Friday, July 22, 2016

Negeri Sakura #7: Hiroshima-Miyajima-Iwakuni

Assalamualaikum!

tanggal 21 Juli kemarin adalah hari-trip-dadakan. dimulai dari iseng nyari-nyari mungkin ada semacam loople bus Sendai di Hiroshima City (dan ternyata ada!) dan alhamdulillah mba Nur mau menemani jalan. yang harusnya berangkat jam 8 pagi tapi jam 6 masih browsing-browsing nyari rute dst. gapapa. perjalanan dari Saijo ke Hiroshima memakan waktu kira-kira 40 menit.

pertama kali datang lalu naik trem. kendaraan yang engga di semua kota ada. lucunya, kereta tapi relnya barengan sama mobil-mobil. tidak harus bikin bangunan stasiun sendiri (cukup halte bis) tapi juga seperti kereta; engga kena macet (palingan ikutan berhenti pas lampu merah).


trem

tujuan pertama adalah Hiroshima Genbaku Dome atau Atomic Bomb Dome. satu gedung yang terkena serangan bom atom 1945 yang masih dipertahankan hingga sekarang. sambil jalan ke sebelahnya; Peace Memorial Park dan Museumnya. masuk-masuk berasa masuk ke museum perjuangan. lampunya kuning-kuning redup dan terpajang pakaian-pakaian korban, miniatur, konstruksi, yang rusak karena serangan bom ini. hmmm ironisnya; bom atom inilah yang memukul pasukan Jepang mundur hingga Indonesia bisa merdeka 17 Agustus 1945.

hmmm..


Genbaku Dome


beneran di Jepang loh *_* #iya #masihsulitpercaya

setelah dari sini agak bingung dan miskom dikit, dan akhirnya memutuskan untuk langsung ke Miyajima Island. wee. naik kapal ferry 10 menit. jam 1 siang bolong alhamdulillah kita sampai dan....panas sekali saudara :") lupa engga ngecek temperaturnya berapa. apalagi itu di pinggir pantai. lucunya banyak rusa berkeliaran; literally berkeliaran. walaupun rusa di Istana Bogor juga ada, tapi kan kita gakan nemuin rusa di matahari depan stasiun. haha.


parkir depan toko

objek wisata di sini adalah gerbang Itsukushima Shrine yang didirikan beberapa meter di belakang garis pantai. ketika air pasang, maka gerbang ini digenangi air laut. seakan 'tenggelam' di sana. sayangnya kemarin pas datang itu lagi pasang jadi tidak bisa melihat dari dekat.


pantaaiiii

kemudian naik meniti tangga ke Five-Storied Pagoda. yang selama ini hanya bisa dilihat di gambar..

berakhir dengan jalan-jalan di gang oleh-olehnya. mau lanjut lebih ke dalam pulau tapi sangat panas dan menanjak. diputuskan untuk balik dan menuju ke tempat selanjutnya; Iwakuni.

memang ngebolang judulnya. tadinya rencananya pilih satu; antara Miyajima atau Iwakuni. tidak terpikir untuk mengunjungi keduanya dalam satu hari. sampai ke Iwakuni sudah jam 4 sore. buru-buru ke terminal ropeway karena tutupnya jam 5. turns out that kita naik ropeway ke atas paling terakhir (jam 16.45) dan harus turun dengan ropeway turun terakhir (jam 17.00). well...rencana mau lari-ke-Iwakuni-Castle-foto-dan-balik-lagi pun tidak terlaksana. tapi worth it karena bisa lihat Iwakuni dari atas (ini yang selalu dicari; Sendai dari atas, Higashihiroshima dari atas, Iwakuni dari atas..) 


Kintaikyo

setelah itu pulang. di kereta sakit gigi :( sampai rumah sekitar jam 20.00. alhamdulillah selamat sampai tujuan. terimakasih sehari ngebolangnya, Mba Nur! maafin kalo terlalu hiperaktif dan menghabiskan stamina huehe (pulang-pulang tepar Mba Nurnya). 

wassalamualaikum!


 partner bolang hari ini! coba tebak kita beda berapa tahun