hari astro

by - 8:18 PM

assalamualaikum!

masih hari agak pengangguran. di rumah sampe siang, ngenet dan main sama faza yang baru bisa ditengkurepin tapi berapa lama udah langsung ngomel ngomel lucu :3 jadi tadi ke mcd juanda, ga, bukan ngegaul. hari ini panas pisan.. tapi dateng-dateng menemukan dua meja di pojokan dengan laptop dan orang yang main game. hayah, kalakuan. ceritanya hari ini mau gabung sama mereka yang dua hari lagi mau bertempur di Bandung. yap, bentar lagi OSP. smansa memberikan tiga orang perwakilan astronomi untuk maju. ya terus gimana ya tapi begitu dateng nemuinnya malah orang main game. entah kalo tadi ga dateng jam segitu itu game mau dimainin sampe kapan.

hem. di paragraf atas ada kalimat yang sumbang. tebak yang mana. buletin hurufnya ya *mabok tkd*

setelah itu digusah gusah buat ngerjain soal. baru agak berguna dikit, hahah. ceritanya memang niat cuma dateng dan membantu sebisanya.. setahun yang lalu, tanggal-tanggal segini, lagi ngapain ya. belom kenal langit sih yang pasti. oh kayanya persiapan UAS. emang ya tanggalan olim...OSK mepet UTS, OSP mepet UAS.... pulang-pulang langsung dibantai sama susulan. 

haha, emang cemeleng banget sih si tiga orang ini. lelah juga liatnya. tapi gatau. gitu-gitu kemaren lolos, mau dikata apa :p semua orang memang punya cara belajarnya sendiri, punya jenis kenyamanannya sendiri. mungkin kecemelengan dari diri sendiri itu yang membuat betah (?) semua dibawa lawak, sampe ga ngerti. tapi gapapa. yang ada di otak ini --dibawa ke Rumania pun enggak, lalu mau diapain selain diteruskan? haha. walaupun dengan banyak tersendat-sendatnya, lupanya. 


Rafif Abdussalam, Ryanza Rizadira, Bhakti Muhtadin R., dan seluruh tim OSP Astronomi dari Kota Bogor, selamat bertempur tanggal 11 Juni nanti. tunjukkan kalo tim astro dari bogor memang kece. semoga bisa menyumbang banyak perwakilan untuk tingkat nasional nanti, lebih banyak dari tahun kemarin :) 

dan untuk seluruh kontingen OSP SMAN 1 Bogor, selamat berjuang! semoga bisa membawa nama baik sekolah ini lebih tinggi lagi. selalu ikhtiar, jangan lupa berdoa. Allah memang selalu memberikan yang terbaik, tapi Ia juga lebih sayang pada mereka yang meminta, kan? 

Go Get Gold!

masih keingetan, tahun lalu tanggal-tanggal segini, mikir apa ya? haha.

tadi akhirnya pulang sekitar jam lima an. naik angkot. tapi pas turun, lagi jalan mau ke gang rumah, tiba-tiba melihat sesuatu yang janggal di langit bagian utara. tepat pukul 17.41, ada garis terang di langit. nggak panjang, agak pendek, tapi ketara terangnya. padahal itu masih sore. padahal jalanan masih jelas kelihatan. bukan, bukan cahaya matahari yang memancar dari celah-celah awan. dan garisnya bergerak....

diem bentar. itu apa........buru-buru ambil kacamata dan buka hp. tadinya mau langsung meluncur ke atap tetangga biar bisa melihat lebih jelas tapi kayanya ga sempet. akhirnya di pinggir jalan. moto, sekali, dua kali. apaan ya. garisnya makin lama makin vertikal, dan ekornya pun tambah pendek. 

hp segala pake acara memory internal full lagi jadi gambar yang abis difoto gabisa diliat. buru-buru pulang. buka gugel. apaan ya. nemuin artikel tentang asteroid 2014 HQ124, yang ternyata mencapai perihelion hari ini, tanggal 8 Juni 2014. kirain itu, tapi ternyata bukan, karena magnitudonya redup, cuma 13,7....malem juga belum tentu keliatan. 

ternyata fireball. meteor yang ukurannya lebih besar daripada hujan meteor biasanya. 

wih....subhanallah

inget banget waktu pelatnas 2 nggak kebagian liat fireball. lagi shalat ketika tiba-tiba orang-orang heboh di luar. ceritanya lagi pada nunggu yang shalat maghrib buat sama-sama ke Balai Van Albada, Observatorium Bosscha. pas keluar muka semua orang meuni seneng pisan. katanya ada fireball. waktu itu udah malem, dan langit lumayan cerah jadi kayanya lagi pada tebak bintang. nggak kebagian lihat..

jadi tadi pertama kalinya. dan bisa difoto....segitu terangnya sampe kamera hp aja masih bisa nangkep. haha. tiba-tiba senang. seenggaknya udah pernah lihat satu fenomena astronomis yang sebelumnya belum :p 


oh ya, sekilas info, jadi ceritanya meteor itu adalah meteoroid yang sedang berada di atmosfer bumi. karena terbakar, biasanya punya ekor. ketika meteornya udah sampai bumi, batunya disebut meteorit. yang masih melayang-layang di udara itu meteoroid. apa bedanya sama asteroid? sebenernya sama, cuma ukurannya belum cukup besar sehingga belum bisa disebut asteroid. bedanya asteroid sama komet? kalo komet itu terbuat dari es dan debu. rumahnya pun beda sama asteroid.

kesimpulannya hari ini sangat astro, haha. setelah sekian lama berkutat dengan semua saintek, tpa dan tkd. 

Angkatan IPB 51 sudah punya grup LINE. tapi sangat ramai, hp tidak kuat :( error terus.......jadi harus leave. hiks maafkan. mungkin akan minta update ke afu atau maul langsung aja. ah ya akhirnya menemukan teman TMB! yay :3

You May Also Like

2 comments