Saturday, April 29, 2017

Pemilihan Mawapres 2017 - Part 2

Assalamualaikum

Sudah H+30 seleksi, mungkin jadi yang paling telat untuk posting tentang bulan Februari-Maret kemarin. Alhamdulillah telah melewati fase yang benar-benar bikin belajar banyak.

Kemarin sempat posting tentang seleksi awal hingga masa-masa revisi dan pengumpulan karya tulis. memang sejujurnya saat itu adalah saat-saat yang paling menyita pikiran. rasanya setelah ngumpulin dan melewati tes bahasa Inggris dan psikotes itu.......well sama aja sih karena masih ada sesi presentasi dan wawancara wk. tapi setidaknya tanggungan berkurang.

hari Rabu-Kamis sepulang acara TSRA di Jakarta itu hari-hari pembalasan dimana seluruh laporan dan tugas dan PR yang rasanya lama banget engga disentuh akhirnya dikerjakan juga. dan minggu-minggu itu kemudian digunakan untuk buat prototype. Finally, my very own robot! 


Jadi, konsep karya tulis yang saya buat untuk tahun ini adalah konsep media pembelajaran mengenai pertanian modern dengan basis robotik. bikin robot-robot pertanian gitu intinya. untuk prototipe, coba dibuat robot untuk elementary module. sangat sederhana sebenarnya, hanya line follower robot. komponennya cuma sensor warna dan motor driver. tapi yang ini penyusunnya dari lego-legoan. agak melelahkan karena selalu copot sana sini. kerjaannya setiap sore habis kuliah, Sabtu, Minggu, ngutak atik yang ini. sampai pada akhirnya hari Kamis, 30 Maret 2017 konsep pembelajaran ini dicoba untuk diterapkan di SDIT An-Naba. alhamdulillah lagi-lagi dibantu sama teman-teman di lab Manufaktur. tim yang selalu ada dan selalu mau direpotkan huhu entah bagaimana kabarnya kalau tanpa mereka.. terimakasih banyak!




Kemudian hari Minggu dan Senin, hari-hari presentasi dan wawancara dimulai. Saya kebagian presentasi hari Minggu. kami menunggu di lt 4 dan kocokan dilakukan di dalam, jadi kami tidak tahu urutan masuknya. antara bikin jadi engga deg-degan atau malah deg-degan sepanjang hari, haha. dari yang awalnya pada rajin baca slide dan latihan, ujung-ujungnya pada tepar nunggu di kursi. tradisi sabilulungan untuk setiap peserta yang akan memasuki ruangan. perlakuan pengipasan dan wawancara singkat untuk setiap orang yang habis keluar ruangan. alhamdulillah teman-teman yang lain sangat ceria dan menyenangkan sehingga engga bikin nervous.

besoknya wawancara. meginvasi PKM Center. dari baca tahi lalats hingga main ludo.

hari itu selesai pukul 17.30 dan kembali ke realita bahwa UTS mulai hari Rabu dan besoknya masih ada kuliah pengganti.

di tengah-tengah sesi UTS minggu pertama ada pengumuman mawapres IPB. tahun ini konsepnya di upscale banget, dari tahun lalu hanya di ruang rapat sekarang di AHN. diawali dengan penganugerahan para mahasiswa PPKU beri IP 4 (dan Insya Allah bermasa depan indah). Barakallah untuk Ado dan Wildan yang akan melanjutkan tahap mawapres ini sampai nasional! titip mimpi-mimpi kecil kami untuk dapat membawa IPB bersinar lagi tahun ini :")



kemudian bermunculan banyak post keren dan menginspirasi dari teman-teman. saya engga bisa menulis banyak, (ini juga tadinya mau seperti itu tapi malah jadi cerita...). hanya bisa bersyukur banyak-banyak diberi kesempatan untuk bisa berjuang bersama dengan orang-orang ini. mereka yang ketahanannya di atas rata-rata. mereka yang tangguhnya bukan main. lagi-lagi pertanyaan tahun lalu muncul lagi;

orang-orang sukses ini, sudah berapa banyak mereka jatuh? dan seberapa cepat mereka bisa bangkit lagi?

melangkahlah dan lihat bahwa jauh lebih banyak orang-orang hebat di luar sana. seperti menyadari bahwa kita hanyalah setitik debu luar angkasa dibandingkan dengan alam semesta yang Subhanallah maha luas..

jadi, jangan pernah sombong, ya :)

terimakasih banyak tanpa terkecuali untuk semua pihak yang telah membantu jalannya proses ini. tahun ini dibantu banyak banget sama banyaaakk banget orang. dari konsep hingga teknis. mohon doanya supaya project ini dapat benar-benar diterapkan oleh klub robotik (ERC) dan benar-benar bisa membawa banyak manfaat untuk Indonesia, amiin.