah. karena tadi baru dapet pinjeman teleskop mini dari kakak pelatihnya, dan buat pakainya ya sepertinya memang harus rela nunggu dan rajin ngecek. langit itu perubahannya cepet. satu jam itu bisa jadi waktu yang cukup buat awan terbuka dan memperlihatkan bintang, terus langsung ketutup lagi. makanya nanti jam 2 mau keluar lagi.

hari ini.. pagi pagi dibuka dengan hari mencuci baju sedunia bareng patris. karena emang waktu untuk makan paginya longgar dan kita nggak ada kerjaan, akhirnya nyobain buat nyuci. gaada laundry ; sekalinya ada jauh. jadi harus nyicil. oke ini pertama kalinya. lucu juga. lumayan. belum-belum udah ada jemuran baju.

paginya ada motivation training dari kakak yang IQnya 210. penasaran orang yang IQnya segede itu sehari hari mikir apaan. tampangnya sih tapi sama aja. kalo nggak ditanya juga mana tahu kalau dia baru 23 tahun dan lagi kuliah S3. 

oh iya. di sini tiap pagi dan sore ada coffee break. wkwk gaya dulu lah. isinya snack sama teh/kopi gitu. kayak apaan aja.

habis makan siang, pre test. jadi ternyata hari ini juga belum ada belajar efektif. tew. masih kopong juga ternyata. mau belajar bingung jadi seadanya. astro juga masih sepi, 3 dari 5 orang ikut pelatihan di luar. pelatihnya juga ganti, jadi kakak perempuan unyu :3 kak angginya ada urusan mendadak. 

pre test. lalala begitu. 

"Kita mau ngapain abis ini kak?"
"Sampe jam 5 sih kita, ngerjain ini dulu aja. Oh ya, hari ini katanya malam umum Bosscha loh."
"Iya? Wah! kesana yuk kak."
"Yuk."
"Yuk."

dan beberapa menit kemudian kita caw.

: """"""""""""""""""""")

mungkin karena emang kita cuma bertiga, jadi lebih gampang mobilisasi alias nyusup-nyusupnya. hari ini harusnya jadwal...kebumian dan entah bidang apa buat ke sana. terus kita ikut aja tiba-tiba. hahaha. padahal harusnya jadwal ke sana itu hari minggu.

terus udah langsung duduk di angkot aja. perjalanan.

dan memang deket banget sih dari hotelnya ke Bosscha. belum-belum udah lewat jalan kecil. terus ada portal, kita turun. lanjutin jalan.

pas lihat gedung utama tempat teleskop Zeiss tuh......apa ya. beneran loh ini. beneran ke Bosscha loh. berasa nggak percaya bisa dateng ke sini. bisa menginjakkan kaki di depan gedung yang ini. yang selama ini cuma bisa diliatin dari foto orang. atau presentasi kak anggi. sekarang beneran liat pake mata kepala sendiri.






...subhanallah pokoknya. seneeeeeng!

buat gedung teleskop Zeiss, kita emang cuma masuk dan mendengarkan penjelasan kakaknya. ngeliat lantainya di naik turunin dan kubahnya diputer-puter. keren benda segede itu beneran bisa bergerak kayak gitu. dan...itu teleskop loh. tabung segede itu. entah gimana perasaannya kalo nyoba neropong dari sana. sayangnya nggak dibuka untuk umum.

udah gitu masuk ruang multimedia. dikasih presentasi. ditayangin gambar yang perbandingan ukuran bintang-bintang. paling pasti emang bikin merinding. antares dan betelgeuse yang segede-gede itu.

dan saat paling bikin mencelos adalah ketika keluar dari gedung multimedia. udah masuk waktu maghrib. langitnya mulai gelap.

dan bintangnya banyak. banget.

bener-bener langsung disuguhi scorpio dan sagitarius pas pertama kali keluar. astro yang satu lagi langsung mengoceh tentang segala macam rasi bintang yang ada di situ ; yang lain manggut-manggut. saya sih bengong. hahaha. kan kopong cuma tahu scropio sama sagitarius doang. sempet hilang dari rombongan tapi untung ketemu lagi. 

makin malem langitnya makin gelap. bintangnya makin banyak. melihat summer triangle ; vega, altair, deneb. melihat satu-satu rasi bintangnya masing-masing ; lyra, aquila, cygnus. ternyata beneran kayak gitu ya bentuknya. atas dikit ada ophiucus ; tapi gak kebayang bentuknya. ada bootes juga. lihat centaurus dan crux tapi nggak bisa lihat bentuknya karena udah mau tenggelam ; di deket horizon awannya makin tebel.

berkali-kali lihat satelit lewat. kenapa banyak satelit ya malem ini. terus menyadari kalau ada berkas garis putih tipis yang memanjang dan melewati sagitarius. itu bima sakti. nggak sejelas yang ada di foto, tapi samar bisa lihat 'awan'nya. dan yang lewatin sagitarius itu berarti pusat bimasakti. blackholenya ada di situ.

ikutan ngantri buat lihat langit pakai teleskop. nyobain salah satu teleskop berumah ; tapi belum tahu itu teleskop apa. lihat antares. bener-bener jadi lebih merah dan terang dibanding sekitar. terus di luar lihat saturnus dua kali. dan, ya, persis sama kayak yang dilihat pas Star Party di IPB waktu itu. beneran ada cincinnya. jelas sejelas jelasnya. pokoknya lucu.

dan...apa ya. semacam....benda itu tuh beneran ada loh. nun jauh di atas sana. planet bercincin yang selama ini cuma bisa diliat lewat ensiklopedia itu ternyata beneran ada di langit. subhanallah pokoknya. 

terus pulang. memang cuma sebentar sih di sana. tapi pengalaman lihat langitnya bener-bener nggak terlupakan. langit Bosscha beneran bersih ; jarang banget lihat bintang sebanyak itu. 

foto menyusul. sebenernya nggak banyak, karena pas jam 6 ke atas udah nggak moto apa apa sama sekali. tapi mengabadikan momen pertama itu penting.

yasudah. begitu cerita hari ini. besok sepertinya baru akan mulai belajar efektif. bismillah semoga jam 2 atau 3 atau 4 nanti langitnya cerah, amiiin.

You May Also Like

0 comments