by - 2:41 AM

assalamualaikum.

pertama selamat mengulang tahun untuk adik kecil yang sekarang (ternyata) bener-bener udah kelas 7.... semoga makin rajin, ngomongnya jangan cepet cepet, makin disayang Allah :)

oh ya, selingan bentar. tadi pagi iseng keluar, akhirnya. setelah beberapa kali ini berangkat pagi dan menemukan kalau langitnya cerah banget (apalagi kemarin, asli gaada awan) dan menyesal kenapa ga keluar subuh-subuhnya soalnya langitnya pasti bagus banget. tadi akhirnya kesempetan. awalnya sempet bingung. marsnya udah di barat. nyari-nyari crux kok gak ada.

terus ternyata, hampir di zenith ada scorpio. wut kenapa udah di situ. bawahnya sagittarius jelas banget. pangling. terakhir kali lihat scorpio, waktu itu di rooftop Lotus sekitar jam tiga, dan Scorpio memang udah full tapi masih di timur. sagittarius belum ada.

terus jadi ya....kaget aja pas nemu scorpio di situ. scorpio itu rasi pertama yang pernah dikenali seumur-umur (bahkan orion pun ga kenal). pas Star Party HAAJ di IPB tahun lalu. ditunjukin sama anak-anak castro lunar, temen-temennya munif. 

udah setahun yang lalu ya...waktu berlalu sangat cepat. literally cepat kalau udah ngomongin langit. mereka udah hampir berputar 360 derajat dari posisi awal pertama kali kenal tahun lalu. udah hampir balik lagi. dari yang waktu itu pelatda, pagi-pagi orion baru terbit. OSN, jam 7 malam scorpionya udah di zenith. deket-deket pelatnas 2, centaurus dan crux terbit pagi-pagi. sering banget liat leo dan corvus di meridian.

ya...jadi intinya tadi pagi pangling. udah beda lagi langitnya. baru bisa lihat altair vega lagi (kayanya dulu juga ga sempet lihat soalnya belum kenal).

terus.. seminggu kemarin sudah melewati badai UAS. bener-bener nggak bisa ngapa-ngapain. karena memasukkan materi 13 pelajaran murni hanya dalam 5 hari itu.......gak kuat *lambai lambai tissue ala kusuma* bener-bener hapalan sekali baca, pelajaran-pelajaran semacam PKN Sejarah dan Agama yang diakumulasikan 3 tahun. awalnya ngabisin pelajaran apalan-apalan, nyisain MIPA. soalnya lupa sama sekali pelajaran UNnya. parah. padahal kemarin sebelum berangkat udah mabok detik-detik, tapi begitu nggak dibahas sebulan langsung berasa asing sama sekali... tadinya mau MIPAnya minggu ini aja, biar ada waktu tambahan buat latihan soal. tapi ternyata gabisa. ternyata harus selesai minggu itu karena nilainya udah harus dikirim tanggal 1 April. langsung sedih.... gimana sih rasanya. kamu tahu kamu belum siap sama sekali, dan langsung diminta untuk kerjain UAS. jadi ketika ada yang gabisa, ya salah sendiri sih gak belajar, tapi mau gimana, hahaha. salah diri sendiri juga tapi tetep nggak bisa ngapa ngapain.

terus jadi UASnya udahan. cuma bisa tawakkal........dan move on ke bagian selanjutnya. TO NF wuuhuuu. minggu ini udah harus langsung selesai semua. ketika minggu kemarin semua orang udah pada TO MIPA dan sekarang tinggal bahasa. sementara yang ini baru mulai TO. yak, sepertinya runtinitas ke NF sudah mulai berjalan lagi. akhirnya kembali ke lingkaran itu. yang suka absurd dan cemeleng tapi sejauh ini lingkungan paling kondusif untuk belajar, haha. tapi bedanya, sekarang harus mengejar lebih jauh ya. kerasa banget kopongnya pas lihat soal. sementara semua orang kayak udah khatam banyak hal aja, ya PS, detik detik, SPM...

ya, sekali lagi, selamat berlari lebih kencang :)

H-1 OSK astronomi. tahun lalu, H-1 itu belajar bersama di rumah fifin tapi akhirnya lelah dan malah jadi gajelas sendiri, haha. seneng lihat formasi tahun ini. orangnya lebih banyak, dan semuanya antusias banget :D semangat buat besok! bismillah dan berikan yang terbaik. selamat mengharumkan kembali nama SMAN 1 Bogor. selamat memulai untuk menjadi sebenar-benarnya pecinta langit :)

oh ya, karena OSK, sekolah tiga hari libur. ditambah nyepi jadi empat. dan nyambung sama weekend pula. berasa apa tau udah mau UN tiba-tiba liburnya banyak banget gini.

H-13 Ujian Nasional, dear myself. 

mau kopong sampai kapan?

You May Also Like

0 comments