Sekilas Hidup saat Penelitian (Part 2)

by - 2:09 AM

Assalamualaikum!

Singkat cerita, bulan April minggu keempat alat sudah jadi dan siap dibawa untuk uji kinerja! Uji kinerja alat dilakukan di greenhouse milik PT Bisi Internasional, tempat PL saya dulu. Ditemani Sulisna yang Masyaa Allah sudah sidang bahkan dari Maret sebelum saya memulai apapun :”) melalangbuana kembali di Kediri selama 2 minggu. 

Survey lapangan, benerin alat (lagi), pasang alat, uji coba, uji kinerja, olah data, kompilasi data.. Plus, baru saat itu juga nyari gimana caranya bikin kontur keadaan lingkungannya. 

Nah.. yang gini-gini nih yang harusnya ada di proposal penelitian, tapi kelewatan. Jadi pas mau dilakuin, harus riset dulu lagi. 


masih nukang


jangan lupa bahagia!

Pulang bulan Mei minggu kedua. Alhamdulillah disambut pengumuman lolos seleksi berkas dan dipanggil seleksi wawancara YTB. Salah satu percakapan sama mas-mas interviewernya adalah (masnya orang Turki, wawancara pakai Bahasa Inggris, tapi kurang lebih seperti ini): 

“Ya, jadi mbanya ini belum lulus? Bisa lulus kapan?” 
“Hm.. Insya Allah bulan Juni atau Juli ini sudah bisa lulus mas.” 

((hmmmm padahal baru beres ambil data)) ((ya takpapa menarget dulu)) 

Bulan Mei dan Juni itu Bulan Ramadhan. Jeda sejenak dari kehectican penelitian karena hari-hari sudah mulai diisi dengan olah data, nulis dan revisi. Gitu terus kerjaannya. Banyak banget juga acara Forkom di bulan Ramadhan! Sangat senang :)) 

Salah satu acara yang kami adakan adalah IT, Integrated Training, ditujukan untuk teman-teman Smansa yang sudah lulus kelas 12 dan akan lanjut kuliah. Semacam banting tulang ngurus IT cuma dua minggu dengan sumberdaya manusia yang sangat terbatas. Tapi alhamdulillah, acara dapat terlaksana dengan baik, terbaik superteam! 


Intergrated Training!

Dan ketika baru banget sampai rumah, jam 10 pagi, setengah sadar setelah malamnya engga tidur nyiapin muhasabah dst dsb, dapat Whatsapp dari ibu dosen pembimbing; 

“Bisa siapkan form ujian (re: sidang)?” 

Wih. 

Lalu jam 1 siang langsung caw ke kampus buat ambil form. Hehe, berkah pasca Ramadhan memang tidak kemana. Alhamdulillah. Ambil form dulu aja kok.. skripsinya mah masih direvisi juga. 

Kemudian disambut pengumuman YTB beberapa hari kemudian. 

Tapi belum sidang. Jadi panik. 

Hari-hari itu kemudian diwarnai dengan.. persiapan monev akhir PKM (?) dan berkutat dengan slide. Dan kekhawatiran akan data yang takut analisis dan pengolahannya kurang maksimal huhu. Tanya sana sini. Benerin sana sini. Pernah sampai stuck pada keadaan dimana saya tahu ini (kayaknya) harusnya enggak gini, harusnya datanya bentuknya lain, tapi belum nemu cara ngolahnya gimana. Terus kalau nanti presentasiin ini, udah tahu salah, kok masih dipresentasiin? Tapi.. kalau salah mah kan harusnya tidak ter acc dari awal? Jadi...salah apa benar? Ya semacam begitu. 

Namun alhamdulillah di pertengahan Juli, sidang berhasil dilaksanakan :)) 

Jadi katanya.. yang terjadi di dalam ruang sidang, tetaplah berada di ruang sidang. ((gak usah dibahas-bahas maksudnya)). Huehe. Seperti mahasiswa pada umumnya, revisi pasti ada. Kesalahan, toh ternyata, walaupun sudah sangat dihindari, masih ada juga yang terlewat. 

Ya.. tapi kalau enggak coba dihindari, makin banyak lagi salahnya. Ikhtiar dulu kan, ya?


harus banyak bersyukur, ya kamu!

(to be cont.)

You May Also Like

0 comments